4 Tips dan Cara Berkenalan dengan Orang Korea di Sosial Media
4 Tips dan Cara Berkenalan dengan Orang Korea di Sosial Media

4 Tips dan Cara Berkenalan dengan Orang Korea di Sosial Media

Mietha Fanza
3 months ago Last Updated 3 months ago

Demam Korea memang sudah membumi sejak lama, khususnya masyarakat Indonesia. Banyak orang Indonesia yang ingin ke Korea karena saking ngefansnya dengan para idol atau artis Korea. Namun, perlu ternyata memang tidak semua orang Indonesia ingin ke Korea karena ngefans ke idol K-Pop atau artis.

Bisa jadi memang sudah sejak awal ada keinginan untuk datang ke Korea. Entah untuk alasan berlibur atau untuk alasan belajar. Mungkin saja buat kamu yang mau latihan berkomunikasi dengan orang Korea secara langsung via sosial media bisa ikuti tips dan cara berikut ini!

Tips dan Cara Berkenalan dengan Orang Korea via Sosmed

Tips dan Cara Berkenalan dengan Orang Korea via Sosmed
Tips dan Cara Berkenalan dengan Orang Korea via Sosmed

1. Memulai Pembicaraan dengan Menggunakan Bahasa Korea

Seperti sesuatu yang sulit jika memahami bahasa orang asing apa lagi kitanya yang tidak bisa, ya! Namun, biasanya orang dengan keinginan pergi ke suatu negara pasti yang utama mulai belajar bahasa yang digunakan orang di negara itu.

Misal, kamu ingin pergi ke Korea, meskipun sedikit-sedikit pasti sudah mulai belajar menggunakan bahasa tersebut. Nah! Memulai pembicaraan dengan orang Korea mungkin akan sedikit menyulitkan jika kamu belum bisa berbahasa seperti yang mereka gunakan.

Namun, tidak melulu menggunakan bahasa Korea, kamu bisa gunakan bahasa internasional, bahasa Inggris. Kamu bisa mulai mengucapkan kalimat-kalimat yang terbilang sederhana, seperti apa kabar, terima kasih, hingga perkenalan singkat dengan menggunakan bahasa Inggris.

Zaman sekarang banyak lho orang yang bisa berkomunikasi menggunakan lebih dari satu bahasa. Terutama para pelajar di Korea, biasanya mereka juga mahir dalam bahasa Inggris. Misalkan kamu sedikit kagok menghadapinya, maka bisa gunakan bantuan google translate.

2. Minta Bantuan Teman

Kalau kamu punya teman yang mahir berbicara menggunakan bahasa Inggris, agaknya bukan sesuatu yang asing jika kawanmu ini mendengar orang mengucapkan bahasa asing. Termasuk bahasa Korea. Nah! Mungkn kamu punya teman yang mahir berbahasa Korea?

Kenapa tidak minta bantuannya saja untuk mengajarkan kamu berbahasa Korea? Mungkin kawanmu akan senang hati membantu. Misalkan kawanmu sibuk, maka kamu bisa meminta bantuannya sesekali dalam jangka waktu tertentu.

Mungkin temanmu memang tipe orang yang begitu sibuk? Maka kamu tidak perlu menegurnya untuk menerjemahkan kalimat yang dilontarkan lawan bicaramu. Kamu masih bisa gunakan bantuan google translate, atau mungkin bisa sediakan kamus?

3. Menjaga Relationship

Menjaga suatu suatu hubungan agar terjaga baik-baik saja memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak akan sulit jika kamu menjalaninya dengan sepenuh hati. Misalkan kamu sudah punya teman Korea, sekalipun ia di sosial media, maka jagalah hubungannya!

Menjaga hubungan baik dengan teman Korea atau teman dari negara lainnya bisa kamu lakukan dari hal-hal yang terlihat sepele. Seperti misalnya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ketika ia berulang tahun, menanyakan kabar, memberikan apresiasi, dan lain sebagainya.

Mungkin saja jika kalian memutuskan untuk bertemu kamu bisa mengajaknya jalan-jalan, kan? Tetapi jangan lupa! Karena komunikasi adalah sesuatu yang penting, maka lancarkan dulu kemampuan bahasamu agar tidak terjadi miss communication.

4. Berbicara dengan Sopan dan Jujur

Kalau tips yang satu ini sih awalnya memang berlaku dari negara dan latar belakang manapun, ya! Seseorang diharuskan berbicara dengan sopan, terutama jika ia berbicara dengan orang lain yang baru dikenalnya.

Sekalipun negara asing terkenal dengan segala kevulgarannya, tentu bukan berarti kamu mengikuti gaya mereka yang tidak bagus. Kita bisa mengambil segala sisi positif dari negara tersebut. Tentunya kamu juga bisa mengajarkan sesuatu yang positif kepada mereka.

Di sini anjuran untuk berbicara dengan jujur juga sangat diutamakan. Misalkan kamu sudah betulan berteman dengan orang Korea di sosial media, kemudian menjumpainya di dunia nyata, mungkin ia akan kecewa jika orang yang dijumpainya ternyata berbeda dengan foto profil kamu di sosmed.

Oleh karenanya, hal yang satu ini juga termasuk ke dalam salah satu menjaga hubungan baik dengan sesama meskipun hanya lewat sosial media. Awal-awal perkenalan mungkin saja bukan sesuatu yang mudah, kecuali kamu memang mahir dalam berbahasa Korea atau bahasa Inggris dan lawan mu juga.

So, itulah beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan ketika akan berkenalan dengan orang asing, khususnya orang Korea. Oya! Orang Korea biasanya menulis dengan huruf Hangeul lho! Mungkin kamu bisa mempelajari Hangeul sedikit demi sedikit untuk bisa menjangkau luas komunikasi dengan mereka.