Selain Ruang Guru, Berikut Ini 7 Aplikasi Belajar Online
Selain Ruang Guru, Berikut Ini 7 Aplikasi Belajar Online

Selain Ruang Guru, Berikut Ini 7 Aplikasi Belajar Online

One Post
1 detik yang lalu Last Updated 1 detik yang lalu

Aplikasi Belajar Online - Untuk kamu yang memiliki hobi belajar, mungkin akan dirasa kurang bila hanya mempelajari materi yang diajarkan di sekolahan atau kuliah saja. Pilihan lain yang bisa kamu ambil adalah ikut les atau bimbingan belajar. Tetapi sayangnya pilihan ini mengharuskan kamu untuk mengeluarkan sejumlah biaya yang cukup mahal.

Jangan bersedih hati saat ini hanya lewat ponsel pintar android atau iPhone kamu akan dapat melakukan belajar. Saat ini sudah banyak pilihan aplikasi pembelajaran online secara gratis hanya membutuhkan akses internet atau dinamakan e-learning.

Untuk mewaspadai menyebarnya virus corona atau Covid-19 pemerintah menganjurkan bahwa melakukan kegiatan belajar mngajar di semua jenjang pendidikan dilakukan di rumah saja.

Salah satu aplikasi paling terkenal dalam belajar menguasai bahasa inggris adalah Busuu, Aplikasi ini tersedia dalam berbagai bahasa, selain bahasa inggris ada 12 bahasa kursus yang mereka sediakan yakni : Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Cina, Jepang, Polandia, Turki, Rusia, dan Arab.

 Selain busuu ada juga banyak aplikasi belajar online lain yang tentunya gratis, berikut adalah aplikasi Belajar Online Gratis selain Busu. 

Daftar Aplikasi Belajar Online Gratis

Agar tetap terus bisa mengikuti pembelajaran maka pemerintah menganjurkan pembelajaran materi dilakukan dengan aplikasi online atau e-learning. Misalnya aplikasi ruangguru atau aplikasi Rumah Belajar rekomendasi dari Kemendikbud. Selain itu ada beberapa aplikasi lain yang dapat kamu akses dengan gratis sebagai berikut:

1. Ruangguru

Ruang Guru App
Aplikasi Ruangguru

Banyak siswa yang sudah mengetahui aplikasi belajar online Ruangguru ini adalah aplikasi bimbel dengan online menyediakan banyak fitur dan dapat dengan mudah untuk kamu pahami materi-materi pembelajarannya.

Di aplikasi ini terdapat banyak materi lewat video yang bisa disesuakan dengan jenjang pendidikan serta kurikulum yang dipakai. Untuk dapat membantu program pemerintah mengatasi pandemi virus Corona, Ruangguru juga telah menyediakan Sekolah Online yang merupakan aplikasi belajar gratis.

2. Rumah Belajar

Rumah Belajar App
Aplikasi Rumah Belajar

Pemerintah khususnya kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia disingkat Kemendikbud juga telah membuat aplikasi belajar online dengan gratis yang bernama Rumah Belajar. Sama halnya dengan Ruanggurudi aplikasi ini kamu akan dapat belajar dengan online dengan menghadirkan konten berbasis audio visual yang lengkap dengan banyak elemen interaktif yang ada di dalamnya.

Ada banyak fitur unggulan yang telah ada di dalam Rumah Belajar misalnya Sumber belajar, Laboratorium Maya, Peta Budaya dan lain sebagainya yang bisa diakses dengan mudah dan tidak perlu bayar. Selain dapat diakses lewat smartphone aplikasi ini juga dapat kamu akses lewat browser pada PC maupun laptop kamu di web beljar.kemendikbud.go.id.

3. Google Classroom

Google Classroom App
Aplikasi Google Classroom

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi paling besar di dunia maka tidak heran Google juga ikut menyukseskan kerja pemerintah yang menganjurkan beljar tanpa harus ke sekolah dengan membuat aplikasi yang bernama Google Classroom atau Google kelas.

Aplikasi ini akan terkoneksi dengan akun Gmail kamu ini tentu saja akan mempermudah kamu terlebih bagi kamu yang pengguna smartphone berbasis Android. Google clasroom memiliki tampilan seperti forum, dimana guru serta murid akan mudah berinteraksi. Seperti ketika mengerjakan tugas, meberi nilai dan melakukan diskusi.

Aplikasi belajar secara online ini akan lebih cocok bila dijadikan sebagai aplikasi kuliah online. Sebab memiliki kekurangan konten yang interaktif yang bisa menarik minat belajar bagi para anak-anak atau para remaja yang masih sekolah.

4. Edmodo

Edmodo App
Aplikasi Edmodo

Edmodo sekarang ini telah mempunyai tampilan serta fitur yang baru yang dapat menghubungkan antara guru dengan murid serta orang tua supaya mengerti dan tahu proses kegiatan belajar mengajar. Selain bisa untuk memberi materi dan juga tugas, guru akan dapat survei dari metode pembelajaran yang telah mereka lakukan di dalam aplikasi belajar online ini. selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur pesan langsung yang bisa terhubung antar siswa dengan guru secara personal.

5. Quipper

Quipper App
Aplikasi Quipper

Selanjutnya ada aplikasi Quipper yang menawarkan dua opsi selin melakukan pembelajaran secara online dengan aplikasi ini kamu akan dapat mengunduh materi dan bisa belajar dengan offline menggunakan aplikasi ini.

Quipper juga merupakan aplikasi yang menyediakan materi pembelajaran yang lengkap serta disesuakain dengan kurikulum yang telah diterapkan oleh pemerintah. Untuk kamu yang suka lupa untuk beljara Quipper memiliki fitur untuk dapat mengatur jadwal mingguan kamu untuk belajar menjadi lebih teratur. Agar dapat menikmati berbagai konten ekslusif di Quipper kamu perlu berlangganan dengan membayar sebesar sembilan puluh ribu setiap bulannya.

6. Zenius

Zenius App
Aplikasi Zenius

Aplikasibelajar online satu ini memiliki penglaman dari tahun 2004, dan memiliki banyak fitur untuk pembelajaran dari mulai jenjang SD, SMP, SMA, SMK sampai Kuliah dan memiliki banyak konten yang ada di dalamnya. Fitur di aplikasi Zenius yang paling disukai adalah adanya simulasi UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer yang saat ini merupakan syarat utama bagi siswa untuk masuk ke perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu di Zeniun juga terdapat materi tryout yang dapat kamu kerjakan sebagai latihan dan kamu juga dapat melihat pembahasan dari soal yang sudah kamu kerjakan tersibut. Aplikasi ini telah dinobatkan sebagai aplikasi terbaik pada tahun 2019 di Google Play Store. Untuk dapat melihat maetri di Zenius kamu dapat klik menu Insght yang menyediakan banyak materi pembeljaran beserta tutor dari lulusan Universitas terkenal dari Indonesia maupun luar negeri.

7. KelasKita

Kelas Kita App
Aplikasi Kelas Kita

Aplikasi rekomendasi selanjutnya untuk belajar ada KelasKita yang bisa kamu gunakan belajar dimanapun dan juga kapanpun. Fitur unik yang tersedia di KelasKita ada fitur sosial yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan para pengguna aplikasi ini fitur ini akan membuat kamu belajar lebih menyenangkan.

Selain banyak materi untuk belajar formal, di apliaksi ini e-learning ini kamu juga bisa menambah skill dan juga keahlian kamu dengan adanya materi pemrograman android dasar, cara untuk membuat website, serta belajar desain grafis dan pembelajaran yang lainnya yang tentu akan bermanfaat untuk kamu.

8. Pahamify

Pahamify App
Aplikasi Pahamify

Untuk kamu para siswa kelas 12 SMA dan sederajat pasti saat ini adalah waktu sulit kamu untuk dapat memilih kampus serta perguruan tinggi favorit kamu. Untuk kamu yang ingin lolos di UTBK Saintek dan Soshum dan ujian masuk kampus lainnya akan sangat cocok menggunakan aplikasi belajar Pahamify ini.

Di aplikasi ini kamu akan diajarkan materi ujian dengan basis video seperti kamu nonton Youtube dan akan didampingin bersama mentor yang biasa dipanggil Rockstar Teacher Pahamify. Selain itu di aplikasi ini juga menyediakan fitur konsultasi dengan ahli psikologi untuk kamu yang masih kebingungan menentukan jurusan favorit kamu.

Di atas merupakan daftar rekomendasi aplikasi belajar online dengan gratis yang bisa kamu gunakan pada smartphone berbasis android dan juga iPhone yang bisa kamu coba sekarang ini. asal kamu memiliki keinginan belajar dan menekuni kegiatan belajar maka usaha kamu akan membuahkan nilai di mata pelajaran kamu menjadi bagus. Aplikasi di atas tentu saja memiliki kelebihan atau kekurangannya sendiri ini tergantung dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu ketika menggunakannya. Selamat belajar.