Selain Aplikasi Tik Tok, Berikut Ini 12 Aplikasi Berbagi Konten Lainnya
Selain Aplikasi Tik Tok, Berikut Ini 12 Aplikasi Berbagi Konten Lainnya

Selain Aplikasi Tik Tok, Berikut Ini 12 Aplikasi Berbagi Konten Lainnya

One Post
1 detik yang lalu Last Updated 1 detik yang lalu

Aplikasi Tik Tok - Selain sekedar sebagai hiburan, platform berbagi konten berbasis video makin diminati oleh pengguna dari berbagai usia karena juga menjadi ajang pamer bakat seperti akting, menari, bernyanyi, lipsync, dan sebagainya.

Aplikasi Tiktok, Aplikasi Sosial Media

Salah satu diantara sosial media ini adalah aplikasi Tik Tok yang tak hanya menjadi sarana berbagi video pendek, tetapi juga dihiasi dengan berbagai filter dan musik populer. Video Tik Tok tersebut juga bisa disebar ke media lain seperti Twitter dan Instagram.

Daftar Alternatif Aplikasi Tik Tok

Sayangnya popularitas Tik Tok harus diwarnai oleh berbagai insiden, salah satunya adalah pemblokiran yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu. Yang terbaru, pemerintah India juga melakukan hal yang sama terhadap app yang satu ini. Terlepas benar atau tidaknya, wajar bila pengguna merasa ragu dengan keamanan data mereka.

Meskipun saat ini, Tik Tok sudah bisa digunakan lagi oleh pengguna di Tanah Air, tak menutup kemungkinan Kamu mencari alternatif dari app ini karena merasa kurang yakin dengan apa yang dilakukannya di latar belakang, misalnya. Maka dari itu, berikut ini beberapa software lain yang menawarkan fitur serupa dari Tik Tok yang juga tak ada salahnya Kamu coba.

1. Likee

Like App
Aplikasi Likee

Perangkat lunak yang satu ini memiliki banyak sekali kemiripan dengan Tik Tok. Ya, Kamu bisa membuat video dan mengunggahnya sama seperti yang bisa dilakukan oleh Tik Tok. Selain itu, Likee juga memiliki tampilan yang menyerupai dengan yang digunakan Tik Tok. Dengan pilihan filter yang banyak, app yang memiliki ukuran installer sekitar 46 MB ini juga sangat populer terbukti dari jumlah unduhan yang sudah terhitung sangat tinggi di Google PlayStore.

2. Instagram

Instagram App
Aplikasi Instagram

Tak hanya bisa membuat video singkat yang unik, media sosial yang kini diakuisisi oleh Facebook ini juga menawarkan media lain, yaitu foto atau gambar. Banyaknya pengguna Facebook yang beralih ke Instagram, membuat jumlah penggunanya pun begitu banyak dan tak menutup kemungkinan semua temanmu memiliki akunnya. Menjadikannya sebagai salah satu alternatif sekaligus kompetitor berat bagi Tik Tok.

3. Vigo Video

Vigo Video App
Aplikasi Vigo Video

App ini juga semakin banyak dikenal belakangan karena jumlah penggunanya yang juga terus bertambah secara konsisten. Mungkin Kamu pernah melihat video dari app ini di media sosial. Jika Kamu menggunakannya, Kamu akan menyadari bahwa pengalaman penggunaan yang ditawarkan oleh Vigo video ini sangat mirip dengan Tik Tok. App yang sudah masuk ke versi 8.3 ini memiliki ukuran installer sebesar 64 MB dan bisa saja Kamu jadikan sebagai alternatif Tik Tok.

4. 4Fun (Instant 50Rs)

4Fun (Instant 50Rs) App
Aplikasi 4Fun (Instant 50Rs)

App yang mungkin lebih populer bagi pengguna di India ini juga bisa Kamu jadikan alternatif Tik Tok mengingat ada banyak fitur menarik yang bisa dieksplorasi. Selain bisa mengunggah video unikmu sendiri, app ini juga memungkinkan Kamu untuk mengunduh video lucu yang Kamu temukan di dalamnya. Selain itu, masih banyak lagi hal unik yang mungkin juga bisa Kamu nikmati di sini.

5. Kwai

Kwai App
Aplikasi Kwai

Tak jauh berbeda dari Tik Tok, menggunakan Kwai ini juga memungkinkanmu untuk membuat video singkat yang unik dan menarik. App ini semakin naik daun karena selain bisa menjadi alternatif Tik Tok, juga memiliki tampilan sederhana yang mudah untuk digunakan. Kwai yang masih dalam versi 1.11 ini memiliki ukuran installer sebesar 46 MB dengan jumlah unduhan dan rating positif yang terbilang bagus.

6. Snapchat

Snapchat App
Aplikasi Snapchat

Kalau Kamu termasuk aktif mengikuti perkembangan media sosial, pastinya sudah tak asing lagi dengan nama Snapchat. Menggunakan aplikasi ini, Kamu tak hanya bisa membuat dan mengunggah video pendek saja, tetapi juga follow orang-orang yang menurutmu menarik. Jadi tak hanya menjadi opsi lain dari Tik Tok saja, tetapi juga bisa menambah relasi yang bermanfaat.

7. Dubsmash

Dubsmash App
Aplikasi Dubsmash

Nah, kalau Kamu mencari sesuatu yang lebih menghibur, maka Dubsmash ini bisa jadi kandidatnya. Menggunakan app ini memungkinkan Kamu untuk membuat video seperti di Tik Tok mulai dari video menari atau bahkan video lipsync yang menghibur. Kamu bisa memuaskan kreasimu menggunakan berbagai tools dan fitur yang ada di dalamnya. App dengan ukuran installer 10 MB ini sudah memasuki versi 4.29 dengan jumlah unduhan yang terus bertambah.

8. Funimate

Funimate App
Aplikasi Funimate

Seperti namanya, Kamu bisa membuat berbagai video hiburan atau video singkatmu sendiri yang juga unik dan menarik. Ya katakanlah, app ini bisa digunakan seperti halnya Tik Tok. App ini sendiri memilik ukuran install yang cukup besar kalau ponselmu punya kapasitas internal yang terbatas yaitu sebesar 83 MB

9. Firework

Firework App
Aplikasi Firework

Ia memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dari Tik Tok, dimana Kamu bisa membuat konten video menarik. Bedanya, mungkin app ini lebih cenderung digunakan untuk menciptakan sensasi yang lebih unik saat Kamu ingin membuat video yang lebih dari sekedar menghibur. App ini bisa jadi pelarian yang pas jika Kamu ingin mencari suasana baru dari hingar-bingar dunia per-Tik Tok-an saat ini.

10. Lomotif

Awalnya Lomotif ini hanya tersedia untuk platform perangkat berbasis iOS saja. Melebarkan ekspansinya ke platform android, app ini mulai naik daun sebagai alternatif Tik Tok. Kamu bisa mengedit rekamanmu dengan operasi seperti trim, slow motion, zoom in & out dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Kamu juga bisa menambahkan melodi dan efek suara lain yang membuat video menjadi lebih hidup.

11. Triller

Triller App
Aplikasi Triller

Dengan ukuran instalIer sebesar 51 MB di versi 9.0, app ini juga menawarkan dirinya sebagai platform sosial media berbasis video sekaligus menjadi penantang Tik Tok. Bagaimana tidak? Selain halnya menawarkan kemampuan membuat video menarik, ia juga menyediakan berbagai kategori yang bisa dipilih. Artinya, Kamu bisa menggunakan banyak pilihan musik untuk video yang Kamu unggah sehingga lebih banyak orang yang mungkin tertarik.

12. Cheez

Cheez App
Aplikasi Cheez

App ini juga bisa dikatakan sebagai pilihan lain jika Kamu sedang mencari pengganti Tik Tok karena juga menggunakan konsep yang memang mirip, lebih jauh malah. Kamu bisa membuat dan mengedit rekaman dari dalam app ini mulai dari scoring dasar, pilihan chanel dan lebih banyak lagi. Kamu yang rajin vlogging bisa saja memanfaatkan app ini untuk mengakomodir berbagai kebutuhan, bukan sekedar video lucu, bernyanyi atau menari saja.

Adakah yang Lebih Baik dari Aplikasi Tik Tok?

Jawabannya tentu sangat bergantung pada kebutuhan dan seleramu. Instagram bisa dikatakan lebih baik dibanding Tik Tok mengingat ia tak hanya menawarkan fitur berbagi video pendek tetapi juga berbagi gambar. Terlebih lagi dengan jumlah pengguna yang terus bertambah dan basis pengguna setia Facebook yang semakin banyak beralih, maka kan lebih memudahkanmu untuk berbagi dengan lebih banyak orang.

Kalau Kamu lebih menginginkan app untuk lucu-lucuan, maka Likee sepertinya menawarkan alternatif yang lebih menghibur. Aplikasi ini semakin populer sebagai pembuat video menarik. Apalagi dengan pengalaman penggunaan yang begitu mirip dengan aplikasi Tik Tok, kamu yang sudah terlanjur familiar dengan platform ini pun tak akan kesulitan untuk menyesuaikan diri.

Itulah beberapa app yang bisa Kamu coba sebagai alternatif Tik Tok saat ini. Tik Tok sendiri masih tetap menjadi salah satu media sosial berbasis video singkat yang sangat digemari oleh pengguna dari berbagai belahan dunia. Dengan jumlah pengguna yang terus bertambah, sayangnya ada saja masalah yang dialami oleh app ini. Namun dengan banyaknya pilihan yang ada saat ini, Kamu pun tak akan banyak kesulitan untuk memuaskan hasratmu berbagi video menarik ke media sosial.