Cara Bayar PBB Online Via Traveloka dan GoPay
Cara Bayar PBB Online Via Traveloka dan GoPay

Cara Bayar PBB Online Via Traveloka dan GoPay

Mietha Fanza
1 month ago Last Updated 1 month ago

Warga negara Indonesia yang dikenai beban pajak maka dia wajib membayar pajak. Pajak Bumi dan Bangunan baik bangunan pedesaan atau perkotaan (PBB-P2) adalah salah satu jenis pajak yang wajib dibatar okeh warga negara Indonesia yang punya properti baik properti bangunan maupun properti berupa tanah. Pajak Bumi dan Bangunan ini pembayaranya dilakukan setiap tahun sekali.

Namun mungkin ada yang menunda bayar pajak bumi dan bangunan karena berbagai hal. Sebaiknya dalam hal pembayaran pajak termasuk PBB harus tertib agar tidak terlambat.

Sebab jika terlambat pastinya akan dikenai sanksi administrasi alias denda. Tentunya malah merugikan diri sendiri. Untuk itu memang sebaiknya harus taat pajak. Telat bayar pajak PBB akan dikenai denda sebesar persen dari besarnya pajak yang harus dibayar. Jika diabaikan tanpa dibayar bisa jadi makin besar.

Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan Online dengan Aplikasi

Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan Online dengan Aplikasi
Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan Online dengan Aplikasi

Jika anda punya keterbatasan waktu datang ke kantor pajak. Anda bisa membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) secara online menggunakan beberapa aplikasi yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah. Seperti aplikasi traveloka dan Gopay.

Nah berikut ini saya jelaskan cara bayar pajak di kedua aplikasi tersebut. Dengan membayar PBB secara online lewat aplikasi anda tidak harus repot repot datang ke kantor pajak jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Aplikasi Traveloka

Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Aplikasi Traveloka
Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Aplikasi Traveloka

Bagi anda pengguna aplikasi traveloka. Kini bisa bayar PBB dengan aplikasi traveloka. Khususnya bagi warga DKI Jakarta dan Depok. Hal ini karena traveloka telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Depok untuk berikan kemudahan layanan pembayaran PBB secara online yang bisa dibayar di menu top up dan menu bills di aplokasi traveloka.

Pihak traveloka menyatakan bahwa kerjasama dengan Pemda DKI Jakarta dan Depok terkait pembayaran PBB dalam rangka mendukung program pemerintah dalam peningkatan pemahamab finansial. Lewat layanan ini traveloka memudahkan masyarakat bayar PBB utamanya bagi yang tak punya rekening Bank.

Panduan Bayar PBB Online di Aplikasi Traveloka

Berikut ini panduan bayar pajak bumi dan bangunan (PBB) online menggunakan traveloka. Sebelum memulai melakukan transaksi pastikan bahwa aplikasi traveloka yang anda miliki sudah versi 3.10 keatas. Simak selengkapnya panduanya berikut ini.

1. Download dan instal aplikasi traveloka di playstore atau app store di ponsel anda.

2. Kemudian buka aplikasi traveloka. Lalu anda pilumih menu Bills dan Top Up letaknya di sebelah kiri bawah laman depan aplikasi traveloka.

3. Kemudian anda pilih ikon pembayaran PBB.

4. Setelah itu anda tentukan domisili bangunan yang anda punya. Apakah di Jawabarat atau di DKI Jakarta.

5. Setelah menentukan domisili bangunan anda. Langkah berikutnya silakan masukan NOP atau nomor objek pajak yang ada di lembar SPPT.

6. kemudian, anda tentukan tahun pembayaranya.

7. Setelah itu akan muncul tampilan tagihan pembayaran, silakan lanjut ke proses pembayaran dan ikuti instruksinya hingga selesai.

Keuntungan Bayar PBB Online lewat Traveloka

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika anda bayar pajak bumi dan bangunan di aplikasi traveloka. Keuntungan pertama, adalah proses pembayaran PBB online jadi lebih gampang. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Setelah selesai melakukan pembayaran bukti bayarnya bakal langsung dikirim ke alamat email anda. Cukup simpel bukan?

Keuntungan lainya bayar PBB online di traveloka adalah pihak traveloka sendiri tawarkan promo menarik seperti potongan harga pesan kamar hotel dan potongan harga tiket bagi pengguna yang gunakan fitur bayar PBB di traveloka. Nah itulah keuntungan bayar PBB dengan traveloka, tertarik? Buruan bayar pajak di aplikasi ini.

Masih Terbatas di DKI Jakarta dan Depok Jawa Barat

Kemudahan pembayaran PBB online dengan aplikasi traveloka masih terbatas untuk wikayah DKI Jakarta dan Depok Jawa Barat. Namun kedepan tidak menutup kemungkinan bakal berlaku di seluruh wilayah Indonesia mengingat terbukti efektif.

Faisal Syafruddin sebagai Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa kerjasama pemprov DKI Jakarta dan Traveloka terkait pembayaran pajak bumi dan bangunan ini cukup positif. Masyarakat DKI Jakarta kini lebih mudah bayar PBB.

Masyarakat juga diminta tidak khawatir telat bayar dan terkendala denda lantaran bayaf PBB ini bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari di ponsel dengan aplikasi traveloka. Walikota Depok Mohammad Idris juga menyampaikan perihal senada juga disampaikan. Beliau menyatakan wajib oahak butuh beragam pilihan cara bayar pajak.

Dengan kerjasama dengan traveloka ini, menambah alternatif cara bayar pajak PBB yang lebih praktis dan gampang. Selain itu, bayar PBB dengan traveloka juga dinikai aman lantaran aplikasi ini sudah kredibel. Untuk diketahui saat ini bayar PBB di traveloka masih terbatas pada wilayah Depok Jawa barat dan DKI Jakarta.

Cara Bayar PBB dengan Aplikasi Gopay

Cara Bayar PBB dengan Aplikasi Gopay
Cara Bayar PBB dengan Aplikasi Gopay

Selain traveloka, anda juga bisa bayar pajak bumi dan bangunan di aplikasi Gopay. Gopay adalah salah satu kayanan pembayaran dari Gojek. Gopay bisa untuk lakukan berbagai pembayaran dan transaksi. Termasuk untuk bayar PBB online dan juga bayar retribusi daerah secara non tunai lewat fitur tagihan Gi Tagihan.

Dismpaikan oleh Managing Director GoPay Budi Gandasoebrat, bahwa Gopay berinisiatif buka layanan batmyar PBB untuk mudahkan masyarakat dan pengguna Gopay untuk bayar pajak lebih mudah tidak harus kontak fisik dan keluar rumah.

Apalagi saat ini sedang dalam pembatasan karena pandemi virus korona. Maka Gopay bantu cegah penularan virus dan bantu pemerintah dalam hal pembayaran pajak masyarakat lewat aplikasi. Lalu, bagaimana cara bayar pajak bumi dan bangunan dengan menggunakan aplikasi gopay? Berikut panduanya.

Cara Bayar PBB Online dengan Aplikasi Gopay

Cara bayar PBB online dengan aplikasi Gopay cukup mudah. Berikut ini panduan dan langkah langkahnya :

1. Langkah pertama download dan instal aplikasi Gojek dimana disana fitur gopay tersedia.

2. Langkah kedua buka fitur Go tagihan di aplikasi Gojek.

3. Langkah ketiga pilih kategori public services. Di laman public services ini anda dapat pilih ikon PBB untuk bayar pajak bumi dan bangunan. Atau jika mau bayar retribusi sikakan pilih ikon retribution.

4.Langkah keempat Setelah memilih, silakan masukan nomor tagihan atau nomor ID. lalu konfirmasi pembayaran.

5. Langkah kelima, anda memasukan PIN rahasia Gopay milik anda.

6. Setelah pembayaran sukses, silakan swip up untuk lihat detail pembayaran. Proses ini waktunya singkat.

Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan gunakan layanan dari Gopay ini sudah bisa dilakuka. di beberapa wilayah di tanah air. Seperti di Yogyakarta, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Selain untuk bayar PBB dsn retribusi, layanan Gopay ini juga bisa digunakan untuk melakukan beragam pembayaran lainya seperti bayar taguhan PDAM, PLN, pembayaran multifinance dan masih banyak lagi.