Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Di Tokopedia
Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Di Tokopedia

Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Di Tokopedia

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

Saat ini gak perlu ribet dan bingung bayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Anda bisa bayar pajak PBB kapan saja dimana saja tanpa repot. Salah satunya bayar pajak PBB online di Tokopedia. marketplace ternama ini memang sediakan fitur khusus untuk lakukan transaksi termasuk untuk membayar pajak bumi dan bangunan secara online.

Tentunya ada sejumlah kelebihan kelebihan jika menggunakan Tokopedia untuk bayar pajak bumi dan bangunan bisa membayar PBB kapan saj dan dimana saja. Tokopedia juga sudah bekerjasama dengan bank DKI yang merupakan salah satu bank penerima pembayaran PBB jadi lebih terpercaya.

Kerjasama antara Tokopedia dan Bank DKI Jakarta ini memang sengaja dilakukan guna memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan dengan mudah secara online tanpa harus datang ke Bank. Khususnya bagi warga masyarakat Jakarta.

Pembayaran pajak PBB online di Tokopedia juga makin dipermudah karena sudah didukung oleh berbagai metode pembayaran seperti kartu debit atm/bank, internet Bandung, Ovo, virtual acount, pembayaran instan dan kartu kredit. Selain itu juga di minimarket. Anda bisa bisa dapatkan berbagai promo-promo menarik jika bayar pajak PBB di Tokopedia.

Anda juga bisa melakukan transaksi lainya ditokopedia selain membayar pajak bumi dan bangunan. Diantaranya seperti bisa cei nilai tagihan dengan sangat mudah di semua wilayah indonesia. Caranya tinggal masukan nomor pokok objek pajak)nomor pembayaran/ SPPR PBB beserta tarifnya akan tampil sebagai tagihan PBB Anda.

Jadi sekarang Anda tidak usah repot repot untuk sekedar bayar PBB online. Karena bisa dibayarkan langsung secara online lewat Tokopedia. Anda bisa cek tagihan pajak PBB Anda dan segera lakukan pembayaran di Tokopedia. Setelah selesai bayar, Anda langsung bukti bayaran yang bisa dicetak langsung. Jadi tunggu apalagi?segera bayar pajak PBB Anda secara online hanya ditokopedia. Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi lain di Tokopedia. Seperti bayar tagihan telepon, pulsa, cicilsnn, pdam, gas Pgn, Dan lain lain.

Mengenal lebih dekat pajak bumi dan bangunan( PBB)

Mengenal lebih dekat pajak bumi dan bangunan( PBB)
Mengenal lebih dekat pajak bumi dan bangunan( PBB)

Sebelum masuk ke pembahasan cara bayar pajak bumi dan bangunan di Tokopedia. Berikut ini sedikit akan dijelaskan tentang pajak bumi dan bangunan serta hal hal yang berkaitan dengan PBB. Simak selengkapnya berikut ini.

Pajak bumi dan bangunan merupakan pajak yang sifatnya kebendaan. Dimana besarnya pajak bisa ditentukan atas tanah dan bangunan. Keadaan subjek tidak diikut sertakan dalam penentuan jumlah pungutan pajak sebab pajak cuma akan dikenakan kepada objek pajak.

Pembayaran pajak bumi dan bangunan dilakukan setiap tahun. Dasar hukumnya adalah UU UU No. 12 tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan. Yang selanjutnya diubah jadi UU UU No. 12 tahun 1994.

Berdasarkan perkemhbanganya PBB di kawasan pedesaan dan perkotaan diatur pada uu no 28 tahun 2009 mengenai pakak daerah dan retribusi daerah (PDRD) Pasal 77 hingga Pasal 84 per tahun 2010.

PBB ini dibebankan kepada perseorangan maupun badan yang peroleh untung atau kedudukan sosial ekonomi tertentu berdasar hak kepemilikan untuk tanah dan bangunan. Perseorangan ataupun buat badan yang masuk wajib pajak ini harus lunasi pembayaran pajak selambat lambatnya 6 bulan pasca tanggal didapatkannya SPPT.

Cara Menghitung Pajak Bumi Bangunan

Menghitung pajak bumi bangunan (PBB) harus mengacu pada nilai jual objek pajak (NJOP). NJOP sendiri merupakan harga rata-rata atau harga pasar yang dipakai untuk jual-beli. harga pasar yang dimaksud yakni untuk objek pajak berupa bumi maupun bangunan. setiap tahunnya NJOP pada mumnya ditetapkan oleh Menteri Keuangan. NJOP setiap wilayah berbeda beda. Sejumlah faktor dasar yang pengaruhi penetapan NJOP untuk bumi diantaranya letak , peruntukan, pemanfaatan hingga kondisi lingkungan. Sedangkan NJOP bangunan pajaknya ditentukan oleh kondisi lingkungan rekayasa, letak hingga bahan bangunan yang dipakai.

Bagaimana cara Menghitung PBB?

Penting untuk ketahui cara hitung PBB agar bisa mengetahui besaran pajaknya. Pertama yang perlu diketahui dalam perhitungan pajak bumi bangunan adalah komponen komponen nilai yang mendasari perhitungan pajak. Berikut ini dasar hitung PBB : Hasil kali dari tarif 0,5 % dengan NJOP. Sedangkan NJOP diperoleh 20 % dari total semua NJOP.

Cara Peroleh SPPT PBB

SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang merupakan Surat Keputusan dikeluarkan Kepala KPP tentant pemberitahuan terhadap sejumlah pajak terutang yang wajib dibayarkan pada jangka waktu 1 (satu) tahun pajak bagi perseorangan dan badan yang merupakan wajib pajak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk perolehbPPT. yaitu :

1.Kunjungi kantor kades/kelurahan

2. Kunjungi KPBB atau KPP Pratama tempat Objek Pajak terdaftar, atau tempat lain yang ditunjuk oleh pemerintah

3. Dikirim lewat Kantor Pos dan Giro atau diantarkan langsung oleh petugas dari Kelurahan/Desa

4. Gunakan fasilitas panggilan langsung /Kring Pajak (500200). Ini merupakan layanan pulsa lokal Fixed Phone / PTSN

Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan Online Tokopedia

Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan Online Tokopedia
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan Online Tokopedia

Berikut cara bayar Pajak Bumi Bangunan Online di Tokopedia:

1. Kunjungi laman Tokopedia kemudian cari menu PBB Online atau kunjungi https://www.tokopedia.com/paja...

2. Pada menu PBB Online di tokopedia inputkan Nomor PBB yang ingin kamu bayar

3. Rincian kemudian muncul otomatis bila nomor kontrak dimasukan benar.

4. Klik menu Bayar. lalu Pilih metode pembayaran yang Anda diinginkan.Sistem segera memproses pembayaran Pajak Bumi Bangunan Anda

5. lalu muncul notifikasi ketika pembayaran berhasil dilakukan.

Hal hal Lain yang perlu diketahui terkait Pembayaran pajak bumi bangunan di Tokopedia

1. Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) online dari Tokopedia untui saat ini baru tersedia di Kota Depok Jawa Barat dan DKI Jakarta saja.

2. PBB bisa dibayarkan kapan saja di Tokopedia. Tokopedia melayani transaksi 24 jam non stop. Pastikan Anda bayar tagihan pajak sebelum jatuh Tempo.

3. Pada tanggal 31 Agustus setiap tahunnya adalah batas Pembayaran PBB online. Jika bayar di atas jatuh Tempo akan dikenai denda sesuai daerah masing-masing

4. Bila gagal bayar pajak bumi bangunan di Tokopedia. Uang anda dikembalikab ke saldo tokopedia. Juga ke ovo point jika dibayar dari Ovo. Jika tetap gagal bayar setelah dicoba berkali kali coba hubungi customernya care Tokopedia.

5. jika berhasil bayar PBB di Tokopedia tapi masih muncul tagihan. Silakan hubungi 08041222773 yang merupakan nomor call center Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta untuk pengecekan lebih lanjut. Hubungi CS Tokopedia jika ada kendala lebih lanjut.

Syarat dan Ketentuan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan

Berikut ini syarat dan ketentuan bayar pajak bumi bangunan (PBB) Online di tokopedia

1. BayarPBB di Tokopedia dapat dilakukan bagi pengguna yang punya akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor telepon.

2. Pembayaran PBB jatuh tempo setiap tanggal 31 Agustus pada tahun tagihan, khusus untuk DKI Jakarta.

3. Pembayaran PBB setelah tanggal jatuh tempo dikenakan denda besarnya 2% per bulanyabdari total pokok tagihan.

4. Ketentuan denda berlaku bagi semua wilayah Pajak.

5. Tokopedia takbertanggung jawab atas kesalahan pembayaran PBB karena salah input data oleh pengguna.

6. Jumlah biaya administrasi bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu.

7. satu pengguna dapat lakukan pembayaran SPPT PBB berulangkali. Termasuk atas nama orang lain

8. Informasi pembayaran lebih lanjut yang berkaitan PBB bisa ditanyakan langsung ke kantor UPPRD Kecamatan Anda.

9. Pembayaran bisa dilakukan atas nama pengguna baru.

10. Pihak Tokopedia tak pernah meminta email maupun password akun pengguna. Agar pengguna tak informasikan data tersebut ke pihak mana saja.