Cara Gampang Bayar Pajak Motor Online di Samsat
Cara Gampang Bayar Pajak Motor Online di Samsat

Cara Gampang Bayar Pajak Motor Online di Samsat

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

Sekarang anda bisa bayar pajak motor lebih praktis karena bisa dengan cara online di samsat online. Pembayaran pajak online ini dilakukan lantaran sejak pandemi korona samsat diliburkan demi cegah penularan wabah. Seperti apa mekanisme pembayaran pajak kendaraan di samsat online? Simak selengkapnya ulasan berikut ini.

Bayar Pajak Motor Online

Bayar Pajak Motor Online
Bayar Pajak Motor Online

Sejak diberlakukan masa darurat pandemi virus corona ( Covid-19). Nyaris semua layanan publik dibatasi dan sebagian besar ditutup demi cegah penularan wabah. Salah satunya adalah layanan pembayaran pajak kendaraan di samsat. Seluruh samsat di Indonesia sempat ditutup menyusul penularan covid 19 yang kian masif di Indonesia. Pembayaran pajak kendaraan di samsat seluruh tanah air juga sempat direlaksasi penundaan sampa tanggal 29 mei 2020 lalu. Dengan adanya relaksasi ini bagi yang bayar pajak kendaraan telat tidak dikenai denda keterlambatan.

Namun meski samsat tutup. Masyarakat tetap bisa bayar pajak maupun retribusi daerah utamanya terkait pajak kendaraan bermotor melalyi samsat online nasional atau samolnas. Lalu bagaimana mekanisme dan cara membayar pajak di samsat online? berikut langkah langkahnya

Cara bayar pajak kendaraan di samsat online

Cara bayar pajak kendaraan di samsat online
Cara bayar pajak kendaraan di samsat online

Begini cara gampang bayar pajak kendaraan termasuk bayar pajak motor di samsat online :

1. Langkah pertama, anda sebagai pemohon mengunduh aplikasi samolnas di ponsel anda.

2. Langkah kedua setelah selesai download, kemudian di instal dan lakukan pendaftaran.

3. Langkah ketiga anda isi data pada kolom yang sudah disediakan di aplikasi samolnas. Isian datanya yaitu NIK, nomor polisi serta 5 digitl nomor akhir rangka kendaraan anda. Setelah itu silakan klik lanjutan untuk melakukan proses berikutnya.

4. Langkah keempat, data anda akan diproses oleg sistem. Waktunya sekitar 1 menit. Kalau data yang anda input benar selanjutnya bakal muncul informasi tentang kendaraan yang akan anda bayar pajaknya secara lengkap. Juga muncul informasi biaya pajak yang harus dibayar.

5. Langkah kelima, akan muncul kode bayar, kode ini aktif selama 2 jam. Jika tidak digunakan akan kadaluwarsa anda harus mengulangi lagi prosesnya.

6. Langkah keenam, anda lakukan pembayaran sesuai jumlah tanggungan pajak yang tertera pada aplikasi. Anda bisa membayarnta lewat bank atau lewat aplikasi lainya dan dikenai biaya administrasi sebesar Rp.5ribu rupiah.

7. Langkah ketujuh setelah dilakukan pembayaran. Anda akan mendapatkan e-Pengesahan STNK dan e-TBPKB yang aktif selama 30 hari

8. Langkah kedelapan, anda dapat memperoleh TBPKB/SKPD dan mendapatkab stiker pengesahan STNK.

Keduanya akan dikirimkan oleh pihak samsat menggunakan jasa pengirim ke alamat anda seperti yang tercantum pada STNK.

Untuk diketahui, Samolnas cuma berlaku untuk memperpanjang masa berlaky STNK tahunan yang keterlambatan bayar pajaknya tidak lebih dari setahun. Anda bisa membayar pajak samsat online di bank mintra seperti bank BRI, bank BNI, Bank BTN, Bank CMB NIAGA, Bank BCA, permata Bank dan bisa juga membayar pajak di sejumlah ecommerce seperti bukalapak, tokopedia dan lain lain. Jika alamat wajib pajak tidak sesuai dengan di STNK. Anda dapat konfirmasi ke call center samsat setempat. Proses pengiriman butug waktu sekitar 7 hari.

Bayar pajak motor di Samsat Online di Bank dan Ecommerce

Sekarang bayar pajak kendaraan baik kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua lebih mudah dan praktis. Anda tidak perlu ribet lagi harus datang ke samsat. Karena bisa dilakukan secara online lewat aplikasi samsat online nasional alias samolnas.

Dalam pembayaranya samsat online nasional sudah bekerja sama dengan beberapa bank dan juga ecommerce arau marketplace seperti bukalapak.

Menurut Victor Lesmana sebagai Director of Payment, Fintech and Virtual Products Bukalapak menyampaikan beberapa waktu lalu. Pembayar pajak kendaraan secara online rata rata mencapai ribuan sejak tahun 2020.

Untuk sebaran wilayah pembayar pajak motor secara online diantaranya wilayah Jawa Timur, Jawa Barat DKI Jakarta dan yang terbaru juga Jawa Tengah. Kedepan samsat online nasional ini diharapkan bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia untuk membayar pajak kendaraan.

Dengan adanya layanan pembayaran pajak kendaraan lewat samolnas di bukalapak ini diharapkan dapat permudah masyarakat membayar pahak kendaraan dengan lebih praktis, efesien dan efektif, mudah diakses dan realtime.

Pihak bukalapak sendiri mengaku bakal secara aktif dan kontinyu mengedukasi masyarakat dalam rangka berikan informasi tentang pembayaran pajak kendaraan secara online. Harapanya agar makin banyak lagi penggunanya.

Cara Bayar Pajak Motor samsat online nasional di Bukalapak

Cara Bayar Pajak Motor samsat online nasional di Bukalapak
Cara Bayar Pajak Motor samsat online nasional di Bukalapak

Cara membayar pajak motor atau kendaraan lain samsat online nasional di bukalapak cukup mudah asalkan pengguna sudah punya kode billing. Pengguna tinggal masukan saja kode billing ke fitur samolnas di aplikasi bukalapak. Kemudian selanjutnya bayar sesuai mekanisme pembayaran yang ditentukan oleh bukalapak, biaya administrasinya sebesar Rp.5000 rupiah.

Pengesahan stempel STNK

Pemilik kendaraan mendatangi kantor samsat terdekat untuk lakukan pengesahan STNK. Jangka waktu maksomalnya 30 hari setelah membayar dengan bawa dokumen seperti ktp pemilik kensaraan, STNK asli serta membawa bukti pembayaran transaksi samolnas di bukalapak. Khusus di DKI Jakarta pengiriman pengesahan dikirimkan selambatnya 30 hari. Dikirimkan sesuai alamat yang tercantum di STNK.

Berikut cara bayar pajak kendaraan lewat online di Bukalapak:

1. Pemilik kendaraan lebih dulu daftarjan kendaraanya di aplikasi samolnas di ponsel untuk dapatkan kode bayar pajak.

2. Kemudian pengguna bikin kode billing di aplikasi samolnas tadi.

3. Mengisi data seperti nomor polisi kendaraan (plat nomor), nomor KTP pemilik kendaraan, dan mengisi 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan bermotor.

4. Kemudian sisitem bakal memproses data dalam waktu semenit. Jika data yang dimasukan sudah benar akan muncul informasi lengkap tentang jenis kendaraan yang pajaknya akan dibayar lebgkap dengan besarnya biaya pajak yang harus dibayar.

5. Jika semua proses rampung. Akan tampil kode bayar di aplikasi samolnas. Kode ini berlaku 2 jam saja.

6. Pengguna bakal dapatkan kode bayar. Kemudian anda bisa buka aplikasi bukalapak diponsel anda.

7. Lalu login ke entry point dari virtual product letaknya di kiri atas, dilanjutkan ke tagihan, dan Samolnas Icon.

8. Pengguna kemudian membayar di bukalaoak pakai input kode billing yang sudah pengguna peroleh di aplikasi samolnas tadi.

9. Sistem bakal tampilkan tagihan pajak kendaraan yang harus dibayar

10. Kemudian tekan bayar sekarang. Pengguna bakal diarahkan ke laman pilih metode bayar. Ikuti instruksi seperti dipetunjuk pada aplikai bukalapak dan transaksi berhasil.

11. Tahap selanjutnya penggguna tunggu stiker pengesahan STNK yang dikirim ke alamat rumah, paling lambat 30 hari (Untuk DKI Jakarta) sedangkan wilayah lain seperti Jabar dan Jatim tetap datang ke samsat terdekat untuk lakukan pengesahan STNK.

Selain bukalapak. Anda juga bisa bayar pajak kendaraan secara online di samolnas lewat virtual akun seperti di Bank Mandiri, BCA, BNI dan Bank BRI. Juga bisa dengan atm transfer serta melalyi kartu kredit, indomart alfamart dan DANA.