Cara Bayar Pajak Online Step By Step Termudah
Cara Bayar Pajak Online Step By Step Termudah

Cara Bayar Pajak Online Step By Step Termudah

Mietha Fanza
5 months ago Last Updated 5 months ago


Dimasa pandemi seperti saat ini apakah ada solusi dan cara bayar pajak online? Tentunya sekarang kamu bisa melakukan pembayaran pajak online dengan step by step sebagai berikut.

Pada Saat sekarang ini mungkin kebanyakan dari kita masih takut bila keluar Rumah. Hal ini menyebabkan hampir seluruh aktivitas yang kita kerjakan dilakukan di dalam rumah mulai dari belajar, bekerja,dan lain-lain.

Semua aktivitas tersebut dilakukan di dalam rumah untuk menurun kan angka penyebaran virus.Dari banyak aktivitas tersebut salah satu hal yang penting adalah membayar pajak.banyak pelayanan umum pada saat ini ditutup karena virus.

Tentang Bayar Pajak

Tentang Bayar Pajak
Tentang Bayar Pajak

Pernah mendengar istilah bayar pajak? Kalau belum, sepertinya Anda memang harus tahu lebih dulu apa itu bayar pajak. Omong-omong, istilah yang satu ini sering kali digunakan oleh mereka yang akan melakukan kegiatan bayar pajak.

Nah! Bayar pajak sebenarnya juga suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang wajib membayar pajak. Baik mereka yang sudah bekerja atau belum, pembayaran pajak harus dituntaskan guna kesejahteraan negara.

So, pada dasarnya memang ada beberapa kategori orang yang akan dikenakan bayar pajak. Salah satunya adalahereka.yang memiliki kendaraan. Tidak dapat dipungkiri di Indonesia sendiri jumlah kendaraan motor sangat melimpah.

Bisa.dibilabg hampir setiap rumah memiliki kendaraan beroda dua ini. Nah! Buat kamu yang terkena wajib pajak dan akan membayarnya, di masa pandemi ini harus bayar via online. Tidak dapat dipungkiri karena jumlah pertemuan dibatasi.

Namun, bayar pajak via online rupanya tidak selalu dimwngerri oleh semua orang. Kadang ada saja beberapa orang yang belum mengerti sehingga harus diberi tahu caranya. Dengan mengetahui cara bayar pajak, Anda jadi tidak terbebani.

Bayar pajak offline mulanya memang tidak menyebabkan kesulitan. Saat ada virus corona, kita dianjurkan agar tidak sering berpergian. Sehingga membuat semuanya sistem pembayaran berbuah dari offline ke online, termasuk bayar pajak online.

Banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara bayar pajak online sekarang ini. Bahkan banyak yamg malah kebingungan dengan metode bayar pajak online ini. Di artikel berikut ini kami akan menjelaskan cara-cara membayar pajak online.

Ada beberapa jenis membayar pajak di mana yang paling sering kita jumpai adalah membayar pajak motor. Motor merupakan kendaraan paling banyak penggunaannya, bahkan pernah dijelaskan bagaimana membayar pajak motor secara online. So, berikut langkah-langkah dan Cara Bayar Pajak Online lengkapnya!

Mengunduh aplikasi Untuk membayar pajak online

aplikasi Untuk membayar pajak online
aplikasi Untuk membayar pajak online

Ingin membayar pajak? Salah satu langkah yang bisa Anda temouh dengan cara menggunakan aplikasi. Penggunaan aplikasi dinilai sangat praktis dan juga tidak menyusahkan. Karena selain Anda bisa si rumah saja, aplikasi juga terpasang di ponsel.

Langkah yang pertama anda dapat mencari aplikasi yang bisa untuk membayar pajak secara online. Pembayaran via online akan menghubungkan Anda dengan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) online Nasional yang resmi.

Tentu saja sebelum menggunakannya, download aplikasi dulu. Tujuan mengunduh aplikasi bayar pajak yang resmi guna menghindari anda dari penipuan ataupun modus lainnya. Jadi, anda memang harus memperhatikan atau meneliti bahwa aplikasi tersebut memang resmi.

Mengunduh aplikasi tersebut dapat di unduh melalui googe playstore atau aplikasi unduhan lainnya atau jika anda tidak tahu maka anda bisa tanyakan pada teman atau kerabat anda yang sudah pernah menggunakan aplikasi tersebutl.

Jadi, sebelum anda menggunakan aplikasi tersebut pastikan bahwa aplikasi tersebut terhubung dengan Nasional agar anda tahu bahwa aplikasi tersebut memanglah resmi dan Aman bila Anda gunakan.

Nah! Kebanyakan orang memang belum tahu seperti apa penggunaan aplikasi untuk membayar pajak. Hal ini dikarenakan selama masa pandemi belum datang mereka selalu menggunakan cara offline untuk membayarnya. Berikut kami jabarkan proses pembayaran pajak via aplikasi.

Mendaftar

Anda sudah mengunduh aplikasinya? Tinggal lanjut ke proses pendaftaran. Proses.ini adalah tahap yang pertama di tahap berikut ini anda akan mendaftar sebagai pengguna resmi aplikasi ini dan juga dapat membayar pajak secara online.

Langkah yang kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftar. Dengan mendaftar maka Anda secara resmi akan bergabung dengan aplikasi tersebut. Hal ini yang akan melanjutkan proses dan akan mempermudah Anda.

Biasanya dalam tahap ini anda akan nengisi formulir yang akan menanyai beberapa hal. Dalam mengisi formulir ini Anda juga harus teliti, jika tidak informasi yang anda berikan salah dan dapat menyebabkan kesalahan dalam proses selanjutnya.

Mendapatkan SKKP Elektronik dan kode bayar

jika Anda sudah mendaftar maka proses pun akan berlanjut atau diteruskan pada proses yang selanjutnya yaitu anda akan mendapatkan SKKP Elektronik dan anda juga akan mendapatkan kode bayar.

Langkah sepanjutnya setelah Anda mendaftar adalah Anda akan mendapat kan SKKP dan kode bayar. Pada tahap ini juga Anda akan mendapat kode untuk membayar pajak dan nominal pajak yang harus di bayar.

Dalam pembayaran juga dapat langsung di bayarkan melalui bank ataupun channel pembayaran lainnya dengan dikenakan biaya Administrasin Rp.5.000,00. Untuk channel pembayaran yang Anda gunakan.

Bayar melalui bank juga dapat anda lakukan melalui bank yang terpecaya dan yang pasti aman bila anda gunakan pembayaran juga dapat anda lakukan secara online dan pastinya mudah untuk dilakukn.

Mendapat e-TBPKB

Setelah pembayaran tersebut langkah selanjutnya adalah mendapatka e-TBPKB Yang biasanya akan dikirimkan melalui email Dan juga akan mendapatkan e- Pengesahan STNK Yang berlaku selama 30 hari.

Anda juga akan mendapatkan stiker pengesahan STNK dan TBPKB/SKPD secara fisik ke alamat rumah dengan menyesuaikan alamat pada STNK dan untuk proses pengirimannya juga dapat memakan waktu hingga 7 hari.

Apabila ada kesalahan dalam alamat yang tertera dalam STNK maka Anda dapat juga menghubungi Call Center Samsat setempat/yang terdekat dengan tempat tinggal Anda maka akan di perbaiki.

Dalam pembayaran pajak harus rutin anda lakukan sebulan sekali untuk mencerminkan bahwa anda warga yang taat pada peraturan dan patuh pada pemerintah negara dan selalu taat dalam membayar pajak.

Nah! Sampai di sini, proses membayar pajak Anda pun telah selesai! Tentunya dengan cara pembayaran via online akan sangat memudahkan, ya! Kemudahan ini selain Anda tidak perlu pergi kemana-mana jadi kesehatan diri dari virus pun tetap terjaga.

Perlu Anda ketahui juga, meskipun masa kini sedang pandemi, di mana kabarnya untuk mengais sesuap nasi saja susah, jangan sampai Anda telat bayar pajak, ya! Keterlambatan bayar pajak sama halnya dengan hutang.

Di mana jika hutang dibiarkan terus-menerus menumpuk maka akan menyebabkan Anda berat dalam membayarnya. Begitu pula dengan beban pembayaran pajak ini. Meskipun kondisi sedang sulit, sebaiknya Anda usahakan tetap bisa bayar.

Pembayaran pajak yang melanggar aturan, seperti halnya tidak membayar juga akan berakibat pada sanksi. Benar! Seseorang yang harusnya bayar pajak tapi tidak bayar pajak akan dikenakan denda atau hukuman yang berlaku.

Itulah tadi tentang informasi Cara Bayar Pajak Online yang mudah step by step yang bisa kamu ikuti, semoga dapat mempermudah kamu dalam membayar pajak di masa pandemi seperti sekarang ini.