Cara Mengecek Bansos Kemensos PKH, BPNT, BST, BLT BBM Terbaru 2023

Vebma.com - Cara mengecek bansos sampai saat ini masih menjadi informasi yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Karena sampai sekarang pemerintah masih rutin untuk membagikan Bansos atau BLT kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Program Bansos Kemensos dari pemerintah ini memiliki tujuan untuk bisa membantu perekonimian masyarakat Indonesia. Terutama ditunjukan untuk warga negara Indonesia yang kurang mampu dan terkena dampak langsung akibat pandemi yang telah berlalu.

Dan jika kamu adalah salah satu orang yang ingin mengetahui cara mengecek bansos kemensos terbaru di tahun 2023. Kamu bisa simak penjelasan tentang Bansos Kemensos yang kami bagikan secara lengkap di bawah ini!

Cara Daftar Bansos Kemensos Terbaru 2023

Untuk kamu yang belum mengetahui Bansos Kemensos, bahwa bantuan dari Pemerintah melalui Kemensos ini dibagi menjadi 4 jenis bantuan bansis yang berbeda-beda.

Jenis bantuan bansos dari Kemensos ini memiliki target penerima bantuan dan nilai total bantuan yang berbeda-beda. Ada Bantuan BPNT, Bantuan UMKM BPUM, Bantuan BST, dan Bantuan PKH.

Jadi ketika kamu ingin mengetahui cara mengecek bansos Kemensos, tentunya kamu harus mengetahui jenis bantuan sosial mana yang kamu ingin ketahui.

Dengan mengetahui cara daftar bansos kemensos, kamu bisa mendaftarkan diri sendiri atau untuk orang lain yang kamu rasa benar-benar membutuhkan bantuan tersebut. Untuk melakukan pendaftaran bansos kemensos, kamu cukup menggunakan smartphone yang terkoneksi ke internet.

Setelah itu, kamu bisa terapkan cara daftar bansos kemensos sesuai dengan jenis bantuan yang ingin didapatkan.

Cara Daftar Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Terbaru 2023

Bansos BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai, adalah salah satu jenis bantuan dari Kemensos yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Bansos BPNT ini akan diberikan bukan dalam uang tunai sesuai dengan nama bantuannya.

Orang yang menerima bantuan BPNT ini akan mendapatkan bahan pangan atau sembako yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Untuk cara daftar bansos BNPT, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama kamu siapkan dokumen pendaftaran seperti KK dan KTP.
  2. Setelah dokumen kamu siapkan, silahkan kamu datang ke Balai Desa atau Kantor Kelurahan tempat tinggal kamu saat ini. Kemudian kamu bisa meminta bantuan aparat desa atau kelurahan untuk melakukan pendaftaran DTKS.
  3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan data diri untuk dibantu dalam proses pendaftaran DTKS. Kemudian data tersebut nantinya akan dikirimkan ke provinsi.
  4. Jika proses pendaftaran selesai, maka kamu akan mendapatkan kode unik yang berasal dari kartu DTKS.
  5. Setelah itu, nantinya kamu akan mendapatkan buku rekening untuk bisa mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS.
  6. Dengan membawa KKS tersebut, ketika ada penerimaan bansos BPNT. Kamu bisa mendapatkan bantuan berupa bahan pangan atau sembako sesuai dengan yang telah ditentukan Kemensos.

Cara Daftar Bantuan Sosial Tunai (BST) Terbaru 2023

Untuk kamu yang ingin mendapatkan Bantuan Sosial Tunai atau sering dikenal dengan nama bantuan BTS. Maka kamu akan mendapatkan bantuan dalam bentuk uang tunai dari Kemensos. Bantuan BST Kemensos ini ditunjukan untuk masyarakat yang kurang mampu.

Tujuan dibuatnya program bansos ini adalah untuk memenuhi kebutuhan harian dari masyarakat yang kurang mampu. Jadi untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang membutuhkan bantuan Bantuan Sosial Tunai ini. Kamu bisa terapkan langkah-langkah dan cara daftar Bantuan Sosial Tunai (BST) berikut :

  1. Langkah pertama kamu harus menyiapkan KK dan KTP untuk pengajuan pendaftaran bantuan BST.
  2. Setelah itu, kamu pergi ke RT dan RW tempat tinggal kamu untuk meminta dibuatkan surat untuk pengajuan penerima bantuan BST.
  3. Selanjutnya kamu bawa surat dari RT RW tersebut ke kantor desa atau kelurahan untuk mengajukan pendaftaran penerima bantuan BTS.
  4. Setelah kamu mendapatkan surat dari RT RW dan Desa, selanjutnya kamu akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran bantuan BST.
  5. Langkah selanjutnya, kamu tinggal menunggu proses validasi selesai dari pusat Kemensos. Jika data kamu berhasil mendapatkan bantuan BST kamu akan diberi kabar dari desa atau RT/RW.

Cara Daftar Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) Terbaru 2023

Kemudian kami akan membantu kamu untuk mengetahui cara daftar bansos Program Keluarga Harapan atau PKH. Bantuan PKH ini dikhususkan untu para pekerja yang terkena dampak dari adanya pandemi. Keluarga yang mendapatkan bantuan ini adalah orang yang telah diPHK dari perusahaannya.

Untuk cara daftar bansos PKH, kamu bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Pertama kamu siapkan KTP dan KK untuk pengajuan penerima bantuan PKH.
  2. Selanjutnya silahkan kamu datang ke RT/RW untuk meminta surat pengajuan penerima bantuan PKH, lalu jika sudah kamu datang ke kantor Desa/Kelurahan.
  3. Kemudain di Kantor Desa/Kelurahan kamu akan diberikan arahan oleh petugas untuk mengisi berkas dan data untuk didaftarkan sebagai penerima PKH.
  4. Setelah itu, data yang telah kamu berikan akan dikirimkan ke Kantor Kemensos pusat.
  5. Jika data kamu tervalidasi di kantor Kemensos pusat, dan dimasukan pada SIKS (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial). Maka kamu bisa mendapatkan bantuan PKH.
  6. Dan kamu tinggal menunggu ada informasi terbaru tentang tanggal penerimaan PKH terbaru di tahun 2023.

Syarat Dan Ketentuan Penerima Bansos Kemensos

Setelah kamu mengetahui tentang cara daftar bansos kemensos di atas, kamu juga harus mengetahui syarat dan ketentuan penerima bansos Kemensos. Karena tidak semua orang bisa berhak mendapatkan bantuan sosial dari Kemensos ini.

Berikut ini ada beberapa syarat dan ketentuan penerima bansos kemensos yang perlu kamu ketahui :

  • Penerima bantuan sosial Kemensos adalah warga negara Indonesia yang termasuk sebagai masyarakat miskin atau rentan miskin.
  • Penerima bantuan bukan merupakan aparatur sipil negara seperti TNI, Polri atau ASN.
  • Listrik di rumah masih menggunakan 450 watt.
  • Lantai tempat tinggal masih tanah.

Tutorial Cara Mengcek Bansos Kemensos Secara Online Terbaru 2023

Setelah kamu mengetahui tentang syarat dan ketentuan dan cara daftar bansos kemensos di atas. Kamu juga harus mengetahui tentang cara mengecek bansos kemensos terbaru. Karena ada beberapa cara mengecek bansos yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Untuk pengecekan penerima bansos bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi atau menggunakan website resmi dari Kemensos. Sehingga para penerima bantuan bisa lebih mudah memilih metode mana yang dirasa paling efektif untuk mendapatkan informasi penerimaan bansos.

Jika kamu sudah melakukan cara daftar bansos kemensos seperti yang ditunjukan di atas. Dan kamu sudah terdaftar resmi sebagai penerima bantuan dari Kemensos pusat. Maka kamu bisa menerapkan cara mengecek bansos kemensos secara online terbaru di bawah ini!

Cara Mengecek Bansos Kemensos BLT BBM

Untuk cara cek bansos kemensos BLT BBM terbari dari kemensos kamu bisa gunakan langkah-langkah yang dibagikan di bawah ini. Bantuan BLT BBM ini diberikan oleh Kemensos dikhususkan untuk menunjang biaya transportasi dikarenakan harga BBM Pertalite yang telah naik.

Sehingga diharapkan dengan adanya bantuan BLT BBM ini, masyarakat yang terkena dampaknya bisa terbantu karena mendapatkan bantuan untuk pembelian BBM. Sehingga kegiatan usaha atau pekerjaannya tidak terbebani dengan harga BBM Pertalite yang sudah tidak lagi disubsidi oleh pemerintah.

Bantuan BLT BBM Kemensos ini memiliki nominal Rp 600 ribu untuk para pekerja yang terkena dampak kenaikan BBM. Dengan bantuan BLT BBM senilai Rp 600 ribu ini diharapkan bisa sedikit membantu meringankan pengeluaran para pekerja untuk biaya transportasi.

Untuk yang ingin mengetahui cara mengecek bansos BLT BBM Rp 600 ribu ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pertama kamu buka browser di hp dan kamu silahkan mengakses halaman web https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  2. Setelah itu, kamu silahkan masukan data diri secara lengkap dengan memilih daerah tempat tinggal kamu dan masukan nomor KTP yang kamu miliki.
  3. Selanjutnya kamu juga harus memasukan kode keamanan yang ada di halaman web kemensos untuk diketikan ulang kode tersebut. Jika kode tidak muncul kamu bisa klik ikon refresh.
  4. Kemudian kamu lanjut dengan klik tombol cari data dan halaman web nantinya akan menampilkan nama kamu dan mengetahui apakah data kamu mendapatkan bantuan BLT dari pemerintah melalui Kemensos atau tidak.
  5. Jika kamu termasuk dalam penerima manfaat karena nama kamu terdaftar di web kemensos, silahkan kamu tinggal menunggu surat dari desa untuk waktu penerimaan bansos.

Jadi itulah tadi langkah-langkah cek bansos melalui website kemensos resmi. Panduan diatas bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah kamu menerima bansos dari kemensos atau tidak.

Cara Mengecek Bansos Kemensos Menggunakan Aplikasi

Selain kamu bisa menggunakan cara mengecek bansos kemensos melalui website resmi kemensos di atas. Kamu bisa juga memanfaaatkan aplikasi dari Kemensos untuk bisa melakukan pelacakan apakah kamu berhak mendapatkan bantuan dari kemensos atau tidak.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek bansos kemensos menggunakan aplikasi Cek Bansos :

  1. Langkah pertama silahkan kamu siapkan dokumen KTP dan KK terlebih dahulu.
  2. Kemudian kamu instal aplikasi Cek Bansos yang bisa kamu dapatkan gratis melalui google playstore.
  3. Jika aplikasi sudah terinstal, kamu buka aplikasi dan kamu lakukan pendaftaran di aplikasi menggunakan data ktp yang kamu miliki.
  4. Selanjutnya kamu juga akan diminta foto KTP dan berfoto selfie sambil memegang KTP.
  5. Berikutnya kamu akan diminta memasukan kode OTP yang dikirimkan ke email yang telah kamu masukan dalam proses pendaftaran.
  6. Setelah kamu memasukan kode OTP, maka kamu sudah bisa masuk atau login ke aplikasi Cek Bansos.
  7. Untuk mengecek bansos di aplikasi cek bansos, silahkan kamu masuk ke menu Cek Bansos dan kamu masukan data KTP dan KK untuk mengetahui apakah kamu termasuk dalam penerima bansos kemensos atau tidak.

Sekian itulah tadi 2 cara mengecek bansos kemensos secara online melalui website kemensos resmi dan melalui aplikasi cek bansos. Semoga dengan adanya informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi yang valid tentang apakah kamu menjadi salah satu penerima bansos dari Pemerintah melalui Kemensos atau tidak.