Cara bayar PBB di Mandiri Online Yang Mudah dan Praktis
Cara bayar PBB di Mandiri Online Yang Mudah dan Praktis

Cara bayar PBB di Mandiri Online Yang Mudah dan Praktis

Mietha Fanza
1 month ago Last Updated 1 month ago

Bagaimana cara bayar pajak bumi dan bangunan (PBB)? artikel ini akan mengulasnya tentang cara pembayaran PBB di Mandiri online dengan mudah. Namun sebelum membahas tentang cara bayar PBB akan dijelaskan lebih dulu secara singkat tentang pajak bumi dan bangunan.

Mengenal Pajak Bumi dan Bangunan di Indonesia

Mengenal Pajak Bumi dan Bangunan di Indonesia
Mengenal Pajak Bumi dan Bangunan di Indonesia

Definisi Pajak Bumi dan Bangunan

Pajak bumi dan bangunan atau biasa disingkat dengan PBB. Merupakan jenis pajak yang dipungut atas bangunan dan tanah kantaran adanta profit maupun karena adanya kedudukan sosial atau keuntungan ekonomi yang kebih baik bagi badan atau orang yang lubya suatu hak terhadapnya atau juga pubya manfaat dari tanah dan bangunan itu.

Pajak Bumi dan Bangunan Berdasarkan UU Nomor 28 tahun 2007

Berdasarkan Undang Undang Nomor 28 tahun 2007 mengenai pajak dan retribusi daerah. Pemerintah Kota/Pemkab diberi kewenangan penuh memungut oajak buni dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2). Sedangkan untuk PBB-P3 (Meliputi PBB prrhutanan, perkebunan dan pertambangan). Masih dalam kendali dan kewenangan Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Pajak.

Dasar Penentuan Besaran PBB

Dasar untuk penentuan dan oengenaan pajak dalam pajak Bumi dan Bangunan tammyaitu nikai jual objek pajak atau NJOP. NJOP sendiri ditentukan sesuai harga pasar di wilayah tersebut dan juga ditetapkan oleg menteri keuangan setiao tahunya.

Untuk besaran PBB terutang didapatkan dari hasil perkalian tarif (0,5%) dengan NJKP . Untuk nilai jual kena pajak yaitu ditetapkan dengan besaran 20 perssn dari NJOP jika NJOP nya kurang dari 1 miliar rupiah. Besarnya pajak bumi dan bangunan dalam satu tahun tertera oada surat pemberitahuab pajak terutang atau SPPT.

Wajib Pajak

Wajib pajak PBB merupakan badan atau orang pribadi yang punya hak. atau juga mendapatkan manfaat dari tanah atau bangunan. Atau memiiliki, menguasai.

Wajib pajak punya kewajiban bayar PBB setiap tahun. Pajak dan Bangunan wajib dilunasi paling akhir yaitu 6 bulan sejak wajib pajak menerima SPPT. Sebab wajib pajak yaitu 5 sampai 8 bulan.

Pembayaran PBB

Anda bisa bayar pajak bumi dan bangunan di beberapa tempat. Seperti di bank persepsi yaitu bank yang sudah dicantumkan di SPPT PBB anda. Anda juga bisa membayarnya lewat ATM, kantor pos dan bisa juga membayarnya melalui petugas pemungut dari Pemerintah.

Setiap warga Negara wajib melakukan pembayaran dan pelaporan pajak tepat waktu. Untuk mempermudah pembayaran ini Bank mandiri telah memiliki layanan bernama E-Tax untuk mempermudah pembayaran pajak yang berbasis web yang bisa dilakukan secara online dimana saja dan kapan saja.

Cara bayar PBB di Mandiri Online

Cara bayar PBB di Mandiri Online
Cara bayar PBB di Mandiri Online

Setelah mengetahui sekilas tentang pajak bumi dan bangunan, berikut ini akan diulas tentang cara bayar PBB melalui Mandiri Online. Berikut selengkapnya.

Bank Mandiri merupakan salah satu Bank ternama di tanah air. Memberikan berbagai layanan keuangan dan transaksi bagi nasabahnya. Salah satunya adalah layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan. Dengan aplikasi Mandiri online, bank mandiri mempermudah layanan pembayaran PBB secara praktis tanpa ribet.

Lewat fitur mandiri e tax. Anda tidak harus datang ke bank untuk bayar pajak bumi dan bangunan. Fitur ini memungkinkan anda transaksi dimana saja kapan saja secara online.

Mandiri e tax punya fitur kirim data pajak elektronik dengan metode satu persatu dan sekaligus dengan jumlah banyak (bulk). Anda juga bisa mengecek NPWP atau nomor wajib pajak di mandiri e tax sebelum lakuian transaksi ke bank gunakan fitur inquiry NPWP.

Tentunya keamanan gunakan aplikasi mandiri online ini lebih dijamin keamananya lantaran diotorisasi transaksi elektronik dengan soft token.

Selain itu, Anda juga lebih nyaman untuk memonitor pembayaran yang bisa dilakukan secara online lewat portal mandiri e-tax.

Dengan mandiri online dalam fitur mandiri etax ini. Administrasi dokumen bukti penerimaan negara (BPN) dan surat setoran pajak (SSP) tersedia di mandiri online dalam bentuk digital.

Anda juga bisa mendownload dan juga mencetak BPN dan SSP yang sudah peroleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan Nomor Transaksi Bank (NTB).

Kelebihan lainya laporan rekapitulasi data pajak bisa diunduh dalam format excel dan PDF dan dengan mandiri online ini anda bisa langsungvlapor pajak lewat e filing yaitu suatu laporan elektronik secara langsung ke dirjen Pajak.

Dengan gunakan mandiri online lewat fitur etax, kini bayar pajak bumi dan bangunan tidak lagi ribet. Anda bisa melakukanya dengan mudah secara online dimana saja dan kapan saja. Anda juga bisa bayar pajak pakai surat setoran pabean cukai dan pajak ataupun menggunakan ssp atau surat setoran pajak.

Untuk melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan dengan mandiri online. Anda bisa mengakses laman website Klik https://etax.bankmandiri.co.id untuk mengakses mandiri e-tax. Untuk lebih jelasnya bisa juga hububgi call center mandiri e tax di nomor (021) 500150 di (021) 5245071.

Manfaat Lain Mandiri Online

Selain untuk bayar pajak bumi dan bangunan. Mandiri online juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai transaksi lainya. Seperti digunakan sebagai e money, sampai dengan untuk membuat kode billing pajak.

Manfaat Mandiri Online Untuk Top Up Saldo

Manfaat lain dari mandiri online adalah untuk top up saldo. untuk update saldo e money mandiri bisa diaplikasikan di sistem operasi berbasis IOS bagi pengguna iphone yang dilengkapi fitur NFC.

Setidaknya hingga saat ini mandiri online sudah digunakan sebanyak 5 juta pengguna yang terkoneksi dengan lebih dari 1.800 rekanan pembayaran. Ada sebanyak 174 transaksi yang sudah dilakukan di mandiri online di periode Januari sampai Maret 2020. Nilai transaksinya besar hingga mencapai Rp 230 triliun.

Bank Mandiri sudah terbitkan sebanyak 21 juta kartu dengan logo Mandiri e-money dengan jumlah transaksi hingga sebanyak 253 juta kali. Dengan nominal Rp 3,9 triliun dari periode Januari-Maret 2020.

Pendaftaran auto debet BPJS Kesehatan

Manfaat lainya mandiri online yaitu untuk daftar autodebet BPJS Kesehatan.

Dengan fitur ini, peserta BPJS Kesehatan bisa daftarkan satu nomor rekening untuk satu atau lebih nomor kepesertaan BPJS Kesehatan. Jadi pembayarannya bisa diproses sekaligus dan otomatis.

Fitur ini adalah pengembangan dari fitur pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan. Sebelumnya Bank Mandiri juga kembangkan pendaftaran auto debit BPJS Kesehatan melalui sms banking aplikasi mobile JKN, website BPJS Kesehatan, cabang Bank Mandiri atau Mandiri Power Bills. Sampai sekarang, tercatat bank mandiri ini sudah layani transaksi iuran BPJS kesehatan 2,4 juta transaksi tiap bulanya dan juga layani autodebet sebanyak 400.000 per bulan.

Pembuatan kode billing pajak

Fitur selanjutnya mandiri online yakni fitur pembuatan kode billing pajak. Fitur ini adalah pengembangan dari layanan Mandiri onlineyang bisa diakses di ATM Mandiri. Lewat mandiri online sudah teecatat sebanyak 5 juta transaksi oembayaran pajak badan maupun perorangan nilainya hingga 225 triliun.

Pada tahun lalu, BMRI telah melayani pembayaran pajak lebih dari 5 juta transaksi baik perorangan maupun perusahaan dengan nilai pajak yang disetorkan mencapai Rp 225 triliun.