Cara Cek BPUM BRI Bantuan Rp 1,2 Juta Untuk UMKM Terbaru 2023

Vebma.com - Dengan mengetahui cara cek BPUM BRI kamu nantinya bisa mengetahui apakah kamu sebagai pelaku usaha umkm mendapatkan bantuan UMKM BPUM atau tidak.

Kita tahu bahwa pemerintah pasca pandemi dari tahun 2021 hingga tahun 2022 yang lalu masih menyalurkan bantuan kepada masyarakat terutama UMKM dalam bentuk bantuan BPUM. Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini disalurkan oleh pemerintah kepada para pelaku usaha mikor kecil dan menengah atau UMKN, ojek online/ojol, angkutan umum hingga nelayan.

Dilansir dari laman web indonesiabaik.id, bantuan UMKM ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022. Sehingga masyarakat terutama UMKM hingga ojol yang terkena dampak pasca pandemi dan kenaikan harga BBM akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Bantuan UMKM terakhir kali di tahun 2022 yang lalu dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2022. Dan dari bantuan ini, nelayan,pencipta lapangan kerja, orang bekerja di sektor transpotasi umum di daerah dan pelaku usaha UMKM akan mandapatkan bantuan.

Bantuan UMKM BPUM dari pemerintah ini adalah sebesar Rp 1,2 juta untuk setiap penerima manfaat terutama pelaku usaha UMKM. Sedangkan untuk bantuan BPUM untuk ojol, nelayan dan pelaku usaha transportasi umum akan diatur berdasarkan kebijakan dari masing-masing pemerintah daerah.

Dan informasi terbaru di tahun 2023 ini, sampai saat ini pemerintah belum memberikan pengumuman resmi adanya bantuan BPUM kepada UMKM lagi, termasuk kepada ojol, nelayan dan pelaku usaha transportasi angukutan umum.

Tetapi beberapa isu yang beredar pemerintah di tahun 2023 tetap akan memberikan bantuan BPUM kepada UMKM. Tetapi nominal bantuan BPUM untuk UMKM dan tanggal pasti pencairannya belum ada pemberitahuan resmi kapan akan dilaksanakan.

Sebelum bantuan BPUM BRI dilaksanakan kembali oleh pemerintah, ada baiknya kamu sebagai pelaku usaha UMKM. Terutama yang ingin mendapatkan bantuan BPUM dari pemerintah, kamu harus membaca artikel yang kamu bagikan disini tentang cara cek BPUM BRI terbaru 2023 dan cara daftar umkm.

Cara Daftar UMKM Terbaru 2023 Melalui Website OSS

Cara Daftar UMKM Terbaru 2023 Melalui Website OSS
Cara Daftar UMKM Terbaru 2023 Melalui Website OSS

Sebelum kamu mengetahui cara cek BPUM BRI, ada baiknya sebelum kamu mendapatkan bantuan BPUM UMKM terbaru 2023. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang cara daftar UMKM secara online.

Karena salah satu syarat untuk bisa mendapatkan bantuan BPUM BRI dari pemerintah, adalah kamu harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB ini hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu menerapkan cara daftar umkm melalui website oss.

Jadi jika usaha kamu jalankan saat ini belum terdaftar di oss dan belum memiliki NIB. Maka kamu silahkan ikuti langkah-langkah daftar umkm melalui website oss berikut ini :

  1. Langkah pertama kamu silahkan buka aplikasi browser di hp atau laptop/komputer. Setelah browser terbuka kamu akses website resmi OSS yang beralamat di https://oss.go.id/.
  2. Kemudian, di website oss kamu pilih tombol Daftar dan kamu lanjutkan dengan memilih skala usaha UMKM yang kamu miliki saat ini.
  3. Langkah selanjutnyanya memasukanlah data dan informasi secara lengkap yang dibutuhkan saat proses pendaftaran. Data yang dibutuhkan adalah NIK, nomor HP/Email, password dan profil pelaku usaha, lalu klik tombol Daftar.
  4. Jika sudah, maka kamu tinggal cek kontak masuk email, lalu kamu klik tombol aktivasi yang diberikan oleh oss untuk menyelesaikan proses pembuatan akun di website OSS.
  5. Berikutnya ketika kamu sudah kembali masuk ke website osss, kamu lanjut klik menu Perizinan Berusaha, lalu klik menu Permohonan Baru.
  6. Di Permohonan baru kamu silahkan isi semua data dan informasi secara lengkap tentang data diri dan usaha yang kamu miliki.
  7. Setelah data dan informasi telah kamu isi secara lengkap, maka kamu harus cek ulang data dan informasi yang kamu masukan di formulir Komitmen Prasarana Usaha.
  8. Apabila semua data telah dicek dan sudah benar, lanjutkan dengan klik tombol Selanjutnya dan kamu harus mencentang pada bagian Pernyataan Mandiri.
  9. Tahap berikutnya, kamu bisa cek di bagian Draf Perizinan Berusaha.
  10. Langkah terakhir, kamu silahkan menunggu Surat Perizinan Berusaha dibuat dan diterbitkan secara resmi melalui sistem OSS.

Setelah kamu mendapatkan perizinan berusaha, kamu akan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Dan Nomor Induk Berusaha (NIB) ini akan kamu gunakan untuk melanjutkan pendaftaran peserta penerima bantuan UMKM atau BPUM di kantor dinas Koperasi dan UKM di kota tempat tinggal kamu.

Syarat Menerima Bantuan BPUM Terbaru 2023

Setelah kamu berhasil menerapkan cara daftar UMKM online melalui website oss di atas. Maka jika kamu ingin mendapatkan bantuan BPUM. Maka kamu dan usaha kamu harus memenuhi persyaratan menerima bantuan BPUM. Berikut ini ada beberapa syarat peserta penerima bantuan BPUM BRI untuk pelaku usaha UMKM.

  • Pelaku usaha UMKM merupakan WNI
  • Pelaku usaha mempunyai usaha skala kecil, mikro atau menengah jika usaha dijalankan lebih besar dari UMKM maka kamu tidak akan bisa mendapatkan bantuan UMKM.
  • Pemilik usaha harus mempunyai NIK terdaftar di Dukcapil.
  • Pelaku usaha bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN)/PNS, anggota Polri atau TNI, ataupun bukan merupakan karyawan dari BUMN/BUMD.
  • Pelaku usaha bukan seseorang yang telah pensiun dari Aparatur Sipil Negara (ASN)/PNS, anggota Polri atau TNI, ataupun bukan merupakan karyawan dari BUMN/BUMD.
  • Pelaku usaha tidak sedang mendapatkan bantuan usaha KUR atau bantuan kredit dari pihak manapun termasuk pihak bank.
  • Jika alamat usaha dengan alamat tempat tinggal berbeda, maka wajib untuk membuat SKU atau Surat Keterangan Usaha dari Dinas Koperasi setempat.

Jika ada salah satu persyaratan penerima bantuan BPUM tidak terpenuhi,maka dapat dipastikan pelaku usaha tidak akan mendapatkan bantuan ini.

Cara Daftar Penerima Bantuan BPUM UMKM di Dinas Koperasi Setempat

Jika kamu sudah menerapkan cara daftar umkm di atas dan kamu rasa kamu telah memenuhi persyaratan penermina bantuan bpum bri. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran penerima bantuan BPUM untuk umkm melalui dinas koperasi di daerah tempat tinggalmu.

  1. Pertama kamu siapkan KTP, KK, NIB dan SKU (jika alamat usaha berbeda dengan tempat tinggal).
  2. Setelah menyiapkan berkas dokumen pendaftara, silahkan pergi ke kantor Dinas Koperasi di dekat tempat tinggal kamu.
  3. Silahkan kamu tanyakan ke pegawai di Dinas Koperasi dan UKM untuk pengajuan penerima bantuan BPUM. Dan kamu silahkan serahkan semua dokumen yang kamu bawa.
  4. Selanjutnya pegawai Dinas Koperasi nantinya akan memeriksa semua dokumen yang telah kamu serahkan dan mengecek kelengkapan data tersebut. Jika data kamu berikan sudah lengkap maka akan dibantu didaftarkan untuk menjadi penerima bantuan bpum.
  5. Jika data yang diberikan kurang lengkap maka petugas dinas koperasi dan ukm akan menginformasi data yang harus dilengkapi.
  6. Setelah data kamu diinputkan oleh petugas dinas koperasi dan ukm untuk mendapatkan bantuan bpum. Selanjutnya kamu tinggal menunggu pengumuman waktu penerima bantuan BPUM terbaru tahun 2023 dari pemerintah.

Untuk mengetahui penerima bantuan BPUM BRI maka kamu bisa melanjutkan tahapan cek BPUM BRI terbaru 2023 di bawah ini. Sehingga nantinya kamu bisa mengetahui apakah kamu di program bantuan BPUM UMKM terbaru 2023 akan mendapatkan bantuan atau tidak.

Cara Cek BPUM BRI Terbaru 2023

Setelah kamu melewati semua tahapan mendapatkan bantuan BPUM BRI terbaru di tahun 2023. Seperti kamu sudah mendaftar usaha umkm kamu di website oss dan mendapatkan NIB. Usaha kamu jalankan sudah memenuhi persyaratan penerima bantuan BPUM. Dan kamu juga sudah mendaftarkan usaha kamu di kantor dinas koperasi dan umkm.

Maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menerapkan cara cek BPUM BRI terbaru 2023 di bawah ini :

  1. Pertama-tama silahkan kamu browser di hp/laptop/komputer dan silahkan akses halaman web https://eform.bri.co.id/bpum.
  2. Berikutnya, silahkan kamu masukan nomor NIK KTP kamu di kolom NIK yang tersedia di halaman eform bri bpum.
  3. Lalu kamu juga harus masukan kode verifikasi atau kode captcha dengan cara mengetik ulang kode yang ditampilkan.
  4. Jika NIK dan kode verifikasi telah kamu masukan, kamu tinggal tekan tombol Inquiry.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses Inquiry selesai, dan halaman web eform bri menampilkan informasi penerima bantuan BPUM. Jika kamu mendapatkan bantuan BPUM, maka kamu akan diminta melakukan reservasi pencairan dana bantuan BPUM di kantor BRI terdekat.
  6. Setelah kamu melakukan reservasi pencairan dana bantuan BPUM di kantor BRI terdekat, kamu nantinya akan mendapatkan jadwal pencairan bantuan. Silahkan catat jadwalnya dan kamu juga harus membawa beberapa dokumen pencairan seperti yang telah dijelaskan di halaman reservasi di eform bri bpum.

Jadi itulah tadi langkah-langkah cek bpum BRI untuk mengetahui apakah kamu mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah atau tidak. Jika kamu adalah salah satu penerima bantuan dari program BPUM BRI terbaru 2023, kamu lanjutkan ke tahap proses pencairan BPUM berikut!

Cara Mencairkan Bantuan BPUM BRI Terbaru 2023

Berikut ini adalah langkah-langkah pencairan bantuan BPUM BRI terbaru 2023, yang bisa kamu ikuti. Terutama jika kamu sudah menerapkan cara cek bpum bri di atas dan kamu adalah salah satu penerima bantuan. Maka silahkan ikuti langkah-langkah pencairan bantuan BPUM BRI terbaru 2023 berikut :

  1. Jika kamu telah terdaftar sebagai penerima bantuan BPUM terbaru 2023, kamu akan mendapatkan SMS, Telepon, atau whatsapp dari pihak bank BRI. Isi dari pesan tersebut adalah tentang waktu pencairan dan lokasi kantor BRI untuk proses pencairan.
  2. Setelah itu, di hari pencairan dana bantuan BPUM, silahkan kamu datang ke kantor Bank BRI sesuai yang kamu pilih di menu reservasi pada tahap cara cek BPUM BRI di atas.
  3. Jangan lupa untuk membawa beberapa persyaratan pencairan yang tertera di website eform bri saat melakukan resevasi atau di SMS/whatsapp dari pihak BRI.
  4. Saat sudah berada di kantor BRI, kamu nantinya akan disuruh mengisi surat pernyataan, silahkan kamu baca dan tanda tangani surat pernyataan tersebut.
  5. Jika kamu telah memberikan surat pernyataan, maka kamu tinggal menunggu pencairan dana bantuan BPUM masuk ke nomor rekening Bank BRI.

Sekian itulah tadi informasi tentang tahapan mendapatkan bantuan BPUM dan cara cek BPUM BRI terbaru 2023. Sehingga untuk kamu sebagai pelaku usaha UMKM dan ingin mendapatkan bantuan UMKM atau bantuan BPUM terbaru. Silahkan kamu ikuti semua langah-langkah menerima bantuan BPUM BRI terbaru 2023 diatas.