Cara Cek PBB Online dan Offline Terlengkap
Cara Cek PBB Online dan Offline Terlengkap

Cara Cek PBB Online dan Offline Terlengkap

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

Anda ingin bayar pajak bumi bangunan (PBB)? Anda bisa mengecek tagihan PBB anda lebih dulu. Cara ceknya juga mudah tidak ribet, cuma lewat online. Tapi sebelumnya sedikit diulas tentang apa itu pajak bumi bangunan. Simak selengkapnya berikut ini.

Sekilas tentang Pajak Bumi Bangunan (PBB)

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang dikenakan untuk bumi/bangunan menurut Undang-undang nomor 12 Tahun 1985 dan yang terbaru diubah menjadi Undang-undang nomor 12 Tahun 1994.

PBB adalah pajak bersifat kebendaan, besarnya pajak PBB terutang ditentukan keadaan objek yaitu bumi/tanah dan/atau bangunan. Dan juga ditentukan subjek atau pembayar pajak.

Cara Cek Tagihan PBB Online

Cara Cek Tagihan PBB Online
Cara Cek Tagihan PBB Online

Sekarang cek tagihan PBB bisa dilakukan secara online. Simak cara ceknya berikut ini.

Pastikan Properti Anda sudah Terdaftar

Pastikan properti anda sudah didaftarkan agar bisa cek tagihan PBB secara online. Cara mendaftarnya anda bisa isi formulir SPOP. isi dengan lengkap dan valid. Setelah itu kirim ke kantor layanan pajak guna pengambilan dan pengembalian Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP). SPOP ini dilampiri dokumen berikut ini :

  • Scan KTP Wajib Pajak (WP)
  • Scan KTP Pemohon
  • Scan Surat Tanah (Sertifikat/Letter C/Petok D//SIPT/ IJB)
  • Scan Surat Kuasa bermaterai Rp 6 ribu ditandatangani WP
  • Scan Surat Kesediaan Pendampingan Survei
  • Scan Surat Keterangan Riwayat Tanah dari Kelurahan jika Surat Tanah berupa IJB/Letter C/ Petok D
  • Foto Objek Pajak (foto Bangunan dan tanah tampak depan, samping foto kanan kiri dan belakang foto serta juga foto jalan di depan Tanah atau Bangunan jika mungkin)

Formulir pengajuan pendaftaran PBB

Berikut langkah cek PBB online :

Setelah properti anda terdafar. Anda tinggal mengecek tagihan PBB online di website kantor pajak di daerah anda. Tiap daerah bisa cek PBB di kantor pajaknya masing masing. Simak caranya berikut ini.

1. Pilih menu BPHTB online.

2. Klik pengecekan PBB.Masukan NOP, contohnya: 32.78.001.001.212121211.

3. Kemudian tampil data PBB meliputi luas bangunan objek PBB, NOP, NJOP bangunan tahun berjalan dan catatan pembayaran, NJOP tanah tahun berjalan, kelurahan objek PBB, alamat objek PBB, RT/RW objek PBB, luas tanah obyek PBB dan , kecamatan objek PBB,.

4. Jika data sudah benar. Lanjutkan ke proses selanjutnya yaitu bayar PBB online jika Anda ingin bayar PBB. Jika tidak sesuai, anda bisa ajukan koreksi ke dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan aset di kota anda. Jangan lupa bawa bukti pendukung.

Subjek Pajak dan Wajib Pajak

Subjek pajak PBB diatur dalam Pasal 4 UU No. 12 Tahun 1985 dan UU No.12 Tahun 1994 yaitu :

1. Individu atau badan yang punya hak atas bumi/tanah, dan/atau; dapatian manfaat atas bumi/tanah dan/atau;Mengusai, memiliki atas bangunan dan/atau; peroleh manfaat dari bangunan.

2. Subjek Pajak dikenakan wajib bayar pajak menurut UU PBB.

3. Wajib Pajak yang sudah terima Surat Ketetapan Pajak (SKP), Surat Tagihan Pajak (STP) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dari Kantor Pelayanan PBB wajib melunasi tepat waktu.

4. Jika objek pajak tak diketahui jelas penangung jawab pajak maka penetapan subjek wajib pajak ditetapkan oleh Direktorat jendral pajak.

Besaran Tarif Pajak

Besaran Nilai Jual Objek Pajak ditetapkan tiap tiga tahun oleh Menteri Keuangan (berdasar 5 Undang-Undang Nmor 12 Tahun 1985 dan Undang-Undang Nonomor 12 Tahun 1994).

Besaran NJOP ditetapkan tiga tahun sekali oleh menteri keuangan. Ada juga yang disesuaikan pada daerah masing masing.

Dasar Perhitungan PBB

Dasar Perhitungan PBB
Dasar Perhitungan PBB

Perhitungan PBB diatur berdasarkan undang undang. Hal penting dalam tentukan besaran biaya pajak bumi bangunan yaitu NJOP NJOTKP serta NJKP. Besaran tarif pajak PBB sebelumnya ditetapkan sebesar 0,5.

NJOP adalah harga rata-rata atau harga pasar transaksi jual beli tanah. Ada banyak faktor yang pengaruhi NJOP bumi seperti peruntukan pemanfaatan letak kondisi lingkungan. Untuk NJOP bangunan dipengaruhi rekayasa letak kondisi lingkungan bahan yang dipakai dalam bangunan.

NJOPTKP tiap daerah beda beda. Namun di pusat ditentukan NJOPTKP tiap daerah paling tinggi 12 juta rupiah. NJOPTKP ini berlaku sekali setahun bagi pembayar pajak.

Sedangkan tarif NJKP paling rendah adalah 20% dan paling tinggi adalah 100%. Besaran persentase NJKP sesuai Peraturan Pemerintah dan dengan oerhstikan kondisi ekonomi nasional.

Rumus perhitungan PBB

NJOP untuk perhitungan PBB = NJOP – NJOPTKPNJKP = 40% dari NJOP atau 20% dari NJOP

NJOP = (NJOP Bumi = luas tanah x nilai tanah) + (NJOP Bangunan = luas bangunan x nilai bangunan).NJOPTKP = Rp12.000.000

Untuk perhitungan PBB terutang = NJKP (jumlah PBB yang harus dibayar setiap tahun) X 0,5%

Syarat Bebas Pajak PBB

Pada tahun 2016. Kementrian Agraria dan tata Ruang /Badan Pertahanan Nasional (BPN) berlakukan bebas pembayaran PBB untuk masyarakat penghasilan rendah dengan fasilitas rumah murah, bangunan sosial dan tempat ibadah. Untuk dapatkan bebas pajak PBB pemerintah akan lakukan verifikasi dan seleksi sesuai kriteria diatas.

Cara Hitung Denda PBB

Cara hitung denda PBB sebelumnya harus ketahui lebih dulu nilai PBB. Nilai pajak PBB dihitung dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

Pemerintah tetapkan besaran 2% untuk denda keterlambatan pembayaran PBB. Contoh : PBB rumah Anda sebesar 600 ribu Rupiah. Terlambat bayar sebulan, terkena denda PBB 2% x 600 ribu Rupiah, yaitu 12 ribu Rupiah. Jika keterlambatan sampai 1 tahun. Denda PBBnya 72 Ribu rupiah.

Cara bayar PBB dan Denda PBB

Anda bisa bayar pajak PBB di kantor pos, bank atau bayar secara online. Saat membayar bawa SPPT/Surat pemberitahuan terutang PBB anda.

Anda akan menerima Surat Tanda Terima Setoran (STTS) berstempel kalau sudah lunas jika sudah melunasinya. Cara kainya bayar pajak dan denda PBB bisa juga online. Sekarang banyak sekali layanan yang berikan jasa bayar pajak online termasuk sekulah marketplace.

Mengecek PBB Anda

Cara mengecek PBB cukup mudah bisa langsung buka website untuk cek PBB Anda sesuai domisili didaerah masing masing.

Pemutihan dan keringanan PBB

Ada sejumlah wilayah di tanah air yang pernah terapkan skema pemurihan pajak. Seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Tegak Bandung dan lainya termasuk Surabaya sedang upayakan hapus pajak PBB.

Cara ajukan keringanan Pajak Bumi dan Bangunan :

1. Menulis surat permohonan pengurangan atau keringanan menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar ditujukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak yang melakukan penerbitan Surat Ketetapan Pajak (SKPD) atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Pada surat ini, sebutkan berapa persen pengurangan yang diajukan.

Sebagai syarat pengajuan, lampirkan Surat Pernyataan, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi rekening tagihan listrik, air, serta telepon, fotokopi dan Bukti Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan tahun pajak sebelumnya,

Sertakan juga dokumen pendukung tambahan.keringanan pajak PBB paling lambat 3 bulan sejak Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Pengurangan atau keringanan diajukan secara kolektif, bakal diterbitkan paling lambat 10 Januari sebelum dikeluarkannya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) untuk tahun pajak itu.