13 Fakta Menarik KPOP Yang Jarang Diketahui
13 Fakta Menarik KPOP Yang Jarang Diketahui

13 Fakta Menarik KPOP Yang Jarang Diketahui

Mietha Fanza
1 week ago Last Updated 1 week ago

Industri KPOP Korea telah lama menjadi trend di kalangan anak muda tidak hanya di Asia tetapi juga di seluruh dunia. 13 fakta berikut akan membuat Anda takjub tentang kehidupan nyata idola KPOP dan upaya mereka untuk memiliki karier idola yang sukses .

1. Trainee KPOP Diusia Yang Sangat Muda

Trainee KPOP Diusia Yang Sangat Muda
Trainee KPOP Diusia Yang Sangat Muda

Siswa tinggal bersama di asrama perusahaan, dan menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk belajar vokal, koreografi, bahasa asing, dan keterampilan lainnya dalam persiapan untuk debut mereka.

Sistem pelatihan ini sering dikritik oleh media Barat, yang menganggapnya sebagai pelanggaran hak asasi anak di bawah umur. Perusahaan akan menginvestasikan 3 juta USD untuk setiap peserta pelatihan, mengevaluasi dan mendiskusikan peluang mereka untuk debut sebagai idola KPOP.

2. KPOP dan kisah politik

Orang Korea memiliki hubungan cinta/benci yang sangat aneh dengan Jepang. Dan hubungan itu juga berlaku untuk industri KPOP.

Dengan topik sensitif seperti sejarah invasi Jepang, para idola harus berhati-hati dengan apa yang mereka katakan dan apa yang mereka tampilkan di atas panggung. Begitu seorang seniman dicap sebagai tidak patriotik, karirnya akan hancur dan hancur dalam sekejap, tidak peduli seberapa populer dia sebelumnya.

3. Nama dan Konsep yang Berbeda

Grup K-pop akan diberikan nama dan konsep untuk masing-masing single dan album mereka. Dalam beberapa kasus khusus, lagu atau album akan dibawakan oleh sekelompok kecil anggota kelompok Grup K-POP, tidak semua anggotanya ada di dalamnya.

Pada saat yang sama, akan ada subgrup dalam grup besar yang dibentuk untuk mengambil alih pasar musik asing yang berbeda, seperti China atau Jepang.

4. EXO masuk Guinness World Records

EXO masuk Guinness World Records
EXO masuk Guinness World Records

EXO akan dimasukkan dalam Guinness World Records 2018 (2018 Guinness World Records) karena telah memenangkan sebagian besar penghargaan seperti Daesang di Mnet Asian Music Awards (MAMA) - salah ajang penghargaan paling megah dari panggung musik grup Asia.

5. 6 Kali promosi Debut di acara Haunted House

Setelah idola merilis lagu atau album baru untuk dipromosikan, mereka akan dapat tampil di hingga 6 acara musik dalam seminggu untuk mempromosikan produk baru mereka.

6. Idol KPOP tidak akan "dibayar" sampai "hutang" mereka lunas

Idola KPOP tidak akan dibayar sampai mereka melunasi hutang mereka kepada perusahaan manajemen mereka.

Misalnya, jika modal yang digunakan perusahaan untuk melatih peserta pelatihan menjadi idola K-Pop adalah $ 1 juta, maka setelah debut, idola tidak akan dibayar apa pun, sampai mereka membayar seluruh $ 1 juta kepada perusahaan induk. Beberapa perusahaan, seperti SM dan JYP Entertainment, tidak mengizinkan grup yang baru debut untuk membayar sisa trainee.

7. Grup K-POP Baru Banyak Bermunculan Setiap Tahun

Setiap tahun, lebih dari 100 grup idola debut di Korea, tetapi sayangnya hanya 5% dari mereka yang mendapatkan perhatian dan kesuksesan.

8. Kolaborasi KPOP Dengan Musisi Eropa dan Amerika

Artis Barat seperti The Chainsmokers, Charli XCX, Steve Aoki, Akon, Kanye West, Desiigner, Ludacris, dan Snoop Dogg semuanya telah berkontribusi pada penciptaan hits KPOP hari ini.

9. Grup K-POP Tertua

Sechskies adalah grup idola tertua di Korea. Didirikan pada tahun 1997 dengan 6 anggota dan saat ini grup aktif dengan 5 anggota.

Untuk beberapa pemirsa, mereka mungkin bukan idola tertua karena 10 tahun panjang mereka di dunia musik yang keras. Sehingga banyak orang menganggap bahwa grup idola tertua adalah Shinhwa, yang debut pertamanya pada tahun 1998 dan telah terus aktif selama 20 tahun terakhir.

10. HOT – Grup Kop Pertama SM Entertainment

Ini adalah fakta yang hanya sedikit orang yang tahu, SM Entertainment melahirkan grup legendaris pertama, HOT pada tahun 1996, bukan DBSK pada tahun 2003. Keberhasilan HOT yang menciptakan reputasi dan batu loncatan yang sempurna untuk SM, membuat perusahaan secara bertahap menjadi raksasa tak terduga di industri KPOP. HOT bubar pada tahun 2001, setelah memiliki 5 album yang mencatat jutaan kopi.

11. Kim Sisters Idol KPOP Pertama Konser di Luar Negeri

Kim Sisters
Kim Sisters

Kim Sisters, Yoon Bok Hee, dan Patti Kim adalah penyanyi Korea pertama yang debut di negara-negara seperti Vietnam dan Amerika Serikat. Kim Sisters bahkan beberapa kali tampil di acara Ed Sullivan dan menarik cukup banyak perhatian dari penonton.

12. Mengkombinasi Lagu Europeanize dengan KPOP

Selama tahun 1990-an, musisi pop Korea sering menggabungkan gaya suara mereka dengan musik Amerika. Seo Taiji and Boys adalah pelopor dalam gerakan ini, menampilkan single hit “I Know” pada tahun 1992.

Ini kontroversial karena sebagian besar kritikus musik di Korea merasa jijik dengan musik kombinasi dengan musik barat. Namun, grup ini telah menuai banyak kesuksesan dari sini. Yang Hyun Suk dari YG Entertainment - salah satu anggota grup tersebut - dipandang sebagai bagian dari era revolusioner dalam kancah K-Pop yang gemilang.

13. 3 Industri Hiburan dan Musik Korea Terbesar

SM Entertainment didirikan pada tahun 1995, sedangkan YG Entertainment didirikan pada tahun 1996, dan kemudian JYP Entertainment didirikan pada tahun 1997. Ketiga perusahaan ini dianggap sebagai tiga besar dalam industri hiburan Korea saat ini. .