5 Istilah Dalam Dunia K-Pop Yang Wajib Diketahui Fans K-Pop Baru
5 Istilah Dalam Dunia K-Pop Yang Wajib Diketahui Fans K-Pop Baru

5 Istilah Dalam Dunia K-Pop Yang Wajib Diketahui Fans K-Pop Baru

Mietha Fanza
1 week ago Last Updated 1 week ago

Apakah kamu adalah termasuk salah satu orang yang baru ngefans dengan Idol K-POP? Tapi apakah kamu benar-benar sudah mengetahui bahwa ada banyak istilah dalam dunia K-POP yang memiliki arti tidak sesuai dengan arti yang sesungguhnya? Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel kami di bawah ini tentang dunia K-POP.

“Hai, saya stan BTS". Jika suatu hari tiba-tiba orang yang Kamu sukai mengirimi Kamu SMS seperti itu, apa yang akan Kamu lakukan? Google "Apa itu stan?", "Apa itu BTS?" ?. Artikel ini akan menghemat banyak waktu mu untuk mengobrak-abrik internet dengan istilah-istilah sulit dalam dunia K-POP!

5 Istilah Dalam Dunia K-Pop Yang Wajib Diketahui Fans K-Pop Baru
5 Istilah Dalam Dunia K-Pop Yang Wajib Diketahui Fans K-Pop Baru

K-pop bukan hanya tentang musik, tetapi saat ini K-pop adalah industri budaya secara keseluruhan bagi Negara Korea Selatan. Ketika saat ini kamu baru memasuki dunia K-pop, kamu harus memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam dunia K-POP, karena banyak istilah dalam dunia K-Pop yang sebenarnya tidak memiliki arti sesuai dengan kata yang diucapkannya atau ditulisnya!

Jadi jika kamu adalah penggemar K-Pop baru, dan masih asing dengan beberapa istilah yang sering digunakan para fans K-POP. Yuk simak 5 istilah dalam dunia K-Pop berikut yang wajib kamu ketahui.

1. Apa itu "Stan"?

Jika Kamu pernah mendengar lagu berjudul Stan yang dinyanyikan oleh Rapper Eminem, Kamu mungkin menebak bahwa "stan" adalah penggemar yang gila. Konsep "stan" dalam K-pop lebih "gila" daripada penggemar gila. Stan di sini adalah penggemar yang hidup dan mati dan tergila-gila pada idola K-POP mereka, yang rela berhenti sekolah, berhenti bekerja untuk tinggal di rumah untuk membajak album K-POP, menghabiskan setengah bulan gaji untuk membeli album untuk idola atau meminjam uang untuk pergi ke konser idola K-Pop mereka di luar negeri. Selain itu, "stans" merupakan orang-orang yang siap "mengepakkan sayap" untuk melindungi idola mereka setiap kali ada WAR".

2. Apa itu "WAR"?

"WAR" adalah perang. "WAR" dalam budaya K-pop juga berarti berjam-jam atau bahkan berhari-hari pertengkaran di media sosial dan forum. "WAR" biasanya terjadi antara fans dan anti fans (orang yang membenci dan heater idola K-POP tertentu).

Siapa nih yang masih fans baru idol K-Pop tapi sudah mulai suka WAR dengan fans K-Pop atau heater Idol kalian?

3. Apa itu ALL-KILL?

Lagu BLACKPINK yang baru dirilis telah mencapai All-kill? All-kill adalah saat sebuah lagu berada "to the top" di semua tangga musik populer di Korea . Selain All-kill, ada konsep lain seperti Certificated All-kill (CAK), Perfect All-kill (PAK).

Bagaimana sudah paham maksud dari arti All-Kill dalam dunia K-Pop, jadi nanti kamu jangan heran jika ada kata All-KILL muncul ketika ada single terbaru dari idol kalian muncul dan menempati semua tangga musik populer di Korea. Dan jangan salah artikan bahwa semua idol K-Pop kalian telah meninggal ya?

4. Apa itu Triple Crown?

Seorang artis/idola/grup mencapai Triple Crown ketika mereka menang di 3 panggung musik akhir pekan: MCountdown Mnet (Kamis sore), MusicBank KBS (Jumat sore) dan Inkigayo SBS (Minggu sore). . Atau ketika seorang artis/idola/grup menang di sebuah acara selama 3 minggu berturut-turut, itu dianggap sebagai " Triple Crown ".

Ada aturan tidak tertulis dalam industri hiburan Korea: ketika seorang artis, grup, atau idola mencapai "Triple Crown", mereka tidak lagi dianggap sebagai pendatang baru di industri tersebut, berapa pun usianya, berapa pun harganya.

5. Apa itu "Sajaegi"?

Penjualan album dan posisi di tangga musik adalah dua faktor yang berkontribusi pada skor artis untuk menang di acara musik. Dari sana, "sajaegi" - penipuan musik digital lahir. "Sajaegi" adalah tindakan peningkatan virtual dalam penjualan album (agensi membeli kembali album artisnya) atau "membeli" data di tangga lagu.

Tiga kasus populer "Sajaegi" termasuk album BTS Hoa Vang Nien Hoa, lagu Sistar Soyou "Some" dan hit populer Momoland "Bboom Bboom".

Sebenarnya masih ada beberapa istilah lainnya yang populer yang berhubungan dengan K-POP. Tapi mungkin akan kami ulas pada artikel part 2.

Jadi bagaimana, apakah sekarang kamu sudah paham beberapa istilah yang ada di dunia K-Pop. Semoga dengan penjelasan di atas sekarang kamu sudah tidak bingung lagi ketika kata-kata tersebut muncul di sosial media, berita atau acara K-POP yang kamu tonton baru-baru ini.