Review Aplikasi Ammana - Fintech Syariah Untuk Pemberian dana Usaha UMKM
Review Aplikasi Ammana - Fintech Syariah Untuk Pemberian dana Usaha UMKM

Review Aplikasi Ammana - Fintech Syariah Untuk Pemberian dana Usaha UMKM

Mietha Fanza
3 minggu yang lalu Last Updated 3 minggu yang lalu

Review Aplikasi Ammana - Ammana.id adalah sebuah perusahaan fintech yang terfokus pada pemberian dana untuk pengusaha umkm dan orang yang membutuhkan uang hutang. Fintech yang satu ini berbeda dengan yang beredar pada umumnya. Ammana menerapkan sistem syariah dalam pemberian hutang kepada ussernya. Ini yang membedakan dengan fintech lain.

Mungkin kamu masih bingung bagaimana konsep fintech syariah yang diterapkan oleh ammana. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail cara meminjam uang di perusahaan fintech syariah ammana. Tentang apa saja syarat dan ketentuan, cara pembayaran dan segala hal yang berkaitan dengan ammana. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan artikel di bawah ini.

1. Sekilas Tentang Aplikasi Ammana

Sekilas Tentang Aplikasi Ammana
Sekilas Tentang Aplikasi Ammana

Perkembangan perusahaan yang bergerak di bidang financial technology atau fintech belakang ini sangatlah pesat. Bermula dari mulai munculnya berbagai nama perusahaan pinjaman online dalam platform aplikasi mobile. Salah satu perusahaan fintech tersebut adalah Ammana.

Yang membedakan perusahaan Ammana dengan layanan pinjaman online lain adalah di aplikasi Ammana menerapkan sistem syariah. Mungkin mereka memikirkan kalau bank saja ada yang syariah, mengapa perusahaan fintech tidak ada? Maka lahirlah aplikasi Ammana ini.

Aplikasi Ammana merupakan platform peer to peer yang mempertemukan pihak pemberi dana pinjaman dengan pihak yanh sedang membutuhkan dana pinjaman. Produk-produk pinjaman dari Ammana ini juga sangat lengkap. Mulai dari wakaf, investasi, infak dan juga pinjaman modal bagi umkm.

Artinya, aplikasi Ammana tidak secara khusus menyebut dirinya sebagai platform peminjaman uang online. Hanya saja mereka bisa atau berkenan untuk memberikan pinjaman online tersebut. Konsep syariah yang berlaku di ammana tentu saja agar menjauhkan dari transaksi riba yang mana haram hukumnya di ajaran islam.

Bisa dibilang bawah Ammana menjadi perusahaan fintech syairah pertama yang muncul di Indonesia. Setelahnya mulai muncul beberapa perusahaan serupa yang lain. Perusahaan ini tentu sudah memiliki izin resmi dari otoritas jasa keuangan atau ojk dan juga kominfo.

2. Kelebihan Pinjam Uang di Aplikasi Ammana

Kelebihan Pinjam Uang di Aplikasi Ammana
Kelebihan Pinjam Uang di Aplikasi Ammana

Sebagai perusahaan fintech syariah, aplikasi Ammana tentu saja memiliki kelebihan tersendiri dibanding aplikasi serupa yang lainnya. Berikut ini akan kami berikan penjelasan lengkap tentang kelebihan atau keunggulan dari aplikasi fintech syariah Ammana. Simak penjelasan di bawah ini.

  • Produk pinjaman yang diberikan oleh aplikasi Ammana bersifat syariah sehingga menjamin tidak ada riba yang dibebankan kepada peminjam.
  • Ammana akan membantu usaha kecil dengan sokongan dana pinjaman agar berkembang lebih maju lagi dari sebelumnya dan mampu bersaing dengan perusahaan besar.
  • Semua proses untuk meminjam dan memberi pinjaman uang di aplikasi Ammana sangatlah mudah dan bisa di akses dalam waktu yang relatif serta singkat. Karena semua dilakukan secara online.
  • Ammana juga memberi penawaran untuk kamu ikut dalam program sosial seperti pembangunan tempat wudhu, rumah ibadah dan lain sebagainya.

3. Syarat Pengajuan di Aplikasi Ammana

Syarat Pengajuan di Aplikasi Ammana
Syarat Pengajuan di Aplikasi Ammana

Setelah kamu mengetahui kelebihan dari aplikasi Ammana dan kamu mantap untuk pinjam disana, alangkah baiknya kamu baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan agar pinjaman mu bisa di terima. Berikut ini adalah syarat yang harus kamu lengkapi agar bisa melakukan pinjaman uang di aplikasi Ammana. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  • Peminjam boleh secara individu atau sebuah badan usaha.
  • Peminjam adalah warga negara Indonesia yang telah berusia paling minimal 21 tahun serta telah memiliki kartu tanda penduduk atau ktp.
  • Memiliki rekening atas nama diri sendiri dan bukan milik orang lain.
  • Sidik jari yang akan di scan melalui laman aplikasi Ammana.
  • Jika berupa badan usaha, maka kamu harus melengkapi data-data penting seperti surat izin usaha, npwp, siup dan beberapa dokumen penting lainnya.

Yang harus kamu perhatikan jika ingin meminjam uang adalah Ammana hanya akan memberi pinjaman uang di layanan kemitraan. Ammana sendiri tidak secara langsung memberi pinjaman dan lebih terfokus pada dana wakaf, infak dan investasi.

4. Investasi dan bagi hasil di Aplikasi Ammana

Investasi dan bagi hasil di Aplikasi Ammana
Investasi dan bagi hasil di Aplikasi Ammana

Uraian diatas adalah untuk peminjaman uang di layanan kemitraan Ammana. Namun, semua syarat diatas juga berlaku bagi kamu yang hendak menanam investasi atau wakaf di Ammana. Sistem yang diterapkan di ammana adalah bagi hasil. Sehingga jika untung maka semuanya juga akan mendapat bagian yang sesuai dengan nilai investasinya.

Semua orang bisa berinvestasi di Ammana jika memenuhi syarat dan kriteria yang di tentukan. Aplikasi atau perusahaan Ammana ini bekerja sama dengan berbagai macam pihak seperti misalnya Dompet Dhuafa, FAM (Panitia Hijrah Fest), YPI Al-Azhar, SKPI, HUB dan juga Musawarah.

Kamu bisa mulai berinvestasi di ammana dengan nominal paling kecil yakni 50 ribu rupiah. Untuk mempermudah gambaran tentang investasi di ammana, berikut akan kami berikan ilustrasinya.

Sebagai contoh kamu investasi dengan nilai sekian juta rupiah. Kamu memilih perhitungan bagi hasil selama 5 bulan. Maka, kamu bayar adalah selama lima kali dalam lima bulan atau setiap satu bulan sekali. Sehingga dengan semakin banyak unit kamu investasikan, maka akan semakin besar pula keuntungan yang kamu dapatkan.

5. Cara Mendaftar di Ammana

Cara Mendaftar di Ammana
Cara Mendaftar di Ammana

Untuk dapat berinvestasi di ammana, maka kamu perlu memiliki aplikasinya. Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download dan instal aplikasi ammana di platform google playstore atau appstore.

Setelah kamu instal aplikasi ammana, selanjutnya kamu buka dan lakukan login atau pendaftaran dengan mengisi form yang disediakan. Mulai dari identitas pribadi, nomer telepon, rekening bank dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin langsung melakukan pendanaan setelah pendaftaran, kamu bisa klik menu investasi, atau wakaf atau apapun yang ingin kamu tanamkan dana. Setelahnya akan kamu dapatkan nomer virtual account dan kamu transfer uang sesuai dengan nominal yang telau di ajukan. Maka kamu telah berhasil investasi di aplikasi ammana.

6. Kontak Lengkap Ammana

Aplikasi ammana berada di bawah naungan PT. Ammana Fintek Syariah. Adapun untuk alamat kantor dari ammana berada di Gedung Saharjo Square , Jl. Dr. Saharjo No.49, RT.3/RW.8, Manggarai, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850, Indonesia.

Jika kamu ingin mengetahui secara lengkap mengenai syarat dan ketentuan investasi, wakaf, infak atau peminjaman dana di layanan ammana, kamu bisa langsung cek di laman website resminya yakni di ammana.id.

Dan jika kamu masih kebingungan, maka kamu bisa langsung tanyakan pada customer service ammana di alamat email support@ammana.id. Atau bisa juga melalui nomer telepon di +021 22832618.

Nah itulah ulasan lengkap tentang Ammana. Layanan Ammana ini sangat kami rekomendasikan bagi kamu yang mencari perusahaan fintech terpercaya. Soal integritas, ammana tak perlu diragukan lagi sebab ia telah mengantongi izin dari ojk, kominfo dan bahkan mui. Sekian dan terima kasih.