Review Aplikasi Crowdo - Pinjaman Uang Online Khusus UKM
Review Aplikasi Crowdo - Pinjaman Uang Online Khusus UKM

Review Aplikasi Crowdo - Pinjaman Uang Online Khusus UKM

Mietha Fanza
3 bulan yang lalu Last Updated 3 bulan yang lalu

Review Aplikasi Crowdo - Pelaku UKM saat ini menjadi perhatian yang serius terutama oleh beberapa pembiayaan. Salah satunya adalah Aplikasi fintech Crowdo yang mengkhususkan untuk mengembangkan UKM.

Apa itu crowdo?

Apa itu crowdo
Apa itu crowdo

Crowdo didirikan pada tahun 2013 yang beroperasi di malaysia, singapura dan Indonesia secara bersamaan. Crowdo tidak memberikan informasi yang akurat mengenai jumlah staf mereka dan struktur organisasinya di internet.

Aplikasi Crowdo merupakan salah satu fintech P2P lending yang berasal dari singapura. Operasional Crowdo didukung oleh Gobi partners yang mempunyai basis di Tiongkok. Fintech ini sudah terdaftar dan diawasi oleh otoritas Jasa keuangan ( OJK).

Aplikasi Crowdo mempertemukan antara investor internasional dengan peminjam dana. Semua prosesnya dilakukan secara online.

Di Indonesia , crowdo beralamat di Menara Topas Lt.15 , Jl. MH Thamrin No.9 Gondangdia, Menteng tepatnya di jkarta Pusat. Selain di Indonesia Crowdo juga mempunyai kantor yang terletak di luar negeri, misalnya singapura dan malaysia.

Nama legal Crowdo di Indonesia yaitu PT mediator Komunitas Indonesia. Sumber dana mereka salah satunya berasal dari Kejora ventures yang berasal dari Indonesia dan malaysia ventures capital.

Untuk produk yang ditawarkan dari crowdo yaitu pinjaman yang memiliki agunan atau jaminan untuk UKM seperti untuk pembiayaan proyek , modal kerja dan lain-lain.

Selain itu Crowdo juga melakukan crowdfunding agar orang yang membutuhkan dana bisa terlayani dengan cepat untuk mengembangkan usahanya.

Siapa saja yang dapat mengajukan pinjaman Aplikasi Crowdo

Siapa saja yang dapat mengajukan pinjaman Aplikasi Crowdo
Siapa saja yang dapat mengajukan pinjaman Aplikasi Crowdo

Jumlah pelaku bisnis UKM yang tinggi di Indonesia mencapai 40 juta. Hal ini sangat berpotensi untuk berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB)sebesar 60%.

Untuk itulah Crowdo hadir untuk memenuhi pinjaman online khusus bagi pelaku UKM. Syarat untuk mengakses pinjaman online yang ada di Crowdo tidaklah terlalu sulit.

Syarat tersebut antara lain memiliki UKM yang mempunyai badan hukum di malaysia , Indonesia, maupun singapura. Syarat selanjutnya yaitu memiliki jaminan dan mempunyai dokumen legal usaha, dan yang terakhir adalah melampirkan laporan keuangan.

Untuk jaminan yang diberikan tersebut bisa berupa emas, surat-surat berharga, kendaran , peralatan dan asuransi.

Nilai Pinjaman, Tenor dan Bunga Aplikasi Crowdo

Nilai Pinjaman, Tenor dan Bunga Aplikasi Crowdo
Nilai Pinjaman, Tenor dan Bunga Aplikasi Crowdo

Sebelum kita mengajukan pinjaman online, sebaiknya kita hitung dulu kondisi keuangan kita. Jika dirasa memberatkan maka kita bisa menurunkan plafon pengajuan atau tidak melakukan pengajuan pinjaman sama sekali.

Sebaliknya jika setelah dihitung kita mampu dalam membayarnya maka kita lanjutkan untuk mengajukan dana di Aplikasi Crowdo.

Pastikan juga margin yang kita ambil di Crowdo lebih kecil dari margin keuntungan usaha yang kita lakukan, hal ini dilakukan agar usaha kita dapat berjalan dengan baik.

Untuk plafon yang ditawarkan pada aplikasi pinjaman online di crowdo sampai dengan 2 miliar. Dan tenornya dari 1-12 bulan dengan suku bunga 12-30%.Bunga tersebut diberikan berdasarkan dengan tingkat resikonya.

Cara Daftar Pemberi Pinjaman dan Pengajuan Pinjaman Aplikasi Crowdo

Cara Daftar Pemberi Pinjaman dan Pengajuan Pinjaman Aplikasi Crowdo
Cara Daftar Pemberi Pinjaman dan Pengajuan Pinjaman Aplikasi Crowdo

Cara untuk melakukan pengajuan pinjaman dan mendaftar sebagai pemberi pinjaman di Aplikasi Crowdo tidaklah terlalu sulit, malah cenderung mudah.

Kita tinggal masuk ke website crowdo di https://p2p.crowdo.co.id. kita bisa mengakses website tersebut melalui HP maupun komputer.

Sebaiknya kita mengajukan melalui website karena lebih aman, karena data-data yang ada di nomor kontak telepon akan aman.

Setelah kita berhasil membuka websitenya, maka langkah selanjutnya adalah kita pilih sebagai borrower ( peminjam dana) ataukah lender (pemberi dana). setelah memilih salah satu lalu kita lakukan sign in.

Berikutnya adalah mengisi semua form yang muncul serta soft copy dokumen yang diperlukan. Untuk tahu pinjman kita disetujui atau tidak, maka kita menunggu informasi dengan waktu 10-45 hari.

Jika kita sebagai pemberi dana terdapat risiko kredit atau gagal bayar maka akibat dari adanya tersebut sepenuhnya ditanggung oleh pemberi pinjaman.

Tidak ada lembaga negara atapun otoritas negara yang akan bertanggung jawab jika terdapat hal demikian.

Sedangkan untuk jumlah minimal investasi di crowdo yaitu Rp 1 juta. Nominal investasi juga harus mempunyai kelipatan 1 juta.

Cara Pembayaran Aplikasi Crowdo

Cara Pembayaran Aplikasi Crowdo
Cara Pembayaran Aplikasi Crowdo

Ketika kita akan membayar angsuran pinjaman tersebut biasanya akan banyak sekali masalah jika terlambat dalam pembayaran.

Jadi diusahakan kita harus selalu membayar tepat waktu, jangan sampai kita membayar melebihi dari jatuh tempo yang telah ditetapkan karena hal ini akan memberatkan kita. Bukan hanya pokoknya yang harus dibayarkan, tetapi bunga sekaligus denda juga harus dibayar.

Biasanya hal itu yang memberatkan peminjam untuk melakukan pembayaran sehingga banyak yang harus berurusan dengan debt collector.

Jika kamu ingin membayar cicilan di Crowdo sangatlah dimudahkan karena kita bisa membayar melalui transfer ATM. M banking ataupun I banking.

Apabila ada keterlambatan dalam kita membayarnya ataupun sampai kita gagal bayar maka Crowdo akan melakukan restrukturisasi angsuran pembayaran.

Sedangkan untuk pembayaran jika kita sebagai pemberi modal yaitu dengan menggunakan sistem saldo. Sehingga apabila kita sudah selesai dalam mendanai maka uang tersebut tidak langsung ditransfer ke rekening kita.

Melainkan ketika kita akan mencairkan dana, kita juga harus memperhitungkan besarnya biaya transfer yang mungkin dikenakan kepada kita seandainya rekening kita tidak sama dengan Crowdo. Jadi jangan sampai hasil return kita di crowdo lebih kecil dari biaya yang harus dikeluarkan.

Kelebihan Aplikasi Crowdo

Kelebihan Aplikasi Crowdo
Kelebihan Aplikasi Crowdo

Aplikasi Crowdo mempunyai beberapa kelebihan diantaranya :

· Banyak pinjaman yang ditawarkan dengan bunga yang masih dalam tahap wajar

· Untuk investasinya berskala internasional yaitu Indonesia, malaysia, singapura

· Banyak UKM yang terbantu dengan kehadiran Crowdo

· Program referral menarik

· Apabila ada komplain maka dilayani dengan cepat oleh customer services

· Menerima pendanaan , baik yang berupa mata uang rupiah ataupun yang berupa mata uang asing

Kekurangan Aplikasi Crowdo

Selain memiliki kelebihan diatas, Aplikasi Crowdo juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

· Disaat kita mengajukan pinjaman dengan mengisi data di websitenya, ketika kita memilih Tidak memiliki jaminan, tetapi aplikasi tersebut tetap mengarahkan memiliki jaminan baik itu kendaraan, surat berharga, emas dan lain-lain.

· Pilihan bahasa yang ada di websitenya hanya ada satu pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris

Kesimpulan

Aplikasi Crowdo

Aplikasi Crowdo merupakan salah satu dari fintech legal yang bertaraf internasional. Di Indonesia Crowdo juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas jasa keuangan (OJK).

Crowdo bertujuan untuk memberikan layanan finansial pada setiap konsumen terutama untuk UKM dengan memanfaatkan teknologi.

Crowdo juag menerima investor yang berasall dari luar Indonesia untuk mendanai pinjaman online yang ada di Indonesia, terbuktinya dengan websitenya yang banyak menggunakan bahasa Inggris dalam pengantarnya.

Crowdo juga menawarkan beberapa pembiayaan yang bervariasi yaitu mulai dari pembiayaan proyek, modal kerja dan lain-lain. Semua tawaran pinjaman tersebut harus mempunyai jaminan agar pembiayaan disetujui.

Diharapkan kedepannya syarat dari pengajuan pinjaman lebih mudah agar bisa dijangkau oleh banyak pelaku UKM yang ada di Indonesia.

Kontak Aplikasi Crowdo

Jika masih ada yang belum jelas mengenai investasi ataupun pinjaman di Aplikasi Crowdo silahkan menghubungi Cs di nomor (o21) 390 2566 atau (021) 2239 3396.