Review Aplikasi Fintag - Aplikasi Pinjaman Uang Online UMKM Khusus Sektor Kelautan dan Perikanan
Review Aplikasi Fintag - Aplikasi Pinjaman Uang Online UMKM Khusus Sektor Kelautan dan Perikanan

Review Aplikasi Fintag - Aplikasi Pinjaman Uang Online UMKM Khusus Sektor Kelautan dan Perikanan

Mietha Fanza
4 bulan yang lalu Last Updated 4 bulan yang lalu

Review Aplikasi Fintag - Aplikasi yang digunakan oleh UMKM khusus di sektor kelautan dan perikaan yang ada di Indonesia belum banyak. Salah satunya adalah aplikasi Fintech bernama Fintag.

Apa itu Aplikasi Fintag?

Apa itu Fintag
Apa itu Fintag

PT Fintegra Homido Indonesia memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan keuangan pelaku usaha melalui pengembangan teknologi finansial.

Fintegra yang merupakan bagain dari keuangan di era digital resmi terbentuk sejak November 2016. hal ini berdasarkan akta pendirian 01 tahun 2016 didepan notaris Kezia Janty Lega S.H.

Awalnya perjalanan Fintegra di sektor industri perikanan dan kelautan sekaligus memberdayakan agen keuangan, khususnya konsuklan keuangan dari mitra bank Mina (KKMB MIna).

Fintegra mengoptimalkan potensi para pelaku usaha melalui pengetahuan yang mendalam sebagai konsultan bidang usaha kelautan serta perikanan. Oleh arena itu Fintegra bisa membuka peluang disaat membutuhkan permodalan pada industri keuangan yang ada di Indonesia.

Finttag merupakan aplikasi permodalan usaha yang mempertemukan antara pelaku usaha dengan sumber pendanaan/ modal.

Gagasan dan konsep dari aplikasi fintag ini dbaangun oleh anggota yang berasal dari Pokaja maritim OJK IKNM . anggota pokja ini sejak tahun 2015 terlibat dalam kegiatan yang bekerja sama antara pelaku industri keuangan non bank dengan kementerian kelautan dan perikanan.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan solusi dari kebutuhan permodalan bagi ara pelaku usaha UMKM yang ada di sektor maritim.

Aplikasi Fintag sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas jasa Keuangan (OJK) dengan nomor S-3460/NB.111/2017 tanggal 3 Agustus 2017.

Aplikasi tersebut sudah banyak digunakan oleh para pengusaha, pemodal serta agen. Karena dengan menggunakan fintag mereka terbantu dan sangat memudahkan disaat melakukan pengajuan modal usaha.

Kegiatan usaha yang bisa dibiayai oleh Fintag yaitu usaha yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan. Contohnya adalah perikanan tangkap, budidaya ikan , pengolahan ikan, pemasaran produk kelautan dan hasil perikanan, pergaraman rakyat, wisata bahari dan beberapa usaha yang ada di pesisir lainnya.

Produk Aplikasi Fintegra

Aplikasi Fintag menciptakan produk yang solutif dan profesional dalam Fintech, Produk unggulan perusahaan tersebut dnamakan dengan Fintag.

Fintag yang berbasis platform website berasal dari kata Financial tagging yang berfokus dengan industri kelautan dan perikanan yang saat ini memiliki label sebagai “fintag maritime”.

Kelebihan Aplikasi Fintag

Beberapa kelebihan aplikasi fintag yaitu sebagai platform fintech pertama yang ada di Indonesia yang ditujukan untuk pelaku UMKM sektor kelautan dan perikanan.

Aplikasi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan agen yang ada di lapangan dalam melakukan proposal pinjaman modal usaha. Aplikasi fintag ini bisa menjangkau pelaku usaha yang bankable, unbankable seta undeserved.

Aplikasi ini juga memudahkan bagi masyarakat dalam bertransaksi keuanagn secara online, meningkatkan literasi keuangan, serta mewujudkan inklusi keangan Indonesia.

Syarat Mengajukan Pinjaman dan Pemodal di Fintag

Apabila ingin mengajukan pinjaman melalui Fintag maka harus memenuhi persyaratan sebgai berikut :

· Foto KTP

· Foto kartu keluarga

· Foto surat nikah/cerai

· Foto NPWP jika ada

· Rekening listrik atau PBB

· Rekening tabungan

· Surat keterangan usaha

· Dll

Itulah beberapa syarat ynag harus kita penuhi pada saat akan mengajukan pinjaman di Fintag. Selanjutnya jika kamu ingin menjadi pemodal di Fintag maka persyaratannya adalah sebagai berikut :

· Foto KTP

· Foto NPWP jika ada

· Rekening tabungan

· Nomor Handphone

· Dll

Yang bisa menjadi pemodal adalah officer lender yang terdiri dari institusi keuangan yang resmi atau lembaga permodalan baik yang berasal dari pemerintah maupun swasta, non institusi keuangan, serta private lender atau pribadi.

Alur Pengajuan Pinjaman dan Pendanaan Di Aplikasi Fintag

Alur Pengajuan Pinjaman dan Pendanaan Di Aplikasi Fintag
Alur Pengajuan Pinjaman dan Pendanaan Di Aplikasi Fintag

Alur pengajuan pinjaman yang ada di Fintag :

Log in

Bagi para pelaku usaha secara langsung ataupun melalui agen mengakses aplikasi Fintag untuk mengajukan pinjaman

Pengisian Data

Selanjutnya pelaku usaha akan mengisi data-data yang dibutuhkan secara lengkap dan benar

Pra kualifikasi

Setelah mengisi data maka Fintag akan memeriksa data pelaku usaha yang mengajukan pembiayaan

Scoring

Berikutnya setelah diperiksa maka Fintag akan memverifikasi , menganalisa prospek usaha dan memberikan peringkat serta penilaian untuk masing-masing pelaku usaha. Penilaian tersebut didasarkan pada profil risiko pelaku usaha tersebut.

Distribusi

Selanjutnya hasil dari kelayakan usaha didistribusikan atau direkomendasikan pada sumber permodalan yang tepat. Sumber permodalan ini berasal dari official lender maupun private lender.

Pencairan dana

Apabila sudah ada kesepakatan antara pelaku usaha dan pemodal maka berikutnya adalah melakukan pencairan atau pendanaan.

Alur pendanaan yang terdapat di fintag yaitu sebagai berikut :

Registrasi Log In

Pemberi pinjaman / pemodal mengakses aplikasi Fintag baik melalui PC maupun Hp. Setelah itu isilah data-data dengan lengkap dan benar.

Verifikasi

Setelah data masuk maka Fintag akan memverifikasi data serta memberitahukan notifikasi melalui email

Pendanaan

Bagi para pemodal maka akan mendapatkan summary pengajuan pinjaman yang ada di market place Fintag. Lalu pemodal bisa memilih mana yang akan dibiayai.

Limit Pinjaman dan bunga Aplikasi Fintag

Limit Pinjaman dan bunga Aplikasi Fintag
Limit Pinjaman dan bunga Aplikasi Fintag

Pada sat kita mengajukan pinjaman ke Fintag maka untuk lama prises pencairan tergantung kepada kelengkapan data yang diberikan oleh ara pelaku usaha dismaping itu juga dari besarnya nimnal pinjaman yang diajukan.

Sedangkan untuk minimal pinjaman yang bisa kita ajukan ke Fintag yaitu Rp 3 juta. Dengan besaran bunga yang akan disesuaikan atas penilaian dari profi risiko peminjam. Selain itu besaran bunga juga bisa tergantung dari sumber modal Fintag.

Untuk informasi dari pengajuan pinjaman kita sudah disetujui atau belum maka Fintag akan memberitahukan hal tersebut melalui aplikasi fintag ataupun bisa diinformasikan oleh agen yang sudah ditunjuk oleh pelaku usaha..

Cara Pembayaran Pinjaman Aplikasi Fintag

Setelah kita disetujui dan diberikan modal oleh Fintag, maka berikutnya kewajiban kita adalah membayar cicilan tersebut, angsuran atau cicilan ini bisa dibayarkan melalui agen atau bisa juga melalui rekening escrow fintag.

Kontak Fintag

Jika membutuhkan bantuan yang berkaitan dengan aplikasi Fintag ini maka bisa menghubungi Hotline Cs di nomor telepon (021) 270820000. selain itu juga bisa mengirimkan email ke CS@fintag.id pada hari senin- jumat pukul 08.30 - 17.30.

Sedangkan kantor Fintag berada di Tifa arum realty lantai 7, Jalan kuningan barat 1 Nomor 26 RT 06 RW 01, Di kawasan kuningan barat di kecamatan mampang prapatan, DKI Jakarta

Kesimpulan

Fintegra denga aplikasi andalannya yang dinamakan dengan Fintag ini menjembatani pelaku usaha dengan pemilik modal.

Fintag mendigitalisasi pelaku UMKM yang belum disentuh oleh bank untuk dipertemukan dengan pemilik modal. Dengan adanya fintag maka diharapkan bisa meningkatkan industri keuangan ynag ada di Indonesia.

Oleh karena itu kehadiran Aplikasi Fintag sangat dibutuhkan bagi mereka yang belum bisa mengakses bank-bank konvensional. Sebelum kita melakukan pinjaman di Fintag ada baiknya untuk mencari informasi di website resminya yaitu http://fintag,id