Simulasi KPR CIMB NIAGA Beserta Contoh Perhitungannya
Simulasi KPR CIMB NIAGA Beserta Contoh Perhitungannya

Simulasi KPR CIMB NIAGA Beserta Contoh Perhitungannya

Mietha Fanza
1 month ago Last Updated 1 month ago

Apakah kamu ingin mengetahui Simulasi KPR CIMB Niaga? Tentunya hal ini wajib kamu ketahui agar memiliki gambaran uang muka dan angsuran setiap bulannya yang harus dibayarkan berdasarkan tenor.

Rumah adalah kebutuhan utama setiap orang dan banyak yang ingin punya rumah pribadi yang layak untuk ditinggali. Ada banyak tipe rumah dan keinganan orang beda beda. Ada yang ingin rumah minimalis dan sederhana ada juga yang lebih menyukai hunian luas dilengkapi kebun atau taman.

Namun memiliki rumah pribadi memerlukan biaya besar hingga ratusan juta. Bahkan di beberapa kota di tanah air beli rumah dengan ukuran kecil atau tak terlalu luas harganya bisa sangat melambung tinggi apalagi rumah besar?

Tentu saja hal ini cukup mahal dan memberatkan. Apalagi dimasa pandemi yang serba krisis. Pemasukan sedang berkurang sementara pengeluaran banyak. Jadi mungkin jika bikin rumah atau membelinya pikir pikir dulu.

Namun jika memang sudah ingin sekali punya rumah impian. Tentunya bukan masalah untuk memilikinya. Apalagi kalau memang secara finansial sudah mencukupi. Meski begitu anda harus tetap teliti dan jeli sebelum memutuskan membeli rumah. Lalu, bagaimana caranya beli rumah yang tepat sesuai kondisi finansial ?

Beli Rumah dengan Cara Kredit

Beli Rumah dengan Cara Kredit
Beli Rumah dengan Cara Kredit

Seperti dibahas sedikit diatas. Harga rumah cukup mahal bahkan untuk ukuran tak luas bisa saja harganya meroket lantaran berada di lokasi strategis. Maka dari itu, membeli rumah tidak boleh sembarangan. Harus dipertimbangkan matang matang. Perhatikan tips berikut ini.

Pertama tama perhatikan urgensinya. Jika memang sudah ingin punya rumah segera maka membeli rumah tak terhindarkan. Anda harus mulai memikirkanya.

Kedua, pertimbangkan tipe rumah anda dan lokasinya. Jika anda keluarga muda mungkin tipe rumah minimalis tak terlalu luas cocok untuk anda sekeluarga. Atau jika ingin rumah lebih luas, anda bisa memilikinya tentunya bujetnya bisa saja lebih besar. Perhatikan juga lokasinya. Usahakan dekat dengan lokasi pekerjaan anda atau dilokasi lokasi yang dekat dengan fasilitas dan akses publik.

Ketiga, ini yang paling penting dan menentukan. Adalah memperhatikan kemampuan finansial anda. Cobalah memilih rumah yang harganya masih terjangkau agar tak terlalu Bebani keuangan anda. Jika anda memutuskan beli rumah dengan cara mengangsur. Pastikan bahwa cukup untuk mengangsur tiap bulan dan untuk kebutuhan lainya. Minimal untuk biaya angsur tidak lebih besar dari 30 persen dari penghasilan anda, ini adalah batas aman.

Rumah Untuk Generasi Milenial

Rumah Untuk Generasi Milenial
Rumah Untuk Generasi Milenial

Seiring pesatnya perkembangan zaman, kebutuhan kepemilikan rumah makin meningkat. Para generasi milenial yang sedang berproses meniti karir, membangun bisnis atau menuju jenjang pernikahan mulai berpikir untuk punya rumah pribadi dan mungkin akan membelinya dengan cara kredit.Menangkap peluang ini para pengembang juga berlomba lomba sediakan kredit rumah untuk menyasar konsumen milenialnya.

Nah tantangannya bagi milenial dalam kepemilikan rumah adalah mahalnya harga rumah. Bahkan tiap tahunya harganya makin meningkat seiring permintaan yang makin banyak dan tentunya karena lahan yang kian terbatas. Lokasi juga menjadi penentu mahal tidaknya harga rumah selain lahan sempit. Makin strategis lokasi rumah makin mahal pula harganya.

Mahalnya harga rumah ini membuat banyak orang termasuk bagi para milenial kesulitan untuk mendapatkan rumah idamanya lantaran dana yang dimiliki belum cukup. Untuk mengumpulkan uang pun bisa sangat lama dan bahkan serasa mustahil.

Untuk atasi masalah dana terbatas ini. Maka akhrinya tak sedikit milenial yang memutuskan untuk beli rumah dengan cara mencicilnya dengan ikuti program kredit perumahan rakyat di lembaga keuangan baik perbankan maupun lembaga keuangan non bank.

Dengan ikuti program KPR, para milenial tak perlu pusing dengan besar dan mahalnya harga rumah karena tidak harus membayar tunai. Cukup bayar uang muka dengan jumlah tertentu dan mengangsurnya tiap bulan hingga jangka waktu tertentu. Dengan cara kredit, sudah bisa bisa punya rumah baru.

Manfaat Mengikuti Program KPR

Dengan mengikuti program kredit rumah ini bisa mendapatkan manfaat manfaat seperti misalnya bisa miliki rumah segera tanpa harus mengeluarkan banyak uang di awal. Begitu juga bagi para milenial. Bisa punya rumah sendiri dengan segera tanpa harus kumpulkan hingga rata dan juta diawal hanya perlu bayar DP dan mengangsurnya tiap bulan sehingga tidak terlalu Bebani keuangan. Apalagi sekarang sudah banyak sekali ragam layanan KPR dengan sistem yang meringankan.

Pertama, Anda tidak perlu khawatir legalitas dari program KPR. Sebab KPR dari bank resmi sudah peroleh izin dari Lembaga pemerintah, dalam hal ini Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Jadi, keamanan sertifikat rumah dan semua proses pembayaran di KPR adalah proses sah secara hukum. Selain itu, rumahbpada KPR kebanyakan merupakan rumah siap huni jadi sudah bisa segera menempati ketika Anda sudah bayar DP.

Banyak pengembang perumahan sudah bermitra dengan KPR dari Bank. Jadi tak perlu lagi diragukan kredibilitas dan kualitas KPR. Tentunya hanya developer reputasi baik yang bisa jadi mitra Bank.

Dengan mengikuti program kredit rumah KPR selain bisa dapatkan hunian pribadi denga segera. Nantinya juga bisa jadi lahan investasi jika sudah lunas. Hal ini karena kemungkinan harga properti rumah seiring waktu harganya makin tinggi.

Simulasi KPR CIMB Niaga

Simulasi KPR CIMB Niaga
Simulasi KPR CIMB Niaga

Nah berikut ini dicontohkan simulasi KPR dari salah satu bank ternama di Indonesia yaitu Bank CIMB Niaga. Kenapa dibutuhkan simulasi? sebab dengan simulasi anda bisa mengetahui gambaran biaya biaya yang dibutuhkan selama kredit rumah. Termasuk memprakirakan tenor atau jangka waktu cicilan, besaran cicilan, hingga Suku bunganya dan lain lain. Dengan membaca simulasi juga anda akan mengetahui sebaiknya besaran berapa harus membayar uang muka atau DP.

Nah di KPR CIMB NIAGA, simulasi KPR adalah harga real. Bukan estimasi atau setidaknya mendekati harga kenyataan di lapangan. Jadi nantinya anda lebih tepat dalam memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk KPR.

Pada simulasi KPR CIMB Niaga juga akan dihitung secara otomatis. Sehingga anda tidak perlu repot menghitungnya secara manual menyita waktu. Tentunya perhitungan dalam simulasi ini sangat akurat.

Cara gunakan simulasi KPR CIMB NIAGA cukup seduaian harga beli rumah, besaran uang muka, nilai plafon, pengajuan pinjaman dan panjang tenornya sebelum baik n simulsi KPR. Untuk diketahui CIMB Niaga, biaya uang muka yang dikenakan yaitu sebesar 30% dari total harga rumah.

Ada juga KPR CIMB NIAGA yang lainya dengan beragam pilihan. Jenis bunga yang ada di simulasi CIMB Niaga. Yakni 6,5% fixed 3 tahun, 7,88% fixed 5 tahun, Xtra bebas (Fix Menurun), serta Floating Upfront. CIMB Niaga sediakan jangka waktu tenor mulai dari satu tahun sampai dengan 25 tahun. Tapi sebagai pengingat bahwa simulasi ini juga sekedar gambaran. Dengan syarat dan ketentuan berlaku. Untuk lebih jelas bisa langsung menghubungi pihak KPR CIMB NIAGA.

Contoh simulasi KPR, harga beli rumah yaitu Rp 450,000,000. Dengan harga ini maka uang DP minimalnya adalah Rp 135,000,000 dan total pengajuan pinjaman sebesar Rp 315,000,000.untuk tenor atau jangka waktunya 10 tahun. Maka simulasi KPR untuk angsuran tiap bulanya adalah Rp 3,576,761.

Untuk suku bunga 6,5% fixed 3 tahun, Rp besar cicilan menjadi 3,801,875. Sedangkan untuk suku bunga 7,88% fixed 5 tahun, cicilan perbulanya adalah Rp 3,905,549. Sementara itu untuk suku bunga floating upfront cicilan perbulan ya menjadi Rp 3,973,259.

Dalam baca simulasi KPR. hal yang perlu diketahui adalah bahwa angka simulasi ini sebagai perkiraan atau gambaran namun mendekati ril. Meskipun ada beberapa perbedaan atau selisih. Untuk itu simulasi cuma dijadikan panduan awal perkiraan sebelum putuskan kredit rumah. Biasanya bunga di simulasi bisa saja berubah dari kenyataan harga dilapangan.

Kemudian anda harus ketahui cara bunga KPR dihitung. Jika Anda putuskan gunakan suku bunga 6,5% fixed 3 tahun. Maka bunga fixed cuma berlaku tiga tahun pada awal cicilan. Dan selanjutnya sisa cicilan dibayarkan dikenai bunga floating. Tapi prosedur ini tak ada dalam simulasi KPR. Sehingga karena harusghitung berapa cicilan yang dikenai ketika cicilan sudah masuk suku bunga floating.

CIMB NIAGA sendiri selain mudahkan nasabah dengan contoh simulasi KPR. Juga berikan beberapa layanan misalnya suku bunga macam macam jadi bisa disesuaikan kebutuhan. Tenornya juga cukup panjang sampai 25 tahun jadi tak perlu banyak uang besar untuk angsuran perbulan juga prosesnya