Persyaratan, Suku Bunga, dan Simulasi KTA BCA
Persyaratan, Suku Bunga, dan Simulasi KTA BCA

Persyaratan, Suku Bunga, dan Simulasi KTA BCA

Mietha Fanza
1 month ago Last Updated 1 month ago

Simulasi KTA BCA bermanfaat bagi calon debitur agar bisa memperkirakan jumlah angsuran setiap bulannya. Hal ini penting agar bisa menimbang serta mengatur keuangan prbadi debitur.

Apa itu KTA BCA ?

Simulasi KTA BCA
Simulasi KTA BCA

KTA BCA merupakan produk Kredit tanpa agunan atau dalam di BCA kita mengenal dengan BCA personal loan. Walaupun saat ini banyak pinjaman online Fintech, namun KTA BCA masih banyak diminati.

Dibawah ini kita akan jelaskan mengenai bunga, simulasi angsuran, serta persyaratan dokumen yang harus dipenuhi.

Untuk simulasi KTA BCA menunjukkan angsuran yang harus disetorkan setiap bulan personal loan BCA yang berdasarkan bunga serta tenor pinjaman.

Kita perlu melihat simulasi terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan. Didalam simulasi tersebut terlihat biaya admin yang harus dibayar dan besarnya angsuran setiap bulan.

Adapaun beberapa alasan kenapa pinjaman tanpa agunan populer dimasyarakat :

- Memiliki bunga yang rendah dibandingkan dengan pinjaman online

- Jumlah plafon yang lebih besar jika dibandingkan dengan fintech

- Memiliki tenor yang panjang

Jadi jika kamu menginginkan pinjaman dengan jangka waktu diatas satu tahun dan pinjaman diatas 10 juta dengan bunga yang terjangkau maka pinjaman KTA bisa dijadikan pilihan.

Pengajuan KTA BCA

Pengajuan KTA BCA
Pengajuan KTA BCA

KTA sendiri masuk kedalam produk BCA personal loan. BCA personal loan merupakan pinjaman tanpa agunan yang bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan nasabah serta pembayarannya dengan diangsur perbulan dan tenor sesuai kemampuan customer.

Jadi fasilitas pinjaman ini diberikan oleh BCA tanpa jaminan. Penggunaannyapun bisa untuk kesehatan, pendidikan, liburan, pernikahan, kebutuhan rumah tangga dan renovasi rumah.

Dan untuk keuntungan dari personal loan BCA yaitu :

  • Dana peruntukannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Suku bunga bersaing dengan KTA bank lain
  • Plafon KTA 100 juta
  • Proses cepat dan mudah
  • Bunga mulai dari 1%
  • Angsuran ringan dan terjangkau

Agar pengajuan yang kita lakukan bisa disetujui , maka ada syarat yang harus kita penuhi yaitu :

  • WNI/WNA usia 21-55 tahun
  • Sebagai pemegang kartu BCA
  • Berprofesi sebagai karyawan tetap , wiraswasta atau profesioanal dan memiliki masa kerja minimum 2 tahun
  • Memiliki penghasilan perbulan Rp 2.500.000 ( Untuk daerah Bandung, Jabodetabek, Medan, Batam dan Surabaya).
  • Memiliki minimum penghasilan perbulan Rp 2.000.000 belalu untukk daerah lain
  • Berusia 21-55 tahun ( pada saat failitas Personal Loan BCA lunas ).
  • Fotoopi kartu identitas
  • Slip gaji
  • Fotokopi kartu kredit
  • Untuk wirausaha menyerahkan fotokopi kartu rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.
  • Khusus untuk profesional menyerahkan Fc surat ijin profesi
  • NPWP
  • Fotokopi akta pendirian usaha khusus calon debitur pengusaha

Biasanya pengajuan KTA akan lebih mudah disetujui saat debitor merupakan nasabah payroll BCA. Ini artinya perusahaan dimana kamu bekerja menggunakan fasilitas BCA untuk pembayaran gajinya.

Dan melalui ini BCA juga akan menganalisis mengenai gaji yang kita terima termasuk juga bonus-bonus lainnya.

Namun apabila payroll kita buka dari BCA, melainkan dari bank lain maka setidaknya kita memiliki kartu kredit BCA dengan pemakainan minimal 1 tahun.

Pengajuan KTA atau BCA personal loan biasanya juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Ini berdasarkan pengajuan penyerahan dokumen sampai mengabarkan terkit hasil pengajuan setidaknya membutuhkan dua minggu sampai satu bulan.

Sedangkan untuk jumlah nominal yang disetujuinya biasanya tidak sesuai dengan nominal yng kita ajukan. Hal ini membuktikan bahwa BCA cukup selektif terhadap pembeian kreditnya.

Selain itu bCA juga memberikan ketetapan untuk rasio plafon dengan maksimal 3 kali dari jumlah take home pay bagi calon debitur. Jadi misalkan pendapatan kita perbulan Rp 10 juta maka nilai kredit yang diberikan BCA maksimum Rp 30 juta.

Begitu juga dengan angsuran KTS, aturan dari BCA yaitu rasio cicilan tidak lebih besar dari sepertiga jumlah penghasilan kita setiap bulan. Misalkan gaji kita Rp 10 juta perbulan maka cicilan perbulan maksimum Rp 3,5 juta.

Hal lainnya yang lebih penting agar proses pengajuan kita disetujui yaitu harus lolos BI Checking. Disini akan terlihat riwayat kita apabila memiliki pinjaman di bank apakah seseorang pernah menunggak ataupun tidak.

Dengan adanya riwayat SID di Bank Indonesia ini akan menjadi penentu dalam pengajuan kredit apakah bisa pengajuan dapat diterima atuapun pengajuan ditolak.

Biaya Pengajuan KTA

Seperti halnya pada pinjaman lain, untuk pengajuan KTA juga disertai dengan biaya administrasi yang harus dipenuhi. Biaya-biaya tersebut akan dipotongkan dari dana kredit yang akan kita terima.

Untuk biaya yang timbul dalam proses BCA personal loan/KTA BCA yaitu biaya provisi sebesar 1% dari pinjaman yang disetujui.

Perlu kita ingat bahwa memiliki kredit berarti kita juga harus siap dengan konskuensi apabila kita terlambat bayar. Untuk dendanya sendiri memang cukup besar.

KTA BCA dendanya sebesar 0.28% perhari dari angsuran. Jadi usahakan kita teratur dalam pembayaran dan tidak telat.

Dan jika ingin melakukan pelunasan, maka kita akan dikenakan biaya pelunasan sebesar Rp 200.000. Namun pelunasan sebelum tenor berakhir juga biperbolehkan asalkan kita sudah melakukan pembayaran 6 kali angsuran.

Suku Bunga dan Simulasi Cicilan KTA BCA

Jika dibandingkan dengan KTA lembaga non bank maka dapat dipastikan bahwa KTA Bank BCA memiliki suku bunga yang lebih rendah.

Dibawah ini adalah suku bunga KTA BCA Personal Loan ;

Suku Bunga KTA BCA
Suku Bunga KTA BCA

Dan untuk angsuran yang disertai asuransi jiwa, maka suku bunga yang akan ditambahkan sebesar 0,363% untuk tenor 1 tahun, sedangkan untuk tenor 24 bulan sebesar 0,693% dan untuk tenor 36 bulan sebesar 1,02% dan asuransi jiwa ini bersifat opsional, jadi tidak wajib untuk diambil.

Berikut ini adalah simulasi cicilan KTA BCA :

simulasi cicilan KTA BCA
simulasi cicilan KTA BCA

Simulasi diatas berdasarkan :

Suku Bunga dan Simulasi Cicilan KTA BCA
Suku Bunga dan Simulasi Cicilan KTA BCA

Untuk simulasi diatas adalah gambaran awal sementara. Untuk mendapatkan info lebih jelas bisa kita tanyakan ke bank BCA terdekat.

Sedangkan untuk pembayaran cicilan KTA BCA yaitu menggunakan autodebet langsung ke rekening BCA kita. Jadi apabila mendekati tanggal jatuh tempo, pastikan kita sudah mengisi saldo rekening untuk didebet.

Jika saldo rekening tidak mencukupi ,maka kita akan langsung dihitung denda keterlambatan. Denda yng diberikan juga lumayan besar yaitu 0,28% perhari dari angsuran.

Apabila potensi gagal bayar terjadi secara terus menerus maka akan sangat mempengaruhi bank dalam menilai catatan kredit kita.

Dan bila terjadi potensi gagal bayar terus menerus maka dimasa yang akan datang bank sulit memberikan pinjaman ke kita.

Yang harus kita ketahui bahwa Personal loan BCA ini memiliki suku bunga yang paling rendah dan patut diperhitungkan apabila dibandingkan dengan bank lain.

Oleh karena itu tak heran jika BCA sangat ketat dalam memberikan kreditnya agar terhindar dari Non performing Loan ( NPL ) atau yang dikenal dengan kredit macet.

Perbandingan suku bunag KTA BCA dengan bank lain yaitu untuk KTA BCA hanya 1% pertahun, KTA Bank Mandiri 1,75% tetap perbulan, KTA Permata 1,69%, serta CIMB Niaga 1,79%.