Syarat Pengajuan dan Simulasi KTA Bank Mandiri Terbaru
Syarat Pengajuan dan Simulasi KTA Bank Mandiri Terbaru

Syarat Pengajuan dan Simulasi KTA Bank Mandiri Terbaru

Mietha Fanza
1 month ago Last Updated 1 month ago

Bank Mandiri juga memiliki Kredit Tanpa Agunan ( KTA ) yang dinamakan dengan Kredit serbaguna Mandiri (KSM). Pinjaman ini diberikan kepada nasabah yang sudah memiliki penghasilan tetap dan menjadi pegawai tetap sebagai sumber pembayaran. Lalu bagaimana syarat pengajuan dan Simulasi KTA Bank Mandiri?

Syarat mengajukan KTA Mandiri

Dalam situs resmi Bank Mandiri terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai pengajuan KTA Mandiri agar dapat diloloskan yaitu :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) serta berdomisili di Indonesia
  • Minimal berusia 21 tahun atau memiliki usia maksimum sebelum pensiun saat kredit lunas
  • Memiliki masa kerja pegawai tetap minimal 1 tahun
  • Berpenghasilan minimum Rp 3 juta

Pada poin terakhir disebutkan bahwa harus memiliki penghasilan min Rp 3juta, namun tidak apa apabila jika gaji minimum kurang dari gaji UMR di beberapa daerah.

Selain syarat yag disebutkan diatas, sebenarnya masih ada syarat lainnya untuk mengajukan Kredit Serbaguna Mandiri yaitu lolos BI Cheking dan kita tidak bermasalah mengenai kredit di bank.

Apabila terekam pernah masuk dalam daftar hitam BI, maka setidaknya butuh waktu sekitar enam bulan untuk memberihkannya agar bisa masuk peringkat aman sehingga bisa mengajukan kredit baru.

Dibawah ini adalah peringkat debitur di bank :

- Skala 1 = debitur dengan kredit baik atau lancar

- Skala 2 = Debirut dengan Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK), atau debitur memiliki kredit yang memiliki mutasi tidak lancar selam 1 bulan sampai 2 bulan

- Skala 3 = Debitur dengan kredit tidak lancar, yaitu debitur yang memiliki kredit dengan mutasi tidak lancar selama 3 bulan sampai 6 bulan

- Skala 4 = Debitur dengan kredit diragukan yaitu debitur yang memiliki kredit tidak lancar yang sudah jatuh tempo akan tetapi kredit tersebut belum selesai

- Skala 5 = Debitur Kredit macet atau usaha mengaktifkan kembali kredit tidak lancar dan gagal bayar

Tak hanya cukup memiliki BI Cheking yang bagus pada saat pengajuan, namun juga nasabah lebih baik memiliki payroll di Bank Mandiri.

Akan tetapi jika kondisi tidak demikian, maka bisa juga dengan memiliki rekening aktif bank Mandiri dengan nominal data yang mengendap.

Cara lainnya dengan memiliki Kartu Kredit Mandiri yang memiliki kepesertaan minimal 1 tahun.

Cara Mengajukan KTA Mandiri

Sebelum mendatangi Bank Mandiri untuk melakukan pengajuan, sebaiknya kita ketahui bersama dokumen yang wajib dibawa, diantaranya adalah :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP ( khusus untuk limit kredit diats Rp 50 juta)
  • Menyertakan slip gaji/surat keterangan penghasilan terakhir (khusus non payroll).
  • SK pengangkatan pegawai (khusus anggota TNI/POLRI)

Apabila sudah menikah maka sertakan pula dokumen milik pasangan (suami/istri) agar bank bisa menghiung berdasarkan joint income.

Mungkin hal itu juga bisa dijadikan bahan pertimbangan agar bank Mandiri bisa mencairkan pinjamannya dengan lebih besar lagi.

Untuk pengajuan KTA Mandiri juga cukup mudah, kamu tinggal datang saja ke Bank Mandiri yang sesuai dengan domisili serta sampaikan maksud kedatangan kita. Kemudian lengkapi data di bagian Customer servive.

Kita harus mengikuti semua proses pengajuan tersebut dengan benar, Jika sudah maka tinggal kita menunggu proses selanjutnya yaitu interview oleh tim analis Bank.

Perlu kita ketahui bahwa masing-masing bank memiliki tahapannya sendiri-sendiri yang terkait dengan approval. Namun kita boleh saja menanyakan kira-kira berapa hari bank mengabarkan pengajuan kita disetujui atau tidak.

Kemudian tips bagi yng ingin pengajuan ke bank Mandiri yaitu siapkan semua dokumen dengan baik agar tak ada dokumen utama yang ketinggalan. Akan lebih baik jika kita bawa semua salinan atau dokumen pendukung untuk pengajuan KTA Mandiri.

Pihak bank Mandiri juga biasanya akan menanyakan tujuan pinjamaan. Kita harus bisa menjawab dengan jujur jangan ada yang ditutupi.

Agar pengajuan kredit KTA bisa lolos sebaiknya jangan sekali-kali melakukan mark up gaji yang kita peroleh. Karena hal itu justru akan memberatkan kondisi keuangan kita.

Hal penting lainnya yaitu pada saat berkunjung ke bank atau dihubungi oleh pihak analis sebaiknya kita tidak gugup dan jangan berbohong.

Selain pengajuan KTA Mandiri dengan datang langsung ke bank, kita juga bisa mengajukan KTA Mandiri secara online. Berikut contoh formulirnya :

Cara Mengajukan KTA Mandiri
Cara Mengajukan KTA Mandiri

Cara online tersebut dilakukan agar waktu kita efektif khususnya bagi yang memiliki waktu terbatas. Setelah itu tunggulah sampai bank menghubungi kita.

Keuntungan KTA Mandiri

Kredit serbaguna Mandiri akan memberikan keuntungan lain kepada para debiturnya, dintaranya adala :

  • Memiliki suku bunga yang kompetitif
  • Prosesnya cepat yaitu 1 hari cair
  • Memiliki biaya kredit yang ringan
  • Untuk limit kreditnya sampai dengan 1 miliar
  • Memiliki tennor sampai dengan 15 tahun
  • Memiliki angsuran tetap sampai dengan akhir tenor pinjaman

Karena namanya kredit tanpa agunan maka sudah dipastikan bank mandiri juag tidak meminta jaminan lain sebagai syarat untuk pengajuan kreditnya.

Yang menarik dari KTA mandiri yaitu bisa mengucuran dana sampai dengan 1 miliar. Angka tersebut sesuai bagi yng memiliki usaha besar utntuk memperluas bisnisnya.

Waluapun bank mandiri memberikan tenor pinjaman sampai dengan 15 tahun, namun dipastikan akan ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bank Mandiri juga memebrikan rasa aman dan nyaman kepada para penerima kreditnya dengan memberikan perlindungan asuransi pada pinjamannya.

Simulasi Cicilan KTA mandiri

Sebenarnya kita bisa menghitung sendiri besarnya angsuran pengajuan KTA mandiri yaitu di https://www.bankmandiri.co.id/kalkulator-kta. Kita hanya mengisi tiga kolom saja yitu jenis nasabah, gaji bersih per bulan serta nominalangsuran lain ( jika ada).

Misal KTA yang didapat Rp 20 juta dengan jangka waktu/tenor 24 bulan. Maka bunganya sebesar 10% pertahun. Dibawah ini angsuran setiap bulan yang harus dibayar :

  • Cicilan pokok = Rp 20.000.000 :24 = Rp 833.000.000
  • Bunga per bulan = Rp 20.000.000 x 10% : 12 = Rp 166.666
  • Angsuran per bulan = cicilan pokok + bunga = Rp 999.999

Agar tidak membebani setiab bulannya, maka kita perlu memperhitungkan cicilan KTA diawal. Kita juga harus memilih jumlah kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan pula dengan kemampuan bayar kita.

Simulasi Cicilan KTA mandiri
Simulasi Cicilan KTA mandiri

Sehingga jangan sampai kredit yang kita terima memberatkan yang akan mengakibatkan cicilan menjadi terhambat. Karena kemampuan kita dalam mengangsur bank setiap bulan akan dipantau oleh BI.

Hal tersebut yang nantinya menjadi reputasi kita pada saat pengajuan kembali ke bank.

Memang bagi sebagi orang KTA merupakan solusi yang tepat bagi yang sedang membutuhkan uang dalam jumlah banyak, cepat, mudah dan tidak ribet.

Walaupun KTA tidak menggunakan jaminan, namun kita harus tetap membayar hutang tepat waktu.

Bagi kamu yang akan pengajuan ke Bank Mandiri, denagn menggunakan simulasi KTA Bank Mandiri bisa membantu kamu dalam mempertimbangkan beberapa hal.

Cara tersebut sangat membantu kita terutama dalam merencanakan keuangan agar pengeluaran kita setiap bulannya bisa dikendalikan.

Demikian ulasan mengenai syarat pengajuan dan Simulasi KTA Bank Mandiri, Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba mengajukan kredit tanpa agunan di bank Mandiri.