Cara Pengajuan dan Simulasi Kredit BTN
Cara Pengajuan dan Simulasi Kredit BTN

Cara Pengajuan dan Simulasi Kredit BTN

Mietha Fanza
1 month ago Last Updated 1 month ago

Mungkin semua orang ingin punya rumah sendiri. Apalagi jika sudah berkeluarga, rumah adalah kebutuhan penting selain sandang dan pangan. Punya rumah membuat keluarga lebih nyaman dan betah.

Namun membangun atau beli rumah tidak cukup dengan biaya sedikit. Harganya mencapai angka ratusan juta. Bahkan jika di kawasan tertentu harga satu unit rumah bisa sangat mahal meski ukuranya tak begitu luas.

Ini seringkali menjadi kendala. Harga rumah yang mahal membuat kita perlu benar benar memikirkan apakah kita bisa membelinya dengan segera?

Mungkin jika anda punya penghasilan yang tetap dan cukup. Akan mudah membelinya. Namun tetap saja jika beli cash atau membangun sendiri rasa rasanya juga cukup berat apalagi kebutuhan lainya juga banyak.

Untuk menyiasatinya jika Anda memang benar benar ingin punya rumah segera tapi bujet terbatas. Mungkin bisa pertimbangkan untuk beli rumah secara kredit. Kredit pemilikan rumah (KPR) Memang bisa menjadi solusi alternatif untuk yang ingin beli rumah yang tak terlalu membebani keuangan. Dengan kredit rumah anda tidak harus bayar cash ratusan juta diawal. Cukup bayar sejumlah uang muka yang ditentukan dan mengangsur tiap bulan sampai jangka waktu yang ditentukan.

Nah jika anda memang tertarik beli rumah kredit. Anda bisa pertimbangan mengajukan KPR di bank BTN. salah satu bank yang cukup bagus dalam melayani kredit termasuk pembiayaan KPR. Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya baca referensi dibawah ini untuk mengetahui Simulasi Kredit BTN. Simak selengkapnya berikut ini.

Sekilas tentang KPR BTN

Sekilas tentang KPR BTN
Sekilas tentang KPR BTN

PT Bank Tabungan Negara, (Persero),Tbk (Bank BTN) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak disektor Perbankan. Bank ini memberikan berbagai layanan dengan tiga produk unggulannya yaitu perbankan untuk perorangan, syariah dan bisnis.

Produk kredit konsumer BTN dibagi menjadi empat yakni KPR non subsidi, KPR subsidi, kredit perumahan lain serta kredit konsumer. Sedangkan produk simpanan dari BTN dibagi menjadi tabungan, Deposito dan Giro.

Kredit Pemilikan Rumah dari BTN

Kredit Pemilikan Rumah dari BTN
Kredit Pemilikan Rumah dari BTN

Kredit pemilikan rumah (KPR) BTN berikan layanan pembayaran dijamin berupanjaminan hunian atau rumah yang sudah ditentukan. Mortage dipakai baik oleh individu maupun bisnis guna kukan pembelian real estate besar tanpa bayar seluruh nilai pembelian di depan.

Consumer Loan BTN

BTN juga berikan layanan lembiayaan personal letter an dan pembiayaan konsumer. Jenis kredit ini diperuntukan untuk kebutuhan konsumtif dan perkembangan bisnis dari cosumer loan dari velue chain sebuah perumahan.

Consumer Funding

Produk layanan ini memberikan dana dan jasa pada nasabah individual untuk mengembangkan bisnis wealth management dengan lebih mudah.

Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang salah satu produk BTN yaitu kredit BTN beserta simulasinya. Yang mungkin bisa dijadikan referensi anda jika ingin membeli rumah di Bank BTN dengan cara kredit. Simak selengkapnya berikut ini.

Produk Kredit KPR BTN

Sebelum masuk pembahasan simulasi kredit KPR berikut ini dijelaskan produk KPR BTN Platinum. Apa itu?

KREDIT KPR BTN Platinum

KPR BTN Platinum merupakan layanan kredit pemilikan rumah dari Bank BTN kepada konsumen guna keperluan beli rumah dari pengembang maupun non pengembang. Rumah dibeli dari BTN bisa berupa rumah baru, bekas rumah indent, atau juga take over dari Bank lain.

Produk KPR BTN Platinum apa saja keunggulannya?

Ada beberapa keunggulan produk BTN Platinum. Yaitu diantaranya :

  • Proses kredit KPR BTN Platinum lebih mudah
  • Suku bunga kompetitif
  • Jangka waktu cukup fleksibel sampai dengan 25 tahun.
  • Keunggulan lainya yaitu punya jaringan kerjasama luas dengan berbagai pengembang di tanah air dan juga ada asuransinya meliputi asuransi gempa bumi dan kebakaran

Apa saja persyaratan yang harus untuk pengajuan KPR BTN Platinum?

Untuk pengajuan KPR BTN Platinum, syrat yang haru dipenuhi adalah :

  1. WNI dan berdomisili di Indonesia, berusia 21 tahun atau sudah menikah,
  2. Punya penghasilan dan pekerjaan tetap. Baik pegawai tetap/wiraswasta/profesional dengan masa kerja/usaha minimal 1 tahun,
  3. Punya NPWP Pribadi.

Saya mengajukan KPR BTN Platinum berapa Biaya yang akan muncul?

Biaya-biaya yang harus dipersiapkan ketika ingin ajukan KPR BTN Platinum antara lain:

  • BiayaProvisi
  • BiayaAdministrasi
  • Premi asuransi (asuransi jiwa, asuransi kebakaran dan asuransi bencana alam)
  • Biaya notaris.

Bagaimana agar KPR disetujui ?

Agar kredit KPR BTN disetujui oleh pihak Bank, maka anda wajib penuhi semua persyaratanya. Mulai dari kelengkapan dokumen sampai dengan juga kemampuan anda mengangsur. Ini akan dipertimbangkan diterimanya pengajuan KPR. Bank bakal setujui ajuan jika hutang anda tak lebih dari 30 persen penghasilan atau pendapatan.

Simulasi KPR BTN Platinum

Simulasi KPR BTN Platinum
Simulasi KPR BTN Platinum

Berikut ini contoh simulasi KPR BTN Platinum. KPR BTN Platinum tawarkan kemudahan punya rumah baru dengan suku bunga tetap dalam tenor 5 tahun. Program ini selain dperuntukan bagi yang ingin punya hunian baru juga diperuntukan bagi yang ingin berinvestasi beli apartemen tuk condominum maupun beli kavling tanah.

Untuk pengajuan kredit KPR BTN Platinum anda bis ajukan secara online salah satunya lewat CekAja.com, prosesnya mudah dan cepat. Berikut ini simulasinya

Suku bunga mulai dari 8 persen (bunga tetap) sampai jangka kredit 25 tahun. Dengan yang muka mulai dari 20 persen dan melayani seluruh Indonesia. Suku bunga untuk dijual fixed income dana mengendap 1 kali angsuran.

Detail

Catatan1

  • Jumlah Pinjaman - Minimal IDR200.000.000
  • Jumlah Pinjaman - Maksimal IDR5.000.000.000
  • Minimal 3 Tahun Jangka Waktu Pinjamannya
  • Maksimal 25 tahun Jangka Waktu Pinjamannya
  • Periode Suku Bunga Tetap -Maksimal 5 Tahun

Setelah periode fixed terakhir pelunasan dapat dipercepat dengan mengeluarkan biaya sebesar 1 persen dari sisa pinjaman pokoknya termasuk bebas dari asuransi property.

Metode Pembayaran Angsuran Fix dan Floating Rate

Proses Persetujuan Kredit 7 hari sampai 14 hari kerja (setelah persyaratan dokumen lengkap)

  • Tipe Properti dan Tujuan Pinjaman
  • Usia Debitur Minimal 21 tahun sampai maksimal 65 Tahun
  • Minimal Pendapatan - Pertahun IDR 120 000 000
  • Minimal Pendapatan –Perbulan Rp 10 000 000
  • Jenis Pekerjaan Employee sampai dengan 2 Tahun
  • Profesional sampai dengan 2 Tahun
  • Self Employee sampai dengan 2 Tahun
  • Penjamin tidak diperlukan
  • Tak Wajib buka Rekening di Bank Bersangkutan
  • Debitur Wajib punya Nomer Telepon Rumah/ Kantor

Biaya yang dibebankan/penalti

  • iBiaya Provisi : dari total pinjaman dikenakan 1x saat pinjaman diberikan sebesar sebesar 1%
  • Biaya Keterlambatan :Dikenakan biaya bulanan dari cicilan per bulan sebesar 1.5%
  • Biaya Administrasi : dikenakan 1x saat pinjaman diberikan
  • Biaya Pelunasan dipercepat : Dikenakan biaya penalti dari sisa pokok pinjaman sebesar sebesar 1%
  • Biaya asuransi properti : Asuransi Properti dibebankan 1x diawal saat pencairan pinjaman
  • Biaya Asuransi Jiwa : Asuransi Jiwa dibebankan 1x diawal pada saat pencairan pinjaman
  • Biaya Appraisal : Biaya Appraisal dibebankan 1x diawal ketika pencairan pinjaman
  • Biaya Notaris : Biaya Notaris dibebankan 1x diawal pada ketika pencairan pinjaman
  • Biaya APHT : Biaya Notaris dibebankan 1x diawal pada saat pencairan pinjaman

Suku bunga yang ditawarkan

Berikut ini suku bunga yang ditawarkan dari kredit KPR BTN, Yaitu suku bunga efektif, suku bunga tetap, suku bunga variabel. Untuk suku bunga tetap 3 tahun besaranya 8,00%0,00%. Dan suku bunga tetap 5 besaranya 9,00%0,00%

Nah itulah informasi tentang simulasi kredit BTN dalam hal ini adalah kredit KPR. Dengan mengetahui simulasi ini anda sudah bisa mengkalkulasi semua biaya yang dibutuhkan untuk memiliki rumah secara kredit sehingga anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan finansial anda. Semoga informasi ini bermanfaat.