Ingin Kredit HP? Kamu Harus Cek Simulasi Kredit HP
Ingin Kredit HP? Kamu Harus Cek Simulasi Kredit HP

Ingin Kredit HP? Kamu Harus Cek Simulasi Kredit HP

Mietha Fanza
7 months ago Last Updated 7 months ago

Dewasa ini melakukan cicilan bukan hanya berlaku pada kendaraan bermotor atau mobil saja. Melainkan, ponsel yang menjadi bagian utama untuk berkomunikasi jarak jauh pun digunakan. Terlebih saat kita tahu bahwa sekarang apa-apa serba online.

Maka jadilah melonjak perminatan akan ponsel. Nah! Bagi kebanyakan orang yang belum memiliki cukup uang untuk membeli hp, biasanya memilih jalan pintas dengan cara kredit. Mengenai kredit hp, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terutama tentang simulasi kredit hp, kelebihan dan kekurangan melakukan kredit hp!

Keunggulan Kredit HP

Simulasi kredit hp memang menggiurkan. Bayangkan saja! Hanya dengan dana yang sedikit, kita sudah bisa membawa pulang telpon genggam. Apa lagi kalau sedang butuh-butuhnya. Rasanya harga ponsel kredit tuh murah, ya!

Nah! Buat kamu yang yang mau ambil hp cicilan kira-kira udah tau belum apa keunggulannya? Dari pada penasaran, simak saja artikel berikut ini! Tapi, sebelum itu pastikan kamu memutuskan hal yang tepat, ya!

Harga Lebih Murah

Sebelum benar-benar mengambil langkah untuk sebuah cicilan hp, kira-kira kamu udah tau belum kalau cicilan hp tuh lebih murah. Benar! Hanya dengan membayar uang muka di awal, kamu bisa membawa pulang ponsel idaman.

Apa lagi mengingat sekarang zamannya sudah serba digital. Tidak dapat dipungkiri ditemui banyak sekali dealer hp. Dengan harga yang super miring, mereka berusaha menarik hati para calon pembelinya.

Belum lagi dengan tawaran bunganya yang rendah. Coba bayangkan! Siapa yang tidak tergiur, bukan? Terkadang hal seperti ini dijadikan jalan pintas oleh mereka yang butuh hp dalam waktu cepat. Tanpa pikir panjang, mumpung lagi murah ya, kan?

Keuangan Tetap Stabil

Mengapa kondisi keuangan tetap stabil? Tentu saja! Bagaimana tidak? Kamu akan membeli ponsel dengan harga super miring, kualitas baru dan terjamin! Apalagi kalau pakainya aplikasi online. Jelas saja kondisi keuanganmu tidak berpengaruh banyak dengan cara ini.

Akan beda cerita jika kamu membeli ponsel secara offline di gerai terdekat. Jelas saja harus membayar secara tunai seharga ponsel tersebut. Pada akhirnya beberapa kebutuhan pun ikut terkuras karena uang yang digunakan untuk beli ponsel tersebut.

Kemudahan Bersyarat

Membeli ponsel dengan cara yang satu ini memang terbilang mudah. Karena tinggal oencet-oencet saja, kamu sudah bisa dikatakan membeli sebuah ponsel. Namun, bukan berarti kemudahan tersebut tanpa syarat.

Sebagai awak perusahaan yang menyediakan kredit angsuran, kamu diharapkan melengkapi beberapa persyaratan data diri sebagai bukti bahwa kamu bukan penipu. Seperti halnya persyaratan berupa batasan umur dan sejumlah dokumen lainnya dijamin tidak ribet, deh!

Bahkan saking ingin menarik banyak jumlah kreditur, terkadang ada saja pihak penyedia jasa kredit tanpa syarat tanpa DP. Hanya bermodalkan tekad saja, kamu sudah bisa membawa pulang ponsel idaman.

Prosesnya Cepat

Membeli ponsel dengan cara yang satu ini terbilang cepat, mudah dan murah. Bayangkan saja! Sekarang, apanya yang kurang? Kamu hanya duduk di rumah, pencet hape sana dan sini, kemudian memilih jenis ponsel yang diinginkan.

Biasanya kalau dengan cara seperti ini menggunakan metode scan dokumen sebagai bukti kelengkapan data diri. Tentunya kami tinggal mengarahkan kamera ke dokumen yang akan discan saja. Memastikan tampilannya sudah jelas, kamu bisa langsung setor.

Kekurangan Kredit HP

Kekurangan Kredit HP
Kekurangan Kredit HP

Terlepas dari mengajukan kredit ponsel dengan cara yang praktis, mudah bahkan murah, tidak dapat dipungkiri ada sisi gelap di balik itu semua. Benar! Sisi kekurangan juga harus menjadi pertimbangan berat bagi Anda untuk memutuskan akan benar-benar kredit atau tidak.

Tanpa Limit Kredit

Perlu kamu ketahui, salah satu kekurangan dari kredit online ini tidak lain adalah ketiadaan limit kredit. Setelah memperhatikan ragam keunggulan yang telah disebutkan, mungkin kamu akan tergiur dengan pemesanan ponsel yang murah.

Namun, siapa sangka yang semula tidak ingin berhutang, kamu malah terjerat hutang. Bagaimana bisa? Biasanya leebualn akan datang penarik biaya ponsel kamu yang belum lunas dan sudah terlanjur di pesan.

Kalau kamu tidak menyadari sistem seperti ini sejak awal, bisa menggunung tuh cicilan. Oleh karenanya, sangat baik diperhatikan sebelum benar-benar memutuskan akan kredit, kamu harus teliti mengenai sistemnya.

Batasan Uang Muka

Kalau dipikir-pikir dari pada membeli ponsel secara kredit lebih baik membelinya secara cash. Mengapa? Jadi begini, yang namanya kredit pasti ada uang muka. Meski beberapa perusahaan menerapkan aturan ketiadaan uang muka, beberapa pasti juga ada.

Nah! Penerapan uang muka ini sering kali dijadikan sebagai ajang yang menggiurkan bagi calon kreditur. Terlebih jika kamu ingin membeli ponsel semisal harga 5 juta. Harga ponsel tersebut terbilang mahal kalau cash, tapi jadi murah kala kredit.

Soalnya kamu emang bayar uang muka di awal. Tidak tanggung-tanggung, bayar uang muka di awal sering kali hanya memakai presentasi 10%-20% saja. Tapi, kalau harga ponselnya saja RP 5.000.000, bukannya DP RP 500.000 itu terbilang lumayan mahal?

Bunganya Tinggi

Tanpa kamu sadari, pesanan ponsel secara kredit ini memang menyedot bunga yang cukup tinggi. Mungkin kamu tidak sadar akan hal ini. Tapi, sebenarnya bunganya memang tinggi, lho! Tidak percaya?

Jadi, begini. Misalkan kamu memesan ponsel harga RP 2.000.000 bisa saja saat membayar ponselnya lebih dari 2 juta itu. Bisa sampai RP 2.500.000 atau bahkan sampai RP 3.000.000. Besarnya uang segitu tidak kamu sadari karena di awal cukup tergiur dengan segala keunggulan.

Terlebih mengingat tanpa adanya risiko. Pastinya hal ini akan sangat menggiurkan sekali, bukan? Nah! Oleh karenanya kami menghimbau kamu supaya benar-benar matang dalam berpikir supaya tidak terjebak angsuran yang totalnya kian membludak.

Simulasi Kredit HP Baru

Misalkan kamu memang mau benar mengambil kredit ponsel, coba deh perhatikan beberapa Simulasi kredit hp berikut! Salah satunya adalah simulasi kredit ponsel. Dengan membaca simulasi kredit ponsel kau jadi tahu berapa besar cicilan yang harus dibayarkan selama sebulan.

Misalkan kamu mau pesan ponsel dengan harga RP 3.000.000 dengan tenggat waktu 3 bulan. Mendapat presentase bunga 2,95%, kamu bisa membayar total sejumlah RP Rp2.140.720 dan cicilan perbulannya? Tentu saja RP 713.000.

Namun, akan beda cicilan pembayaran perbulan lagi kalau misalkan kamu memang mengambil tenor 6 bulan. Cicilan akan berubah menjadi RP 375.000an dan total yang harus dibayarkan senilai Rp2.250.420.

Begitu pun dengan tenor 12 bulan. Kamu akan lebih kecil di tunai bulanannya, namun akan lebih besar di biaya totalnya. Misalkan kaku menyicil sebulan RP 206.000an, maka total yang akan dihasilkan senilai Rp2.480.450.

Bagaimana? Sudah paham tentang Simulasi kredit hp? Nah! Perlu kamu ketahui, simulasi kredit ponsel ini setiap tempat online beda-beda, lho! Tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut. Namun, yang jelas terkait gambaran sisi keunggulan dan kelemahannya sudah ada.

Jadi, menimbang artikel yang satu ini, apakah kamu sudah yakin? Akan memutuskan untuk kredit atau membeli secara cash saja? Pastinya kalau kredit jatuhnya akan lebih besar, ya! Sedangkan biaya cash hanya besar di awal saja.