Simulasi Kredit KPR dan Contoh Perhitungannya
Simulasi Kredit KPR dan Contoh Perhitungannya

Simulasi Kredit KPR dan Contoh Perhitungannya

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

Punya rumah adalah impian semua orang. Utamanya keluarga muda yang bercita cita ingin hidup mandiri. Dengan punya rumah Anda bisa bangun keluarga kecil secara mandiri. Namun faktanya, harga rumah sekarang cukup mahal. Bahkan untuk ukuran yang lebih kecil.

Namun bukan berarti tidak bisa memilikinya. Jika tidak bisa dengan membelinya secara cash. Anda bisa membelinya secara kredit atau angsuran. Namun sebelum kredit pemilikan rumah (KPR). Sebaiknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda sebelum memutuskan membeli atau memiliki rumah impian anda.

Tips Sebelum Beli Rumah

1. Pertimbangkan matang matang. Sesuaikan penghasilan atau gaji Anda. Jika memutuskan membeli cash apakah Anda punya uang yang cukup untuk membelinya.

2. Jika memilih beli kredit rumah. Sesuaikan penghasilan Anda dengan beban angsuran yang nantinya harus Anda bayarkan setiap bulan. Jika dirasa cukup, Anda bisa membelinya. Jika Anda memang ingin kredit rumah Anda bisa pelajari simulasi kredit KPR berikut ini.

Simulasi Kredit KPR

Simulasi Kredit KPR
Simulasi Kredit KPR

Berikut ini beberapa contoh simulasi kredit KPR yang bisa dijadikan referensi anda sebelum putuskan membeli rumah dengan cara kredit. Untuk diketahui, simulasi ini hanya contoh dan bisa saja berbeda dengan kondisi harga di lapangan meski simulasi ini diambil dari simulasi KPR beberapa lembaga pembiayaan. Untuk mengetahui biaya kredit rumah Anda bisa mencari informasi tambahan lainya ke pihak pemberi kredit rumah

Contoh Simulasi KPR

Contoh Simulasi KPR
Contoh Simulasi KPR

Berikut ini saya beri contoh Simulasi KPR untuk harga rumah Rp. 500.000.000 dan harga Rp.250.000.000. Simak selengkapnya penjelasanya berikut ini.

1. Simulasi kredit KPR Harga Rp.500 juta

Contoh simulasi kredit KPR pertama dalam daftar artikel ini adalah simulasi kredit KPR dengan total harga rumah Rp. 500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah). Rumah ini akan diangsur selama 120bulan/10 tahun. Maka uang muka yang dibayarkan adalah sebesar Rp.20% dari total harga rumah. Sedangkan estimasi cicilan perbulanya adalah sekitar Rp. 4000.000 ( Empat Juta Rupiah). Untuk bunga pinjaman ya sebesar 14.6% pertahun dan perbulanya 1.22%.

Biaya Lain Lain

Selain biaya pokok dan utama. Kredit KPR juga biasanya ada biaya biaya Lain yang perlu disiapkan. Seperti misalnya biaya provisi sebesar 1.5 % perplafon. Biaya

Appraisal sebesar Rp. 500.000. Dan juga ada biaya administrasi sebesar Rp.450.000.

Selain itu ada juga biaya notaris sekitar Rp. 1.200.000 dan bata asuransi Rp.75.0000 serta biaya pajak NJOPTKP/NPTKP sebesar Rp. 60000000.

Informasi tambahan :

Nilai yang tak terkena pajak tiap daerah bisa berbeda beda seiring waktu. Misalnya saja di DKI Jakarta Rp.60 juta. Sedangkan di Tangerang dan Bekasi Rp.30juta dan di Depok Rp. 20 juta. setiap perusahaan finance atau bank penyedia kredit KPR bisa saja punya kebijakan berbeda beda.

2. Contoh Simulasi kredit KPR Harga Rp 250 juta rupiah.

Contoh simulasi kredit KPR kedua dalam daftar artikel ini adalah simulasi kredit KPR rumah harga Rp.250.000.000 (Dua ratus Lima Puluh Juta Rupiah). Rumah ini akan dicicil selama jangka waktu 30 tahun dengan cicilan perbulan mulai dari Rp.2.193.929 Dengan suku bunga Efektif 1 sampai 10 persen. Sehingga total pinjaman menjadi Rp. 789.814.440.

Selain biaya pokok sediakan juga biaya lainya seperti untuk biaya provisi, biaya pajak, biaya administrasi, biaya notaris dan biaya lainya. Sebagai informasi simulasi diatasi hanya contoh dan perkiraan saja. Sehingga agar lebih jelasnya anda bisa mengecek langsung ke penyedia kredit KPR.

Istilah Dalam Kalkulator Kredit KPR

Istilah dalam Kalkulator KPR
Istilah dalam Kalkulator KPR

1. Apa itu kalkulator KPR? (kredit pemilikan rumah)

Kalkulator KPR merupakan sarana yang bisa berikan perkiraan besaran cicilan KPR Yang bakal dibayarkan setiap bulan dan juga total pinjaman setelah perhitungkan tingkat bunga. Kalkulator KPR sangat bermanfaat bagi yang ingin ajukan kredit rumah. Dengan kalkulator KPR Anda bisa tahu apakah pendapatan Anda cukup untuk bayar cicilan rumah tiap bulannya.

Kalkulator kredit KPR biasanya bisa untuk proyeksikan besarnya cicilan tiap bulan dan waktu yang diperlukan peminjam untuk lunasi pinjaman itu. Jika Anda tahu besarnya cicilan total pinjaman yang Anda perlukan. Setidaknya memudahkan Anda ajukan pinjaman sesuai kemampuan.

2. Apa itu Jumlah Pinjaman dalam Istilah kalkulator KPR?

Jumlah Pinjaman : Adalah besarnya pinjaman yang akan Anda ajukan.

Tenor : Adalah jangka waktu pinjaman. Jika Anda ajukan pinjaman baru. Maka tenor yang dipakai merupaoan jangka waktu sejak pinjaman diajukan. Sampai jangka Waktu pembayaran. Jika sudah ajukan pinjaman dan sedang diproses pembayarab cicilan. Maka tenor yang dipakai merupaoan sisa periode yang sekarang Anda punya sampai jangka waktu pembayaran.

Suku Bunga : Adalah presentase yang tunjukkan jumlah uang yang dibebankan pemberi pinjaman ke peminjam. Suku bunga biasanya dinotasikan merupakan

Suku bunga tahunan. Tingkat suku bunga memiliki rumus total dari jumlah bunga yang dibebankan : total jumlah pokok pinjaman.

Estimasi Cicilan per Bulan : adalah prakiraan cicilan yang wajib dibayarkan tiap bulan. Termasuk modal pinjaman dan bunganya.

Estimasi Total Pinjaman : adalah total dari jumlah yang telah dibayarkan selama periode pembayaran angsuran yang didalamnya meliputi total bunga dan modal awal pinjaman.

Suku Bunga Flat : Adalah suku bunga tetap pada pinjaman. suku bunga flat dihitung dengan kalikan jumlah pinjaman dengan jangka waktu dan bunga.

Platform Kredit KPR

Kini ada banyak platform yang sediakan layanan kredit KPR bunga rendah. Salah satunya adalah platform CekAja. Platform ini sediakan informasi lengkap mengenai pengajuan KPR untuk puluhan Bank ternama di tanah air.

CekAja.com meruapakan Financial Marketplaces dari PT Puncak Finansial Utama bagian dari Grup Inovasi Keuangan Digital (“GIKD”). CekAja.com terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) bernomor S-77/MS.72/2019. Cekaja.com juga diawasi Bank Indonesia serta Asosiasi FinTech Indonesia (“AFTECH”).

Untuk produk asuransi cekaja.com didukung PT Barron Pandu Abadi (dengan nomor Izin Usaha No. KEP-135/D.05/2014), perusahaan broker asuransi resmi bekerjasama secara eksklusif dengan CekAja.com.Cekskor adalah layanan kredit scoring milik CekAja.com.

Selain cekaja.com. sebenarnya masih banyak lagi aplikasi sejenis untuk kalkulator rumah KPR dan banyak juga platform penyedia kredit KPR yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat.