Syarat, Ketentuan, Simulasi Kredit Mobil BNI Syariah Terbaru 2021
Syarat, Ketentuan, Simulasi Kredit Mobil BNI Syariah Terbaru 2021

Syarat, Ketentuan, Simulasi Kredit Mobil BNI Syariah Terbaru 2021

Mietha Fanza
5 months ago Last Updated 5 months ago

Apakah kamu sedang mecari referensi tentang Syarat, Ketentuan, Simulasi Kredit Mobil BNI Syariah Terbaru 2021 maka kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Sudah bukan hal yang asing lagi saat setiap bank memiliki fasilitas untuk memuaskan para nasabahnya. Ada kemungkinan nasabah ingin melakukan kredit kendaraan? Maka dengan mengajukan kredit kendaraan adalah langkah yang tepat.

Kamu ingin melakukan kredit namun dengan suku bunga yang lebih kecil? Cara yang satu ini memang wajib untuk dicoba! Dengan memperhatikan simulasi kredit mobil yang ada di bank syariah, kaku jadi lebih tahu berapa dana yang harus dibayarkan dalam waktu tertentu.

Pengertian BNI Syariah

BNI Syariah 2021
BNI Syariah 2021

Nama BNI Syariah memang bukan lagi hal yang asing. Terutama bagi pengguna bank-bank yang islami, kamu pasti lebih condong ke bank syariah seperti ini, bukan? Lantas, apa itu bank BNI Syariah? Sebelum mengaju pada pembahasan mendalam, agaknya kenalan dulu diperlukan.

Jadi, perihal BNI Syariah adalah salah satu lembaga perbankan yang ada di Indonesia. Dahulunya bukan bernama BNI Syariah, melainkan Unit Usaha Syariah Bank Negara Indonesia. Namun, sejak tahun 2010 namanya diganti menjadi PT Bank BNI Syariah.

Terkait bahasan kita yang seputar ambil kredit di bank BNI Syariah, pastinya harus mengenal dari awal sampai akhir seputar kredit itu sendiri, bukan? Nah! Untuk bahasan pertama, kami akan menyinggung perihal pembiayaan.

Jadi untuk skema pembiayaan kredit di bank BNI Syariah itu menggunakan metode murabahah. Apakah kamu tahu, apa itu murabahah? Murabahah biasa disebut juga dengan skema jual beli dengan akade konsumtif.

Dari situ sebenarnya kita tahu, bahwa akademi merupakan bagian dari akad yang sangat penting serta paling banyak digunakan untuk pembiayaan hal-hal.tertentu, yang mencakup bukan kendaraan bermotor saja.

Apa Keunggulan BNI Syariah?

Saat akan mengajukan kredit di bank yang satu ini, seorang calon debitur tidak heran akan mencari apa keunggulan bank tersebut. Mencari keunggulan dari bank memang hal yang sangat perlu dilakukan demi mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Nah! Keunggulannya sebenarnya banyak sekali. Kalau dibandingkan dengan bank-bank pada umumnya, BNI Syariah masuk kategori unggul. Terlebih dengan memperhatikan konsep syariah, bisa dipastikan tidak ditemui pada bank-bank umumnya.

So, apa saja kelebihan BNI Syariah? Pertama, sudah pasti penggunaan konsepnya diambil secara syariah, kemudian jangka pelunasan sampai 5 tahun dengan pembayaran debit otomatis dari rekening. Di samping itu, prosesnya juga cepat dan terbilang mudah.

Syarat dan Ketentuan

Jika Anda ingin mengajukan kredit di BNI Syariah, seperti bank-bank pada umumnya jelas saja ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat dan ketentuan ini sangat memengaruhi berhasil atau tidaknya kamu dalam pengajuan sebuah kredit.

Ada pun syarat utama yang harus ada adalah bahwa kamu benar-benar seorang Warga Negara Indonesia,dengan usia minimal 21 tahun serta sudah memiliki penghasilan tetap. Selain itu, pastikan kamu sudah mengisi sejumlah formulir dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Di antara kelengkapan dokumen yang harus kamu penuhi salah satunya adalah memiliki SIM A. Benar! Salah satu bentuk kepatuhan terhadap aturan, pengemudi kendaraan roda 4 memang harus memiliki SIM A.

Selain itu, jangan lupa untuk mengajukan kredit dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk, fotokopi rekening minimal 3 bulan terakhir, dan yang pasti kamu juga harus melampirkan surat keterangan usaha jika memiliki usaha.

Macam Kredit Mobil BNI Syariah

Macam Kredit Mobil BNI Syariah
Macam Kredit Mobil BNI Syariah

Guna memuaskan para debiturnya, BNI Syariah memiliki beberapa pilihan terkait pengajuan dana syariah. Pilihan-pilihan yang disediakan bisa kamu oikih sesuai minat dan kesanggupan. Penasaran apa saja pilihannya? Berikut daftarnya!

Bank Mandiri Syariah Kendaraan Bermotor

Dalam BNI, ada yang namanya BSM Pembiayaan Kendaraan Bermotor. Pilihan kredit yang satu ini siap memberikan angsuran kredit yang terbilang ringan dan didukung lebih dari 3000 dealer di Indonesia.

Pilihan kredit yang satu ini sangat cocok buat kamu yang mau ambil mobil baru. Dengan angsuran maksimal berjangka 5 tahun, pastinya metode yang satu ini tidak akan memberatkan mu!

Tentunya untuk bisa ambil kredit yang satu ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti halnya, kamu berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Selain itu, pastikan pula kalau kamu sudah bekerja.

Ada pun kelengkapan berkas yang harus diberikan berupa fotokopi identitas diri, yakni fotokopi KTP atau SIM, fotokopi kartu keluarga dan surat dari tempat kerja yang sudah ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.

Tidak lupa pula untuk melengkapi surat keterangan hasil usaha, melampirkan keterangan kendaraan yang akan dibeli, serta beberapa dokumen khusus yang harus dilampirkan jika kamu sudah menikah. Dokumen khusus itu berupa surat keterangan menikah dan persetujuan.

Oto IBI Khasanah

Tidak cocok dengan pilihan pertama? Kami masih ada pilihan lainnya! Kalau opsi yang satu ini cocok banget buat kaku yang cari-cari sisi unggul dari bank yang dikreditkan. Dengan menggunakan Oto IBI Khasanah, kamu berpeluang mendapatkan pembiayaan mulai dari RP 5.000.000 - RP 1.000.000.000. Kelengkapan berkas dan persyaratan yang haru dipenuhi?

Kamu hanya perlu memastikan diri benar-benar Warga Negara Indonesia dengan dibuktikan Kartu Tanda Penduduk, memiliki penghasilan dari kerja minimal 2 tahun, serta mengisi formulir yang sudah disediakan.

Mobilima

Selain menggunakan kedua pilihan di atas, ada pilihan lainnya berupa Mobilima. Pilihan yang satu ini sebenarnya suatu perusahaan fintech berbasis syariah yang memanfaatkan penjualan dengan metode Syariah.

Ada pun konsep yang diterapkan Mobilima ini berupa pembelian mobil kepada dealer, lantas mereka menjual kembali pada calon kreditur dengan menerapkan konsep cicilan. Tentu saja dengan menggunakan konsep syariah, buat kamu yang tertarik ada beberapa persyaratannya!

Pertama, jika kamu seorang karyawan maka lengkapi berkas-berkas seperti halnya, fotokopi KTP diri beserta suami atau istri, fotokopi KK, fotokopi rekening minimal transaksi 3 bulan, slip gaji yang disertai tanda tangan, serta surat kepemilikan rumah.

Kedua, jika kamu adalah pelaku usaha, maka kelengkapan yang harus dipenuhi pun tidak berbeda jauh dari syarat sebagai seorang karyawan. Namun, misalkan kamu seorang badan usaha cukup penuhi kelengkapan fotokopi KTP, penghasilan usaha dan rekening 3 bulan.

Itulah beberapa pilihan yang harus kamu pilih untuk mengajukan kredit mobil. Pilihan lainnya berupa KKB BRI Syariah IB, BCA Syariah KKB IB, dan BPRS Al Salaam kredit mobil syariah. Beberapa pilihan tersebut juga memiliki kelengkapan berkas yang hampir serupa.

Simulasi Kredit Mobil BNI Syariah

Simulasi Kredit Mobil BNI Syariah
Simulasi Kredit Mobil BNI Syariah

Kalau kamu mau mengajukan kredit mobil di Bank BNI Syariah, maka harus memenuhi beberapa kelengkapan berkas. Namun, ada hal penting lainnya selain melengkapi berkas. Tidak lain adalah memahami bahwa simulasi itu sangat penting.

Sebagai contoh, misalkan kamu ingin mengajukan kredit mobil di OTO iB Khasanah. Memanfaatkan jangka waktu selama 15 tahun, maka berapa dana yang harus dikeluarkan sebagai DP?

Kalau kamu dapat harga RP 100.000.000, maka uang mukanya harus dari 1/4 harga aslinya. Sementara itu, nilai pembiayaan bank 3/4 dari harga asli, berarti jika kamu mengambil jangka waktu 1 tahun, perbulan harus melunasi RP 6.735.000an. So, tertarik berkredit di sini?