Tips dan Simulasi Kredit Mobil Bekas
Tips dan Simulasi Kredit Mobil Bekas

Tips dan Simulasi Kredit Mobil Bekas

Mietha Fanza
5 months ago Last Updated 5 months ago

Artikel ini akan membahas tentang tips dan simulasi kredit mobil bekas. Penting mengetahui simulasi kredit sebelum memutuskan untuk beli mobil bekas. Dengan mengetahui simulasinya, anda bisa mengetahui komponen biaya dan cara menghitungnya. Simak selengkapnya berikut ini.

Simulasi Kredit Mobil Bekas

Kredit Mobil Bekas
Kredit Mobil Bekas

Banyak orang ingin punya mobil karena alat transportasi satu ini punya banyak kelebihan. Mulai dari kenyamanan saat dikendarai, lebih aman, dan kepemilikan mobil bisa jadi penanda status sosial tertentu.

Tapi mengingat harga mobil tak bisa dikatakan murah. Maka banyak yang menunda keinginan memilikinya. Mereka menabung sampai bisa membelinya. Tapi tidak sedikit juga yang

bujetnya terbatas tapi tetap ingin membeli mobil idamanya. Caranya dengan kredit dan mengsur tiap bulan sampai batas waktu tertentu.

Tak perlu uang cash. Hanya perlu dana sekitar 25 persen dari total harga mobil, anda sudah bisa bawa pulang mobil idaman dengan sistem kredit.

Tips Kredit Mobil Bekas

Tips Kredit Mobil Bekas
Tips Kredit Mobil Bekas

Nah jika memang tertarik ingin kredit mobil, pertimbangkan dulu sebaik baiknya jangan buru buru. Berikut ini beberapa tips kredit mobil :

1. Tips Pertama kredit mobil bekas, Pertimbangkan Lebih dulu Sebelum Kredit Mobil

Tips pertama, pertimbangkan lebih dulu sebelum anda memutuskan untuk kredit mobil. Mengingat harganya tidak murah maka pertimbangan yang matang perlu dilakukan, jangan buru buru.

Pertimbangkan. Apakah begitu penting memiliki mobil sekarang atau bisa ditunda?Apakah penghasilan saya cukup untuk mengangsur setiap bulan dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga?

Jika memang sangat penting dan menjadi kebutuhan utama. Maka tidak ada salahnya anda membeli mobil. Dan apalagi jika gaji atau penghasilan anda cukup untuk mengangsur mobil tiap bulan.

2. Tips Kedua kredit mobil bekas, Pertimbangkan Jenis Mobil

Jika bujet pas pasan. Dan tidak ingin mengangsur dengan angsuran besar maka anda sebaiknya beli mobil murah saja atau mobil bekas yang kualitasnya masih bagus. Anda bisa cek kondisi sebelum beli mobil bekas.

3. Tips ketiga kredit mobil bekas, Bayar DP Lebih Besar

Jika memungkinkan. Bayar DP lebih besar sehingga angsuran lebih kecil.san ringan..Biasanya minimal DP kredit mobil adalah 25 persen. Anda bisa tambah lagi DP lebih besar dari 25 persen.

4. Tips keempat kredit mobil bekas, Pilih Tenor Tepat

Tips keempat untuk kredit mobil adalah memilih tenor atau jangka waktu yang tepat. Biasanya jangka waktu kredit termasuk kredit mobil dari 12 bulan hingga 5 tahun. Makin lama jangka waktunya cicilan makin ringan tapi waktunya lama dan menambah suku bunga. Sedangkan kredit mobil dalam jangka waktu pendek misal 24 bulan atau 12 bulan. Cicilan tiap bulanya besar tapi cepat lunas. Dengan beberapa tenor yang tersedia silakan pilih sesuai kebutuhan anda.

5. Tips Kelima memilih tempat kredit mobil yang Tepat

Tips kredit mobil lainya adalah anda sebaiknya memilih salah satu layanan penyedia jasa kredit mobil baik lembaga keuangan perbankan maupun lembaga keuangan non bank. Setiap penyedia jasa layanan kredit mobil tentunya punya kebijakan sendiri sendiri. Maka pilihlah yang menurut anda paling nyaman berikan layanan. Baik profesionalitas, aturan aturan, dan lain sebagainya termasuk kemudahan dan keringanan angsuran. Pastikan bahwa layanan pemberi kredit mobil ini legal dan benar benar membantu anda mendapatkan mobil dambaan anda dengan cara mengangsur.

Simulasi Perhitungan Kredit Mobil Bekas

Simulasi Perhitungan Kredit Mobil Bekas
Simulasi Perhitungan Kredit Mobil Bekas

Setelah sekilas membahas beberapa hal terkait kredit mobil bekas. Berikut ini akan dijelaskan contoh simulasi kredir mobil bekas yang mungkin perlu anda ketahui sebelum memutuskan membeli mobil bekas dengan mengangsur.

Pernahkah anda membaca simulasi kredit mobil bekas? Jika pernah. Dalam simulasi biasanya anda diminta mengisi beberapa hal seperti jumlah uang muka, tenor kredit dan harga mobil OTR terbaru.

Lau pertanyaanya adalag. Bagaimana sebenarnya caranya bank atau perudahaan leasing lakukan perhitungan bunga dan cicilan kredit mobil bekas? Berikut ini simulasinya

Dalam simulasi kredit mobil bekas. Pihak bank atau perusahaan leasing biasanya gunakan 3 komponen biaya yang harus dihitung dalam kredit mobil bekas. Biaya itu seperti misalnya biaya cicilan pokok dan suku bunga, biata asuransi dan biaya administrasi. simak selengkapnya simulasinya berikut ini

Biaya Uang Muka (Down Payment) sebesar minimal 20% atau 25 persen dari harga mobil.

Cara menghutung simulasi kredit dari selesih uang muka dengan harga mobil :

Contoh

  • Harga Mobil = Rp 200 juta dan Uang Muka (DP) = 20% x Rp 200 juta = Rp 40 juta
  • Plafon Kredit= Rp 160 juta

Yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut

  • Bunga Kredit misalnya 8 persen per tahun
  • Tenor Kredit selama 36 bulan atau 3 tahun

maka

  • Angsuran Bulanan = Plafon Kredit ditambah dengan Bunga yang wajib Dibayar lalu dibagai dengan Tenor
  • Angsuran Bulanan = (Rp 160 juta + Rp 38 juta 400 ribua / 36 = Rp 5.511.200

Jika diketahui

  • Premi Asuransi = 9,5% per tahun
  • Biaya Administrasi = Rp 550 ribu

Maka

  • Premi Asuransi = 9,5% x Rp 200 juta = Rp 19 juta

Total uang yang wajib disiapkan untuk pembayaran pertama kredit mobil ke bank atau perusahaan leasing yaitu:

Uang Muka + Angsuran Bulan Pertama + Premi Asuransi + Biaya Administrasi (40 juta + 5.511.200 + 19 juta + 550 ribu = Rp 65.061.200)

Nah itulah contoh simulasi kredit mobil bekas yang bisa anda.ketahui. Bagaimana, apakah tertarik kredit mobil? Menguntungkankah kredit mobil bekas?Mari lanjutkan hitunganya

  • Tahun 1 = 65.061.200 + 11 x 5.511.200 = Rp 125.684.400
  • Tahun 2 = 12 x 5.511.200 + (9,5% x 0,9 x Rp 200 juta ) = Rp 83.234.400
  • Tahun 3 = 12 x 5.511.200 + (9,5% x 0,9 x Rp 180 juta ) = Rp 81.524.400

*asumsi perhitungan: Setiap tahun terjadi penurunan harga mobil 10 persen. Dan apakah kredit mobil bekas menguntungkan?

Bisa jadi untung bisa jadi rugi. Hal ini tergantung nilai harga jual mobil bekas tersebut.

Kalau misalnya di alhir tahun ke 3 harga jual mobil bekas sebesar Rp 80 juta, jadu, kredit mobil bekas ini tidak menguntungkan. Tapi kalau akhir tahun ke 3 harga jual mobil bekas mencapai Rp 180 juta , itu artinya kredit mobil bekas ini menguntungkan.

Untuk diketahui, kredit mobil bekas jadi tidak untung kalau terjadi misalnya kondisi berikut. Kalau anda mencicil mobil dengan jangka waktu terlalu lama, misalnya lebih dari 3 tahun. Selain itu anda juga bisa rugi kalau kredit mobil yang pasarnya tak luas.

Nah itulah tadi informasi tentang simulasi kredit mobil bekas yang perlu diketahui sebelum anda memutuskan beli mobil bekas dengan sistem kredit. Dengan lebih dulu mengetahui simulasinya. Anda akan lebih tau berapa biaya yang harus anda keluarkan dan berbagai hal teknis tentang biaya kredit mobil bekas makin anda kuasai setelah mempelajari simulasi.