Syarat Pengajuan dan Simulasi Kredit Mobil Baru
Syarat Pengajuan dan Simulasi Kredit Mobil Baru

Syarat Pengajuan dan Simulasi Kredit Mobil Baru

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

Ingin punya mobil baru tapi belum mengetahui Simulasi Kredit Mobil? Anda bisa kredit agar beban finansial tidak terlalu tinggi. Cukup ngangsur tiap bulan cukup ringan. Ada banyak lembaga keuangan seperti leasing maupun lembaga perbankan dan non bank. Nah sebelum memutuskan kredit mobil baru silakan pelajari simulasi kreditnya berikut ini.

Apa itu kredit mobil baru?

Apa itu kredit mobil baru
Apa itu kredit mobil baru

Kredit mobil baru merupakan suatu layanan yang ditawarkan pihak bank atau lembaga pembiayaan lainya ke nasabah yang inginb beli mobil baru. Biasanya metode kredit umumnya tak hanya untuk beli mobil baru. Tapi juga diajukan nasabah yang ingin beli mobil bekas dengan cara mudah dan cepat.

Melihat makin banyaknya masyarakat yang berminat beli mobil baru. Metode kredit menjadi pilihan cukup bagus. Apalagi ditengah pandemi yang masih berjalan sampai sekarang. Dimana kita harus lebih hemat dalam pengeluaran. Maka kredit mobil bisa jadi pilihan tepat untuk yang bujetnya terbatas tapi ingin segera punya mobil baru impiannya.

Dengan kredit mobil Anda tidak harus keluarkan uang hingga ratusan juta. Cukup angsur tiap bulan yang relatif murah dan ringan. Ada banyak pilihan mobil baru yang bisa Anda bel dengan cara kredit. Seperti misalnya kredit mobil Toyota, Suzuki, Honda, mitsubishi, Nissan, Mazda, BMW, ISUZU, Wulling dan masih banyak lagi.

Apa syarat mengajukan kredit mobil baru?

Apa syarat mengajukan kredit mobil baru
Apa syarat mengajukan kredit mobil baru

Untuk bisa diterima ajukan kredit mobil baru ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi nasabah. Yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia. Batas usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (ketika kredit lunas). Punya penghasilan dan pekerjaanbtetap setiap bulan (namun bisa saja tiap daerah punya kebijakan berbeda).

Pengajuan kredit mobil baru Dokumen apa saja yang diperlukan?

Berikut ini dokumen yang harus dipenuhi untuk ajukan kredit mobil baru :

1. Fotokopi kartu identitas

2. Bukti penghasilan (kecuali wirausahawan)

3. Untuk wirausahawan melampirkan mutasi rekening tabungan selama tiga bulan terakhir

4. Untuk kalangan professional melampirkan fotokopi surat izin profesi

5. Untuk wirausahawan melampirkan Fotocopy TDP/akta pendirian perusahaan/ SIUP dan NPWP

Berapa besaran uang muka yang harus dibayarkan untuk kredit mobil baru?

Menurut Bank Indonesia. DP minimal kredit mobil baru salah 20% sampai dengan 25 % dari total harga mobil. Ada juga yang mensyaratkan DP hingga sebesar 50 %, salah satunya di situs Carmudi.

Simulasi Kredit Mobil di situs Carmudi.co.id

Simulasi Kredit di situs Carmudi.co.id
Simulasi Kredit di situs Carmudi.co.id

Situs Carmudi.co.id merupakan salah satu situs otomotif terpercaya. Melayani berbagai layanan termasuk simulasi kredit mobil baru maupun kredit mobil bekas dan layanan lainya. Carmudi telah memiliki mitra pembayaran terbesar di Indonesia yang dapat dipercaya . Simulasi pada situs Carmudi.co.id sama seperti perhitungan di mitra lainya. Namun perhitungan kredit carmudi direkomendasikan khusus untuk area Jakarta.

Untuk ajukan kredit mobil baru di carmudi mitra pembayaran bakal lakukan verifikasi dan validasi aplikasi yang diajukan. Kemudian persetujuan ini diteruskan ke mitra pembayaran carmudi.co.id.

Pada kredit mobil baru jenis suku bunga apa yang dikenakan?

Bunga Flat:

Suku bunga flat merupakabbsuku bunga paling banyak dipakai lembaga pembiayaan kredit mobil baru. Sistem menerapkan hitungan berdasarkan besaran suku bunga dengan persentase yang sama mulai awal angsuran hingga akhir masa angsuran. Maksudnya besaran cicilan tiap bulan selalu sama jumlahnya.

Bunga Tetap:

Suku bunga tetap adalah besaran bunga tetap selama kurun waktu yang sudah ditentukan. Jika tenor yang dipilih adalah jangka waktu 5 tahun maka bunga yang diterapkan bisa berbeda pada setiap tahunnya.

Bunga Mengambang:

Bunga mengambang di kredit mobil baru dipakai ketika debitur piihbmasa pelunasan panjang. besaran bunga di sistem bunga mengambang bakal disesuaikan dengan pergerakan suku bunga pasar.

Keuntungan kredit mobil baru

  • Proses mudah dan cepat
  • Suku bunga kompetitif
  • Sistem pembayaran mudah dan ringan
  • Tenor pelunasan kredit mobil baru bisa hingga 5 tahun
  • Cicilan bisa menyesuaikan dengan kemampuan nasabah kredit
  • Mobil bisa langsung digunakan meskipun belum lunas pembayaran baru mendapat jaminan asuransi

Cicilan kredit mobil baru bagaimana cara menghitungnya?

Cicilan kredit mobil baru bagaimana cara menghitungnya
Cicilan kredit mobil baru bagaimana cara menghitungnya

Berikut ini contoh simulasi kredit mobil baru

Contoh Anto kredit mobil baru harganya Rp200.000.000 tenornya dua tahun. Biasanya leasing mensyaratkan DP sebesar 25 persen dengan suku bunga 6 % pertahun.

Anto dikenai biaya administrasi Rp. 500 ribu rupiah. Dan biaya asuransi

Biaya administrasi sebesar Rp 500 ribu 5% dari harga mobil, dan biaya provisi 0,5% dari plafon kredit. Polis Asuransi dikenakan biaya Rp 50 ribu. nah Berikut besaran cicilan kredit mobil Anto :

Harga Mobil OTR: Rp 200 juta

Uang Muka/DP: Rp 50 juta (25%)<

Tenor/Jangka Waktu: 2 tahun atau 24 bulan

Bunga (flat): 0,5% per bulan atau 6% per tahun

Asuransi: Kurang dari 10 juta

Provisi: 750 ribu

Plafon pinjaman: Rp200 juta – Rp 50 juta = Rp150 juta

Administrasi: Rp 500 ribu

Polis asuransi: Rp 50 ribu

Total pembayaran pertama:

Rp 150 juta x 0,5% = Rp750 ribu

Rp 150 juta : 24 = Rp6.250.000

Total cicilan per bulan: Rp 6.250.00 + Rp 750 ribu = Rp7 juta

DP + cicilan awal +provisi + polis asuransi + administrasi +asuransi + = Rp 68.300.000

Sebelum kredit mobil baru, sebaiknya Anda hitung lebih dulu dan mensimulasi jumlah angsuran tiap bulannya pakai kalkulator sumulasi. Sehingga Anda bisa mengestimasi besarnya cicilan perbulan agar tak Bebani finansial Anda nantinya.

Bagaimana proses pengajuan kredit mobil baru?

1. Pilih Mobil

Ada beragam cara untuk pilih mobil : bisa lewat perbankan, leasing juga lewat situs carmudi.co.id. ada banyak jenis dan varian mobil baru dari berbagai merk ternama yang bisa Anda pilih seusai bujet Anda.

2. Kunjungi Dealer

Anda juga bisa kunjungi dealer mobil resmi yang Anda dambakan. Disana anda juga bisa konsultasi tentang proses administrasi kredit mobil dan konsultasi tentang pilihan mobil.

3. Mengajukan Permohonan Kredit

Ketika Anda sudah tentukan pilihan mobil Anda. Berikutnya Anda tinggal ajukan permohonan kredit mobil ke lembaga pembiayaan. Lengkapilah semua data dan dokumen Anda sebagai syarat pengajuan kredit mobil agar pihak pembiayaan segera memproses pengajuan Anda.

Kemudian setelah itu bakal diverifikasi serta disurvei proses ini sekitar butuh waktu tiga sampai lima hari kerja. Jika pengajuan disetujui Anda akan dihubungi pihak pembiayaan untui proses pembayaran DP. Setelah itu tunggu proses berikutnya sampai Anda berhasil meminang mobil baru dambaan Anda.