Tahap-Tahap dan Simulasi Kredit Pegadaian
Tahap-Tahap dan Simulasi Kredit Pegadaian

Tahap-Tahap dan Simulasi Kredit Pegadaian

Mietha Fanza
7 months ago Last Updated 7 months ago

Artikel ini membahas tentang simulasi kredit pegadaian. Namun sebelumnya diulas lebih dulu tentang pegadaian dan penjelasanya.

Definisi Pegadaian dan Usaha Pergadaian

Pegadaian
Pegadaian

Pegadaian adalah lembaga untuk aktivitas ekonomi diatur Otoritas Jasa Keuangan OJK. Mengacu pada POJK Nomor 31/POJK.05/2015. Pegadaian didefinisikan sebagai semua usaha terkait pemberian pinjaman dengan jaminan. jasa taksiran jasa titipan dan jasa lainya juga termasuk prinsip syariah.

Menjalankan usaha pegadaian biasanya ada badan usahanya yaitu perusahaan pergadaian. Baik perusahaan pergadaian swasta maupun perusahaan pergadaian pemerintah dibawah pengawasan OJK.

Definisi Gadai dan Uang Pinjaman

Gadai adalah hak yang didapatkan perusahaan pergadaian terhadap barang (bergerak) yang diserahkan oleh nasabah.

Fungsi hak ini yaitu dijadikan jaminan atas pinjaman yang diajukan nasabah.

Sedangkan uang pinjaman adalah uang uang dipinjamkan perusahaan gadai ke nasabah. Jadi sederhananya gadai dalam konteks ini bisa diartikan pinjam uang dengan menyerahkan barang sebagai jaminan berdasarkan aturan aturan yang sudah ditentukan.

Saat melakukan gadai, juga ditandai bukti berupa surat gadai. Ini sebuah bukti perjanjian pinjam meminjam uang disertai jaminan. Surat ini ditandangani nasabah dan perusahaan gadai.

Contoh Usaha Pergadaian

Berikut ini contoh usaha Gadai

  1. Pelayanan jasa titipan barang berharga
  2. Penyaluran uang pinjaman menggunakan sebuah jaminan yang berdasarkan fidusia
  3. Penyaluran uang pinjaman menggunakan jaminan berdasarkan hukum gadai
  4. Pelayanan jasa taksiran

Manfaat Gadai barang di Perusahaan Pegadaian Resmi

  1. Nasabah mendapatkan pinjaman mudah dengan jaminan barang
  2. Barang yang dijaminkan aman disimpan ditempat aman dan diasuransikan
  3. Taksiran barang yang digadai nilainya bisa maksimal. Karena taksiran dilakukan penaksir resmi bersertifikat.
  4. Uang pinjaman yang didapatkan nasabah bisa lebih maksimal
  5. Perjanjian gadai standar sesuai aturan berlaku
  6. Jika barang tak ditebus, nasabah tetap dapatkan kelebihan uang dari perusahaan pegadaian resmi
  7. Nasabah dapatkan perlindungan konsumen dari OJK
  8. Perusahaan pegadaian resmi wajib mengganti bika barang gadai nasabah hilang atau rusak dengan nilai setara. Ini berlaku untuk barang gadai seperti perhiasan. Jika bukan barang perhiasan, diganti uang.

Simulasi Kredit Pegadaian

Simulasi Kredit Pegadaian
Simulasi Kredit Pegadaian

Pegadaian adalah lembaga yang melayani pinjaman uang dengan menjaminkan barang/gadai. Sloganya terkenal, yaitu mengatasi masalah tanpa masalah. Pegadaian tawarkan solusi keuangan lebih praktis dan mudah. Berikut ini Simulasi Kredit Pegadaian :

Barang jaminan

Untuk pinjam uang di pegadaian wajib menjaminkan barang yang punya nilai gadai. Seperti kendaraan, perhiasan barang elektronik dan barang berharga lainya.

Biaya administrasi

Pinjam uang di pegadaian dikenakan biaya administrasi. Besarnya biaya admin tergantung nilai pinjaman yang disetujui oleh lembaga pegadaian. Makin besar pinjamanya makin besar juga biaya adminya. Begifu juga sebaliknya. Biaya adminya sekitar 1 persen dibayar tunai atau dikurangi dari uang pinjaman nasabah setelah cair.

Jangka waktu pinjaman

Pinjam uang dipegadaian ada jangka waktunya, maksimal 120 hari atau 4 bulanan. Setelah jatuh tempo harus membayar pinjaman plus bunganya untuk menebus barang yang digadaikan, istilahnya sewa modal.

Pelunasan

Nasabah bisa lunasi pinjamanya di pegadaian saat masa pinjaman masih berjalan boleh juga menunggu jatuh temponya. Kalau melunasi sebelum jatuh tempo lebih baik bisa perkecil bunga. Sebab bunga dihitung per 15 hari.

Kalau sudah jatuh tempo tapi belum melunasi. Nasabah wajib perpanjang masa pinjaman 120 hari kedepan namun cuma bayar bunganya saja. Agar lebih ringan nasabah bisa mencicil.

Pelelangan

Kalau barang gadai tak tertebus maka pihak perusahaan pegadaian akan melelangnya. Waktu.pelelanganya sudah diatur oleh pihak perusahaan gadai, tercantum pada SBK atau surat bukti kredit.

Tapi sebelum lelang, biasanya pihak pegadaian berikan toleransi. Akan sms ke nasabah untuk melunasi sampai batas waktu akhir. Jika tetap tak bisa maka lelang akan dilakukan. Kalau ada sisa uang dari hasil lelang barang nasabah. Akan dikembalikan ke nasabah. Tapi jika kurang nasabah harus membayar kekuranganya.

Jenis-jenis barang yang bisa digadaikan

Berikut ini barang yang bisa digadai di pegadaian :

  1. Kendaraan bermotor (motor, mobil dan lainya) untuk gadai kendaraan bermotoe wajib dengan BPKB.
  2. Perhiasan emas, emas batangan
  3. Laptop, macam macam kamera
  4. Barang berharga lainya

Tahap Tahap Menggadaiakan Barang di Pegadaian

Tahap Kredit Pegadaian
Tahap Kredit Pegadaian

Proses gadai barang tidak rumit, lebih mudah dan cepat. Anda cuma butuh waktu sebentar, 15 menitan jika tidak antre. Berikut ini langkah langkahnya.

1. Datang ke kantor pegadaian lalu isi formulir gadai barang

Silakan datang ke kantor. Karena layanan gadai langsung dilakukan dan diproses di kantor pegadaian. Silakan konsultasi ke customer service disana anda akan diminta isi formulir gadai barang. Isi formulirnya sesuai instruksi. Biasanya mengisi sata didi lengkap : nama alamat domisiki nomor KTP , tujuan gadai barang, jumlah pinjaman. Setelah selesai, jangan lupa tanda tangan.

2. Menyerahkan kartu identitas, formulir dan barang gadai

Setelah selesai mengisi formulir. selanjutnya serahkan formulir ke petugas penaksir barang gadai. Sertakan juga salinan KTO anda dan barang yang akan digadai. Lalu petugas akan mulai menaksir nilai barang gadai. Ini akan berpengaruh terhadap besarnya jumlah pinjaman yang anda dapatkan. Proses ini tidak memakan waktu lama.

Jika proses ini selesai. Selanjutnya nasabah diinformasikan tentang nilai pinjaman maksimak yang bisa didapatkan setelah menaksir nilai barang. Proses dilanjutkan untuk pembuatan bukti kredit (SBK).

3. Proses pembuatan SBK

  • Nasabah diminta menunggu selama proses pembuatan SBK. Di SBK ini berisi data berikut ini :
  • Jenis barang gadai
  • Nilai pinjaman
  • Nilai taksiran
  • Besarnya bunga
  • Jangka waktu pinjaman
  • Perjanjian kredit
  • Tanggal pelelangan barang
  • Tanggal jatuh tempo

4. Nasabah Mendapatkan pinjaman tunai

Jika selesai proses pembuatan SBK lalu petugas akan mencetaknya. Lalu nasabah ke loket kasir. Petugas akan jelaskan tentang jatuh tempo pelunasan. Setelah itu nasabah terima uangnya. Dan nasabah juga membayar administrasinya baik dibayar lunas atau dipotong dari uang pinjaman tadi. Bersama uang pinjaman yang diberikan petugas juga serahkan SBK ke nasabah.

Sebagai informasi, SBK fungsinya sangat penting. Makanya nasabah harus simpan sebaik baiknya jangan sampai hilang. SBK ini penting untuk mencicil, melunasi atau juga untuk perpamjang jangka waktu. Ttansaksi transaksi ini tak bisa dilakukan tanpa SBK. Jika hilang nasabah harus membuat laporan surat kehilangan SBK ke polisi. Nantinya bakal dipakai untuk membuat SBK baru.

Nah itulah informasi tentang pegadaian, kredit pegadaian dan Simulasi Kredit Pegadaian beserta penjelasan mengenai pegadaian lainya. Meminjam uang dipegadaian, utamanya dipegadaian resmi punya banyak keunggulan. Baik dari sisi keamanan nasabah, maupun dari sisi regulasi termasuk kemudahan saat meminjam kebijakan bunga yang tidak memberatkan. Namun perlu diingat agar bijak melakukan pinjaman. Sebaiknya gunakan uang pinjaman dengan bijak agar tidak berefek buruk. Semoga informasi ini bermanfaat.