Syarat Pinjaman, dan Tabel Simulasi Angsuran Pinjaman BRI
Syarat Pinjaman, dan Tabel Simulasi Angsuran Pinjaman BRI

Syarat Pinjaman, dan Tabel Simulasi Angsuran Pinjaman BRI

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

BRI menyediakan berbagai layanan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan dari setiap nasabahnya. Layanan pinjaman itu pun bermacam-macam.

Pinjaman Bank BRI
Pinjaman Bank BRI

Berikut akan kami berikan ulasan mengenai Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI :

Syarat Pinjaman Bank BRI

Sayrat yang harus dipenuhi apabila ingin mengajukan pinjaman di BRI sangatlah mudah. Syarat tersebut ada dua macam yaitu syarat umum dan syarat khusus.

Syarat umum diberlakukan untuk semua jenis pinjaman bank BRI, sedangkan syarat khusus hanya diberlakukan untuk sebagian jenis pinjman BRI saja.

Syarat umum pengajuan pinjaman BRI :

  • Yang pertama yaitu kita mengisi formulir pengajuan pinjaman Bank BRI
  • Apabila belum memiliki rekening tabungan BRI maka segera buka rekening BRItama.
  • Memiliki usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Nasabah mengajukan pinjaman sesuai domisili tinggal
  • Lampiran dokumen, fotokopi KTP, KK, NPWP, pas foto suami istri yang terbaru, surat keterangan gaji dan lain-lain.

Kemudian kita juga harus mengetahui syarat khusus apabila ingin mengajukan pinjaman tertentu.

Jenis Pinjaman di Bank BRI

Jenis Pinjaman di Bank BRI
Jenis Pinjaman di Bank BRI

Namun sebelumnya kita simak ulasan berikut mengenai jenis pinjaman yang ada di BRI. Tujuannya agar kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

KPR BRI

Bagi yang ingin memiliki hunian dengan berbagai jenis, misalnya rumah, ruko, apartemen dan lainnya maka bisa memilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BRI.

Pinjaman yng diberikan oelh BRI tersebut bisa untuk membeli properti baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, serta take over/take over top up yang berasal dari bank lain.

Untuk syarat yang diberikan juga cukup mudah yaitu hanya persyaratan umum saja, tidak ada persyaratan yang khusus.

KPRS BRI

Perbedaanya dengan layanan KPR BRI yaitu jika KPR BRI digunakan untuk kepemilikan hunian yang bersifat umum, sedangkan KPRS BRI dikhususkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memiliki penghasilan kurang dari Rp 4 juta.

Kredit ini juga memiliki keuntungan lain yaitu jangka waktu yang diberikan sangat panjang sampai dengan 20 tahun.

Kemudian untuk syarat dan cara mendapatkan kredit ini diantaranya pembelian rumah untuk dihuni sendiri, tidak akan dijual atau disewakan selama 5 tahun kedepan serta pembelian rumah berasal dari developer yang sudah bekerjasama dengan BRI saja.

KKB Mobil Bekas dan Baru

Jenis pinjaman berikutnya yaitu Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) untuk pemilikan mobil bekas maupun baru.

Semua jenis KKB yang ada di BRI bebas dari biaya provisi. Kemudian untuk syarat pengajuannya hanya berlaku bagi WNI yang cakap hukum.

KKB Refinancing

Apabila membutuhkan dana cepat maka kamu bisa menggunakan agunan kendaraan bermotor yang kamu miliki. Pinjaman KKB ini juga bebas dari provisi serta tidak ada syarat khusus yang harus kita penuhi.

KKB Motor Premium

Bagi yang ingin memiliki motor mewah juga tersedia pinjaman dari Bank BRI agar kita bisa memiliki motor idaman tanpa dipusingkan dengan biaya provisi.

Untuk pinjaman ini tidak ada syarat khusus yang harus dilengkapi, yang terpenting kita memiliki penghasilan sesuai dengan tagihan KKB motor ini.

Briguna Karya

Bank BRI juga memiliki Kredit Tanpa Agunan ( KTA ) yang diberi nama dengan Briguna karya. Pinjaman ini hanya diberikan bagi nasabah yang memiliki gaji tetap. Jadi sumber pembayarannya berasal dari penghasilan yang diterima setiap bulan.

Dengan pinjaman Briguna Karya ini, kita bisa menggunakannya untuk keperluan apapun. Selain itu syarat yang diajukan untuk kredit Briguna Karya juga cukup mudah.

Kita hanya perlu melengkapi data KTP, NPWP, Kartu keluarga, SK pengangkatan pertama dan terakhir, slip gaji, Fotokopi buku tabungan BRI, bagi yang sudah menikah maka menyertakan pasfoto suami istri, surat rekomendasi atasan, seta mengisi form pengajuan.

Briguna Purna

Perbedaannya dengan Briguna karya yaitu, jika briguna karya bagi karyawan tetap dan memiliki penghasilan tetap bulanan sedangkan Briguna Purna bagi yang sudah pensiun.

Karena diberikan bagi orang yang sudah pensiun maka pembayaranannya diambil dari dana pensiun yang sudah diperoleh setiap bulannya.

Dan untuk besaran kredit yang diterimanya disesuaikan dengan kemampuan membayar debitur. Bagi yang ingin mengajukan juga harus menyerahkan kartu identitas pension dan SK pensiun asli hingga angsuran kredit debitur tersebut lunas.

Briguna Umum

Briguna umum yaitu layanan pinjaman KTA BRI yang diberikan sejak nasabah menjadi pegawai aktif hingga pegawai masuk masa pensiun dengan sumber pembayara kredit dari gaji bulanan.

Apabila ingin mengajukan pinjaman ini, maka tak perlu khawatir karena syarat dan cara untuk mendapatkannya cukup mudah. Hanya melengkapi syarat umum dan SK pensiun seperti halnya untuk pengajuan Briguna Purna.

Briguna Pendidikan

Pinjaman BRiguna Pendidikan dikhususkan untuk nasabah yang memiliki keperluan melanjutkan pendidikan tingkat S2 sampai S3 dan mempunyai penghasilan atau pendapatan tetap.

KUR

Bagi pegusaha yang membutuhkan modal kerja maupun kredit investasi maka bisa memilih Kredit Usaha Mikro ( KUR ) BRI.

Kredit ini mempunyai batas maksimal sampai dengan Rp 500 juta, serta plafond sampai Rp 25 juta per debitur.

Jenis kredit ini cocok untuk kamu yang memiliki koperasi, usaha kecil atau usaha mikro yang produktif dan mendapatkan jaminan dari perusahaan penjaminnya.

Untuk persyaratan administrasinya meliputi E-KTP Asli, Kartu keluarga serta surat ijin usaha.

Kupedes

Berikutnya adalah Kupedes yang memberikan kredit umum ke badan usaha maupun perorangan untuk berbagai keperluan. Pinjaman ini memiliki keuntungan diantaranya yaitu untuk besaran bunganya yang bersaing.

Agar bisa mendapatkan kredit ini maka bisa melampirkan legalitas usaha ( minimal melampirkan surat keterangan usaha dari Desa atau pasar), KTP atau SIM. Selain iu juga sudah memiliki pengalaman usaha selama 1 tahun.

Kredit Modal Kerja

Pinjaman ini digunakan untuk dana operasional usaha mulai dari proses produksi pengadaan bahan baku, persediaan sampai piutang.

Kredit Investasi

Kredit ini diperuntukan untuk membiyai kebutuhan barang modal yang berhubungan dengan investasi dan bisanya diberikan dalam valuta rupiah.

Kredit Pangan

Kredit pangan digunakan khusus dibidang pangan yang diberikan dalam rangka mendukung kemaritiman Indonesia dan kedaulatan pangan.

Syaratnya harus melampirkan pernyataan lama usaha, berkas legalitas usaha seperti IUMK, akta pendirian, SIUP, SITU, TDP, berkas indentitas diri sebagai calon debitur dserta syarat lain-lainnya.

Resi Gudang

Diberikan untuk kelompok tani, petani, Gapoktan dan Koperasi dengan jangka waktu sampai dengan 6 tahun.

Untuk mendapatkannya juga mudah yaitu dengan mengisi formulir pengajuan pinjaman yang valid, daftar anggota petani, SIUP, dan lain-lain.

Kredit Kemitraan

Digunakan untuk membiayai modal kerja atau pembelian aktiva tetap untuk meningkatkan produksi penjualan.

Simulasi Dan Tabel Angsuran BRI

Simulasi Dan Tabel Angsuran BRI Terbaru
Simulasi Dan Tabel Angsuran BRI Terbaru

Dibawah ini adalah brosur simualsi pinjaman kredit dan bisa kita pelajari saat akan melakukan pengajuan pinjaman di bank BRI.

Jadi dengan melihat tabel ini maka kita bisa menghitung besarnya angsuran setiap bulan yang harus dibayar. Selain itu juga bisa mengetahui besarnya pinjaman serta jangka waktunya.

Hal itu akan sangat berguna agar kita bisa mengukur kemampuan serta kebutuhan keuangan kita.

Itulah tadi tentang informasi Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI terbaru yang bisa kamu jadikan acuan sebelum mengajukan kredit ke Bank BRI.