Syarat Pinjaman, Simulasi, dan Tabel Pinjaman Bank Sumut
Syarat Pinjaman, Simulasi, dan Tabel Pinjaman Bank Sumut

Syarat Pinjaman, Simulasi, dan Tabel Pinjaman Bank Sumut

Mietha Fanza
5 months ago Last Updated 5 months ago

Bagi yang berdomisili di Sumatera Utara dan berprofesi sebagai PNS maka bisa mengajukan fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Bank Sumut. Selain diperuntukkan untuk PNS juga bisa untuk pegawai secara umum.

Pinjaman Bank Sumut
Pinjaman Bank Sumut

Pinjamaan yang dimaksud dinamakan dengan kredit Multiguna. Sebelum mengajukan pinjaman tersebut, sebaiknya kita lihat terlebih dahulu tabel pinjaman Bank Sumut.

Tabel Pinjaman Bank Sumut Untuk PNS Terbaru

Tabel Pinjaman Bank Sumut Untuk PNS
Tabel Pinjaman Bank Sumut Untuk PNS

Perlu kami informasikan bahwa Kredit Multiguna pada tabel diatas menggunakan suku bunga 12,35%.

Namun suku bunga tersebut bukan merupakan suku bunga yang diberikan kepada para debitur Bank Sumut.

Pihak bank akan menaikkan suku bunganya jika dirasa pemberian kredit yang diberikan Bank Sumut kepada para debiturnya beresiko. Agar lebih pastinya mengenai suku bunga tersebut ada baiknya mengunjungi Customer Service Bank Sumut.

Tentang Kredit Multiguna

Kredit multiguna merupakan kredit yang diperuntukkan bagi para pegawai ataupun calon pegawai yang ada di instansi pemerintahan, BUMD, BUMN, dan Swasta nasional.

Dana pinjaman kredit multiguna ini bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk pendidikan, renovasi rumah, pengobatan, merintis usaha sampingan dan lain-lain.

Plafon pinjaman yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan dari debiturnya. Kemudian untuk tenor yang diberikan juga berbeda untuk setiap nasabahnya.

Berikut ini merupakan ketentuan tenor kredit multiguna Bank Sumut :

  • Bagi debitur yang pembayarannya melalui payroll Bank Sumut maka tenor pinjamannya sampai dengan 10 tahun.
  • Untuk debitur yang pembayaran gaji tidak melalui Bank SUMUT maka tenor untuk pinjamannya bisa mencapai jangka waktu 8 tahun.
  • Dan bagi para debitur calon pegawai negeri sipil serta calon pegawai lainnya maka memiliki tenor pinjaman sampai dengan 5 tahun.

Kelebihan Yang Ditawarkan Kredit Multiguna

  • Pembayaran gaji yang kita terima tidak harus menggunakan fasilitas payroll Bank Sumut. Walaupun gaji yang kita terima dibayarkan melalui bank lain, namun kita masih bisa mengajukan pinjaman ke Bank Sumut. Tapi untuk yang menggunakan fasilitas Payroll Bank Sumut bisa mendapatkan tenor pinjaman yang lebih panjang dibandingkan yang tidak menggunakan payroll.
  • Untuk suku bunga yang diberikan oleh Bank sumut sangat kompetitif. Kemudian untuk bunga yang diterapkan yaitu suku bunga flat dan anuitas.
  • Apabila ingin pengajuan maka persyaratannya tergolong mudah
  • Proses pencairannya juga termasuk cepat dan tidak lama.
  • Saat pencairan kredit, nasabah tidak dikenakan biaya administrasi dan provisi

Apabila tertarik untuk pengajuan Kredit Multiguna di Bank Sumut, maka kita perlu mengikuti beberapa prosedur yang harus dilakukan sebagai berikut.

Pertama, sebaiknya kita menyiapkan terlebih dahulu seluruh dokumen persyaratan saat akan mengajukan Kredit Multiguna. Syarat-syarat tersebut diantaranya :

  • Fotokopi permohonan kredit
  • Fotokopi KTP, SIM ataupun paspor dari pemohon
  • Fotokopi slip gaji terakhir yang sudah dilegalisir
  • Fotokopi kartu pegawai atau surat keterangan pegawai

Beberapa persyaratan diatas wajib disiapkan terlebih dahulu. Setelah itu berkas persyaratan segera dibawa ke Cabang Bank Sumut yang terdapat pada lokasi terdekat dengan kita.

Ajukan persyaratn tersebut untuk mendapatkan kredit multiguna. Selanjutnya kita tinggal mengisi formulir pengajuan.

Setelah itu, maka kredit yang kita ajukan tersebut akan diproses. Tunggulah sampai ada konfirmasi dari pihak bank mengenai persetujuan pengajuan kredit.

Ketika pinjaman kita disetujui, maka lberikutnya adalah tinggal penandatanganan akad kredit dengan pihak Bank Sumut.

Dan pinjaman yang dicarikan tidak akan mendapatkan potongan biaya admin dan provisi, akan tetapi nasabah hanya wajib membayar asuransi jiwa saja.

Beberapa Produk pinjaman yang bersal dari Bank Sumut diantaranya adalah :

  • Kredit Pensiun

Kredit ini ditujukan bagi para penerima pensiunan yang menerima manfaat pensiunannya melalui Bank Sumut.

  • Kredit Pra pensiun

Kredit pra pensiun ini adalah untuk PNS aktif otonom daerah ( Pemprov atau Pemkot ataupun untuk Pemkab se-Sumatera Utara ) yang akan masuk pada masa pensiun yang akan memiliki surat keputusan pensiun dengan sisa masa kerja aktif dengan waktu paling lama 60 bulan lagi yang dibayarkan menggunakan bank sumut ataupun tidak menggunakan bank sumut.

  • Kredit Pegawai

Kredit pegawai ini diperuntukkan bai pegawai tetap PT Bank Sumut yang sudah memenuhi persyaratan.

  • KPP Sumut sejahtera

KPP Sumut Sejahtera merupakan kredit yang diberikan kepada para pegawai / wiraswasta / profesional yang memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap.

Digunakan untuk kebutuhan pembelian properti yang dijual melalu pengembang ataupun bukan.

  • Kredit Permaisuri

Permaisuri disini merupakan singkatan dari Perempuan Mandiri dan Suri tauladan. Artinya kredit yang diberikan kepada perempuan dalam satu kelompok dengan jumalah anggota tertentu dan berasal dari keluarga yang memiliki penghasilan rendah, mempunyai usaha mikro pada sektor perindustrian, perdaganagn dan sektor industri, perdagangan, serta sektor poendukung lain yang produktif dan memiliki potensi berkembang untuk masa depan.

Kredit ini mengadopsi pola grameen bank yang menggunaan solidaritas antara anggota kelopok yang digunakan sebagai jaminan.

  • Kredit Angsuran Lainnya

Kedit ini diberikan bag para pemohon yang memiliki usaha produtif atau memilii penghasilan tetap yang bertujuan untuk membiayai keperluan yang berisfat, investasi, modal kerja dan konsumtif.

  • Kredit Usaha Rakyat
Tabel Kredit Usaha Rakyat Bank Sumut
Tabel Kredit Usaha Rakyat Bank Sumut

Kredit ini diperuntukkan bagi perseorangan, kelompok usaha atau badan usaha yang bersifat produtif serta layak hanya diberi bantuan subsidi bunga dari pemerintah.

  • KPR FLPP

Kredit ini khusus untuk kredit kepeilikan rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan rendahserta mendapat bantuan fasolitas likuidits pembayaran perumahan.

  • Kredit SPK

Kredit SPK yaitu kredit surat perinth kerja yang diberikan untuk membantu kontraktor dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD ataupun bersal dari perusahaan swasta.

  • Kredit Kebun sawit

Kredit ini jugavdiberikan khusus bagi sektor usaha perkebunan kelapa sawit baik untuk investasi maupun modal kerja perkebunan kelapa sawit.

  • Kredit Modal Kerja Transaksional Rekanan ( KMK-TR )

Seuai namanyan eredit ini diberikan untuk kontraktir atau rekanan agar bisa memenuhi modal kerja.

  • Kredit Agunan Bersahabat

Kreit ini merupakan kreidt untuk modal kerja untuk membiayai aktiva lancar

  • Kredit Agunan Deposito

Kredit yang diberikan untk nasabah dengan jaminannya berupa deposito yang dikelurkan oleh bank sumut

  • Kredit Modal Kerja KOnstruksi Perumahan Tapak - FLPP

Kredit ini diberikan sebagai modal kerja dalam rangka pembangunan rumah FLPP yangberdasarkan standar seuai dengan progran dari pemerintah Indonesia.

  • Kredit Umum

Kredit ini juga diebrikan sebagai modal usaha dengan tetap memperthtungkan perputaran usahanya.

  • Sindikasi

Kredit sindikasi merupakanfasilitas yang diberikan leh Bank Sumut yang merupakan hasil kerjasama antara du ban atau lebih untuk membaiyai proyek dalam bentuk investasi aatau modal kerja yang disepakati bersama.

  • Kredit Pemda

Sesuai dengan namanaya kredit in diberikan kepada pemerintah Daerah agar bisa menutup kekurangan arus kas pada APBD Daerah.

Denikian ulasan mengenai Tabel angsuran dari bank sumut yang penting untuk kita ketahui.