Misteri Mitos Zaman Dulu yang Dipercaya Sampai Sekarang
Mitos tersebut biasanya dibawakan secara turun-temurun. Apakah mitos tersebut benar-benar nyata? Apakah mitos tersebut dapat dijelaskan secara logika?

Sebuah mitos terkadang jika dilanggar pasti akan kena karmanya. Mitos tersebut biasanya dibawakan secara turun-temurun. Apakah mitos tersebut benar-benar nyata? Apakah mitos tersebut dapat dijelaskan secara logika? Berikut misteri mitos zaman dulu yang dipercaya sampai sekarang.

1. Tidak Boleh Foto Bertiga/Ganjil

Entah siapa yang menyebarkan mitos ini, jika foto bertiga maka yang ditengah dipastikan terkena musibah. Kamu juga tahu sendiri bahwa yang mengatur antara hidup dan mati adalah Allah SWT jadi kenapa kita harus takut. Kalau foto bertiga mah nggak masalah, tetapi kalau fotonya satu rombongan masa mau berhitung dulu.

2. Dilarang Main Petak Umpet di Malam Hari

Kamu ketika masih kanak-kanak pasti sering dimarahin ibu ketika kamu main petak umpet pada waktu malam hari, takut nanti kalau kamu diumpetin setan (mungkin setannya ingin ngebantuin kamu agar nggak ditemuin sama temanmu). 

Jika dilihat dari logika, mitos ini memang benar adanya kalau jaman dulu, karena suasana jaman dulu memang gelap banget, nggak kayak sekarang. Kalau daerah rumah kamu kontur tanahnya datar itu tidak masalah. Namun, jika kontur tanahnya berbukit, kamu lari tau-tau nyemplung ke jurang dan nggak ditemuin oleh warga sekitar, kan nggak seru. Kalau zaman sekarang sudah beda, penerangan ada dimana-mana jadi kamu nggak perlu khawatir nyemplung ke jurang.

3. Bersiul di Malam Hari

Konon kalau kamu bersiul di malam hari, nanti pada waktu tidur kamu akan terbangun sendiri karena mendengar siulan dari luar kamar dan dipastikan ulah dari setan yang terganggu dan membalas siulan kamu. 

Sebenarnya itu bukan setan yang merasa terganggu, namun itu adalah teman kamu, namun karena zaman dahulu itu gelap gulita, maka kamu tidak melihat temanmu sedang membalas siulan. Kalau tidak percaya silahkan dicoba sendiri, tetapi jika ada keganjilan penulis tidak bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

4. Memotong Kuku di Malam Hari

Orang zaman dahulu percaya kalau memotong kuku dimalam hari akan terkena sial. Ya jelas akan terkena sial, potong kuku zaman dulu itu menggunakan gunting atau pisau serta zaman dulu nggak ada penerangan yang memadai. Kalau yang kepotong kuku sih nggak masalah, tapi kalau yang kepotong sampai jari, nantinya ribet sendiri.

5. Sedekah Kalau Tidak Ikhlas Tidak Akan Dibalas

Ini merupakan mitos paling berpengaruh di Indonesia, dari masuknya Islam ke Indonesia sampai sekarang masih ada juga yang percaya. Walaupun kamu sudah bersedekah, hanya Allah yang mengetahui apakah kamu iklas atau tidak, walaupun nggak ikhlas Allah pun akan membalasnya. Seharusnya kalimat "Ngapain sedekah, kalau nggak iklash nanti jadinya sia-sia" diubah menjadi "Yang nggak ikhlas aja dibalas, apalagi yang ikhlas pasti balasannya lebih besar. "

Artikel ini di tulis oleh Ilham Rohbi kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait