Loading...

Peneliti Temukan 3 Spesies Ikan Aneh di Dasar Laut Samudra Pasifik

Aneh · 2 months ago
Peneliti Temukan 3 Spesies Ikan Aneh di Dasar Laut Samudra Pasifik

Samudra lebih misterius dari luar angkasa. Begitulah para ilmuwan menggambarkan betapa menakjubkannya laut di Planet Bumi. Betapa tidak, berbagai jenis kehidupan terus ditemukan di dalamnya. Dan para ahli meyakini, yang diketahui oleh manusia tentang samudra itu hanya segelintir saja.

Terakhir, para ilmuwan kelautan dari Universitas Newcastle menemukan tiga spesies anyar snailfish (ikan siput) di Atacama Trench, salah satu laut terdalam di Samudra Pasifik.

1. Hidup di kedalaman 21.000 kaki atau 6,4 km dari permukaan

Washington Post (11/9) melaporkan, menggunakan alat yang disebut Lander, para ilmuwan menemukan tiga ikan snailfish di kedalaman 6,4 km di lepas pantai Peru dan Cile. Membutuhkan waktu empat jam untuk menurunkan Lander hingga sampai ke dasar laut yang dingin dan gelap itu.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam video di atas, spesies snailfish yang baru tampak lebih panjang dengan kulit transparan yang tembus pandang ketika mereka memakan umpan perangkap. Ikan snailfish itu pun terlihat jauh lebih besar daripada ornganisme di sekitarnya yang tertangkap kamera.

2. Atacama pink, blue dan purple


Tiga spesies snailfish baru itu diberi nama Atacama pink, blue dan purple yang merujuk pada warna yang muncul pada tubuh ikan. Ketiga ikan karnivora itu sendiri merupakan bagian dari family Liparidae.

"Seperti yang bisa dilihat dengan jelas, ada banyak mangsa invertebrata di bawah sana, dan ikan buas adalah predator puncak," kata Thomas Linley, rekan peneliti pascadoktoral di Universitas Newcastle dan salah satu peneliti utama dalam ekspedisi tersebut.

"Mereka tampaknya cukup aktif dan terlihat sangat kenyang."

Loading...


3. Adaptasi sempurna di bawah laut 


Yang menarik dari ikan snailfish Atacama adalah, mereka tidak mempunyai sisik seperti ikan pada umumnya. Sebagi gantinya, ikan snailfish Atacama memiliki gigi dan tulang yang lebih keras. Selain itu, ikan-ikan spesies baru itu memiliki tubuh lunak sekaligus transparan. Fitur-fitur itu disesuaikan dengan kehidupan di laut dalam.

"Struktur lunak transparan (gelatin) ikan-ikan itu merupakan adaptasi sempurna guna hidup dengan tekanan ekstrim di bawah laut," kata Linley.

"Tanpa tekanan ekstrim dan suhu dingin, ikan snailfish Atacama bisa sangat rapuh dapat cepat hancur jika dengan cepat ketika dibawa ke permukaan laut."

4. Makhluk laut dalam pun terancam ulah manusia

Peneliti Temukan 3 Spesies Ikan Aneh di Dasar Laut Samudra Pasifik

Sebelumnya, tepatnya pada tahun 2017 silam, terdapat sebuah penelitian yang dipimpin oleh Alan Jamieson menemukan sejumlah organisme yang hidup di Palung Mariana (antara Indonesia dan Jepang) telah menjadi korban polusi manusia dengan terbukti menelan plastik.

Palung Mariana sendiri diketahui merupakan palung terdalam di dunia dengan kedalaman 11 km dari permukaan laut. Di tempat sinar matahari tidak dapat menembus itu, plastik telah menjadi ancaman nyata bagi makhluk laut terdalam sekalipun.


Loading...
Supercepat! 10 Mobil Tercepat Di Dunia 2018
Rohmathan Kahfi
Rohmathan Kahfi
0
Followers