Roti Kecoa Ini Bisa Bikin Otak Lebih Cerdas. Berani Mencoba?

Aneh 2 months ago
Roti Kecoa Ini Bisa Bikin Otak Lebih Cerdas. Berani Mencoba?

Kabar bahwa kecoa bisa dijadikan bahan makanan mungkin sudah bukan berita baru. Tetapi, bagaimana jika tiba-tiba di meja makan Anda terhidang sepiring roti kecoa? Siapkah Anda memakannya?

Roti kecoa kini tengah dikembangkan di Brasil, sebagai solusi untuk kian terbatasnya sumber protein di negeri ini, akibat ketidakseimbangan pertumbuhan penduduk dengan sumber-sumber protein hewani. Berdasarkan penelitian, roti kecoa sangat padat gizi, bahkan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding roti biasa.

PBB memang pernah menganjurkan pengenalan serangga sebagai bahan protein tambahan secara luas, karena harganya yang murah, mudah didapat, mudah pula dibudidayakan. Di beberapa negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Vietnam, dan Laos, serangga sudah terbiasa hadir di meja makan.

Jangan jijik dulu, karena jenis kecoa yang digunakan untuk roti ini bukanlah hewan yang bisa tinggal di selokan-selokan kotor atau toilet yang bau, melainkan hasil budi daya, yakni jenis kecoa udang yang berasal dari Afrika Utara.

Sebanyak 10 persen kandungan roti ini merupakan tepung kecoa, dengan kandungan protein 70 persen, lebih banyak dari daging merah yang hanya 50 persen. "Dari segi cita rasa, roti ini tidak beda dengan roti biasa yang terbuat dari bahan utama gandum. Hanya, pada roti kecoa ada sedikit variasi aroma kacang tanah. Rasanya gurih sekali,” kata Andressa Jantzen, ahli pangan dari Federal University of Rio Grande (FURG), Brasil Selatan.

Loading...

Andressa dengan timnya mengolah kecoa sedemikian rupa, sehingga menghasilkan tepung yang terbuat dari kecoak kering, seharga US$51 atau Rp750 ribu per kg. Tepung ini dipastikan diolah secara higienis, karena digiling di laboratorium dengan pengawasan ketat.

"Dengan campuran tepung kecoa sebanyak 10 persen bahan saja, sudah meningkatkan kandungan protein pada roti jadi 133%. Coba bandingkan dengan 100 gram irisan roti biasa yang hanya memiliki 9,7 gram protein, sedangkan roti kecoa mengandung 22,6 gram,” kata Andressa.

Andressa meyakini bahwa roti kecoa merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kinerja otak, sehingga bisa menjadikan masyarakat lebih cerdas.

Tags: Roti, Protein, Kecoa, Gandum

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com