3 Text Editor Rekomendasi Yang Bikin Kamu Jago Coding - Vebma.com
3 Text Editor Rekomendasi Yang Bikin Kamu Jago Coding
Bagi seorang programmer text editor adalah salah satu alat yang sangat penting untuk membantu penulisan sebuah bahasa pemrograman. Berikut beberapa rekomendasi text editor yang bikin kamu jago coding.

Apa itu text editor? Jika Anda seorang programmer atau seorang yang sedang mempelajari dunia pemrogramman tentu wajib memiliki  dan mengetahui sebuah text editor. Namun sebagian dari anda mungkin belum mengetahui apa itu text editor. Text editor sendiri adalah sebuah software yang digunakan untuk menulis sebuah kode program. Text editor ini juga berfungsi bagi seorang web desain karena akan memudahkan untuk membuat tampilan sebuah halaman web yang akan di desain. Text editor sendiri ada yang bebas anda pakai atau free dan juga ada yang berbayar. Sebuah text editor biasanya memiliki fitur seacrh, syntax highlighting, replace sintax, code folding, line number, kolom komentar dan lain-lainnya. Ada banyak sekali text editor yang dapat anda gunakan, berikut 3 daftar text editor yang sering digunakan seorang programmer untuk menulis kode program:

  • Notepad++

     

Notepad++ adalah sebuah text editor yang dijalankan di system operasi windows memiliki fitur syntax highlighting, syntax folding, user defined syntax highlighting and folding, perl compatible regular expression search/replace, customizable GUI, document map, auto-completion dan lain-lain. Notepad++ sendiri juga dapat anda tambahkan berbagai plugin yang dapat mempermudah pekerjaan seorang programmer.

  • Sublime Text

Sublime Text adalah salah satu yang paling rekomendasi buat anda, khususnya bagi seorang web developer karena akan sangat memudahkan koding dan markup. Selain itu text editor satu ini dapat anda jalankan di berbagai operation system seperti Linux, Mac OS X, Windows dan lain-lain. Anda akan sangat menyukai tampilan antar muka text editor ini karena terbilang sangat menarik dan sederhana namun memiliki keunggulan kinerja yang sangat baik.

  • Brackets

Sebenarnya tidak ada perbedaan fungsi dari setiap text editor yaitu sebagai tempat menuliskan kode berbagai program, namun text editor satu ini hanya ditujukan pada satu tujuan tertentu. Brackets sendiri merupakan sebuah text editor yang khusus digunakan seorang web design dan front-end development. Brackets dapat anda jalankan di berbagai operation system seperti Windows, Linux, Mac OS X, dan lain-lainnya. Kelebihan text editor satu ini bagi web developer adalah adanya beberapa fitur seperti live HTML Development yang akan mempermudah anda melihat tampilan kode yang sudah anda ubah tanpa perlu me-reload terlebih dahulu web browser. Untuk menikmati fitur satu ini anda wajib menggunakan web browser google chrome.

Pada dasarnya ada banyak sekali text editor yang dapat anda gunakan. Setiap text editor tentu memiliki keunggulannya tersendiri, anda dapat memilih sesuai pada kebutuhan.

Baca juga : 4 framework css ini dapat membantu anda dalam pembuatan sebuah website

Artikel ini ditulis oleh Yayan Alpiansyah kamu juga bisa menulis karyamu di Vebma, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Daftar Sekarang!
Loading...
close