Aplikasi Tik Tok Akhirnya Diblokir Di Indonesia
Karena Dinilai Negatif Untuk Anak-anak

Siapa yang tahu aplikasi yang tengah booming saat ini, Tik Tok. Layanan berbagi video ini, Tik Tok, resmi diblokir di Indonesia. Aplikasi Tik Tok kini sudah tak bisa diakses. Ketika dibuka, antar muka aplikasi hanya menyodorkan pemrosesan (loading) konten. “Kominfo melakukan pemblokiran aplikasi Tik Tok dengan 8 DNS-nya,” pemblokiran didasari hasil pemantau tim AIS Kominfo, pelaporan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemen PPA), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), serta masyarakat luas. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memutuskan untuk memblokir aplikasi Tik Tok yang saat ini sedang populer di Indonesia. Pemblokiran ini dilakukan sejak Selasa (3/7) siang. "Iya betul, Tik Tok diblokir. Ada 8 DNS dari Tik Tok yang diblokir," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dalam pernyataan pada Selasa (3/7). 


Rudiantara menjelaskan pemblokiran dilakukan karena Tik Tok dianggap memuat konten negatif, terutama bagi anak-anak. Apalagi dengan banyaknya laporan yang masuk belakangan ini terkait dampak buruk Tik Tok. "Sebenarnya platform live streaming seperti Tik Tok bagus untuk mengekspresikan kreativitas, namun jangan disalah gunakan untuk hal yang negatif. Setelah bersih dan ada jaminan untuk menjaga kebersihan kontennya, Tik Tok bisa kami buka kembali," jelasnya

Kemkominfo telah menerima sebanyak 2.853 laporan dari masyarakat terkait dengan Tik Tok. Aduan yang dimaksud meliputi fenomena dan perilaku pengguna Tik Tok yang semakin ke arah negatif, antara lain ada pornografi, asusila, LGBT, pelecehan agama, fitnah, hingga konten yang meresahkan masyarakat.


PILIHAN EDITOR'S :


"Banyak aduan masyarakat, Kominfo melakukan pemantauan dan akhirnya diblokir, secara konten banyak yang sama dengan yang diadukan (aduan terbukti)," ujar Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza saat dihubungi. Sementara itu, Kemkominfo tidak serta merta memblokir Tik Tok. Pihaknya sebelumnya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebelum melakukan pemblokiran Tik Tok. 

Hasil gambar untuk tik tok diblokir

Artikel ini di tulis oleh Frenky Hutasoit kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...
loading...

Artikel Terkait

close