Tips Mempercepat Kinerja Photoshop Yang Lemot

16-10-2016 (1 month ago)

Mengatasi Kinerja Photoshop Yang Lemot

Photoshop adalah aplikasi edit foto terbaik yang sampai saat ini masih banyak diminati penggunanya. Photoshop mempunyai banyak kelebihan dibandingkan aplikasi edit foto yang lainnya, diantaranya banyak plihan Filter dan Brush yang bisa di download dan ditambahkan dengan sangat mudah. Namun terlepas dari itu, banyak para pengguna Photoshop mengeluhkan kinerja photoshop yang menjadi lambat saat terlalu banyak menginstal Filter dan brush.
Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut penjelasan untuk mengatasi kinerja photoshop yang lambat hanya dengan merubah pengaturan.
1. Buka program Photoshop

Tunggu proses loading hingga aplikasi photoshop terbuka kemudian klik Edit > Preferences > General



2. Sesuaikan pengaturan, 

Pilih Performance: Terdapat 4 bagian grup: Memory UsageScratch Disks,History & Cache and GPU Settings.


Memory Usage
 
Photoshop memerlukan banyak sekali RAM dan diikuti dengan OS yang digunakan. Penggunaan jumlah terhadap RAM dapat diatur pada aplikasi Photoshop, anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan. Ini semua tergantung pada jumlah RAM yang dimiliki, rubah menjadi 55-65% (Untuk 2GB RAM) dan 70-75% ( Untuk 4GB RAM atau lebih).

Scratch Disks
 
Scratch Disks atau biasa disebut "virtual RAM". Kegunaan scratch disk adalah tempat hard drive yang dialokasikan untuk program sebagai virtual RAM digunakan ketika kita sedang memproses data. Jika ingin memiliki lebih dari satu hard drive, memberikan Photoshop untuk menggunakan hard drive kedua, itu akan membantu komputer bekerja lebih cepat.
Tentukan sebanyak yang di inginkan, tidak perlu dipikirkan hal ini hanya sementara dan akan hilang ketika anda keluar dari Photoshop.

History & Cache
Dalam proses pengeditan kadang kita melakukan banyak kesalahan ketika proses pada sebuah tugas. Bayangkan bagaimana jadinya jika tidak ada perintah "undo/back"? dalam Photoshop kita bahkan dapat mengatur jumlah dari History States atau undo tapi semakin banyak diatur maka akan semakin banyak memori yang digunakan. Karena setiap tindakan diingat dalam virtual memory, jadinya membutuhkan tempat yang cukup banyak untuk menyimpan semua langkah tersebut jika diperlukan kembali. Secara normal, atur History States menjadi 20, di mana proses tersebut akan membuat komputer menjadi sangat lambat. Itu akan mengakibatkan aplikasi Photoshop berjalan lambat, khususnya ketika sedang mengerjakan gambar yang mempunyai kapasitas yang sangat besar. Maka aturlah menjadi 10-15 dan itu akan berjalan lebih cepat atau ringan. 

Cache levels berpungsi untuk meningkatkan histogram rendering speed dan screen redraw. Pilih lebih banyak Cache levels untuk file yang sangat besar untuk layer yang lebih kecil, atau lebih kecil Cache levels untuk file yang kecil untuk layer yang lebih besar. Anda dapat memilih dari 1 hingga 8. 

3. Bersihkan Clipboard 

Clipboard pada Photoshop memerlukan banyak sekali RAM dan jika mengkopi beberapa gambar berukuran besar dan memindahkannya ke dokumen baru, file tersebut masih tertinggal di dalam clipboard. Kosongkan RAM dengan menghapus data yang sudah tidak diperlukan pada clipboard. Untuk melakukan semua itu, cukup dengan  klik Edit > Purge > All :
 

4. Tutup Software yang tidak diperlukan 

Tips ini sangat sederhana tapi kadang kala kita melupakannya dan merasa kesal mengapa Photoshop berjalan sangat lambat. Ini semua karena terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan pada komputer, misal membuka microsoft officewinamp, vlc, dll, hal ini dapat menyebabkan RAM dan tenaga komputer habis. Jadi intinya tutup aplikasi yang tidak diperlukan.


5. Instal Photoshop versi yang lebih Ringan

Jika setelah menginstal Photoshop versi CS5 namun photoshop berjalan sangat lambat maka anda bisa menghapus dan menggantinya dengan versi yang lebih ringan bisa dengan menginstal photoshop CS4, CS3 atau Photoshop CS2. Photoshop CS2 ini terbilang cukup ringan meskipun digunakan di komputer dengan RAM kecil.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel