Menjadi Youtuber Itu Tak Mudah - Vebma.com
Menjadi Youtuber Itu Tak Mudah
Berikut Beberapa keuntungan dan kendala menjadi youtuber

Yang pertama apa itu youtuber ?

Seseorang dapat disebut atau dikatakan sebagai seorang youtuber, apabila dia telah menjadikan youtube sebagai media untuk berbagi video tentang dirinya. (Berupa kreativitasnya: baik itu adalah film pendek (Short Movie), Video Review, Video Klip Lagu, Tutorial, Daily Vlog,) dll. Selain itu umumnya mereka telah banyak dikenal orang dan telah memanfaatkan youtube sebagai salah satu media online untuk memperoleh uang terutama dari pengiklanan google adsense. 


Berikut beberapa keuntungan menjadi seorang Youtuber :

1. Mendapat Penghasilan dari Google

Pernah liat tayangan iklan sebelum menonton tayangan kesayanganmu di youtube? Inilah yang namanya Google AdSense!

Jadi, melalui Google AdSense, pengiklan dapat menyewa spot iklan dalam video yang kamu upload di YouTube. Pengiklan tentunya akan membayar biaya untuk 'space' iklan tersebut. Kemudian, keuntungan ini akan dikali sesuai jumlah orang yang menonton iklan tersebut. Semakin banyak yang melihat video kamu, maka semakin banyak uang yang kamu dapatkan. 

2. Mendapat Tawaran untuk Mengendorse Produk atau Perusahaan

Kamu mengupload review tentang outfit yang lagi kamu suka. Tiba-tiba, ada telepon yang masuk dari perusahaan pakaian yang kamu review! Mereka memintamu untuk mengenakan produk mereka yang akan segera masuk ke pasaran. Kamupun menjadi orang pertama yang mendapatkan produk-produk terbaru, gratis, dan mendapatkan honor pula. 

Betul, salah satu keuntungan dari menjadi seorang Youtuber adalah menjadi endorser produk atau perusahaan. Jika brand merasa videomu menarik dan merepresentasikan sasaran mereka, kamu bisa ditunjuk untuk mempromosikan produk mereka. 

Sekitar dua tahun terakhir, banyak perusahaan yang lebih memilih untuk bekerjasama dengan vlogger daripada selebriti. Selain lebih ekonomis, generasi millennial sepertimu terbukti lebih sering menonton YouTube daripada televisi. 

3. Promosikan Produkmu Sendiri

Michelle Phan adalah seorang beauty vlogger asal Amerika Serikat yang sering mengunggah video-video tentang kecantikan di channelnya. Karena kesuksesannya sebagai seorang Youtuber yang telah memiliki jutaan subscriber, ia pun diajak berkolaborasi untuk membuat produk make up dengan brand namanya, yaitu EM. Michelle pun mempromosikan brandnya tersebut lewat channel Youtube-nya.

Seperti Michelle Phan, jika kamu terus menekuni vlogging dengan serius, kelak kamu bisa membuat produk yang relevan dengan video-video yang biasa kamu unggah. Selain menambah kedekatan kamu dengan penonton lewat produk yang otentik dari kamu, hal ini tentunya juga akan membedakanmu dari Youtuber lain yang ada. Peluang bisnis lain pun bisa terbuka dengan mulai dikenalnya produkmu lewat channel  mu sendiri.

4. Mengenali Bakat Terpendam

Sebenarnya kamu adalah orang yang suka bernyanyi, dan beberapa orang juga bilang bahwa kamu memiliki suara yang lumayan bagus. Tetapi, kamu terlalu malu untuk menunjukkannya. Lewat video nyanyianmu yang diupload oleh teman di YouTube, ternyata orang-orang menyetujui bahwa suaramu bagus. Bahkan penggemar-penggemarmu pun mulai berdatangan dan agensipencari bakat mulai menghubungimu.

Hal itu tentunya bukanlah sesuatu yang mustahil! Gamaliel Audrey Cantika, Greyson Chance, bahkan Justin Bieber adalah segelintir nama yang sukses meniti karirnya diawali dengan YouTube. Bakat terpendammu yang jarang diketahui orang-orang pun dapat kamu tunjukkan di YouTube dan mulai dilirik oleh orang-orang. Hal ini tentunya bisa menjadi batu loncatan kamu dalam meniti karir, diawali lewat media sosial sesederhana YouTube!

Banyak orang berpendapat bahwa menjadi youtuber adalah pekerjaan yang menyenangkan dan gampang, pada kenyataannya .. itu semua tak benar .

Berikut beberapa kendala menjadi seorang youtuber terutama bagi para pemula :

1. Diwajibkan memiliki kenalan Youtuber yang nantinya akan membatu dalam promoting chanel anda

2. Harus memiliki konten yang menarik dan tidak mengopi pada youtuber atau chanel lainnya.

3. Diwajibkan memiliki subscriber yg cukup dan waktu total menit video ditonton yg baik pula

4. Harus selali memiliki ide dalam pembuatan konten video

5. Sering begadang karena lama mengedit video yang akan diuploud

6. Terkadang mendapat banyak komentar buruk dari netizen yang sering kali men\mbuat down para youtuber pemula

7. Apabila konten merupakan konten sosial, semisal sosial eksperiman, maka diwajibkan para youtuber untuk menahan malu, harus memiliki mental yg baik pula

Dan masih banyak lagi kendala atau masalah yang sering kali dialami para youtuber kususnya youtuber pemula.

Sebenarnya dari masalah di atas, solusi yang paling tepat untuk para youtuber pemula antara lain, harus bersabar .. karena menjadi youtuber harus din\mulai dari nol atau stap by stap.

Terima kasih sudah membaca !



Artikel ini ditulis oleh Andi Zulfahmi kamu juga bisa menulis karyamu di Vebma, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Daftar Sekarang!
Loading...
close