Cara Bayar Shopee PayLater, Keunggulan yang Wajib Diketahui Shopee User

Shopee PayLater adalah fitur kredit berupa angsuran ketika berbelanja online di aplikasi Shopee yang bisa dibayarkan kemudian hari. Pengguna bisa memanfaatkan fitur belanja sekarang, kemudian melakukan pembayaran di kemudian hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bahkan, Shopee PayLater juga bukan hanya menunda pembayaran saja tetapi juga memberlakukan fitur cicilan hingga 12 bulan yang akan meringankan beban pengguna dalam melakukan pembelian produk.

Tetapi juga harus diingat bahwa tagihan dari Shopee PayLater wajib untuk dibayar tepat waktu. Kalau Anda telat bayar, maka pengguna bakal dikenakan denda yang cukup besar, yaitu 5 persen per-bulan dari total tagihan.

Aplikasi Shopee nantinya juga akan memberikan pemberitahuan tagihan PayLater 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Kepo dengan Shopee PayLater? Simak artikel ini sampai habis ya!

MENGENAL APA ITU SHOPEE PAYLATER?

Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini ada banyak penawaran untuk kemudahan bertransaksi ketika berbelanja. Salah satunya adalah dengan kehadiran shopee paylater yang sangat membantu banyak pengguna untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan cara mencicil.

Contoh saja apabila pengguna ingin membeli sebuah handphone dengan harga Rp5 juta, butuh waktu yang cukup lama untuk bisa mengumpulkan uangnya. Bisa jadi untuk uangnya tidak akan bisa terkumpul sebanyak Rp5 juta dalam jangka waktu yang lama.

Dengan bantuan dari Shopee PayLater, pengguna bisa mendapatkan handphone seharga Rp5 juta dengan mudah karena sistem pembayaran di kemudian hari dan juga bersifat cicilan. Permasalahan pengguna pun terselesaikan, bukan?

Namun juga harus diwanti-wanti bahwa untuk pembayaran Shopee PayLater juga harus dipikirkan cicilannya. Jangan sampai ketika Anda sudah diberikan kemudahan, tapi justru tidak bertanggungjawab dengan pembayaran cicilannya.

Keunggulan Sopee PayLater

KEUNGGULAN SHOPEE PAYLATER

Seperti namanya, Shopee PayLater adalah metode pembayaran yang bisa digunakan saat Anda hendak bertransaksi secara online di platform shopee dengan kemudahan pembayaran di kemudian hari.

Kemudahan untuk membeli barang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, Shopee PayLater juga punya sejumlah keunggulan yang diantaranya adalah seperti di bawah ini:

1. Punya Fitur Cicilan hingga 12 x angsuran

Ini bisa dikatakan sebagai salah satu fitur paling diunggulkan oleh Shopee PayLater yang membuat pengguna tidak bisa menahan godaannya.

Biasanya fitur seperti ini hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu yang menggunakan kartu kredit. Tentu kita tahu betapa sulitnya untuk membuat kartu kredit, banyak hal yang harus dipersiapkan sebagai persyaratannya.

Opsi tempo pembayaran Shopee PayLater

  • 1 bulan
  • 3 bulan
  • 6 bulan
  • 12 bulan

Namun, hanya dengan membuat akun Shopee, Anda bisa mendapatkan fitur yang serupa dengan kartu kredit, yaitu Shopee PayLater. Tapi sekali lagi harus diingat, jangan lupa bahwa ada tanggungjawab untuk membayar cicilannya.

2. Bunga yang relatif Rendah

Shopee PayLater bukan hanya memberikan kemudahan bagi penggunanya, tetapi juga mematok suku bunga yang sangat ringan, yaitu hanya 2,95 persen.

Para pengguna nantinya juga akan dibebankan bunga sebesar 2,95 persen dari tagihan total pembayaran. Untuk contohnya, kalau Anda melakukan transaksi pembelian sebesar Rp50ribu dengan tenor ‘Buy Now, PayLater’, maka untuk bunga yang harus dibayarkan hanya Rp1.450,- saja. Murah, bukan?!

Cara Menghitung Bunga Shopee PayLater

Kalau contoh yang sudah dijelaskan di atas masih kurang, maka juga telah disiapkan sebuah cara menghitung bunga Shopee PayLater terbaru yang paling lengkap dan jelas. Berikut perhitungannya!

Misalnya untuk tanggal 1 Januari, transaksi dilakukan dengan menggunakan Shopee PayLater, lalu dikenakan biaya cicilan minimal dengan bunga 2,95%. Bunga ini berkalu untuk program yang sudah ditentukan sebelumnya dengan waktu cicilan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Mengenai perhitungan lanjutannya, Anda hanya perlu mengetahui 2 hal yang paling penting, yaitu Jumlah Transaksi dan Bunga Shopee PayLater (2,95%). Kalau Anda mengetahui kedua nilai tersebut, selanjutnya Anda hanya harus mengalikan keduanya.

Contoh lanjutan, misalnya total belanja adalah Rp2 juta, maka besaran bunga yang harus dibayar adalah Rp2 juta dikalikan 2,95 persen, maka hasilnya adalah Rp59 ribu.

3. Biaya Administrasi yang juga murah

Tak Cuma suku buga saja yang rendah, tetapi Shopee juga memanjakan penggunanya dengan biaya administrasi yang relatif murah.

Setiap transaksi pembelian kredit di Shopee memang akan dikenakan biaya administrasi atau biasa juga dikenal dengan nama biaya penanganan. Namun, tenang saja karena setiap transaksi yang dilakukan untuk metode pembayaran Shopee PayLater hanya dikenakan biaaya sebesar 1 persen saja.

Untuk contoh lagi, kalau Anda membeli dengan harga Rp50 ribu, maka biaya penanganannya hanya Rp500 perak saja.

4. Tanggal Jatuh Tempo yang dapat Diatur

Ketika ingin mengajukan kredit, umumnya pihak dari bank akan secara sepihak dalam menentukan sistem jatuh temponya. Namun, hal ini justru berbeda dengan Shopee PayLater.

Mereka nantinya akan memberikan pilihan untuk para pengguna supaya bisa menentukan tanggal jatuh tempo pembayaran. Kalau sudah melakukan aktivasi di awal, para pengguna bisa memilih 2 pilihan tanggal jatuh tempo, yaitu tanggal 5 atau tanggal 11 setiap bulannya.

Walau hanya 4 keunggulan yang ditulis, tapi percayalah kalau yang diberikan oleh Shopee PayLater memang sebuah solusi keuangan terbaik untuk penggunanya. Kalian setuju?

Cara Bayar Shopee PayLater

CARA BAYAR SHOPEE PAYLATER

Untuk melakukan pembayaran Shopee PayLater sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memiilih salah satu metode pembayaran, diantaranya adalah:

  • Bank Transfer
  • Indomaret
  • Alfamart
  • ShopeePay

Lalu bagaimaan cara bayar Shopee PayLater dengan menggunakan handphone? Berikut langkahnya:

1. Buka Aplikasi Shopee yang ada di handphone

2. Pilih menu ‘Saya’ yang letaknya ada di pojok kanan bagian bawah

3. Pilih menu ‘SPayLater’

4. Lanjutkan dengan pilih menu ‘Bayar Sekarang’

5. Nantinya akan muncul menu ‘Tagihan Bulan Ini’ dan tertera total dari rincian transaksi yang telah Anda lakukan

6. Jika sudah dipastikan benar, maka Anda bisa melanjutkannya dengan ‘Bayar Sekarang’ (Anda bisa membayar semua total tagihan atau hanya beberapa dengan aturan minimal pembayaran sebesar Rp20 ribu)

7. Pilih pada menu ‘Metode Pembayaran’, silakan pilih sesuai dengan keinginan

8. Pilih opsi ‘Konfirmasi’, kemudian ditutup dengan tombol ‘Bayar Sekarang’

9. Selesai

Itulah tadi tentang bagaimana cara bayar Shopee PayLater dengan mudah hanya menggunakan aplikasi dan handphone saja. Mudah saja kan?

KELEMAHAN SHOPEE PAYLATER

1. Denda yang Mahal

Kalau sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk suku bunga dan biaya penanganan cukup murah, lain halnya dengan denda yang ditetapkan oleh Shopee.

Persentase untuk biaya denda keterlambatan pembayaran Shopee PayLater adalah 5 persen dari total transaksi yang Anda lakukan.

Perhitungannya mirip dengan menghitung suku bunga yang sudah dijelaskan di atas, Anda hanya perlu mengetahui 2 hal, yaitu jumlah transaksi dan persentase denda.

Misalnya Anda melakukan pembelian sebesar Rp300 ribu, kemudian Anda melakukan pembayaran dengan telat. Maka Anda wajib membayar denda dengan perhitungan Rp300 ribu dikalikan 5 persen, maka jumlahnya adalah Rp15 ribu.

Kalau jumlah transaksi Rp3 juta, maka biayanya adalah Rp150 ribu. Lumayan besar ya?

2. Terbatas di Shopee

Namanya juga Shopee PayLater, tentu saja fitur ini hanya bisa digunakan di aplikasi Shopee saja, tidak bisa digunakan di platform lainnya.

Tapi tenang saja karena sebenarnya untuk beberapa platform perbelanjaan lainnya juga menyediakan fitur serupa dengan Shopee PayLater. Namun tentu dengan aturan dan persyaratan yang berbeda.

3. Menjebak

Bukan dengan maksud sengaja, hanya saja kemudahan yang diberikan oleh Shopee PayLater menunjang untuk kita terus berbelanja tanpa harus memikirkan uang yang ada di tabungan.

Ketika uang kita sudah habis, namun ingin membeli barang, kita bisa menggunakan Shopee PayLater dengan sangat mudah. Dengan begini, otomatis yang harusnya mungkin kita tidak melakukan pembelian sebuah produk tidak penting, justru kita beli karena kemudahan Shopee PayLater.

Hasrat-hasrat yang bisa menimbulkan sifat boros akan bisa diperkuat dengan dahsyatnya fitur Shopee PayLater. Jadi, Anda harus bijak ya!

4. Penagihan yang galak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk Shopee PayLater mempunyai sistem penagihan yang bisa dikatakan cukup galak. Bukan hanya pesan saja tetapi juga sampai di telepon.

Nada bicara dari penagihan pun bisa dikatakan cukup judes. Ada banyak orang yang lebih baik mengabaikan telepon dari Shopee PayLater karena kalau diangkat, pasti akan membuat sakit hati.

Cara Pakai Shopee PayLater

CARA MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER

Kalau Anda masih tidak mengetahui tentang bagaimana cara melakukan belanja online pakai Shopee PayLater, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka aplikasi Shopee

2. Cari barang yang ingin Anda beli

3. Masukkan keranjang seperti biasa, lalu checkout

4. Ketika Anda sudah melakukan klik pada tombol ‘Checkout’, secara otomatis maka Anda akan masuk ke dalam halaman berikutnya

5. Silakan untuk bisa setting saja alamat Anda dengan benar agar kurirnya bisa mengirim barang sampai ke tujuan

6. Setelahnya, silakan masukkan voucher, kalau ada

7. Pilih opsi ‘Metode Pembayaran’ yang tentu saja Anda bisa pilih untuk membayar pakai opsi ‘Shopee PayLater’

8. Kalau sudah, Anda bisa langsung memilih ‘Buat Pesanan’

9. Secara otomatis, pesanan Anda akan dibuat dan bakal langsung dikirimkan ke alamat Anda

10. Selesai

Bagaimana? Mudah bukan? Maka dari itu ada banyak orang yang terbantu dengan fitur Shopee PayLater ini. Hanya saja yang terpenting adalah bisa menggunakannya dengan bijak. Kemudahan ini bisa menjadi boomerang bagi Anda yang tidak bisa menahan hasrat untuk berbelanja.