Manfaat dan Cara Menggunakan Google Search Console Ternyata Mudah

Google Search Console merupakan layanan gratis yang dibuat oleh Google agar bisa membantu Anda untuk memantau, mempertahankan, serta menyelesaikan masalah yang ada di situs terutama soal algoritma di mesin pencari.

Anda sebenarnya juga tidak harus mendaftar ke Search Console supaya situs Anda dicantumkan ke hasil penelusuran Google, tetapi tools ini mempunyai analitik yang bisa membantu Anda guna memahami dan meningkatkan pesona google saat melihat situs Anda.

APA SAJA LAPORAN DARI GOOGLE SEARCH CONSOLE?

Berikut ini adalah sejumlah fitur dan laporan yang diberikan oleh Google Search Console untuk situs Anda:

a. Memastikan untuk Google bisa menemukan dan melakukna crawl pada situs

b. Melakukan perbaikan masalah terutama pada pengindeksan dan meminta agar dilakukan pengindeksan ulang pada konten baru atau yang telah diperbaharui

c. Mengetahui data traffic dari Google Penelusuran untuk situs Anda, misalnya seperti seberapa sering situs Anda muncul di peringkat atas dengan kata kunci tertentu hingga berapa banyak orang yang melakukan klik

d. Mendapatkan pemberitahuan kalau Google mendapatkan masalah pengindeksan, spam atau masalah lain di dalam website Anda

e. Memperlihatkan situs mana saja yang terhubung dengan website Anda

f. Menyelesaikan masalah mengenai AMP, kegunaan seluler dan fitur pencarian lain

PENGGUNA SEARCH CONSOLE

Lalu, siapa saja sih yang biasanya menggunakan fitur google search console ini? Berikut diantaranya:

1. Business Owner

Walaupun Anda tidak menggunakan tools Search Console ini sendiri dengan mempercayakan pada orang lain, namun sebaiknya Anda juga harus memahami dan menguasai dasar-dasar pengoptimalan yang dilakukan oleh webmaster.

Dengan begini, Anda juga bisa mengetahui tentang bagaimana performa yang didapatkan oleh website milik Anda.

2. SEO Expert

Ketika seseorang yang berfokus pada online marketing, maka search console menjadi salah satu fitur paling penting untuk bisa membantu trafik sebuah situs.

Bukan hanya itu saja, tools ini juga bisa mengoptimalkan peringkat serta membuat sejumlah keputusan yang tepat tentang bagaimana hasil penelusuran situs ditampilkan.

Anda juga bisa menggunakan informasi yang ditampilkan search console untuk mempengaruhi keputusan teknis yang berhubungan dengan situs Anda serta melakukan analisis pemasaran yang andal dengan memanfaatkannya Bersama dengan sejumlah fitur Google lainnya, missal seperti analytics, google trends, dan google ads.

3. Administrator

Jika Anda merupakan sebuah admin website, maka kelancaran operasi situs menjadi perhatian yang sangat penting untuk Anda. Nah, dengan menggunakan tools search console, Anda bisa dipermudah dalam pemantauan dan bahkan pada sejumlah kasus juga bisa menyelesaikan error server, masalah pemuatan situs dan masalah keamanan, seperti peretasan dan malware.

Anda juga bisa menggunakannya untuk memastikan kalau pemeliharaan atau penyesuaian website apapun yang Anda lakukan mengenai performa penelusuran bisa berjalan dengan lancar.

4. Website Developer

Untuk Anda yang membuat markup/kode actual mengenai situs, search console bakal membantu Anda untuk memantau dan menyelesaikan masalah umum mengenai markup, misalnya seperti error pada data yang terstruktur.

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE SEARCH CONSOLE

Google Search Console merupakan platform gratis yang bisa Anda gunakan untuk memonitor tentang bagaimana performa website terutama di mesin pencarian google.

Lalu, gimana sih cara untuk menggunakannya? Simak langkahnya berikut ini!

a. Login pada akun Google milik Anda

b. Buka laman Webmaster Tools

c. Oleh karen ini kali pertama Anda, maka lakukan ‘Add Property’.

d. Pilih kategori ‘Website’

e. Masukkan url website Anda pada form yang ada di sana

f. Pilih ‘Continue’ atau ‘Lanjutkan’

g. Anda bisa memilih cara untuk memverifikasi

Biasanya Google Search Console telah menyediakan beberapa cara untuk melakukan verifikasi website, tapi yang popular adalah dengan upload file HTML atau menyisipkan HTML tag pada template.

Jika sudah selesai, maka Anda hanya perlu melakukan klik pada tombol verifikasi yang tertera di sana. Mudah, bukan?