Cara Meningkatkan Trafik Website dari Sosial Media

Saat ini sosial media merupakan sebuah platform yang terbukti sangat ampuh untuk menaikkan trafik website. Apabila Anda memanfaatkannya dengan bijak dan efektif, maka dijamin tidak akan membutuhkan waktu lama hingga pengunjung akan datang untuk berkunjung ke website Anda.

Untuk mendapatkannya, memang terlihat sangat mudah untuk dilakukan, tetapi percayalah bahwa pada prakteknya tidak semudah yang dibayangkan.

Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan dan dilakukan agar bisa mendapat hasil yang diinginkan dari promosi di sosial media.

TRAFIK ORGANIK LEBIH BAIK?

Ada banyak web developer yang menganggap bahwa untuk trafik organik menjadi hal yang paling utama untuk didapatkan sebagai main source ke website. Bahkan juga tidak sedikit yang menganggap kalau website yang mendapatkan trafik lebih banyak dari non-organik, maka akan mendapatkan nilai yang kurang begitu baik dari sisi SEO.

Seperti yang sudah beberapa kali Vebma.com bilang pada sejumlah artikel, ilmu SEO merupakan salah satu jenis ilmu tidak pasti. Walaupun begitu, tetap ada aturan utama yang harus menjadi prioritas.

Ketika Anda menganggap bahwa trafik dari sosial media tidak begitu bagus untuk SEO, tapi kalau kita pikirkan kembali bahwa akhir dari segala strategi dan teknik SEO yang dipakai adalah bertujuan agar mendapatkan trafik atau pengunjung.

Lalu, kalau Anda bisa mendapatkan trafik atau pengunjung dari sosial media, bukankah itu sama persis dengan yang dilakukan menggunakan SEO? Yang terpenting adalah bagaimana cara kita mendapatkan trafik atau pengunjung dari sosial media.

Jangan sampai Anda hanya mengutamakan click bait dan atau menipu dengan kalimat atau gambar yang tidak sesuai dengan isinya. Hal ini yang harus Anda hindari agar bisa menghindari dampak negatif setelahnya.

Oke, sekarang kita akan kembali ke topik yaitu soal tentang bagaimana sih meningkatkan trafik website dari sosial media?

1. No Click Bait

Seperti yang sudah disinggung di atas kalau untuk mendapatkan trafik ke website, jangan pernah menggunakan klik bait. Walaupun mungkin ini akan sangat baik untuk mendapatkan trafik secara instan, tapi sangat berdampak buruk setelahnya.

Semakin banyak orang yang datang, maka bisa dipastikan bahwa semakin banyak orang juga yang akan merasa kecewa dengan website Anda.

Inilah yang menjadi alasan kenapa untuk mendapatkan trafik dari sosial media biasanya akan berakibat buruk pada SEO website. Namun, hal lain akan didapatkan saat Anda bisa menghindari penggunaan click bait pada postingan di sosial media.

2. Konten Menarik

Walaupun tidak ada klik bait di dalamnya, tetapi Anda juga wajib untuk memberikan konten yang menarik kepada pengunjung agar bisa berkeinginan untuk mengunjungi website Anda dan mempelajari produk yang ditawarkan.

Dengan begini, manfaat yang Anda dapat akan berlipat ganda. Selain mendapatkan trafik, Anda juga bisa mendapatkan pembeli. Ini yang Anda inginkan, bukan?

3. Waktu Kunjungan

Sebenarnya ini masih berhubungan dengan poin nomor satu mengenai click bait. Terkadang kalau kita menggunakan cara yang tidak baik untuk mendatangkan pengunjung, nantinya mereka tidak akan berkunjung dalam kurun waktu yang lama saat membuka website.

Salah satu indikator untuk SEO website yang baik adalah bounce time. Kondisi saat pengunjung datang ke website, lalu berdiam diri di sana, membaca dan atau membuka link-link terkait lainnya. Semakin lama pengunjung bertahan, maka bisa dikatakan bahwa website Anda mempunyai waktu bounce yang baik.

Dengan begini, untuk SEO website Anda bisa mendapatkan nilai yang lebih baik. Maka dari itu, waktu kunjungan juga sangat penting untuk web Anda!

4. Shareable

Bukan berhubungan dengan click bait, tapi Anda juga bisa membuat sebuah konten yang relate dan membuat orang membagikan konten Anda secara tidak sadar. Hal ini sangat penting untuk kekuatan promosi produk Anda.

Jika perusahaan atau produk Anda menjadi viral, maka bisa dipastikan akan selaras dengan konversi pembelian yang juga bisa meningkat.

5. Proaktif

Saat Anda sudah membagikan sebuah konten, maka Anda tidak hanya mengandalkan algoritma dari sosail media saja. Anda juga bisa membantu dengan bagikan konten Anda ke media-media yang dimiliki.

Misalnya seperti WhatsApp, Twitter, Telegram, dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan pondasi awal untuk memberitahukan soal konten yang Anda buat.

Kemudian juga jangan lupa untuk melakukan respon secara rutin jika ada netizen yang memberikan komentar. Ini juga penting lho! Netizen sekarang merasa senang saat ada yang menjawab komentarnya.

6. Kualitas Visual

Tidak hanya soal visual secara mata saja, tetapi untuk tulisan atau kalimat di bagian deskripsi/caption juga sangat penting. Anda tidak bisa membuatnya sembarangan.

Buat foto dan video yang berkualitas HD serta caption menarik agar membuat netizen bisa melihat dan membaca dengan ketertarikan khusus. Sebenarnya mudah kok kalau Anda mau berpikir sedikit tentang apa yang diinginkan oleh netizen. Posisikan diri Anda sebagai mereka, pasti bisa!

7. Penggunaan Hashtag

Ya, kita semua tahu saat ini platform sosial media menggunakan fitur hashtag untuk menunjang algoritma dan kemudahan dalam pencarian konten.

Tapi perlu diingat bahwa untuk penggunaan hashtag baiknya tidak memenyimpang ke topik lain ya. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting sesuai saja.

8. Targeting

Ini juga penting untuk meningkatkan trafik website dari sosial media. Anda wajib melakukan research terlebih dahulu tentang target yang hendak Anda gapai.

Dari sini nantinya akan berhubungan dengan jenis konten seperti apa yang akan Anda buat untuk mempromosikan website Anda.