Cara agar Website Ranking #1 di Mesin Pencari

Bagaimana sih supaya bisa mendapatkan ranking #1 di mesin pencari atau search engine? Inilah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh web developer.

Menjadi juara diantara banyaknya pesaing di search engine bukan hanya soal gengsi semata, tetapi bisnis yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Mulai dari Anda yang membuka bisnis secara nyata, baik itu berupa produk atau jasa hingga web developer yang memang ingin mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang di website.

CARA MENJADI RANKING #1 DI MESIN PENCARI

Mesin pencari atau search engine adalah sebuah alat yang digunakan oleh netizen untuk mencari informasi. Salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah Google.

Alat pencari informasi yang biasa juga dipanggil dengan istilah 'Si Mbah' ini memang punya banyak fitur yang lebih diunggulkan dari kompetitor lainnya, seperti bing, msn, yahoo, duckduckgo dan lainnya.

Ya, mengingat kita semua tahu bahwa Google merupakan salah satu pelopor yang pertama kali dibuat semenjak internet muncul di dunia.

Baiklah sekarang kita akan langsung masuk ke topik pembahasan utama, yaitu mengenai bagaimana sih cara menjadi ranking #1 di mesin pencari. Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Content is a King

Pernah mendengar istilah ini kan? Mungkin kalau beberapa tahun lalu, Anda mendengar istilah ini bisa dianggap sebagai tabu. Hal ini karena banyak sekali cara-cara curang yang dapat dilakukan untuk mengalahkan strategi 'Content is a King'.

Sebagus apapun artikel yang Anda tulis, masih akan kalah dengan mereka yang bisa menguasai teknik SEO, baik itu secara white hat ataupun black hat. Tapi tetap saja, artikel bagus bukan jaminan menjadi ranking #1 di search engine kala itu.

Hal ini tidak berlaku sekarang! Anda bisa mengutamakan konten sebagai hal utama yang menjadi prioritas utama. Walaupun tidak menutupi bahwa SEO juga membantu untuk bisa Anda mendapatkan ranking satu di search engine.

Maksudnya bagaimana?

Search Engine telah menemukan sejumlah formula untuk memberikan tempat bagi artikel-artikel bagus untuk naik ke posisi atas. Hal seperti ini bukan berarti bagi Anda yang bisa membuat artikel bagus kemudian berada di atas angin.

Ingat bahwa masih ada banyak content writer lain yang kemudian juga akan meningkatkan kualitas pembuatan artikelnya. Maka dari itu, persaingan justru akan baru dimulai di sini.

Anda harus bisa membuat artikel yang jauh lebih bagus dari kompetitor lain, kemudian ditambah dengan teknik SEO yang mumpuni.

Jadi kalau bisa dikatakan bahwa perubahan itu memang terjadi ke arah yang leih positif. Tapi, apakah itu berarti lebih mudah? Rasanya sih tidak! Karena Anda yang biasa membuat artikel berkualitas bagus, masih harus tetap bersaing dengan mereka yang juga dapat membuat artikel bagus dengan teknik SEO yang berbeda-beda tingkatannya.

Tingkat dari teknik SEO ini bukan hanya terjadi pada level-levelnya saja, tetapi juga untuk jenis serta strategi SEO yang berbeda-beda.

Ingat bahwa Vebma.com selalu mengatakan bahwa untuk teknik SEO tidak ada yang benar atau salah, baik atau buruk, tapi efektif dan tidak efektif. Selain itu untuk SEO juga bukan merupakan ilmu pasti yang bisa dipakai secara general.

2. Niche/Kategori

Ini menjadi sangat penting ketika Anda mempunyai website yang spesifik membahas tentang sebuah niche atau kategori tertentu.

Misalnya saja Anda memiliki website yang membahas tentang otomotif salah satu motor dengan tipe sport. Ketika Anda mengisi banyak konten yang berhubungan spesifik ke motor sport, maka kekuatan website Anda di kata kunci yang berkaitan dengan motor sport akan menjadi sangat kokoh.

Jika ada website otomotif lain yang isinya bercampur dengan jenis motor lain atau bahkan mobil, maka website Anda memiliki keunggulan terutama di kata kunci motor sport.

Google dan mesin pencari lain menggunakan algoritma yang serupa, yaitu mengutamakan sebuah website yang mempunyai spesifikasi terhadap niche atau kategori tertentu. Algoritma akan jauh lebih mudah membaca konten-konten pada satu jenis kategori yang berada di dalam website. Dengan begini, website yang spesifik akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan ranking 1 di mesin pencari.

Tapi juga perlu diketahui bahwa untuk menjadi website dengan spesifikasi seperti ini, Anda harus memperhatikan niche atau kategori itu sendiri. Jangan sampai Anda melakukan spesifikasi website pada kata kunci yang pangsa pasarnya juga sangat sedikit.

Walau Anda menjuarai seluruh kata kunci dengan konten website tersebut, tapi tidak banyak yang berkunjung, untuk apa?

Oleh karena itu, poin selanjutnya yang akan Vebma.com bahas adalah mengenai pentingnya research agar bisa menentukan banyak hal, mulai dari perencanaan hingga eksekusi dan maintenance.

3. Research

Bukan hanya bisnis offline saja, research juga sangat dibutuhkan untuk menentukan bagaimana Anda memilih niche/kategori hingga pembuata kontennya.

Di dalam research ini, Anda juga relatif akan membutuhkan banyak waktu daripada membuat konten, kok bisa?

Ya! Sebuah konten yang baik bukan hanya sebatas pembuatan saja, tetapi research dan perencanaan di sebelum pembuatannya. Oleh karena itu, research ini sangat penting.

Misalnya dalam pembuatan sebuah artikel, bisa saja Anda melakukan research selama 1 hari, 1 minggu atau bahkan dalam hitungan bulan. Padahal untuk membuat artikelnya, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit atau jam saja.

Tapi percayalah jika sebuah konten yang dilakukan research cukup lama dan baik, maka bisa dipastikan bakal menciptakan artikel yang sesuai dengan harapan.

Mengenai teknis lainnya soal bagaimana cara mendapatkan ranking #1 di mesin pencari seperti google dan lainnya, Anda bisa membaca artikel Vebma.com lainnya.