Cara Cek Bantuan UMKM dan Pencairan Dana di Bank

Siapa yang sudah dapat bantuan UMKM pada tahun 2020 dan 2021? Saat ini pemerintah akan memberikan bantuan UMKM lagi pada tahun 2023. Lalu, bagaimana sih cara cek bantuan UMKM ini?

Pelaku usaha bisa memeriksa bantuan UMKM agar tidak merasa khawatir apakah mendapat bantuan atau tidak. Jangan sampai kecewa karena ternyata tidak mendapat bantuan.

Pada tahun sebelumnya, cara untuk cek bantuan UMKM adalah dengan mengakses laman e-form BRI yang bisa diakses dengan menggunakan NIK.

Belum ada penjelasan yang valid dari pemerintah mengenai cara pengecekan bantuan UMKM tahun 2023 ini akan sama dengan sebelumnya atau tidak. Tapi tenang saja karena kita sudah dapat bocoran cara cek bantuan UMKM. Simak artikelnya ya!

Dalam hal ini, Kementerian Koperasi dan UMKM masih menggunakan cara yang sama dengan tahun sebelumnya. Cek bantuan UMKM 2023 bisa dilakukan hanya lewat handphone saja, ya, secara online. Pelaku usaha mikro dan menengah bisa langsung mengikuti cara-caranya berikut ini!

1. Buka halaman eform.bri.co.id/bpum

2. Kalau tampilan sudah terbuka semua, masukkan NIK pada kolom yang ada di sana

3. Masukkan captcha atau kode verifikasi yang muncul

4. Pilih menu ‘Proses Inquiry’ dan tunggu proses yang sedang berjalan

Nantinya, Anda akan ditampilkan seperti pemberitahuan apakah Anda terdaftar sebagai penerima BLT atau tidak. Kalau Anda terdaftar sebagai penerima, maka Anda bisa mencairkannya lewat kantor bank yang sudah ditentukan.

Bukan hanya pemberitahuan saja, Anda juga akan mendapatkan seperti reservasi pencairan bantuan UMKM di laman tersebut.

Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen yang mungkin dibutuhkan guna pencairan bantuan UMKM 2023.

CARA MENCAIRKAN DANA BANTUAN UMKM

Yang paling mudah tentu saja Anda harus bertanya ke pihak terkait secara langsung agar bisa dipandu untuk mencairkan dana bantuan UMKM ini.

Tapi mungkin agar Anda tidak buta sama sekali, maka Anda perlu mengetahui sejumlah langkah untuk mencairkan dana bantuan UMKM yang diantaranya adalah:

1. Pastikan Anda sudah masuk ke dalam peserta penerima bantuan UMKM

2. Mendapatkan reservasi untuk pencairan bantuan UMKM

3. Datangi bank BRI untuk bisa mendapatkan pencairan dana

4. Jika ada permasalahan mengenai pencairan dana, segera laporkan pada pihak terkait

5. Jangan lupa untuk melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pencairan dana

Kalau berbicara soal kans mengenai pencairan, jika nama Anda sudah termasuk ke dalam daftar, 99 persen maka pencairan dana akan Anda dapatkan.

Jadi tidak perlu khawatir, kalaupun ada masalah, mungkin hanya sebatas persyaratan yang belum lengkap saja. Begitu selesai dilengkapi, pencairan dana akan bisa dilakukan.