Fakta Menarik Tentang Arcandra Tahar

18-10-2016 (3 months ago)

Kisah hidup Arcandra Tahar, Wakil Menteri ESDM bak drama. Diangkat lalu diberhentikan. Tapi tak lama diangkat lagi. Berikut fakta menarik soal Arcandra.

Nama Arcandra Tahar, sempat ramai dibicarakan publik, ketika mencuatnya kasus dwi kewarganegaraan yang dimilikinya. Padahal, ketika itu Arcandra, baru saja dilantik jadi Menteri ESDM, menggantikan Sudirman Said. Awal diangkat, publik sempat kaget dengan munculnya nama Arcandra. 
 
Ya, Arcandra dianggap orang yang datang dari antah berantah. Namanya selama ini tak terdengar, tiba-tiba diangkat jadi Menteri ESDM, salah satu jabatan kementerian strategis di kabinet. Siapa Arcandra? Rasa heran publik, sedikit terjawab oleh sepenggal penjelasan dari pihak Istana. Menurut pihak Istana, Arcandra adalah anak bangsa yang lama tinggal di Amerika. Reputasinya soal enertak diragukan lagi. Katanya, Arcandra adalah pemegang beberapa hak paten di bidang energi. Ya, dikesankan seperti Habibie, memang. Berikut sekelumit fakta-fakta tentang Arcandra yang dirangkum dari berbagai sumber. 
 
1. Kisah Hidupnya Mirip Habibie
 

Kisah hidup Arcandra memang agak mirip dengan Habibie yang lama tinggal dan berkarir di Jerman, sampai kemudian dipanggil Soeharto ke Tanah Air untuk mengabdi. Arcandra juga demikian. Ia lama pergi dari Indonesia, dan tak balik-balik. 
 
Tapi bukan ke Jerman, Arcandra merantau. Dia pergi ke negeri Paman Sam. Awalnya memang untuk kuliah, menamatkan S2-nya. Mirip Habibie yang juga pergi ke Jerman untuk sekolah. 
 
Selepas lulus kuliah, kisah Arcandra juga mirip dengan Habibie. Dapat gelar, lalu kerja di negeri orang. Arcandra lama berkarir di Amerika. Di bidang energi ia berkarir, sesuai jurusan yang diambilnya saat kuliah. Sampai kemudian, ia bisa mendirikan perusahaan sendiri. Begitu yang dikatakan Arcandra kepada wartawan saat ditanya tentang kehidupannya di Amerika Serikat. 
 
Arcandra tinggal di Amerika, 20 tahun lamanya. Menurut keluarganya di Padang, Arcandra jarang pulang. Sempat pulang ketika hendak menikah dengan, Fauline,  gadis yang kini jadi istrinya. Oh ya, Arcandra adalah kelahiran Padang, 10 Oktober 1970. Anak minang dia. 
 
Dunia perminyakan atau energi memang dunia Arcandra. Ia lulus S2 dari Texas A&M University, sebuah universitas yang memang terkenal di bidang energi. Universitas ini ada di Kota Texas, pusat perminyakan Amerika Serikat. Lama malang melintang di negeri orang, Arcandra akhirnya pulang. Kepulangannya bukan kepulanban biasa. Dia pulang bukan karena kangen kampung halaman. Tapi dia pulang karena mau dilantik jadi menter. Pada 27 Juli 2016, Arcandra resmi jadi pembantu Jokowi. 
 
2. Jadi Menteri Tersingkat Dalam Sejarah Kabinet di Indonesia

 
Pada 27 Juli 2016, Arcandra Tahar resmi  dilantik Jokowi di Istana Negara. Bahkan Arcandra sempat dikenalkan bersama menteri-menteri baru  lainnya, yang juga dilantik di tanggal yang sama. Salah satu menteri yang dilantik bersama Arcandra adalah Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani didapuk Jokowi menjadi Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Soemantri Brojonegoro yang digeser jadi Kepala Bappenas. 
 
Acara perkenalan di halaman Istana itu banyak disiarkan stasiun televisi. Nampak wajah asing yang rada 'culun'. Dialah Arcandra, Menteri ESDM pengganti Sudirman Said. Ia terlihat tersenyum bahagia. Meski nampak sedikit kikuk. 
 
Sampai kemudian publik pun dihebohkan dengan kasus dwi kewarganegaraan yang melilit Arcandra. Awalnya di dunia maya, beredar dokumen serta paspor Amerika yang dimiliki Arcandra. Kasus itu menggelinding bak bola salju. Banyak yang meminta Arcandra mundur, karena memiliki dua kewarganegaraan. Tak sedikit pula yang mendesak Jokowi segera mencopot Arcandra. Gelombang desakan kian kuat. Kasus Arcandra pun dibahas dimana-mana. Diseminarkan dan didiskusikan. Ramai pula diulas dalam talk show televisi. 
 
Sampai akhirnya, pada 15 Agustus 2016, Presiden Jokowi resmi memberhentikan Arcandra dengan hormat. Praktis sejak diangkat, sampai diberhentikan, Arcandra menjabat jadi Menteri ESDM hanya selama 20 hari. Sangat singkat. Mungkin menteri tersingkat jabatannya dalam sejarah kabinet di Indonesia. 
 
3. Punya Dwi Kewarganegaran

 
Kasus dwi kewarganegaraan yang menjadi titik balik hidup Arcandra, setelah pulang di Indonesia. Pernah hidup enak, nyaman dan mapan di Amerika, lalu pulang untuk jadi menteri. Tentu, kepulangan yang terhormat, dipercaya jadi pejabat negara. Tapi, hanya sesaat. Setelah itu datang badai bernama dwi kewarganegaraan. Arcandra ternyata punya paspor Amerika. Paspor yang menandakan dia itu sudah tercatat sebagai warga Paman Sam. Meski Arcandra berkilah, ia juga punya paspor Indonesia. 
 
Setelah diberhentikan, pemerintah lewat Kementerian Hukum dan HAM selanjutnya memproses pengembalian kewarganegaraan Arcandra. Arcandra pun kemudian diumumkan telah resmi kembali jadi WNI. Setelah itu namanya kembali ramai dibicarakan. Muncul desas-desus, Arcandra akan diangkat lagi jadi menteri. Ketika itu banyak suara yang menentangnya. Tapi, banyak pula yang mendukung Arcandra jadi menteri. Salah satunya Ruhut Sitompul, politisi Partai Demokrat. 
 
4. Pemegang Hak Paten


Ketika awal-awal jadi Menteri ESDM, banyak yang bertanya-tanya, siapa Arcandra. Sepenggal keterangan dari pihak Istana coba menjelaskan siapa Arcandra. Katanya Arcandra pemegang beberapa hak paten di bidang energi. Mengutip Wikipedia.org, salah satu hak paten yang dimiliki Arcanda adalah di bidang desain offshore. 
 
5. Diberhentikan Lalu Diangkat Lagi 
 
Jalan hidup Arcandra memang bak drama. Pernah dilantik jadi menteri, tapi kemudian diminta ramai-ramai mengundurkan diri dan dicopot. Kini Arcandra kembali lagi.  Ya, Arcandra akhirnya kembali lagi ke kabinet. Tapi, bukan sebagai menteri. Ia ditarik lagi oleh Jokowi, menjadi Wakil Menteri ESDM. Sementara pos menteri yang sempat digenggamnya selama 20 hari di isi oleh Ignasius Jonan, salah satu menteri yang juga sempat diberhentikan berbarengan dengan Arcandra. Kisah yang menarik memang. Diberhentikan, setelah itu diangkat lagi. 

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel

Artikel Terkait

Loading...