Mengenang Kegiatan Ekstrakurikuler Yang Akan Membawamu Ke Masa Sekolah
Berikut adalah beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang akan membawamu ke masa sekolah.

Masa sekolah adalah masa yang paling membahagiakan. Apapun masalah yang ada di rumah, entah itu masalah pribadi ataupun masalah keluarga. Seketika lenyap begitu saja dengan canda tawa bersama teman-teman sekolah. Terlebih, bila kita mempunyai pacar saat sekolah. Sekolah bisa lebih bersemangat, pengennya bertemu terus. Jikalau dirumah pengen cepat-cepat sekolah. Libur sehari rasanya seminggu. Namun apabila tengah dihukum, rasa malunya minta ampun. Pokoknya masa sekolah adalah pengobat segala rasa, tak peduli dengan banyaknya tugas dan susahnya mengisi jawaban tatkala ujian.

Bagi kamu yang sudah lulus sekolah baik itu SMP atau SMA, ataupun tengah menempuh pendidikan sekolah. Selain sekolah itu sendiri, akan ada banyak kegiatan diluar jam sekolah. Ingatkah kamu dengan kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan yang bisa menambah wawasan dan keterampilan. Kegiatan yang dapat membawa nama baik sekolah. Bahkan diantara kegiatan-kegiatan itu ada beberapa yang akan berlanjut sampai ke tingkat nasional. Serta diikutsertakan dalam kegiatan wajib yang diadakan oleh negara ini. Dan berikut adalah beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang akan membawamu ke masa sekolah.

Paskibraka

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau yang sering disebut dengan Paskibraka adalah pasukan yang bertugas untuk pengibaran dan penurunan bendera Sang Saka Merah Putih dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Dengan latihan antara lain baris berbaris dan pengibaran bendera Merah Putih. Para peserta yang terdiri dari pelajar SMA akan mengikuti penyeleksian terlebih dahulu sekitar bulan April. Untuk pelaksanaan kegiatan upacara sendiri akan diadakan di tiga tempat terpenting yakni tingkat Kabupaten yang diadakan di lapangan Kantor Bupati, tingkat Provinsi diadakan di lapangan Kantor Gubernur, dan tingkat tertinggi adalah Nasional yang diadakan di lapangan Istana Kepresidenan.

Pramuka

Praja Muda Karana atau yang disingkat dengan Pramuka adalah sebuah kegiatan pendidikan nonformal. Kegiatan ini dilakukan di luar lingkungan sekolah atau alam terbuka. Dengan tujuan pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Pramuka memiliki lambang tunas kelapa. Kegiatan Pramuka biasanya dapat diikuti oleh siswa mulai dari sekolah SD, SMP, maupun SMA. Gerakan pramuka lahir pada tahun 1961. Kegiatan pramuka sendiri terdiri dari dua anggota. Anggota pertama yaitu Anggota Muda yang terdiri dari golongan Siaga, golongan Penggalang, golongan Penegak, dan golongan Pandega. Serta anggota kedua yaitu Anggota Dewasa yang terdir dari Tenaga Pendidik dan Fungsionaris.

(Baca Juga: 5 Situasi saat Cowok Berbohong Dengan Pacar)

PMR

PMR atau Palang Merah Remaja merupakan sebuah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI. PMR merupakan salah satu bagian binaan PMI yang berpusat di sekolah-sekolah dengan tujuan melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana. Anggota PMR terdiri dari tiga tingkatan yaitu PMR Mula (PMR tingkat SD), PMR Madya (PMR tingkat SMP), dan PMR Wira (PMR tingkat SMA).

Itulah beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang terkenal di sekolah, dan ada banyak lagi selain yang aku sebutkan diatas. Apakah kamu merupakan anggota dari salah satu kegiatan tersebut, atau bahkan semua kegiatan itu kamu ikuti?. Sangat seru dilakukan, bahkan menurutku sangat rugi bila sekolah tanpa mengikuti salah satu kegiatan tersebut. Karena selan pendidikan formal, kita juga membutuhkan pendidikan nonformal yang tentunya akan menambah wawasan.

Loading...

Artikel Terkait