Fakta Tentang Voodoo yang Salah Diartikan Oleh Masyarakat
Kamu berpikir bahwa voodoo adalah suatu ilmu hitam yang digunakan untuk menyakiti orang lain, atau kata lainnya adalah santet Amerika

Kamu berpikir bahwa voodoo adalah suatu ilmu hitam yang digunakan untuk menyakiti orang lain, atau kata lainnya adalah santet Amerika. Namun ternyata voodoo merupakan suatu agama yang telah ada ketika zaman pra-sejarah. Fakta apa lagi tentang voodoo yang jarang diketahui oleh masyarakat? Berikut ulasannya.

1. Tiga Aliran Voodoo


Di dunia ini terdapat tiga aliran Voodoo yang berbeda. Aliran tersebut juga dapat dipengaruhi dari lingkungan mereka seperti Voodoo yang ada di Afrika Barat masih digunakan kurang lebih pada 30 juta orang, terutama pada negara Benin serta Ghana. Keyakinan dan ritual Voodoo mereka masih asli tanpa tersentuh dunia luar.

Berbeda dengan aliran Voodoo yang ada di Lousiana, alirang ini banyak dipengaruhi dari penduduk asal Perancis serta Spanyol. Yang ketiga adalah Voodoo Haiti yang dibentuk atas pengaruh dari penduduk Prancis, dan umat Kristen.

2. Rado serta Petro


Tidak semua Voodoo berfokus pada ilmu hitam. Nyatanaya Voodoo dibagi antara ilmu hitam serta ilmu putih yakni Rado Voodoo dengan Petro Voodoo. Ilmu Rado Voodoo adalah ilmu putih yang damai dan sejahtera, sedangkan Petro Voodoo merupakan ilmu hitam yang berbahaya.

Ilmu Petro Voodoo sangat berbahaya. Bahkan beberapa praktisi dan pendeta Voodoo mampu membangkitkan seseorang menjadi zombie dan menciptakan sebuah kutukan kematian.

3. Voodoo Untuk Pengobatan


Dengan menggunakan ilmu Rado Voodoo seseorang dapat menyembuhkan penyakitnya serta mempunyai keburuntungan yang banyak dalam perjalanan hidupnya. Namun, sebelum praktik pengobatan dilakukan. Biasanya para pendeta Voodoo akan melihat pasiennya terlebih dahulu.

Kalau pendeta Voodoo merasa penderitaan serta penyakit yang diderita oleh sang pasien lebih besar daripada kekuatan pendeta untuk mengobati pasien tersebut, maka pendeta Voodoo akan menyuruh sang pasien untuk menjalani pengobatan medis modern.

4. Pengorbanan Hewan


Setiap ritual Voodoo pasti ada yang namanya pengorbanan hewan. Tetapi pengorbanan hewan yang asli tidak sesadis yang kamu lihat di film-film. Para praktisi Voodoo masih sehat dan waras, mereka tidak haus akan darah,

Praktisi Voodoo menggunakan hewan untuk pengorbanan dan selanjutnya akan ditawakan kepada roh-roh yang dikenal dengan sebutan loa. Mereka percaya bahwa para praktisi dapat menggabungkan kekuatan kehidupan hewan dengan kekuatan kehidupan roh tersebut. Seringkali daging serta darah hewan sebelum dikorbankan akan dimasak terlebih dahulu.

5. Zombie Voodoo


Kalau kamu sering menyaksikan film horror klasik. Kamu pasti beranggapan bahwa zombie voodoo berasal dari Haiti. Memang benar bahwa "zombie" itu nyata, tetapi mereka tidak seperti yang kamu bayangkan yakni mengejar dan akan memakanmu.

Zombie pada dunia nyata adalah seseorang yang sudah kehilangan jiwa, kecerdasan, serta kesadaran dirinya. Percaya atau tidak, zombie merupakan orang yang sudah mati, tetapi bisa dibangkitkan kembali oleh para pendeta Voodoo untuk digunakan sebagai budak.

Artikel Terkait