Benda Ini Bau Busuk, Tapi Harganya Miliaran. Kok bisa?

Fakta 3 months ago
Benda Ini Bau Busuk, Tapi Harganya Miliaran. Kok bisa?

Sore itu, Gary dan Angela, pasangan asal Lancashire, Inggris, tengah menikmati angin laut di di bibir Pantai Middleton, dekat rumah mereka. Ketika sedang asyik menyusuri pantai, keduanya tiba-tiba mencium aroma busuk luar biasa. Selidik punya selidik, aroma tak karuan itu bersumber dari sebongkah benda yang menyerupai batu, tetapi lembek. Warnanya putih agak kotor, keabu-abuan. “Saya sudah tak tahan ingin cepat-cepat pergi dan meninggalkannya. Aromanya sama saja dengan kotoran manusia,” kata Angela.

Untunglah Gary agak penasaran. Ia tertarik dengan bentuk yang mirip batu namun lembek itu. Walaupun Angela protes lantaran tidak tahan dengan baunya, namun Gary bersikeras membawa benda itu pulang.

Diperlukan Proses Pengujian


Selidik punya selidik, ternyata benda aneh itu bernama ambergris. Memang sangat sedikit orang yang tahu mengenai ambergris. Tetapi, saat itu Gary menyadari bahwa benda asing itu bukan kotoran biasa, sehingga memindahkannya ke rumah mereka. Dan, sungguh menakjubkan, ambergris itu ternyata memiliki harga hampir 1 miliar rupiah! Produsen parfum bahkan berebut ingin membelinya.

Ambergris dikenal sebagai muntahan paus yang banyak diburu oleh produsen parfum, karena bisa menimbulkan aroma khas yang tahan lama. Sedangkan untuk menentukan apakah benda bau itu merupakan ambergris atau bukan, diperlukan proses pengujian.

Loading...

Cara mengujinya cukup dengan mendekatkan benda itu dengan nyala api. Jika bahan itu terbakar, maka bisa dipastikan bahwa itu ambergris. Namun jika ingin lebih pasti, benda itu bisa diidentifikasi secara lebih akurat di laboratorium.

Setelah Enam Bulan


Kata ambergris sebetulnya bersumber dari istilah ambre atau amber dan gris yang berarti warna abu-abu atau grey. Ambergris hanya dimuntahkan oleh jenis ikan paus sperma. Secara biologis, muntahan ini merupakan cara ikan paus sperma untuk membuang racun makanan dari dalam tubuh. Namun bagi manusia, muntahan ini memiliki manfaat lain, dan sama sekali tidak beracun.

Walaupun sangat bau busuk sesaat setelah dimuntahkan paus, namun ambergris akan mencuatkan aroma wangi jika disimpan dalam jangka waktu enam bulan. Ia tidak berubah menjadi wangi secara tiba-tiba, melainkan setelah melalui proses oksidasi tertentu.

Tags: Ambergris, Parfum, Aroma Parfum, Muntahan Paus, Ikan Paus, Paus Sperma

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com