Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

08-10-2016 (3 months ago)

Membacakan dongeng sudah mulai ditinggalkan oleh para orang tua, padahal dengan membacakan dongeng akan memberikan dampak positif untuk sang anak

Dongeng adalah cerita fiktif atau khayalan yang tidak benar-benar terjadi pada kehidupan nyata. Banyak sekai contoh dongeng yang ada di dunia yang memiliki tujuan untuk menghibur dan juga mendidik orang yang mendenarkanya, terutama bagi anak-anak kecil atau balita. Dalam cerita dongeng pasti terdapat pesan moral yang bisa diambil dan diketahui oleh anak-anak. Dongeng juga biasanya diceriatakan oleh orang tua kepada anaknya sebelum mereka tidur. Hal ini biasanya bertujuan untuk membuat sang anak cepat tidur.

Akan tetapi di era modern saat ini banyak orang tua yang melupakan tradisi atau kebiasaan membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur, padahal dengan membacakan dongeng bisa memberikan manfaat baik kepada sang anak. APa saja itu?

Mengembangkan Imajinasi Anak


Dengan membacakan dongeng kepada anak setiap malam sebelum tidur, akan membantu dalma pengembangan imajinasi pada anak. Dengan membacakan dongeng kepada anak maka secara tidak langsung kita sudah mengajarkan berfikir cepat dan efektif kepada anak kita. Anak bisa menemukan solusi yang lebih tepat. Dengan membacakan dongeng juga bisa membantu anak dalam mengembangkan imajinasinya, mereka akan membayangkan seolah-olah mengalami kejadian apa yang anda ceritakan dalam dongeng tersebut.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak


Dengan kita membacakan dongeng kepada anak maka kita secara tidak langsung mengajarkan berbahasa kepada anak. Anak akan mengetahu kosa kata bahasa yang baru yang belum pernah di dengarnya sebelumnya, dengan begitu kemampuan berbahasa anak akan meningkat. Anak akan lebih mudah berkomunikasi dengan teman-temanya atau juga berkomunikasi dengan kita sebagai orang tua. Untuk itu selalu bacakan dongeng kepada anak sebelum tidur.

Meningkatkan Kreatifitas Anak


Jika kita membacakan dongeng kepada anak kita, maka anak kita akan berlatih berfikir tentang kelanjutan cerita dongeng yang kita bacakan tadi. Mereka akan mengira-ngira kejadian selanjutnya yang akan terjadi. Anak-anak akan berfikir kreatif dalam menghadapi permasalahan yang dialaminya. Anak juga akan mengetahui nama-nama benda atau sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui, kreatifitasnya akan terlihat saat anak bertanya kepada orang tua setelah mendengarkan dongeng yang kita bacakan.

Mengajarkan Moral Baik Kepada Anak


Pastinya setiap dongeng anak-anak terdapat pesan moral yang bisa diambil dan dimengerti oleh sang anak. Nah dengan membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur, maka bisa mengajari kepada anak tentang moral dan juga sikap baik yang seharusnya dilakukan dan sikap buruk yang seharusnya ditinggalkan atau tidak dilakukan. Misalnya dongeng kancil mencuri timun, ini mengajarkan kepada anak jika mencuri itu perbuatan yang jahat dan tidak boleh dilakukan. Dengan begitu anak akan mengerti mana yang baik dan mana yang burung hanya dengan mendengarkan dongeng yang kita ceritakan.

Nah bagus kan manfaat yang akan didapatkan anak jika kita menceritakan dongeng kepada mereka. Untuk itu selalu biasakan untuk menceritakan dongeng kepada anak sebelum tidur.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel

Artikel Terkait

Loading...