5 Alasan Mengapa Alis Kamu Semakin Menipis

25-10-2016 (3 months ago)

Alis adalah salah satu bagian wajah yang sangat penting buat para cewek. Namun tanpa kamu sadari ternyata ada beberapa perawatan yang malah membuat alismu semakin menipis.

Saat kamu melihat alis kamu semakin menipis, penting sekali untuk mengetahui penyebab kenapa hal itu bisa terjadi. Kamu harus memastikan bahwa itu bukan hal yang akan membuat kamu menjadi lebih buruk. Meski akan tumbuh lagi, tentu dengan waktu yang agak lama.

Kamu tentu tidak ingin bagian wajah yang satu ini tampil tidak prima. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan alis mulai dari menata alis di salon langganan, membeli alat untuk membentuk alis kamu supaya lebih indah dan bahkan yang sedang tren saat ini yaitu mentato alis walau dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Semua itu dilakukan para cewek agar tampil semakin cantik. Namun ada beberapa hal yang malah membuat alis kamu semakin menipis dan tidak indah lagi. Hal ini bisa terjadi karena perawatan yang salah, gangguan yang diakibatkan oleh kondisi tubuh yang tidak sehat dan masalah umur.

Hati-Hati Saat Merapikan Alis Kamu Dengan Menggunakan Pinset Karena Alis Akan Tumbuh Kembali Setelah Kamu Cabut Dalam Waktu 6 Bulan


Pakai pinset adalah metode yang paling aman untuk merapikan alis secara instan dan murah. Hanya dengan menggunakan pinset alis akan bertahan lebih lama daripada jika kamu menggunakan pisau cukur. Namun sebaiknya kamu tidak mencabut alis secara berlebihan karena bisa menyebabkan kerontokan.

Sebelum kamu menggunakan pinset untuk merapikan alismu sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu pertumbuhan alis, karena rambut halus di bagian atas mata ini memerlukan waktu selama 6 bulan untuk tumbuh seperti semula.

Rambut alis tumbuh dari dalam kulit saat alis kamu cabut dengan pinset, hal ini membuat kulit tumbuh di atas pori-pori yang menyebabkan benjolan merah karena infeksi. Sebaiknya cuci pinset menggunakan alkohol agar kuman yang menempel pada pinset tidak berpindah ke kulit. Mencabut dengan pinset juga bisa merusak folikel sehingga membuat alis rontok permanen.

Ketika Usia Semakin Bertambah Hindari Hal-Hal Yang Bisa Membuat Alis Panas Karena Bisa Menyebabkan Kerontokan


Ketika umur semakin bertambah, pertumbuhan rambut akan melambat termasuk pada bagian alis. Untuk mencegah kerontokan sebaiknya hindari hal-hal yang bisa membuat alis panas, pastikan terhidrasi dengan cukup dan cegah stress.

Hipotiriodisme, Keadaan Tiroid Tidak Bisa Menghasilkan Cukup Hormon Karena Efek Kelelahan


Alasan lain mengapa alis kamu rontok adalah tiroid yang seharusna mengontrol laju penggunaan energi sintetis protein dengan cara memproduksi hormon tiroid terlalu rendah dan tidak mencukupi. Biasanya ini terjadi saat kamu kelelahan, berat badan yang berlebih dan cuaca dingin. Namun penyebab yang paling umum adalah defisiensi yodium.

Kekurangan Gizi, Karena Zat Besi Dan Seng Sangat Berperan Dalam Pembentukan Folikel Rambut


Secara menyeluruh kekurangan nutrisi bisa berakibat buruk untuk kesehatan seluruh anggota tubuh termasuk rambut di kulit kepala dan alis kamu, hal ini bisa membuat alis semakin jarang. Agar alis kamu kembali tumbuh dibutuhkan zat besi dan seng yang sangat berguna untuk pertumbuhan folikel rambut. Zat besi dan seng bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi daging tampa lemak (lentil).

Untuk mengaktifkan protein rambut dan memperbaiki sel bisa juga dengan asupan Vitamin D sedangkan untuk menghidrasi rambut  diperlukan Omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan yang berlemak seperti ikan salmon. Omega 3 juga baik untuk memperbaiki rambut yang terlanjur rusak. Untuk memperkuat akar rambut penuhi asupan dengan Vitamin B7 dan B12 karena jika kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan rambut rapuh.

Kondisi Medis Yang Bisa Menyebabkan Alis Tipis Berikutnya Adalah Dermatitis Atopik (Eksim)


Dermatitis atopik bisa menyebabkan alis kamu semakin tipis. Peradangan pada kulit yang mengarah pada kulit terasa gatal, bengkak dan memerah. Hal ini mungkin terjadi pada 20 persen dari seluruh populasi manusia yang ada di dunia dan yang paling rentan adalah anak muda. Meski jarang terjadi, kulit pada bagian alis bisa saja gatal dan memerah yang pada akhirnya bisa menyebabkan kerontokan. Jika semakin parah sebaiknya segera periksakan ke dokter spsesialis kulit kepercayaan kamu.

Artikel Terkait

Loading...