close
Sebagai Orang Indonesia, Kamu Wajib Tahu Makna Dibalik 6 Motif Batik Keren Ini
Batik adalah salah satu corak kesenian yang dituangkan dalam lukisan khas Indonesia, dari berbagai daerah pelosok negeri ini..

Batik merupakan kebudayaan besar yang dimiliki Indonesia dan sudah sangat dikenal dimata dunia. Awalnya batik dibuat  dari kain putih polos yang terbuat dari kapas atau sering disebut dengan kain mori. Namun seiring perkembangan jaman kini kain batik bisa juga menggunakan kain sutera, katun, rayon, polister dan bahan sintetis lainnya.

Motif yang ada pada kain batik sendiri menggunakan cairan lilin dengan media canting untuk motif-motif halus sedangkan untuk motif tulis untuk ukuran besar menggunakan kuas, selanjutkan cairan lilin dapat meresap ke dalam kain.

Motif Batik Kawung Yang Melambangkan Kesucian dan Usia Panjang


Nama kawung sendiri diambil dari sejenis buah kelapa atau sering desebut dengan kolang-kaling yang tertata secara rapi dan geometris. Sering juga motif batik kawung dipresentasikan dengan lotus atau bunga teratai yang sedang mekar dengan empat helai daun. Lotus sendiri dalam tradisi indonesia dimaknai dengan kesucian dan usia panjang.

Biasanya motif batik kawung diberi nama sesuai ukuran besar kecilnya bulatan lonjong yang ada dimotif tertentu. Ada tiga jenis batik kawung yaitu kawung picis, kawung bribil dan kawung sen. Motif kawung picis merupakan motif dengan bulatan alur yang tertata namun kecil-kecil, motif kawung bribil memiliki alur yang tertata lebih bear dari kawung picis dan kawung sen adalah jenis kawung dengan motif bulat lonjong yang besarnya diatas kawung bribil.

Motif Batik Sidoasih Melambangkan Kehidupan Yang Penuh Cinta Kasih


Motif batik sidoasih adalah batik yang masuk dalam salah satu batik kraton. Dalam bahasa jawa ’’sido’’ memiliki arti terus dan ’’asih’’ memiliki arti sayang. Jadi batik sidoasih memiliki makna kehidupan yang penuh cinta dan kasih sayang, menentramkan kehidupan baik di dunia hingga sampai di akhirat.

Dalam sebuah pernikahan adat jawa batik ini sering dipakai sebagai busana malam pengantin. Tujuan penggunaan motif batik sidoasih adalah agar sepasang pengantin mampu menjalani kehidupan barunya dengan harmonis, romantis serta penuh cinta kasih.

Motif Batik Sidomukti Memiliki Harapan Tercapainya Kebahagian Lahir Batin


Sedangkan motif batik yang satu ini biasanya digunakan saat resepsi pengantin dalam sebuah pernikahan degan adat jawa. Unsur motif yang terkandung dalam batik sidomukti adalah motif gurda dan mengguanakan pewarna soga alam. ’’Sido’’ dalam bahasa jawa mempunyai arti agar harapan yang diinginkan bisa tercapai dan mukti memiliki arti tercapainya kebahagiaan lahir dan batin.

Motif Batik Tambal Memiliki Harapan Kesembuhan Bagi Orang Yang Sedang Sakit


Arti dari tambal dalam bahasa jawa adalah memperbaiki sesuatu hal yang rusak. Dalam menjalani sebuah kehidupan, manusia harus sengangtiasa introspeksi diri dan memperbaiki diri untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Dalam kepercayaan masyarakat jawa jika seseorang yang sedang sakit akan diselimuti degan kain motif batik tambal dengan harapan untuk mempercepat proses kesembuhan karena mereka beranggapan jika seseorang sakit maka ada sesuatu yang kurang sehingga memerlukan penambalan.

Batik Semen Rama Melambangkan Kehidupan Yang Makmur


Kata semi memiliki arti makmur atau berkembang. Maka batik motif semen rama (dibaca semen romo) adalah penggambaran dari kehidupan yang makmur (semi). Batik semen rama sering dihubungkan dengan kisah Ramayana dimana sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah seperti apa yang tertuang dalam cerita itu.

Ornamen yang ada dalam batik semen rama yang pertama adalah sesuatu yang ada hubungannya dengan daratan seperti tumbuhan dan binatang berkaki empat. Kedua, ornamen yang ada hubungannya dengan udara seperti burung, burung garuda dan juga megamendung. Ketiga, ornamen yang ada hubungannya dengan laut seperti katak, seperti ikan dan air. Ketiganya merupakan prinsip Tribawana dimana ada 3 dunia dan manusia berada ditengah, atas merupakan nirwana tempat para dewa serta bawah merupakan tempat angkara murka.

Motif Batik Cuwiri Melambangkan Tingkat Drajat Yang Tinggi


Dahulu motif batik cuwiri hanya digunakan oleh orang yang drajatnya tinggi seperti keluarga bangsawan dan hanya digunakan dalam acara tertentu seperti dalam peringatan 7 bulanan. Biasanya batik cuwiri dipakai untuk semekan atau kemben dan untuk menggendong bayi. Motif batik cuwiri kebanyakan adalah unsur meru dan gurda.

Cuwiri mempunyai arti kecil dan harapan yang terkandung adalah pemakainya pantas, harmonis dan dihormati sesuai pandangan hidup orang jawa yaitu kemakmuran dan kebaikan.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh Saya Writerpas kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait