100 Daftar Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa

Film komedi adalah genre film yang bertujuan untuk menghibur penonton dengan menampilkan situasi dan dialog lucu. Film komedi dapat dibagi menjadi beberapa sub-genre, seperti komedi romantis, komedi aksi, dan komedi sosial. Beberapa contoh film komedi populer adalah "Bridesmaids," "Airplane!," dan "Anchorman: The Legend of Ron Burgundy."

Selain itu, film komedi juga dapat dibagi berdasarkan tipe humor yang digunakan, seperti komedi slapstick, komedi parodi, dan komedi absurd.

Komedi slapstick menggunakan aksi fisik dan kekacauan untuk menghasilkan tawa, sementara komedi parodi menggunakan elemen dari genre lain, seperti film aksi atau film horor, untuk menciptakan efek lucu.

Komedi absurd menampilkan situasi yang tidak masuk akal atau tidak logis untuk menimbulkan tawa. Film komedi juga dapat menyentuh topik-topik sosial atau politik dan dikenal dengan sebutan satire.

100 FILM KOMEDI TERBAIK

Komedi romantis menampilkan kisah cinta yang dipenuhi dengan situasi lucu dan komik. Beberapa contoh film komedi romantis populer adalah "When Harry Met Sally," "Notting Hill," dan "The Proposal."

Komedi aksi menggabungkan elemen aksi dengan komedi, seperti dalam film "Lethal Weapon" dan "Rush Hour". Komedi sosial menyentuh topik-topik sosial atau politik dan dikenal dengan sebutan satire, seperti dalam film "The Great Dictator" dan "Dr. Strangelove".

Komedi musikal menggabungkan musik dan tarian dengan cerita yang lucu, seperti dalam film "Singin' in the Rain" dan "The Rocky Horror Picture Show." Komedi slapstick menggunakan aksi fisik dan kekacauan untuk menghasilkan tawa, seperti dalam film "Three Stooges" dan "Home Alone".

Komedi parodi menggunakan elemen dari genre lain, seperti film aksi atau film horor, untuk menciptakan efek lucu, seperti dalam film "Scary Movie" dan "Airplane!". Komedi absurd menampilkan situasi yang tidak masuk akal atau tidak logis untuk menimbulkan tawa, seperti dalam film "Monty Python and the Holy Grail" dan "The Big Lebowski"

Film komedi telah lama menjadi genre yang populer di seluruh dunia, menawarkan hiburan yang dapat dinikmati oleh semua orang.

1. This Is Spinal Tap (1984)

This Is Spinal Tap (1984)
This Is Spinal Tap (1984)

"This Is Spinal Tap" adalah sebuah film komedi rock mockumentary yang dirilis pada tahun 1984. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Rob Reiner dan dibintangi oleh Christopher Guest, Michael McKean, dan Harry Shearer sebagai anggota band rock fiktif bernama Spinal Tap.

Cerita film ini mengikuti band Spinal Tap saat mereka melakukan tur promosi album baru mereka di Amerika Serikat. Film ini dibuat seolah-olah sebuah dokumenter, mengikuti kehidupan band sehari-hari selama tur, termasuk interaksi dengan penggemar, konflik antar anggota band, dan masalah teknis saat tampil.

Film ini terkenal karena menampilkan situasi komik yang lucu dan absurd, seperti masalah dengan skala ukuran panggung, perseteruan antar anggota band, dan masalah teknis saat tampil. Film ini juga mengeksploitasi stereotip band rock yang sering ditemukan dalam industri musik, seperti ego yang besar, kecanduan obat-obatan, dan perempuan yang digunakan sebagai objek seksual.

Secara keseluruhan, "This Is Spinal Tap" adalah film komedi yang sangat lucu dan menghibur yang mengeksploitasi kekonyolan dan keabsurdan dari dunia band rock. Film ini menjadi salah satu film komedi rock terbaik sepanjang masa dan masih dianggap sebagai klasik hingga saat ini.

2. Airplane! (1980)

Airplane! (1980)
Airplane! (1980)

Airplane! adalah film komedi tahun 1980 yang ditulis dan disutradarai oleh David dan Jerry Zucker serta Jim Abrahams.

Film ini mengisahkan tentang seorang pilot bernama Ted Striker (Robert Hays) yang harus mengambil alih kontrol dari sebuah pesawat yang sedang mengalami masalah saat di udara setelah kru pesawatnya jatuh sakit.

Striker harus berjuang untuk menyelamatkan penumpang dan mengendalikan pesawat dengan bantuan dari Elaine Dickinson (Julie Hagerty), seorang pramugari yang pernah bekerja sama dengannya.

Film ini dikenal karena gaya humor yang unik dan parodi yang diterapkan dari film-film lama seperti film-film penerbangan dan film katastrofi.

Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi, seperti adegan dimana Striker harus memberi instruksi penerbangan kepada seorang penumpang yang tidak memiliki pengalaman penerbangan dan adegan dimana Striker harus mengatasi masalah yang timbul dari kondisi cuaca yang buruk.

Secara keseluruhan, Airplane! adalah film yang menyajikan komedi yang cepat dan lucu, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini.

3. Monty Python's Life of Brian (1979)

Monty Python's Life of Brian (1979)
Monty Python's Life of Brian (1979)

Monty Python's Life of Brian adalah film komedi tahun 1979 yang ditulis dan disutradarai oleh Monty Python, sekelompok pelawak Inggris yang terkenal. Film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Brian Cohen (Graham Chapman) yang lahir pada waktu yang sama dengan Yesus dan dianggap sebagai Mesias oleh sekelompok orang yang salah paham.

Brian menjadi terlibat dalam aktivitas revolusioner yang didukung oleh orang-orang yang percaya padanya sebagai Mesias, tetapi dia selalu mencoba untuk meyakinkan mereka bahwa dia bukanlah orang yang mereka kira. Dia juga jatuh cinta pada seorang wanita bernama Judith (Terry Jones) yang merupakan anggota dari kelompok revolusioner tersebut.

Film ini dikenal karena gaya humor yang cepat dan acak serta parodi yang diterapkan terhadap agama dan sejarah. Beberapa adegan dalam film ini dianggap kontroversial karena dianggap melecehkan agama, namun Monty Python menyatakan bahwa film ini sebenarnya merupakan parodi yang tidak bermaksud menghina agama.

Secara keseluruhan, Monty Python's Life of Brian adalah film yang menyajikan komedi yang cerdas dan menghibur, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini.

4. Annie Hall (1977)

Annie Hall (1977)
Annie Hall (1977)

Annie Hall adalah film komedi romantis tahun 1977 yang ditulis, disutradarai, dan dibintangi oleh Woody Allen. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Alvy Singer (Woody Allen), seorang komedian yang suka bercanda dan Annie Hall (Diane Keaton), seorang wanita yang memiliki sifat yang berbeda dari Alvy.

Mereka bertemu di klub komedi dan jatuh cinta, tetapi hubungan mereka tidak lancar karena perbedaan karakter dan permasalahan yang muncul dalam hubungan mereka. Film ini mengeksplorasi berbagai masalah yang sering muncul dalam hubungan cinta, seperti komunikasi, kepercayaan, dan perbedaan pandangan.

Annie Hall dikenal karena gaya naratif yang unik, yang menggabungkan elemen komedi dan drama dengan baik. Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi romantis, seperti adegan dimana Alvy dan Annie bertemu kembali setelah putus dan adegan dimana Alvy mengejar Annie ke Los Angeles.

Secara keseluruhan, Annie Hall adalah film yang menyajikan komedi yang cerdas dan romantis, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini. Film ini memenangkan 4 Academy Awards termasuk Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best Actress in a Leading Role for Diane Keaton.

5. Groundhog Day (1993)

Groundhog Day (1993)
Groundhog Day (1993)

Groundhog Day adalah film komedi-fantasi tahun 1993 yang ditulis dan disutradarai oleh Harold Ramis. Film ini dibintangi oleh Bill Murray sebagai Phil Connors, seorang wartawan televisi yang terjebak dalam lingkaran waktu yang sama setiap harinya saat meliput acara Groundhog Day di sebuah kota kecil di Pennsylvania. Phil harus mengalami hari yang sama berulang-ulang, tanpa ada jalan keluar, sampai dia belajar untuk mengubah sikap dan tingkah lakunya untuk menemukan cinta dan arti hidup.

Film ini dikenal karena konsep yang unik dan penggambaran karakter yang menyentuh, yang menyajikan komedi yang menghibur sambil mengeksplorasi tema-tema seperti kesepian, kebosanan, dan pembelajaran. Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi, seperti adegan dimana Phil mencoba untuk mengalahkan hari yang sama dengan berbagai cara dan adegan dimana Phil dan Rita (Andie MacDowell) mulai menjalin hubungan romantis.

Secara keseluruhan, Groundhog Day adalah film yang menyajikan komedi yang menghibur dan menyentuh, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini. Film ini menjadi populer dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari Bill Murray dan Harold Ramis.

6. The Jerk (1979)

The Jerk (1979)
The Jerk (1979)

"The Jerk" (1979) adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh Carl Reiner dan dibintangi oleh Steve Martin. Film ini mengisahkan tentang kisah seorang pria bernama Navin Johnson (diperankan oleh Steve Martin) yang dilahirkan dan dibesarkan di sebuah rumah kumuh di Mississippi. Ia merasa tidak nyaman dengan hidupnya dan bertekad untuk menemukan tujuannya dalam hidup.

Navin meninggalkan rumahnya dan berkelana untuk menemukan tujuannya dalam hidup. Ia bekerja sebagai pelayan, penjual alat pancing, dan bahkan sebagai pemain musik. Namun, setiap kali ia menemukan sesuatu yang ia inginkan, ia segera merasa tidak puas dan mencari sesuatu yang lain.

Film ini menyajikan komedi absurd yang mengisahkan tentang Navin yang berkelana dan mencari tujuannya dalam hidup sambil mengalami banyak kesalahan dan kegagalan. Film ini sangat menghibur dan mengisahkan tentang tema persahabatan, keberanian, dan kesetiaan dalam mencari tujuan hidup.

7. Withnail & I (1987)

Withnail & I (1987)
Withnail & I (1987)

Withnail & I adalah film komedi-drama Inggris tahun 1987 yang ditulis dan disutradarai oleh Bruce Robinson. Film ini mengisahkan tentang kisah dua teman yang tinggal di London, Withnail (Richard E. Grant) dan "I" (Paul McGann), yang merupakan versi fiksi dari Robinson sendiri. Mereka berdua adalah aktor yang gagal dan hidup dalam kesulitan ekonomi dan kondisi yang kurang baik.

Mereka memutuskan untuk pergi ke rumah pegunungan yang di sewakan di Lake District, Inggris untuk menghindari panas dan kesulitan keuangan di London. Namun, perjalanan mereka tidak berjalan sesuai rencana dan mereka harus menghadapi berbagai masalah seperti cuaca buruk, masalah pemasokan, dan masalah pribadi.

Film ini dikenal karena gaya humor yang unik dan dialog yang cerdas, yang menyajikan komedi yang menghibur sambil mengeksplorasi tema-tema seperti kekecewaan, kesendirian, dan persahabatan. Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi-drama, seperti adegan dimana Withnail dan "I" menghadapi masalah dengan pemilik rumah dan adegan dimana Withnail berkelahi dengan pemilik toko.

Secara keseluruhan, Withnail & I adalah film yang menyajikan komedi yang menghibur dan menyentuh, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini. Film ini menjadi populer dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari Bruce Robinson.

8. Team America: World Police (2004)

Team America: World Police (2004)
Team America: World Police (2004)

"Team America: World Police" (2004) adalah sebuah film komedi aksi yang disutradarai oleh Trey Parker dan Matt Stone. Film ini dikenal karena penggunaan marionette sebagai tokoh utama dan mengisahkan tentang organisasi rahasia bernama Team America yang berjuang melawan teroris dan menyelamatkan dunia dari ancaman.

Film ini menceritakan tentang Team America yang dikirim untuk mengalahkan sekelompok teroris yang diperintah oleh seorang tokoh bernama Kim Jong-il dari Korea Utara. Mereka berjuang melawan teroris dan menyelamatkan dunia dari ancaman nuklir. Film ini menampilkan aksi yang intens dan komedi yang absurd, serta mengisahkan tentang tema persahabatan, keberanian, dan kesetiaan dalam melawan teroris.

9. Duck Soup (1933)

Duck Soup (1933)
Duck Soup (1933)

Duck Soup adalah film komedi tahun 1933 yang ditulis, disutradarai, dan dibintangi oleh The Marx Brothers, sekelompok pelawak Amerika yang terkenal. Film ini mengisahkan tentang seorang pemimpin negara bernama Firefly (Groucho Marx) yang ditugaskan untuk memimpin negara kecil bernama Freedonia yang dilanda krisis ekonomi. Firefly mencoba untuk menyelamatkan negara dengan cara-cara yang konyol dan menyebabkan masalah yang lebih besar.

Film ini dikenal karena gaya humor yang cepat dan acak serta parodi yang diterapkan terhadap politik dan sosial. Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi, seperti adegan dimana Firefly menyampaikan pidato di parlemen dan adegan dimana dia berkelahi dengan pemimpin negara lain.

Secara keseluruhan, Duck Soup adalah film yang menyajikan komedi yang cerdas dan menghibur, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini. Film ini menjadi salah satu film terpopuler dari The Marx Brothers dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari kelompok ini.

10. 'Monty Python and the Holy Grail (1975)

'Monty Python and the Holy Grail (1975)
'Monty Python and the Holy Grail (1975)

Monty Python and the Holy Grail adalah film komedi-petualangan tahun 1975 yang ditulis dan disutradarai oleh Monty Python, sekelompok pelawak Inggris yang terkenal. Film ini mengisahkan tentang petualangan King Arthur (Graham Chapman) dan Knights of the Round Table saat mereka berusaha untuk menemukan Holy Grail. Film ini menampilkan berbagai parodi yang diterapkan terhadap legenda Arthurian dan film-film petualangan lama.

Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi, seperti adegan dimana King Arthur dan Sir Bedevere mencoba untuk mengangkat sebuah batu besar dan adegan dimana Sir Lancelot menyelamatkan damsel in distress yang terjebak di dalam kastil. Film ini juga dikenal karena gaya humor yang cepat dan acak serta penggunaan efek visual yang minimalis.

Secara keseluruhan, Monty Python and the Holy Grail adalah film yang menyajikan komedi yang cerdas dan menghibur, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini. Film ini menjadi salah satu film terpopuler dari Monty Python dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari kelompok ini.

11. Borat: Cultural Learnings of America For Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan (2006)

Borat: Cultural Learnings of America For Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan (2006)
Borat: Cultural Learnings of America For Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan (2006)

"Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan" (2006) adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh Larry Charles dan dibintangi oleh Sacha Baron Cohen sebagai karakter Borat Sagdiyev, seorang jurnalis Kazakhstan yang datang ke Amerika Serikat untuk membuat film dokumenter tentang budaya Amerika.

Film ini mengikuti Borat yang berkelana di seluruh Amerika, dari New York hingga California, sambil melakukan berbagai aktivitas yang konyol dan absurd. Dia bertemu dengan berbagai jenis orang, dari para pemimpin politik hingga orang-orang biasa, dan mengejek budaya dan norma-norma sosial Amerika. Film ini mengisahkan tentang tema kesenjangan budaya dan stereotip, serta mengisahkan tentang komedi yang absurd dan mengejek.

12. The Big Lebowski (1998)

The Big Lebowski (1998)
The Big Lebowski (1998)

The Big Lebowski adalah film komedi-pemburu hadiah tahun 1998 yang ditulis, disutradarai, dan diproduseri oleh Joel dan Ethan Coen. Film ini dibintangi oleh Jeff Bridges sebagai Jeff "The Dude" Leboswki, seorang penganggur yang mengalami kesalahpahaman dan terlibat dalam konspirasi yang rumit setelah seseorang dengan nama yang sama dengan dirinya diculik.

Dalam usahanya untuk menyelamatkan orang yang diculik dan menemukan penebus, The Dude harus berurusan dengan berbagai karakter yang aneh, termasuk seorang pemburu hadiah bernama Jackie Treehorn (Ben Gazzara), seorang pengusaha yang dicurigai menculik orang yang diculik, dan seorang pengacara bernama Walter Sobchak (John Goodman).

Film ini dikenal karena gaya humor yang unik dan karakter yang kuat serta parodi yang diterapkan terhadap film-film pemburu hadiah dan film noir. Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi, seperti adegan dimana The Dude berdebat dengan Walter Sobchak dan adegan dimana The Dude mengejar seorang pengacara yang mencuri koleksi bowlingnya.

Secara keseluruhan, The Big Lebowski adalah film yang menyajikan komedi yang cerdas dan menghibur, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini. Film ini menjadi populer dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari Joel dan Ethan Coen.

13. The Naked Gun (1988)

The Naked Gun (1988)
The Naked Gun (1988)

"The Naked Gun: From the Files of Police Squad!" (1988) adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh David Zucker dan dibintangi oleh Leslie Nielsen sebagai Frank Drebin, seorang detektif polisi yang bodoh dan tidak bertanggung jawab. Film ini adalah adaptasi dari serial televisi "Police Squad!" yang juga dibintangi oleh Nielsen.

Film ini menceritakan tentang Frank Drebin yang ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan yang akan terjadi pada seorang pemimpin negara. Dia berusaha untuk mengungkap konspirasi dan menyelamatkan pemimpin negara tersebut. Dalam prosesnya, ia mengalami serangkaian kejadian konyol dan absurd, yang seringkali menyebabkan masalah bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Film ini mengisahkan tentang komedi yang absurd dan mengejek, serta mengisahkan tentang tema persahabatan, keberanian, dan kesetiaan dalam menyelesaikan kasus. Film ini sangat menghibur dan mengisahkan tentang komedi yang absurd dan mengejek.

14. Dumb & Dumber (1994)

Dumb & Dumber (1994)
Dumb & Dumber (1994)

Dumb & Dumber adalah film komedi tahun 1994 yang ditulis dan disutradarai oleh Peter Farrelly dan Bobby Farrelly. Film ini dibintangi oleh Jim Carrey dan Jeff Daniels sebagai Lloyd Christmas dan Harry Dunne, dua sahabat yang sangat bodoh yang bekerja sebagai petugas pembersih di sebuah hotel. Mereka berdua terlibat dalam perjalanan yang konyol saat mereka berusaha untuk mengantar sebuah tas yang ditemukan Lloyd kepada seorang wanita yang dia sukai.

Film ini dikenal karena gaya humor yang lucu dan konyol serta adegan yang mengharukan. Beberapa adegan dalam film ini dianggap sebagai klasik dalam genre komedi, seperti adegan dimana Lloyd dan Harry mencoba untuk menjual sebuah mobil yang rusak dan adegan dimana Lloyd mencoba untuk mengungkapkan perasaannya pada Mary (Lauren Holly).

Secara keseluruhan, Dumb & Dumber adalah film yang menyajikan komedi yang lucu dan menghibur, yang tetap menyenangkan untuk ditonton hingga sekarang ini. Film ini menjadi populer dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari Peter dan Bobby Farrelly, serta menjadi salah satu film terpopuler dari Jim Carrey.

15. Some Like It Hot (1959)

Some Like It Hot (1959)
Some Like It Hot (1959)

"Some Like It Hot" (1959) adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh Billy Wilder dan dibintangi oleh Marilyn Monroe, Tony Curtis dan Jack Lemmon. Film ini menceritakan tentang dua pria, Joe dan Jerry, yang menyamar sebagai perempuan untuk menyelamatkan diri dari sekelompok gangster yang mengejar mereka setelah mereka menyaksikan pembunuhan. Mereka bergabung dengan sebuah band jazz yang diketuai oleh Sugar Kane dan mengikuti tur band tersebut.

Ketika mereka menyamar sebagai perempuan, Joe jatuh cinta pada Sugar Kane dan Jerry jatuh cinta pada seorang miliarder bernama Osgood Fielding III. Dalam prosesnya, mereka harus menghadapi berbagai masalah dan kesulitan sambil berusaha untuk menyelamatkan diri dari gangster dan menyelesaikan masalah cinta mereka.

Film ini mengisahkan tentang komedi yang absurd dan mengejek, serta mengisahkan tentang tema persahabatan, keberanian, dan kesetiaan dalam menghadapi masalah yang dihadapi. Film ini sangat menghibur dan mengisahkan tentang komedi yang absurd dan mengejek.

16. Trading Places (1983)

Trading Places (1983)
Trading Places (1983)

Trading Places adalah film komedi tahun 1983 yang dibintangi oleh Eddie Murphy dan Dan Aykroyd. Ceritanya berpusat pada dua saudagar kaya yang bernama Randolph dan Mortimer Duke, yang membuat perjanjian untuk menukar tempat dengan seorang penjual kentang jalanan bernama Billy Ray Valentine (Eddie Murphy) dan seorang pria kaya yang jatuh miskin bernama Louis Winthorpe III (Dan Aykroyd). Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk menguji teori mereka tentang apakah seseorang lahir dengan keberuntungan atau apakah lingkungan yang seseorang dikelilingi yang membuat mereka sukses. Melalui serangkaian kejadian kocak dan mengejutkan, keduanya belajar banyak tentang hidup dan masing-masing membantu yang lain untuk mengalahkan Duke bersaudara dan mengungkap konspirasi yang sedang mereka lakukan.

17. Planes, Trains and Automobiles (1987)

Planes, Trains and Automobiles (1987)
Planes, Trains and Automobiles (1987)

"Planes, Trains and Automobiles" (1987) adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh John Hughes dan dibintangi oleh Steve Martin dan John Candy. Film ini mengisahkan tentang kisah Neal Page (diperankan oleh Steve Martin), seorang eksekutif yang berusaha untuk pulang ke rumah keluarganya di Chicago selama Thanksgiving. Namun, ia terjebak dalam serangkaian peristiwa yang tidak diinginkan bersama Del Griffith (diperankan oleh John Candy), seorang penjual perlengkapan mandi yang tidak diinginkan.

Neal dan Del harus menghadapi berbagai masalah dan kesulitan dalam perjalanan mereka, termasuk kehilangan penerbangan, masalah transportasi, dan masalah penginapan. Meskipun awalnya mereka tidak menyukai satu sama lain, mereka akhirnya menjadi teman baik dan berjuang bersama untuk sampai ke rumah Neal.

Film ini mengisahkan tentang kisah persahabatan yang unik dan komikal yang dibangun dari situasi yang tidak diinginkan, serta mengisahkan tentang tema persahabatan, keberanian, dan kesetiaan dalam menghadapi masalah yang dihadapi.

18. Dr Strangelove: Or, How I Learned To Stop Worrying And Love The Bomb (1964)

Dr Strangelove: Or, How I Learned To Stop Worrying And Love The Bomb (1964)
Dr Strangelove: Or, How I Learned To Stop Worrying And Love The Bomb (1964)

"Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb" adalah film satir tahun 1964 yang disutradarai oleh Stanley Kubrick. Film ini menceritakan tentang sebuah krisis nuklir yang hampir terjadi karena kesalahpahaman dan kegagalan dalam sistem keamanan militer Amerika Serikat.

Kisah dimulai dengan seorang komandan angkatan udara yang gila, Jack D. Ripper, yang mengeluarkan perintah untuk menyerang Uni Soviet tanpa persetujuan dari pemerintah. Dokter Strangelove, seorang ahli nuklir yang kehilangan kendali diri, dikirim untuk memberikan nasihat kepada presiden tentang situasi yang semakin memburuk. Namun, situasinya semakin runyam karena para pemimpin negara yang terperangkap dalam bunker yang aman yang berjuang untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran nuklir.

Film ini dikenal karena sinematografi yang mengesankan, skenario yang cerdas dan akting yang luar biasa, serta kritik sosial yang dalam terhadap perang froid dan kebijakan militer Amerika Serikat pada masa itu.

19. Anchorman: The Legend of Ron Burgundy (2004)

Anchorman: The Legend of Ron Burgundy (2004)
Anchorman: The Legend of Ron Burgundy (2004)

"Anchorman: The Legend of Ron Burgundy" (2004) adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh Adam McKay dan dibintangi oleh Will Ferrell sebagai Ron Burgundy, seorang pembawa acara berita televisi di San Diego pada tahun 1970-an. Film ini mengisahkan tentang kehidupan Ron Burgundy dan tim beritanya di stasiun televisi, yang terdiri dari Brian Fantana (Paul Rudd), Champ Kind (David Koechner) dan Brick Tamland (Steve Carell), yang selalu berusaha untuk mencari sensasi dan menjadi yang terbaik dalam dunia berita.

Ron Burgundy sangat bangga dengan posisinya sebagai anchor utama di stasiun televisi dan merasa terancam ketika seorang wanita bernama Veronica Corningstone (Christina Applegate) dipekerjakan sebagai anchor wanita pertama di stasiun televisi. Film ini menyajikan komedi absurd dan mengejek, serta mengisahkan tentang persahabatan, persaingan kerja dan penerimaan perubahan dalam dunia kerja.

20. Four Lions (2010)

Four Lions (2010)
Four Lions (2010)

"Four Lions" adalah sebuah film komedi-drama tahun 2010 yang disutradarai oleh Chris Morris. Film ini menceritakan tentang empat orang yang berusaha untuk melakukan serangan teroris di Inggris. Mereka adalah sekelompok pria Muslim yang tidak memiliki pengalaman militer atau keahlian dalam bidang terorisme, tetapi mereka memiliki keyakinan yang kuat bahwa mereka harus melakukan sesuatu untuk menyelamatkan umat Islam.

Film ini menggambarkan kisah kocak dan kadang-kadang menyedihkan dari empat orang ini yang berusaha untuk melakukan serangan, serta bagaimana kesalahan dan kekacauan mereka menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang mereka harapkan. Film ini juga mengungkapkan ironi dan kesalahan dalam pandangan teroris yang diharapkan untuk menjadi serius dan berbahaya. Four Lions mengejar tema yang berat dan kompleks namun dengan bahasa yang lucu dan ringan, membuatnya menjadi film yang unik dan menyentuh.

21. Young Frankenstein (1974)

Young Frankenstein (1974)
Young Frankenstein (1974)

"Young Frankenstein" (1974) adalah sebuah film komedi horor yang disutradarai oleh Mel Brooks dan dibintangi oleh Gene Wilder, Peter Boyle, Marty Feldman, Teri Garr, Cloris Leachman, dan Madeline Kahn. Film ini adalah parodi dari film horor klasik "Frankenstein" karya Mary Shelley.

Film ini mengisahkan tentang Dr. Frederick Frankenstein (diperankan oleh Gene Wilder), seorang ahli bedah yang merupakan keturunan dari Dr. Victor Frankenstein, yang diharuskan untuk mengambil alih laboratorium kakeknya dan melanjutkan karya-karya penciptaan manusia yang diciptakan oleh kakeknya. Dia bekerja sama dengan asisten Igor (diperankan oleh Marty Feldman) dan Inga (diperankan oleh Teri Garr) untuk menciptakan manusia yang hidup kembali yang sempurna, tetapi dia harus menghadapi berbagai masalah dan kesulitan yang tidak diinginkan.

Film ini menyajikan komedi absurd dan mengejek, serta mengisahkan tentang tema persahabatan, keberanian, dan kesetiaan dalam menghadapi masalah yang dihadapi. Film ini sangat menghibur dan mengisahkan tentang komedi yang absurd dan mengejek.

22. Ghostbusters (1984)

Ghostbusters (1984)
Ghostbusters (1984)

"Ghostbusters" adalah film komedi tahun 1984 yang disutradarai oleh Ivan Reitman. Film ini dibintangi oleh Bill Murray, Dan Aykroyd, Harold Ramis, dan Ernie Hudson sebagai tim penangkap hantu yang dikenal sebagai Ghostbusters.

Ceritanya mengikuti kisah tiga ilmuwan yang diberhentikan dari universitas mereka karena kontroversi yang diciptakan oleh penelitian mereka tentang hantu. Mereka memutuskan untuk memulai bisnis sendiri sebagai Ghostbusters, yang menangani permasalahan hantu di kota New York. Namun, ketika seorang perempuan muda yang tinggal di apartemen yang dikutuk mulai melaporkan kehadiran hantu, tim Ghostbusters harus bekerja keras untuk menangani krisis yang semakin memburuk. Mereka harus menyelamatkan kota dari hantu yang kuat dan jahat yang dihasut oleh seorang penyihir jahat yang ingin menaklukkan dunia.

Film ini dikenal karena komedi yang lucu, efek visual yang mengesankan, dan pemain utama yang menghibur. Film ini menjadi salah satu film komedi terlaris sepanjang masa dan menjadi franchise yang luas termasuk sekuel, spin-off dan reboot.

23. Tootsie (1982)

Tootsie (1982)
Tootsie (1982)

Tootsie adalah film komedi tahun 1982 yang disutradarai oleh Sydney Pollack dan ditulis oleh Larry Gelbart dan Murray Schisgal. Film ini dibintangi oleh Dustin Hoffman sebagai Michael Dorsey, seorang aktor yang tidak dapat menemukan pekerjaan karena karakternya yang sulit diatur. Untuk mendapatkan pekerjaan, ia menyamar menjadi seorang wanita bernama Dorothy Michaels dan akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai aktris dalam serial televisi. Film ini menceritakan tentang perjuangan Michael dalam menjaga identitas rahasianya sambil jatuh cinta dengan kolega aktrisnya, Julie (diperankan oleh Jessica Lange). Tootsie juga menyoroti perbedaan gender dan masalah sosial lainnya. Film ini mendapatkan nominasi Academy Award untuk Aktor Terbaik dan Penulis Skenario Asli.

24. Play It Again, Sam (1972)

Play It Again, Sam (1972)
Play It Again, Sam (1972)

"Play It Again, Sam" adalah film komedi tahun 1972 yang disutradarai oleh Herbert Ross dan ditulis oleh Woody Allen. Film ini menampilkan Woody Allen sebagai Allan Felix, seorang kritik film yang berpisah dari istrinya dan mencari nasihat dari seorang tokoh imaginaris yaitu Humphrey Bogart.

Ceritanya mengikuti Allan yang berjuang untuk memulihkan kepercayaan diri dan hubungannya setelah berpisah dari istrinya. Dia bergantung pada saran dari Bogart, yang muncul dalam pikirannya, untuk membantunya dalam situasi sosial dan romantis. Dia juga berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan Linda, seorang teman yang jatuh cinta padanya. Namun, ketika dia menemukan dirinya terlibat dalam hubungan dengan Linda dan teman wanitanya, Diane, dia harus belajar untuk mengatasi masalah yang sebenarnya dengan cara yang sebenarnya.

Film ini dikenal karena skenario yang lucu dan menyentuh, serta akting Woody Allen yang menghibur. Film ini juga dianggap sebagai salah satu film komedi terbaik Woody Allen dan dikenal karena gaya komedi yang unik dan pengaruhnya pada genre film komedi.

25. Bridesmaids (2011)

Bridesmaids (2011)
Bridesmaids (2011)

"Bridesmaids" adalah sebuah film komedi romantis tahun 2011 yang disutradarai oleh Paul Feig dan ditulis oleh Kristen Wiig dan Annie Mumolo. Film ini dibintangi oleh Kristen Wiig, Maya Rudolph, Rose Byrne, Melissa McCarthy, Ellie Kemper, dan Wendi McLendon-Covey.

Ceritanya mengikuti Annie (Kristen Wiig), seorang wanita yang berjuang dengan masalah keuangan dan pribadi, yang dipilih sebagai maid of honor oleh sahabatnya Lillian (Maya Rudolph) yang akan menikah. Dia bersaing dengan Helen (Rose Byrne), sahabat baru Lillian yang kaya dan karirnya sukses, dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Selain itu, Annie juga berjuang untuk mengatasi masalah pribadinya sendiri termasuk masalah dalam hubungannya dengan teman lelakinya, Ted (Jon Hamm), dan mencari pekerjaan yang stabil.

Film ini dikenal karena skenario yang lucu, karakter yang kuat dan dalam, serta akting yang luar biasa dari para pemain utama. Film ini juga dikenal karena menampilkan peran wanita yang kuat dalam komedi, yang jarang ditemukan pada saat itu. Film ini menjadi sukses komersial dan kritikal, menjadi salah satu film komedi terlaris pada tahun 2011 dan membuat Kristen Wiig dan Melissa McCarthy menjadi bintang terkenal.

26. The Castle (1997)

The Castle (1997)
The Castle (1997)

"The Castle" adalah sebuah film komedi-drama Australia tahun 1997 yang disutradarai oleh Rob Sitch dan ditulis oleh Santo Cilauro, Tom Gleisner, Jane Kennedy, Rob Sitch, Michael Hirsh dan Phil Lloyd. Film ini dibintangi oleh Michael Caton, Anne Tenney, Stephen Curry, Tiriel Mora, Anthony Simcoe dan Eric Bana.

Ceritanya mengikuti Darryl Kerrigan, seorang pria yang tinggal di sebuah rumah di pinggiran kota bersama keluarganya. Rumah itu adalah rumah impian Darryl, ia sangat mencintainya. Namun, ketika pemerintah setempat ingin mengambil rumah itu untuk pembangunan bandara, Darryl dan keluarganya berjuang untuk mempertahankan rumah tersebut.

Film ini dikenal karena skenario yang lucu dan menyentuh, serta karakter yang kuat dan dalam. Film ini juga dikenal karena representasi yang baik dari keluarga Australia dan budaya Australia. Film ini menjadi sukses komersial dan kritikal di Australia dan menjadi salah satu film Australia terlaris pada tahun 1997.

27. Blazing Saddles (1974)

Blazing Saddles (1974)
Blazing Saddles (1974)

Blazing Saddles adalah sebuah film komedi tahun 1974 yang disutradarai oleh Mel Brooks. Film ini menceritakan kisah seorang pria kulit hitam bernama Bart (diperankan oleh Cleavon Little) yang diangkat menjadi kepala polisi di sebuah kota di Wild West yang rasis. Dia bekerja sama dengan seorang pelarian bernama Jim (diperankan oleh Gene Wilder) untuk mengungkap konspirasi yang sedang berlangsung di kota tersebut dan mengalahkan rasisme yang ada. Film ini dikenal dengan banyaknya adegan komedi yang cenderung kontroversial dan satir tentang rasisme, homoseksualitas, dan seksisme.

28. Zoolander (2001)

Zoolander (2001)
Zoolander (2001)

Zoolander adalah sebuah film komedi tahun 2001 yang ditulis, disutradarai, dan dibintangi oleh Ben Stiller. Film ini mengisahkan tentang seorang model fashion bernama Derek Zoolander yang mencoba untuk kembali ke puncak kariernya setelah ditinggalkan oleh industri fashion. Dia bertemu dengan seorang wanita misterius bernama Matilda Jeffries yang membantunya menyadari ada sesuatu yang jauh lebih penting daripada kepopuleran dan harta. Film ini juga mengeksplorasi tema-tema seperti kepopuleran, kekayaan, dan ketidakberdayaan.

29. Dirty Rotten Scoundrels (1988)

Dirty Rotten Scoundrels (1988)
Dirty Rotten Scoundrels (1988)

Dirty Rotten Scoundrels adalah sebuah film komedi tahun 1988 yang disutradarai oleh Frank Oz. Film ini menceritakan kisah dua penipu bernama Freddy Benson (diperankan oleh Steve Martin) dan Lawrence Jameson (diperankan oleh Michael Caine) yang beroperasi di sebuah kota di Cote d'Azur, Prancis. Keduanya sengaja saling bersaing untuk menipu seorang wanita kaya bernama Christine Colgate (diperankan oleh Glenne Headly) dan mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Namun, mereka akhirnya bekerja sama untuk menipu seorang wanita kaya lainnya yang lebih berbahaya. Film ini dikenal dengan kelucuan dan kelihaian dalam pemain utamanya dan juga cerita yang menarik

30. South Park: Bigger, Longer & Uncut (1999)

South Park: Bigger, Longer & Uncut (1999)
South Park: Bigger, Longer & Uncut (1999)

South Park: Bigger, Longer & Uncut adalah sebuah film animasi komedi tahun 1999 yang didasarkan pada serial televisi South Park. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Trey Parker dan Matt Stone, yang juga merupakan pencipta dan pengisi suara karakter utama dalam film tersebut.

Film ini menceritakan tentang anak-anak dari South Park yang menonton film terlarang yang disebut "Ternyata Terjadi di Canada" yang mengandung banyak kata-kata kotor dan konten dewasa. Mereka mencoba untuk menirukan tingkah laku yang ditampilkan dalam film tersebut, yang menyebabkan masalah di sekolah dan di komunitas.

Selain itu, film ini juga menceritakan tentang perang antara Amerika Serikat dan Kanada, yang dimulai ketika anak-anak dari South Park mencoba untuk menyelamatkan teman mereka, Terrance dan Philip, yang ditangkap oleh pemerintah Amerika karena dianggap sebagai penyebab perang.

Film ini menampilkan banyak parodi, sarkasme dan kritik terhadap budaya populer, politik, dan isu-isu sosial pada saat itu.

31. ¡Three Amigos! (1986)

¡Three Amigos! (1986)
¡Three Amigos! (1986)

¡Three Amigos! adalah sebuah film komedi tahun 1986 yang disutradarai oleh John Landis. Film ini menceritakan kisah tiga aktor Hollywood bernama Lucky Day (diperankan oleh Steve Martin), Dusty Bottoms (diperankan oleh Chevy Chase), dan Ned Nederlander (diperankan oleh Martin Short) yang ditawari untuk tampil di sebuah acara di sebuah desa di Meksiko. Namun, mereka tidak sadar bahwa acara tersebut adalah sebuah permintaan bantuan untuk mengalahkan sekelompok bandit yang menguasai desa tersebut. Film ini dikenal dengan kelucuan dari ketiga aktor utama dan juga alur cerita yang menghibur dan mengejutkan.

32. Shaun of the Dead (2004)

Shaun of the Dead (2004)
Shaun of the Dead (2004)

Shaun of the Dead adalah film komedi horor Inggris tahun 2004 yang disutradarai oleh Edgar Wright dan ditulis oleh Wright dan Simon Pegg. Film ini mengisahkan tentang Shaun, seorang pria yang hidup dalam rutinitas sehari-hari yang membosankan dan memiliki hubungan yang buruk dengan kekasihnya. 

Namun, ketika dunia dilanda zombie, Shaun dan teman-temannya harus berjuang untuk bertahan hidup dan mencari jalan untuk keluar dari krisis tersebut. Film ini dikenal karena kombinasi yang unik antara humor dan aksi horor, serta karakter-karakter yang kuat dan dialognya yang lucu.

33. A Night at the Opera (1935)

A Night at the Opera (1935)
A Night at the Opera (1935)

"A Night at the Opera" adalah sebuah film komedi musikal yang diterbitkan pada tahun 1935 oleh Warner Bros. Film ini ditulis oleh George S. Kaufman, Morrie Ryskind, dan Allan Scott, dan disutradarai oleh Sam Wood. Film ini dibintangi oleh Groucho, Chico, Harpo, dan Zeppo Marx.

Ceritanya berpusat pada seorang manajer opera yang bernama Fiorello (Groucho Marx) yang berusaha untuk mengatur pertunjukan opera yang diharapkan akan menjadi sukses besar. Namun, dia harus berhadapan dengan berbagai masalah, seperti kontrak yang rumit dan para pemain yang egois. Dia juga harus menghadapi kompetisi dari manajer opera lain yang juga ingin mengadakan pertunjukan yang sama.

Dalam film ini, Groucho Marx memerankan karakter Fiorello, yang sangat lucu dan penuh gurauan. Dia juga memperkenalkan beberapa lagu yang menjadi hits, seperti "Take a Little Bit of Love" dan "Everyone Says I Love You". Film ini dianggap sebagai salah satu film komedi terbaik yang pernah dibuat, dan masih digemari oleh banyak penonton hingga saat ini.

34. When Harry Met Sally… (1989)

When Harry Met Sally… (1989)
When Harry Met Sally… (1989)

When Harry Met Sally... adalah film romantis komedi Amerika tahun 1989 yang disutradarai oleh Rob Reiner dan ditulis oleh Nora Ephron. Film ini mengisahkan tentang Harry dan Sally yang bertemu pada tahun 1977 saat mereka berdua berusaha untuk pulang ke New York setelah lulus kuliah. 

Meskipun mereka tidak menyukai satu sama lain saat pertama kali bertemu, mereka berakhir berteman dan berhubungan selama bertahun-tahun. Film ini mengeksplorasi perbedaan antara persahabatan laki-laki dan perempuan dan mengejar cinta. Film ini dikenal karena adegan di restoran khas dalam film ini saat Sally menunjukkan bagaimana wanita dapat berpura-pura *rgasme.

35. National Lampoon's Animal House (1978)

"National Lampoon's Animal House" adalah sebuah film komedi yang dirilis pada tahun 1978. Film ini ditulis oleh Harold Ramis, Douglas Kenney, dan Chris Miller, dan disutradarai oleh John Landis. Film ini dibintangi oleh John Belushi, Tim Matheson, John Vernon, dan Verna Bloom.

Ceritanya berpusat pada sekelompok mahasiswa yang menjadi anggota dari sebuah klub yang dinamakan Delta Tau Chi. Klub ini terkenal sebagai klub yang paling gila dan tidak terkendali di kampus Faber College. Mereka dianggap sebagai gangguan oleh dekan kampus dan sekertaris klub elit Omega Theta Pi. Delta Tau Chi harus berjuang untuk tetap eksis di kampus sambil melakukan berbagai aksi nekat dan konyol.

Film ini dianggap sebagai salah satu film komedi terbaik dari tahun 1970-an, dan menjadi klasik dalam genre komedi. Film ini juga menjadi film pertama yang ditayangkan di bioskop Amerika yang menampilkan sebuah adegan makan makanan yang ditujukan untuk dewasa. Film ini menjadi terkenal karena komedi yang lucu dan berani serta juga memperkenalkan beberapa aktornya yang kemudian menjadi bintang besar di dunia hiburan.

36. The General (1926)

The General adalah film Amerika tahun 1926 yang disutradarai oleh Buster Keaton dan Clyde Bruckman. Film ini mengisahkan tentang seorang mekanik bernama Johnnie Gray yang sangat mencintai kereta api yang dia kerjakan, yang dinamakan "The General". ketika Amerika mengalami Perang Saudara, Johnnie ditolak untuk bergabung dengan Angkatan Darat karena dianggap lebih berguna di kantor kereta api. 

Namun, ketika kereta api miliknya dicuri oleh pasukan Konfederasi, Johnnie mengejar kereta itu dengan sebuah kereta api lain, menghadapi berbagai rintangan yang menantang dan menakjubkan dalam perjalanannya. Film ini dikenal karena aksi luar biasa dan adegan yang digarap secara cermat oleh Keaton sendiri, serta aksi-aksi yang sangat menegangkan dan menakjubkan yang digarap dengan baik pada saat itu.

37. Elf (2003)

"Elf" adalah sebuah film komedi fantasi yang dirilis pada tahun 2003. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Jon Favreau. Film ini dibintangi oleh Will Ferrell, James Caan, Zooey Deschanel, dan Bob Newhart.

Ceritanya berpusat pada seorang manusia yang dibesarkan sebagai makhluk peri di sebuah tempat yang disebut sebagai "Pohon Peri" di North Pole. Namun, ketika ia mengetahui bahwa ia sebenarnya adalah manusia, ia memutuskan untuk pergi ke New York City untuk menemukan ayah biologisnya yang tidak mengetahui tentang keberadaannya. Di sana, ia menemukan bahwa ayahnya adalah seorang eksekutif perusahaan periklanan yang sibuk, dan ia harus berjuang untuk mendapatkan perhatiannya.

Selama perjalanannya, ia menjadi sahabat dengan seorang wanita bernama Jovie (Zooey Deschanel) dan membantu menyelamatkan sebuah toko perhiasan yang diperebutkan oleh perusahaan ayahnya dan sebuah toko lain. Film ini menampilkan komedi yang lucu dan mengharukan, serta juga menampilkan beberapa lagu yang menjadi hits, seperti "Baby It's Cold Outside" dan "Sparklejollytwinklejingley". Film ini menjadi sangat populer dan menjadi salah satu film Natal yang paling digemari saat ini.

38. Nuts In May (1976)

"Nuts in May" adalah sebuah film televisi Inggris tahun 1976 yang disutradarai oleh Mike Leigh. Film ini menceritakan tentang sebuah pasangan, Keith dan Candice-Marie, yang berencana untuk menghabiskan liburan Mei mereka dengan berkemah di pedesaan. 

Perjalanan mereka terganggu ketika mereka bertemu dengan pendaki gunung lain yang memiliki pandangan yang berbeda tentang cara menikmati alam bebas, yang menyebabkan konflik dan situasi komedi. Film ini mengeksplorasi tema kelas, etiket sosial, dan sifat hubungan.

39. Coming to America (1988)

"Coming to America" adalah sebuah film komedi romantis Amerika tahun 1988 yang disutradarai oleh John Landis dan dibintangi oleh Eddie Murphy. Ceritanya mengisahkan tentang Pangeran Akeem, pangeran dari negara Afrika yang kaya, yang pergi ke Queens, New York City untuk mencari istri yang akan mencintainya sebagai sosok yang sebenarnya, bukan hanya karena kekayaan dan posisinya.

Dengan bantuan temannya dan sahabatnya, Semmi, Pangeran Akeem menyamar sebagai siswa asing miskin bernama "Akeem Joffer" dan memulai pencariannya untuk calon istri yang sesuai. Di perjalanannya, dia bertemu dan jatuh cinta dengan seorang wanita baik hati bernama Lisa, yang bekerja di sebuah restoran cepat saji. Namun, ayah Akeem, Raja, sudah mengatur pernikahannya dengan wanita lain, jadi Akeem harus memutuskan apakah akan mengikuti hatinya atau memenuhi tugasnya terhadap negaranya.

Film ini meraih sukses komersial dan mendapat ulasan positif dari para kritikus. Film ini dianggap sebagai klasik dari genre komedi romantis dan penampilan Eddie Murphy sebagai Pangeran Akeem mendapat pujian.

40. The Pink Panther (1963)

"The Pink Panther" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1963 yang disutradarai oleh Blake Edwards dan dibintangi oleh Peter Sellers. Film ini berpusat pada detektif Inspektur Clouseau yang ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan seorang miliarder dan mencuri berlian yang sangat berharga yang dikenal sebagai "The Pink Panther". 

Dalam penyelidikannya, Inspektur Clouseau mengalami berbagai masalah dengan rekannya, mengejar pelaku dan menghadapi berbagai situasi yang konyol. Film ini sangat terkenal karena karakter Inspektur Clouseau yang lucu dan kocak.

41. Napoleon Dynamite (2004)

"Napoleon Dynamite" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 2004 yang disutradarai oleh Jared Hess dan dibintangi oleh Jon Heder. Film ini menceritakan tentang kehidupan Napoleon Dynamite, seorang siswa sekolah menengah yang hidup di kota kecil di Idaho. Napoleon adalah sosok yang unik dan konyol yang menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan sekolah dan keluarga. Film ini mengeksplorasi tema-tema remaja, persahabatan, dan keluarga.

42. His Girl Friday (1940)

"His Girl Friday" adalah film komedi Amerika tahun 1940 yang disutradarai oleh Howard Hawks. Ceritanya mengisahkan tentang Walter Burns, seorang editor surat kabar yang bekerja di sebuah kantor berita di Chicago. Dia adalah mantan suami dari seorang jurnalis bernama Hildy Johnson. Hildy berencana untuk menikah lagi dan meninggalkan dunia jurnalistik, tapi Walter berusaha sekuat tenaga untuk mencegahnya dan membuatnya tetap bekerja di kantor berita itu.

Walter menyamar Hildy untuk menangani kisah yang menarik, seorang tahanan yang akan dieksekusi yang mengklaim bersalah, untuk menunjukkan Hildy betapa pentingnya dunia jurnalistik baginya. Hildy yang merasa tertarik untuk menangani kisah tersebut akhirnya mau untuk tetap bekerja di kantor berita itu. Namun, persaingan antara Walter dan Hildy untuk menjadi jurnalis terbaik semakin sengit.

Film ini dikenal karena kecepatan dialog yang luar biasa dan chemistry antara kedua aktor utamanya. Film ini juga diakui karena menampilkan karakter perempuan yang kuat dan independen, yang jarang ditemukan pada saat itu di film Hollywood.

43. The Blues Brothers (1980)

"The Blues Brothers" adalah sebuah film komedi musikal Amerika tahun 1980 yang disutradarai oleh John Landis dan dibintangi oleh John Belushi dan Dan Aykroyd. Film ini menceritakan kisah dua saudara, Jake dan Elwood Blues, yang berencana untuk mengumpulkan uang untuk menyelamatkan sekolah anak-anak yatim piatu tempat mereka dibesarkan. 

Dalam perjalanannya, Jake dan Elwood mengalami berbagai masalah dengan polisi, pemburu utang, dan musuh lama mereka. Film ini menampilkan banyak musik blues yang mengisi aksi komedi dan aksi dalam film ini.

44. Broadway Danny Rose (1984)

"Broadway Danny Rose" adalah film komedi Amerika tahun 1984 yang disutradarai dan ditulis oleh Woody Allen. Ceritanya mengisahkan tentang Danny Rose, seorang manajer karir yang bekerja dengan artis-artis yang tidak terkenal di Broadway. Dia mengelola seorang penyanyi lounge bernama Lou Canova yang sedang naik daun. Namun, karir Lou terancam karena permasalahan pribadi, yaitu perselingkuhannya dengan istri dari bos mafianya.

Danny berusaha untuk memperbaiki masalah ini dan menyelamatkan karir Lou. Dia juga berusaha untuk menyelesaikan masalah-masalah pribadinya sendiri, termasuk hubungannya yang tidak stabil dengan kekasihnya.

Film ini dikenal karena penampilan Woody Allen sebagai karakter utama yang konyol dan lucu, serta alur cerita yang menghibur. Film ini juga diakui karena menampilkan setting dan latar belakang yang unik, yaitu dunia Broadway di New York City.

45. Rushmore (1998)

"Rushmore" adalah sebuah film komedi-drama Amerika tahun 1998 yang disutradarai oleh Wes Anderson dan dibintangi oleh Jason Schwartzman, Bill Murray, dan Olivia Williams. Film ini menceritakan kisah seorang siswa bernama Max Fischer yang mengejar cinta seorang wanita dewasa yang jauh lebih tua dan sekaligus menjadi mentor-nya di sekolah yang diikuti Max. 

Dia juga merasa sangat tertarik dengan sekolah dan kegiatan ekstra kurikuler. Dalam perjalanannya, Max menghadapi berbagai masalah dan harus belajar tentang cinta, persahabatan dan pengorbanan. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental namun juga menyentuh permasalahan remaja dan persahabatan.

46. The Producers (1967)

"The Producers" adalah film komedi Amerika tahun 1967 yang disutradarai, ditulis, dan dibintangi oleh Mel Brooks. Ceritanya mengisahkan tentang Max Bialystock, seorang produser teater yang merugi, dan Leo Bloom, seorang akuntan yang malu-malu. Mereka menemukan sebuah ide untuk mencuri uang dari investor teater dengan cara menciptakan sebuah produksi yang pasti akan gagal dan tidak pernah ditayangkan. Namun, rencana mereka malah berhasil dan mereka terjebak dalam situasi yang kocak.

Film ini menceritakan bagaimana Max dan Leo mencari investor, mengejar aktor dan menciptakan sebuah produksi yang pasti akan gagal. Namun, dalam prosesnya, mereka malah menemukan sebuah produksi yang sangat sukses dan membuat mereka terjebak dalam situasi yang kocak dan tidak terduga.

Film ini sangat populer dan diakui karena komedi yang lucu dan dialog yang konyol. Film ini juga diakui karena kemampuan Mel Brooks dalam menyatukan berbagai elemen komedi seperti parodi, satira, dan slapstick. Film ini juga dianggap sebagai salah satu film komedi terbaik yang pernah dibuat dan sukses meraih nominasi Academy Award.

47. Austin Powers: International Man of Mystery (1997)

Austin Powers: International Man of Mystery adalah film komedi tahun 1997 yang ditulis dan diarahkan oleh Jay Roach. Film ini mengisahkan tentang seorang agen rahasia Inggris bernama Austin Powers (diperankan oleh Mike Myers) yang dibekukan dalam tahun 1967 dan dibangunkan kembali tiga puluh tahun kemudian untuk menghentikan musuh lamanya, Dr. Evil (juga diperankan oleh Myers). 

Film ini menampilkan satu set karakter yang lucu dan kontemporer serta berbagai referensi dan parodi terhadap film-film rahasia tahun 60-an.

48. The King of Comedy (1982)

"The King of Comedy" adalah sebuah film komedi-drama Amerika tahun 1982 yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh Robert De Niro, Jerry Lewis, dan Sandra Bernhard. Film ini menceritakan kisah seorang pelawak yang tidak terkenal bernama Rupert Pupkin yang berusaha untuk menjadi seorang bintang televisi. 

Pupkin bertekad untuk menemui idola televisinya, Jerry Langford, seorang host acara komedi yang populer, dengan tujuan untuk mendapatkan kesempatan untuk muncul di acara tersebut. Namun, Pupkin menjadi sangat keterlaluan dalam mengejar impiannya dan menyeret Langford dan sekitarnya ke dalam situasi yang menegangkan dan konyol. Film ini mengeksplorasi tema-tema kegilaan, keinginan untuk terkenal dan ketidakpuasan.

49. In the Loop (2009)

"In the Loop" adalah sebuah film komedi politik Inggris tahun 2009 yang disutradarai oleh Armando Iannucci. Film ini bercerita tentang kisah perjuangan sekelompok pejabat pemerintah dan politisi yang berusaha untuk mencegah perang di negara yang tidak ditentukan. 

Film ini mengikuti karakter utama, seorah pejabat pemerintah yang dipecat dan seorang politisi yang berjuang untuk menjaga posisinya, dalam perjuangan mereka untuk mengendalikan situasi dan menghindari perang. Film ini menyajikan komedi yang cukup keras dan mengeksplorasi tema-tema politik, persaingan, dan kekuasaan.

50. Raising Arizona (1987)

"Raising Arizona" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1987 yang disutradarai oleh Joel dan Ethan Coen. Film ini menceritakan kisah pasangan yang tidak dapat memiliki anak, H.I. dan Edwina McDonnough, yang memutuskan untuk menculik salah satu dari kembar lima orang yang baru lahir dari keluarga yang kaya. 

Dalam perjalanan mereka menjadi orang tua, mereka harus menghadapi berbagai masalah dan situasi yang kocak serta harus menghindari kejaran polisi dan orang-orang yang kurang bersahabat. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema keluarga, persahabatan, dan pengorbanan.

51. Sons of the Desert (1933)

Sons of the Desert adalah film komedi tahun 1933 yang ditulis dan diarahkan oleh William A. Seiter. Film ini dibintangi oleh Stan Laurel dan Oliver Hardy sebagai dua sahabat bernama Stan dan Ollie yang berusaha untuk menyembunyikan kunjungan mereka ke konvensi fraterni "Sons of the Desert" dari istri mereka. 

Dalam usaha untuk menutupi perjalanan mereka, mereka membuat berbagai kebohongan yang cepat terbongkar dan menyebabkan konflik yang lucu dan kocak. Film ini menjadi salah satu dari film favorit dari Stan Laurel dan Oliver Hardy dan menjadi salah satu film komedi terkenal dari era Hollywood.

52. The Odd Couple (1968)

"The Odd Couple" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1968 yang disutradarai oleh Gene Saks dan dibintangi oleh Jack Lemmon dan Walter Matthau. Film ini diadaptasi dari drama Broadway yang berjudul sama yang ditulis oleh Neil Simon. 

Film ini menceritakan kisah dua sahabat yang berbeda jenis kepribadian, Felix Ungar dan Oscar Madison, yang tinggal bersama setelah istri Oscar meminta cerai. Mereka berdua harus mengatasi perbedaan gaya hidup dan kepribadian mereka yang berbeda. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, keluarga, dan perbedaan individu.

53. Bedazzled (1967)

Bedazzled adalah film komedi tahun 1967 yang ditulis dan diarahkan oleh Stanley Donen dan Peter Cook. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang sangat jatuh cinta pada seorang wanita yang tidak memperhatikan dia, ia mengajukan permohonan kepada Setan untuk mengubah nasibnya. 

Setan, yang diperankan oleh Peter Cook, menawarkan dia tujuh desakan yang dapat dia gunakan untuk mengubah dirinya menjadi sosok yang sempurna bagi wanita tersebut, tetapi setiap desakan memiliki konsekuensi yang tidak terduga. Film ini menyatukan komedi dan fantasi dan menampilkan banyak parodi yang lucu dari film-film Hollywood.

54. The Man With Two Brains (1983)

"The Man With Two Brains" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1983 yang disutradarai oleh Carl Reiner dan dibintangi oleh Steve Martin dan Kathleen Turner. Film ini menceritakan kisah seorang dokter bedah saraf bernama Dr. Michael Hfuhruhurr yang jatuh cinta pada seorang wanita yang mati dan dipindahkan ke dalam tubuh robot. 

Dia kemudian berusaha untuk menemukan cara untuk menyelamatkan jiwa cintanya dengan mengembangkan teknologi untuk memindahkan otak manusia ke dalam tubuh robot. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema cinta, teknologi, dan kehidupan setelah kematian.

55. Toy Story (1995)

Toy Story adalah film animasi tahun 1995 yang disutradarai oleh John Lasseter dan diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Film ini menceritakan tentang kehidupan mainan yang hidup ketika manusia tidak ada. Protagonis dari film ini adalah cowboy bernama Woody (diperankan oleh Tom Hanks) dan mainan baru yang baru saja datang, sebuah robot bernama Buzz Lightyear (diperankan oleh Tim Allen). 

Kedua mainan ini awalnya bersaing satu sama lain untuk menjadi mainan pilihan anak laki-laki yang memilikinya, tetapi mereka akhirnya bekerja sama untuk menemukan cara untuk kembali ke kamar anak laki-laki tersebut setelah Buzz Lightyear terlempar dari jendela. Film ini menjadi film animasi pertama yang menggunakan teknologi komputer 3D dan menjadi salah satu film animasi terlaris sepanjang masa.

56. It Happened One Night (1934)

"It Happened One Night" adalah sebuah film komedi romantis Amerika tahun 1934 yang disutradarai oleh Frank Capra dan dibintangi oleh Clark Gable dan Claudette Colbert. 

Film ini menceritakan kisah seorang wanita muda yang kaya dan berusaha untuk melarikan diri dari keluarganya yang kaya dan kontrolif dan seorang reporter yang berusaha untuk mendapatkan cerita eksklusif. Mereka berdua terjebak dalam perjalanan yang penuh dengan situasi kocak dan pertemuan yang menyenangkan. Dalam perjalanan mereka, mereka jatuh cinta satu sama lain. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema cinta, persahabatan, dan perjuangan dalam kehidupan.

57. Mrs Doubtfire (1993)

Mrs. Doubtfire adalah film komedi tahun 1993 yang disutradarai oleh Chris Columbus dan dibintangi oleh Robin Williams. Film ini menceritakan tentang seorang ayah yang bercerai, Daniel Hillard (diperankan oleh Robin Williams), yang sangat menyayangi anak-anaknya dan ingin tetap dekat dengan mereka setelah dia bercerai dari istrinya, Miranda (diperankan oleh Sally Field). 

Daniel menyamar menjadi seorang nanny wanita berusia lanjut bernama Mrs. Doubtfire, dan mengambil pekerjaan di rumah sendiri untuk tetap dekat dengan anak-anaknya. Film ini menampilkan komedi yang lucu dan emosional yang mengeksplorasi tema keluarga dan perjuangan orang tua untuk tetap dekat dengan anak-anak mereka setelah perceraian.

58. Arsenic and Old Lace (1944)

"Arsenic and Old Lace" adalah sebuah film komedi-thriller Amerika tahun 1944 yang disutradarai oleh Frank Capra dan dibintangi oleh Cary Grant, Priscilla Lane, dan Raymond Massey. Film ini diadaptasi dari drama Broadway yang berjudul sama yang ditulis oleh Joseph Kesselring. 

Film ini menceritakan kisah seorang penulis yang baru saja menikah yang menemukan bahwa dua pamannya, yang dia pikir adalah wanita yang baik dan baik hati, sebenarnya adalah pembunuh yang menyamar sebagai pembantu sosial dan membunuh para tamu yang tidak diinginkan dengan racun. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema keluarga, persahabatan, dan kepatuhan.

59. Clueless (1995)

Clueless adalah film komedi tahun 1995 yang disutradarai oleh Amy Heckerling dan dibintangi oleh Alicia Silverstone. Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang siswi SMA bernama Cher Horowitz (diperankan oleh Alicia Silverstone) yang tinggal di Beverly Hills. Cher hidup dalam dunia yang mewah dan terfokus pada mode, populer, dan pacaran. 

Dia mencoba untuk membuat teman barunya yang tidak populer menjadi populer dan juga mencoba untuk membantu teman sekelasnya yang kesepian menemukan pacar. Film ini menampilkan komedi yang lucu dan kontemporer serta berbagai referensi dan parodi terhadap kehidupan SMA di Beverly Hills. Film ini menjadi film komedi remaja yang populer dan menjadi kultus.

60. Midnight Run (1988)

"Midnight Run" adalah sebuah film aksi-komedi Amerika tahun 1988 yang disutradarai oleh Martin Brest dan dibintangi oleh Robert De Niro dan Charles Grodin. Film ini menceritakan kisah seorang detektif swasta yang ditugaskan untuk menangkap seorang penipu yang kabur dari penjara dan membawa uang yang dicuri. 

Dalam perjalanannya, detektif tersebut harus menghadapi berbagai masalah dan situasi kocak serta harus bekerja sama dengan penipu tersebut untuk menghindari kejaran polisi dan musuh-musuh lain. Film ini menyajikan komedi yang cukup keras dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kekerasan dan persaingan.

61. A Fish Called Wanda (1988)

A Fish Called Wanda adalah film komedi tahun 1988 yang ditulis dan diarahkan oleh Charles Crichton. Film ini mengisahkan tentang sekelompok pencuri yang berencana untuk mencuri sejumlah besar uang dan berusaha untuk mengelabui satu sama lain untuk mendapatkan sebagian besar dari uang itu. Film ini dibintangi oleh John Cleese, Jamie Lee Curtis, Kevin Kline, dan Michael Palin. 

Film ini menampilkan komedi yang cerdas dan lucu serta berbagai referensi dan parodi terhadap film-film aksi dan kriminal. Film ini dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk Kevin Kline yang memenangkannya dan menjadi salah satu film komedi yang paling sukses tahun tersebut.

62. Wayne's World (1992)

"Wayne's World" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1992 yang disutradarai oleh Penelope Spheeris dan dibintangi oleh Mike Myers dan Dana Carvey. Film ini menceritakan kisah dua sahabat yang menjalankan sebuah acara televisi amatir di rumah mereka yang berjudul "Wayne's World". 

Mereka berdua kemudian diterima oleh stasiun televisi lokal dan harus menghadapi berbagai masalah dan situasi kocak dalam mengelola acara tersebut. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kehidupan remaja, dan musik rock.

63. Bananas (1971)

Bananas adalah film komedi tahun 1971 yang ditulis, diarahkan, dan dibintangi oleh Woody Allen. Film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Fielding Mellish (diperankan oleh Woody Allen) yang jatuh cinta pada seorang aktivis politik bernama Nancy (diperankan oleh Louise Lasser) dan berusaha untuk menyelamatkan negara LatiNegra dari diktator yang korup. 

Film ini menampilkan komedi yang absurd dan kontemporer serta berbagai referensi dan parodi terhadap film-film aksi dan politik. Film ini menjadi salah satu dari film Woody Allen yang paling sukses dan menjadi salah satu dari film komedi terkenal dari era Hollywood.

64. Swingers (1996)

Swingers (1996)
Swingers (1996)

"Swingers" adalah sebuah film komedi-drama Amerika tahun 1996 yang disutradarai oleh Doug Liman dan dibintangi oleh Jon Favreau dan Vince Vaughn. Film ini menceritakan kisah sekelompok teman yang berusaha untuk menemukan cinta dan kebahagiaan di Hollywood. 

Film ini mengikuti karakter utama Mike yang baru saja kehilangan pacarnya dan berusaha untuk move on dengan bantuan teman-temannya yang mengajaknya untuk berkencan dan mencari cinta di klub-klub malam. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kehidupan remaja, dan cinta.

65. Heaven Can Wait (1943)

Heaven Can Wait (1943)
Heaven Can Wait (1943)

Heaven Can Wait adalah film komedi-drama tahun 1943 yang diarahkan oleh Ernst Lubitsch dan dibintangi oleh Don Ameche dan Gene Tierney. Film ini menceritakan tentang seorang pemain sepak bola yang meninggal dunia secara prematur dan harus membela dirinya di surga atas klaim bahwa dia seharusnya tidak mati. Dia mengajukan permohonan untuk kembali ke dunia untuk menyelesaikan beberapa hal yang belum selesai. 

Film ini menampilkan komedi yang cerdas dan romantis serta mengeksplorasi tema-tema seperti kesempatan kedua dan keabadian. Film ini menerima nominasi Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk Charles Coburn dan menjadi salah satu film komedi-drama terkenal dari era Hollywood.

66. Pee-Wee's Big Adventure (1985)

Pee-Wee's Big Adventure (1985)
Pee-Wee's Big Adventure (1985)

"Pee-Wee's Big Adventure" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1985 yang disutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Paul Reubens sebagai Pee-Wee Herman. Film ini menceritakan kisah Pee-Wee yang mencari sepeda kesayangannya yang dicuri dari rumahnya. 

Dalam perjalanan mencari sepeda itu, Pee-Wee mengalami berbagai petualangan yang lucu dan konyol. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kepatuhan dan keinginan.

67. Take the Money and Run (1969)

Take the Money and Run (1969)
Take the Money and Run (1969)

Take the Money and Run adalah film komedi tahun 1969 yang ditulis, diarahkan, dan dibintangi oleh Woody Allen. Film ini menceritakan tentang seorang penjahat amatir bernama Virgil Starkwell (diperankan oleh Woody Allen) yang selalu gagal dalam setiap aksinya dan akhirnya ditangkap dan dijebloskan ke penjara. 

Film ini menampilkan komedi yang absurd dan kontemporer serta berbagai referensi dan parodi terhadap film-film kriminal. Film ini menjadi salah satu dari film Woody Allen yang paling sukses dan menjadi salah satu dari film komedi terkenal dari era Hollywood.

68. The Death of Stalin (2017)

The Death of Stalin (2017)
The Death of Stalin (2017)

"The Death of Stalin" adalah sebuah film komedi-drama Inggris-Belgia-Francis tahun 2017 yang disutradarai oleh Armando Iannucci. Film ini bercerita tentang peristiwa setelah kematian Joseph Stalin, pemimpin Soviet Union pada tahun 1953, dan bagaimana para pemimpin lainnya berkompetisi untuk mengambil alih kekuasaan. 

Film ini menampilkan karakter-karakter dari pemimpin Soviet seperti Nikita Khrushchev, Lavrentiy Beria dan Georgy Malenkov yang diperankan oleh sejumlah aktor terkenal, memberikan tampilan komedi yang cukup keras namun juga menyentuh permasalahan politik dan kekuasaan.

69. Top Secret! (1984)

Top Secret! (1984)
Top Secret! (1984)

Top Secret! adalah film komedi tahun 1984 yang ditulis oleh, diarahkan oleh, dan dibintangi oleh Val Kilmer, Jim Abrahams, dan David Zucker. Film ini menceritakan tentang seorang penyanyi rock bernama Nick Rivers (diperankan oleh Val Kilmer) yang ditarik ke dalam konspirasi politik di negara-negara komunis di Eropa Timur. 

Film ini menampilkan komedi yang absurd dan kontemporer serta berbagai referensi dan parodi terhadap film-film aksi dan rahasia. Film ini menjadi salah satu dari film komedi terkenal dari era Hollywood dan menjadi film yang sangat sukses di box office.

70. The Cable Guy (1996)

The Cable Guy (1996)
The Cable Guy (1996)

"The Cable Guy" adalah sebuah film komedi-thriller Amerika tahun 1996 yang disutradarai oleh Ben Stiller dan dibintangi oleh Jim Carrey dan Matthew Broderick. Film ini menceritakan kisah seorang teknisi kabel bernama Chip Douglas (Jim Carrey) yang menjadi teman dekat dengan seorang pelanggan bernama Steven Kovacs (Matthew Broderick) dan menjadi terobsesi dengan dia. 

Dalam perjalanannya, Chip menunjukkan sifat-sifat yang aneh dan mengancam, membuat Steven harus berusaha untuk menghentikan Chip dan melindungi dirinya dan keluarganya. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kegelisahan, dan keobsesan.

71. Mr Hulot's Holiday (1953)

Mr Hulot's Holiday (1953)
Mr Hulot's Holiday (1953)

Mr. Hulot's Holiday adalah film komedi tahun 1953 yang ditulis, diarahkan, dan dibintangi oleh Jacques Tati. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Monsieur Hulot (diperankan oleh Jacques Tati) yang menghabiskan liburan musim panas di sebuah pantai di Bretagne, Prancis. Dia dengan tidak sengaja menyebabkan berbagai kekacauan dan situasi lucu saat mencoba untuk bersosialisasi dengan orang lain di sana. 

Film ini menampilkan komedi yang absurd dan kontemporer serta mengeksplorasi tema-tema seperti kesenangan liburan dan kehidupan sosial. Film ini menjadi salah satu dari film komedi terkenal dari era Hollywood dan membuat Jacques Tati menjadi sutradara terkenal di Prancis.

72. Way Out West (1936)

Way Out West (1936)
Way Out West (1936)

"Way Out West" adalah sebuah film komedi musikal Amerika tahun 1936 yang disutradarai oleh James W. Horne dan dibintangi oleh Laurel dan Hardy. Film ini menceritakan kisah dua sahabat yang ditugaskan untuk mengantarkan sebuah surat yang berisi saham kepada seorang wanita yang tinggal di sebuah kota terpencil. 

Dalam perjalanan mereka, mereka mengalami berbagai masalah dan situasi kocak serta harus bekerja sama untuk menyelesaikan misi mereka. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kekerasan dan persaingan.

73. Best in Show (2000)

Best in Show (2000)
Best in Show (2000)

Best in Show adalah film komedi tahun 2000 yang ditulis dan diarahkan oleh Christopher Guest. Film ini menceritakan tentang sekelompok orang yang berkompetisi dalam sebuah kontes anjing yang bergengsi. 

Masing-masing karakter dalam film ini menunjukkan kisah unik mereka dan juga kisah dari anjing yang mereka bawa untuk kontes. Film ini menampilkan komedi yang absurd dan kontemporer serta berbagai referensi dan parodi terhadap kontes anjing. Film ini menjadi salah satu dari film komedi terkenal dari era Hollywood dan membuat Christopher Guest menjadi sutradara terkenal.

74. Kingpin (1996)

Kingpin (1996)
Kingpin (1996)

"Kingpin" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1996 yang disutradarai oleh Bobby Farrelly dan Peter Farrelly dan dibintangi oleh Woody Harrelson, Randy Quaid, dan Bill Murray. Film ini menceritakan kisah seorang pemain bowling profesional yang kehilangan kemampuannya setelah kecelakaan dan berusaha untuk kembali ke puncak dengan bantuan seorang pemain bowling amatir yang tidak berpengalaman. 

Dalam perjalanan mereka, mereka mengalami berbagai masalah dan situasi kocak serta harus bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kegagalan dan kesuksesan.

75. The Royal Tenenbaums (2001)

The Royal Tenenbaums (2001)
The Royal Tenenbaums (2001)

The Royal Tenenbaums adalah film drama komedi tahun 2001 yang ditulis dan diarahkan oleh Wes Anderson. Film ini menceritakan tentang keluarga Tenenbaum yang terpisah yang berkumpul kembali setelah ayah mereka, Royal (diperankan oleh Gene Hackman), mengaku sebagai sakit. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti keluarga, hubungan, dan kesepian. 

Film ini dibintangi oleh Anjelica Huston, Ben Stiller, Gwyneth Paltrow, dan Luke Wilson. Film ini menampilkan estetika yang unik dan komedi yang absurd dan menjadi salah satu film terkenal dari era Hollywood dan membuat Wes Anderson menjadi sutradara yang diakui secara internasional.

76. Ace Ventura, Pet Detective (1994)

Ace Ventura, Pet Detective (1994)
Ace Ventura, Pet Detective (1994)

"Ace Ventura: Pet Detective" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1994 yang disutradarai oleh Tom Shadyac dan dibintangi oleh Jim Carrey dalam peran utama sebagai Ace Ventura. Film ini menceritakan kisah seorang detektif binatang yang ditugaskan untuk menemukan sebuah simpanse yang hilang yang dianggap sebagai harapan tim American Football Miami Dolphins. 

Dalam perjalanannya, Ace mengalami berbagai masalah dan situasi kocak serta harus menggunakan metode-metode unik untuk menyelesaikan kasus tersebut. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kegagalan dan kesuksesan.

77. The Great Dictator (1940)

The Great Dictator (1940)
The Great Dictator (1940)

The Great Dictator adalah film komedi-drama tahun 1940 yang ditulis, diarahkan, dan dibintangi oleh Charles Chaplin. Film ini menceritakan tentang seorang diktator yang menirukan Adolf Hitler yang bernama Adenoid Hynkel (diperankan oleh Charles Chaplin) dan seorang barber yang tidak sadar bahwa dia mirip dengan Hynkel yang bernama Tomania (juga diperankan oleh Charles Chaplin). 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti totalitarisme, antisemitisme dan perang dunia 2. Film ini menampilkan komedi yang absurd dan kontemporer serta berbagai referensi dan parodi terhadap politik saat itu. Film ini menjadi salah satu dari film terkenal dari era Hollywood dan Charles Chaplin menerima nominasi Oscar untuk Aktor Terbaik.

78. Office Space (1999)

Office Space (1999)
Office Space (1999)

"Office Space" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1999 yang disutradarai oleh Mike Judge dan dibintangi oleh Ron Livingston, Jennifer Aniston, dan Gary Cole. Film ini menceritakan kisah seorang karyawan yang merasa tidak puas dengan pekerjaannya di sebuah perusahaan konsultan manajemen dan berusaha untuk menemukan kebahagiaan dengan bantuan teman-temannya. 

Dalam perjalanannya, dia mengalami berbagai masalah dan situasi kocak serta harus bekerja sama untuk mencapai tujuannya. Film ini menyajikan komedi yang cukup kental dan mengeksplorasi tema-tema persahabatan, kegelisahan, dan kepuasan kerja.

79. The Return of the Pink Panther (1975)

The Return of the Pink Panther (1975)
The Return of the Pink Panther (1975)

The Return of the Pink Panther adalah film komedi detektif tahun 1975 yang diarahkan oleh Blake Edwards dan dibintangi oleh Peter Sellers sebagai detektif Inspector Clouseau. Film ini menceritakan tentang kembalinya "Pink Panther", sebuah berlian yang merupakan benda berharga yang dicuri dari seorang miliarder. 

Clouseau ditugaskan untuk menyelidiki kasus ini dan mencoba untuk menangkap pencuri berlian tersebut. Film ini menampilkan komedi yang absurd dan lucu, serta berbagai referensi dan parodi terhadap film-film detektif. Film ini merupakan seri ketiga dari seri The Pink Panther yang menjadi sukses di box office dan membuat Peter Sellers menjadi terkenal sebagai detektif Inspector Clouseau.

80. Slap Shot (1977)

Slap Shot (1977)
Slap Shot (1977)

Slap Shot adalah film komedi drama aksi tahun 1977 yang disutradarai oleh George Roy Hill dan ditulis oleh Nancy Dowd. Film ini mengisahkan tentang tim hockey profesional yang kesulitan menarik perhatian penonton dan mengalami masalah keuangan. Untuk meningkatkan rating, tim memutuskan untuk menambahkan "geng pemukul" ke dalam tim mereka. 

Namun, keputusan ini menimbulkan konflik di antara pemain dan mengancam integritas olahraga. Film ini dibintangi oleh Paul Newman dan memenangkan nominasi Academy Award untuk Penulisan Naskah Original.

81. Old School (2003)

Old School (2003)
Old School (2003)

Old School adalah sebuah film komedi tahun 2003 yang disutradarai oleh Todd Phillips. Film ini menceritakan tentang tiga teman di usia tiga puluhan yang merasa kecewa dengan hidup mereka dan memutuskan untuk kembali ke masa kuliah dengan cara mendirikan sebuah komunitas kampus (fraternity) di dekat universitas mereka. 

Mereka berjuang untuk menjaga persatuan mereka sambil menghadapi masalah-masalah yang muncul dari perjuangan mereka untuk kembali ke masa lalu. Film ini menampilkan aktor seperti Luke Wilson, Vince Vaughn, dan Will Ferrell.

82. Sullivan's Travels (1941)

Sullivan's Travels (1941)
Sullivan's Travels (1941)

Sullivan's Travels adalah sebuah film komedi dramatis tahun 1941 yang disutradarai oleh Preston Sturges dan dibintangi oleh Joel McCrea dan Veronica Lake. Film ini bercerita tentang seorang sutradara film Hollywood yang bernama John L. Sullivan (Joel McCrea) yang merasa kesepian dan ingin mencari pengalaman nyata untuk meningkatkan kualitas film yang akan dia sutradarai. 

Ia memutuskan untuk meninggalkan Hollywood dan melakukan perjalanan keliling Amerika untuk menemukan inspirasi. Namun, perjalanannya tidak sesuai harapan dan ia mengalami berbagai masalah dan kesulitan. Di akhir perjalanannya, ia menyadari bahwa ia hanya perlu menonton film-film yang sudah ada untuk mendapatkan inspirasi yang dibutuhkan.

83. The Big Sick (2017)

The Big Sick (2017)
The Big Sick (2017)

The Big Sick adalah sebuah film komedi romantis tahun 2017 yang disutradarai oleh Michael Showalter dan ditulis oleh Kumail Nanjiani dan Emily V. Gordon. Film ini berdasarkan pada kisah nyata pernikahan Nanjiani dan Gordon. Film ini menceritakan tentang Kumail (diperankan oleh Nanjiani sendiri), seorang komika stand-up yang jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Emily (Zoe Kazan) yang datang menonton pertunjukannya. 

Namun, hubungan mereka mengalami masalah ketika keluarga Kumail tidak setuju dengan hubungan mereka karena Emily bukan berasal dari latar belakang yang sama. Emily juga mengalami koma setelah menderita infeksi paru-paru dan Kumail harus bekerja sama dengan keluarga Emily untuk menjaganya. Film ini menerima review yang positif dan menangkan beberapa penghargaan.

84. Waiting for Guffman (1996)

Waiting for Guffman (1996)
Waiting for Guffman (1996)

Waiting for Guffman adalah sebuah film komedi tahun 1996 yang disutradarai oleh Christopher Guest. Film ini menceritakan tentang sebuah kota kecil bernama Blaine, Missouri, yang mengadakan sebuah acara peringatan 150 tahun kota. 

Sekelompok orang yang berbeda-beda yang mengisi acara tersebut, termasuk seorang aktor amatir, seorang penata rias, dan seorang penjual perabotan rumah tangga, bekerja keras untuk menyelenggarakan acara yang akan ditonton oleh seorang produser Broadway bernama Guffman. Namun, acara tersebut tidak berjalan sesuai rencana dan menjadi kacau. Film ini menampilkan aktor seperti Christopher Guest, Catherine O'Hara, dan Eugene Levy.

85. School of Rock (2003)

School of Rock (2003)
School of Rock (2003)

School of Rock adalah sebuah film komedi musikal tahun 2003 yang disutradarai oleh Richard Linklater dan dibintangi oleh Jack Black. Film ini menceritakan tentang Dewey Finn (Jack Black), seorang pemuzik yang dipecat dari bandnya dan kemudian mengambil pekerjaan sebagai guru pengganti di sebuah sekolah dasar yang eksklusif. 

Dewey menemukan bahwa murid-murid di kelasnya memiliki bakat musik yang luar biasa dan dia memutuskan untuk mengajar mereka tentang musik dan membentuk sebuah band dengan mereka. Tujuan Dewey adalah untuk mengikuti kompetisi Battle of the Bands dan memenangkannya. Film ini menampilkan beberapa lagu-lagu rock klasik dan menerima review yang positif.

86. Popstar: Never Stop Never Stopping (2016)

Popstar: Never Stop Never Stopping (2016)
Popstar: Never Stop Never Stopping (2016)

Popstar: Never Stop Never Stopping adalah sebuah film komedi musikal tahun 2016 yang disutradarai oleh Akiva Schaffer dan Jorma Taccone. Film ini menceritakan tentang seorang penyanyi solo bernama Conner4real yang mengalami kejatuhan karier setelah album terbarunya yang buruk. Dia berusaha keras untuk mengembalikan popularitasnya dengan melakukan tur dan melakukan aksi promosi yang ekstrim. 

Film ini dibintangi oleh Andy Samberg sebagai Conner4real, Jorma Taccone sebagai Owen, dan Akiva Schaffer sebagai Lawrence. Film ini menampilkan musik-musik parodi dari berbagai genre dan mengejek tren-tren dalam industri musik saat ini.

87. The Mask (1994)

The Mask (1994)
The Mask (1994)

The Mask adalah sebuah film komedi fantasi tahun 1994 yang disutradarai oleh Chuck Russell. Film ini menceritakan tentang seorang bankir bernama Stanley Ipkiss (Jim Carrey) yang menemukan topeng rahasia yang memberinya kekuatan super. Dia menggunakan kekuatannya untuk mengubah dirinya menjadi sosok yang bernama The Mask, yang menyenangkan, lucu, dan tidak terkendali. 

Dia juga menggunakan kekuatannya untuk mengejar cinta seorang penari bernama Tina Carlyle (Cameron Diaz) dan mengalahkan kejahatan di kota. Namun, topeng tersebut juga membuatnya kehilangan kendali diri dan menjadi semakin tidak stabil. Film ini menampilkan efek visual yang kaya dan aksi yang konyol.

88. The Gold Rush (1925)

The Gold Rush (1925)
The Gold Rush (1925)

The Gold Rush adalah sebuah film komedi petualangan tahun 1925 yang disutradarai dan ditulis oleh Charlie Chaplin. Film ini menceritakan tentang The Tramp (diperankan oleh Chaplin sendiri), seorang pekerja yang berangkat ke Klondike, Alaska untuk mencari emas. Dia bertemu dengan Big Jim dan Black Larsen, dua orang penambang yang juga mencari emas dan mereka berpergian bersama-sama. 

Mereka mengalami banyak kesulitan dan kesusahan, termasuk kelaparan dan cuaca yang buruk, tetapi mereka juga menemukan banyak keseruan dan kebahagiaan bersama-sama. Film ini menampilkan beberapa adegan yang menjadi ikonik dari film Charlie Chaplin, seperti adegan dansa roti, yang menjadi salah satu adegan yang paling terkenal dalam sejarah film.

89. There's Something About Mary (1998)

There's Something About Mary (1998)
There's Something About Mary (1998)

There's Something About Mary adalah sebuah film komedi romantis tahun 1998 yang disutradarai oleh Peter dan Bobby Farrelly. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Ted (Ben Stiller) yang menyukai seorang wanita bernama Mary (Cameron Diaz) sejak masa SMA. 

Ted berusaha keras untuk menemukan Mary kembali setelah beberapa tahun berlalu dan menemukan bahwa dia masih menyukainya. Namun, dia tidak sendirian dalam usahanya untuk mendapatkan perhatian Mary, karena ada beberapa orang lain yang juga menyukainya. Film ini menampilkan komedi yang lucu dan konyol serta cerita cinta yang mengharukan.

90. Booksmart (2019)

Booksmart (2019)
Booksmart (2019)

Booksmart adalah sebuah film komedi coming of Age tahun 2019 yang disutradarai oleh Olivia Wilde dan ditulis oleh Emily Halpern, Sarah Haskins, Susanna Fogel, dan Katie Silberman. Film ini menceritakan tentang dua sahabat, Amy dan Molly, yang merasa kecewa karena mereka merasa telah melewatkan kesenangan selama masa SMA mereka karena terlalu sibuk belajar. 

Pada akhir masa SMA mereka, mereka memutuskan untuk mengejar kesenangan yang mereka lewatkan dengan mengadakan pesta di rumah seorang teman sekolah mereka yang diharapkan akan menjadi pesta terakhir sebelum mereka lulus. Namun, perjalanan mereka menuju pesta tersebut tidak sesuai harapan dan mereka mengalami berbagai masalah dan kesulitan. Film ini menerima review yang positif dan menangkan beberapa penghargaan.

91. The Heartbreak Kid (1972)

The Heartbreak Kid (1972)
The Heartbreak Kid (1972)

The Heartbreak Kid adalah sebuah film komedi romantis Amerika tahun 1972 yang disutradarai oleh Elaine May dan dibintangi oleh Charles Grodin dan Cybill Shepherd. Film ini menceritakan kisah seorang pria bernama Eddie yang jatuh cinta pada seorang wanita bernama Lila saat liburan pernikahannya dengan istri pertamanya yang merupakan saudara perempuan Lila. 

Saat ia berusaha untuk menemukan cara untuk mengakhiri pernikahannya dan menjadi dengan Lila, dia menemukan diri dalam kesulitan dengan perasaannya sendiri dan implikasi moral dari tindakannya. Film ini merupakan sebuah satire dari genre komedi romantis dan mengeksplorasi tema cinta, komitmen, dan perselingkuhan.

92. Harold and Maude (1971)

Harold and Maude (1971)
Harold and Maude (1971)

Harold and Maude adalah sebuah film komedi romantis tahun 1971 yang disutradarai oleh Hal Ashby dan ditulis oleh Colin Higgins. Film ini menceritakan tentang Harold Chasen (Bud Cort), seorang remaja yang sangat tidak suka hidup dan menyukai pemakaman. Dia jatuh cinta pada seorang wanita tua yang bernama Maude (Ruth Gordon) yang merupakan sosok yang sangat hidup dan optimis. 

Keduanya memiliki hubungan yang unik dan mengajarkan satu sama lain tentang arti hidup. Namun, hubungan mereka menjadi konflik ketika keluarga Harold tidak setuju dengan hubungan tersebut karena Maude adalah seorang wanita yang jauh lebih tua daripada Harold. Film ini dianggap sebagai sebuah karya klasik dan menerima review yang positif.

93. The Philadelphia Story (1940)

The Philadelphia Story (1940)
The Philadelphia Story (1940)

The Philadelphia Story adalah sebuah film komedi romantis tahun 1940 yang disutradarai oleh George Cukor dan ditulis oleh Donald Ogden Stewart. Film ini dibintangi oleh Katharine Hepburn, Cary Grant, dan James Stewart. Film ini menceritakan tentang Tracy Lord (Katharine Hepburn), seorang wanita kaya yang akan menikah lagi setelah perceraiannya. 

Sebelum pernikahannya, dia diwawancarai oleh seorang reporter (James Stewart) dan fotografer (Cary Grant) dari majalah yang ingin menulis artikel tentang pernikahan tersebut. Namun, Tracy jatuh cinta dengan reporter itu dan harus memutuskan antara cinta barunya atau pernikahan yang dijadwalkan. Film ini menerima review yang positif dan menangkan beberapa penghargaan, termasuk Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk James Stewart.

94. Local Hero (1983)

Local Hero (1983)
Local Hero (1983)

Local Hero adalah sebuah film drama komedi Britania-Amerika tahun 1983 yang disutradarai oleh Bill Forsyth dan dibintangi oleh Burt Lancaster, Peter Riegert, dan Denis Lawson. Film ini menceritakan kisah seorang perwakilan perusahaan minyak muda Amerika, Mac MacIntyre, yang dikirim ke desa Skotlandia fiksi Ferness untuk membeli tanah untuk pabrik pengolahan minyak baru. 

Saat Mac semakin terlibat dalam gaya hidup desa dan kepribadian ekstrim penduduknya, dia mulai meragukan prioritasnya dan dampak pekerjaannya. Dia juga jatuh cinta dengan wanita setempat bernama Marina. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti kesadaran lingkungan, persahabatan, dan kepuasan dalam hidup.

95. Walk Hard: The Dewey Cox Story (2007)

Walk Hard: The Dewey Cox Story (2007)
Walk Hard: The Dewey Cox Story (2007)

Walk Hard: The Dewey Cox Story adalah sebuah film komedi musikal tahun 2007 yang disutradarai oleh Jake Kasdan dan ditulis oleh Judd Apatow. Film ini dibintangi oleh John C. Reilly dan Jenna Fischer. Film ini menceritakan tentang Dewey Cox (John C. Reilly), seorang musisi yang meraih kesuksesan dalam kariernya. 

Dewey mengalami banyak masalah pribadi dan profesional, termasuk masalah dengan keluarga, narkoba, dan wanita, tetapi dia selalu bangkit dan terus berkarya. Film ini menampilkan parodi dari banyak musisi dan band terkenal, termasuk Elvis Presley, Johnny Cash, dan Bob Dylan. Film ini menerima review yang positif dan menjadi box office hit.

96. Safety Last! (1923)

Safety Last! (1923)
Safety Last! (1923)

Safety Last! adalah sebuah film komedi tahun 1923 yang dibintangi oleh Harold Lloyd. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Harold yang berjuang untuk mencari nafkah di kota besar. Dia mengirim surat kepada sahabatnya di kampung halamannya untuk mengatakan bahwa dia telah menemukan pekerjaan sebagai manajer di sebuah toko besar. 

Namun, dia sebenarnya bekerja sebagai penjual barang di toko tersebut. Harold berusaha keras untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan mengejar cinta seorang wanita bernama Mildred. Namun, dia juga harus menghadapi berbagai masalah dan situasi yang kocak dan lucu. Film ini menampilkan akting yang luar biasa dari Harold Lloyd dan juga menyajikan adegan-adegan yang sangat menegangkan, terutama saat Harold memanjat bangunan tinggi.

97. The Trip (2011)

The Trip (2011)
The Trip (2011)

The Trip adalah sebuah film komedi tahun 2011 yang disutradarai oleh Michael Winterbottom dan ditulis oleh Steve Coogan dan Rob Brydon. Film ini menceritakan tentang Steve Coogan (Steve Coogan) dan Rob Brydon (Rob Brydon) yang ditugaskan untuk melakukan perjalanan makan malam dan menulis review restoran di Inggris Utara. 

Keduanya mengalami banyak keseruan dan kesulitan dalam perjalanan mereka, termasuk konflik antara mereka dan berbagai masalah pribadi. Film ini menampilkan banyak improvisasi dan parodi dari keduanya dan menjadi box office hit.

98. Hot Fuzz (2007)

Hot Fuzz (2007)
Hot Fuzz (2007)

Hot Fuzz adalah sebuah film komedi aksi Inggris tahun 2007 yang disutradarai oleh Edgar Wright dan dibintangi oleh Simon Pegg dan Nick Frost. Film ini menceritakan tentang seorang polisi berpengalaman bernama Nicholas Angel (Simon Pegg) yang dipindahkan ke desa kecil bernama Sandford. Di sana dia bertemu dengan rekan polisinya yang kurang berpengalaman, Danny Butterman (Nick Frost). 

Nicholas menemukan bahwa desa itu tidak seaman yang dia duga, dan dia harus bekerja keras untuk menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi di desa itu. Namun, dia juga harus mengatasi masalah-masalah pribadi yang dihadapinya. Film ini menampilkan aksi yang menegangkan, komedi yang lucu, dan juga mengeksplorasi tema-tema seperti persahabatan, kekerasan, dan persaudaraan.

99. Mean Girls (2004)

Mean Girls (2004)
Mean Girls (2004)

Mean Girls adalah sebuah film komedi tahun 2004 yang disutradarai oleh Mark Waters dan ditulis oleh Tina Fey. Film ini dibintangi oleh Lindsay Lohan, Rachel McAdams, dan Tina Fey. Film ini menceritakan tentang Cady Heron (Lindsay Lohan), seorang remaja yang tumbuh besar di sebuah pulau di Afrika dan baru saja pindah ke sekolah di Amerika. 

Dia bertemu dengan grup remaja perempuan yang dikenal sebagai "Plastics" yang memerintah sekolah. Cady ingin menjadi bagian dari grup tersebut, tetapi juga ingin mengungkap kekejaman mereka. Dia membuat rencana untuk menghancurkan grup tersebut, tetapi juga merasakan efek negatif dari tindakan tersebut. Film ini menerima review yang positif dan menjadi box office hit.

100. Meet the Parents (2000)

Meet the Parents (2000)
Meet the Parents (2000)

Meet the Parents adalah sebuah film komedi Amerika tahun 2000 yang disutradarai oleh Jay Roach dan dibintangi oleh Ben Stiller dan Robert De Niro. Film ini menceritakan tentang Greg Focker (Ben Stiller) yang akan mengenalkan keluarganya kepada keluarga pacarnya, Pam Byrnes (Teri Polo). Namun, saat dia tinggal bersama keluarga Pam, dia diuji oleh ayah Pam, Jack Byrnes (Robert De Niro) yang sangat keras dan kritis. 

Greg berusaha keras untuk menunjukkan bahwa dia adalah calon suami yang sempurna bagi putri Jack, Pam, namun dia terus-menerus melakukan kesalahan dan membuat keluarga Pam curiga. Film ini menampilkan komedi yang lucu dan juga mengeksplorasi tema-tema seperti hubungan, keluarga, dan cinta.