100 Daftar Film Perang Barat Terbaik yang Wajib Anda Tonton

Perang adalah konflik bersenjata yang melibatkan dua atau lebih negara atau kelompok sosial yang berbeda. Perang dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti perbedaan politik, ekonomi, atau agama, atau karena upaya untuk mengambil alih wilayah atau sumber daya.

Perang dapat menyebabkan kerusakan fisik yang luas, kematian, dan penderitaan yang luar biasa bagi penduduk setempat, serta dapat memiliki implikasi yang luas bagi dunia internasional.

Membuat film perang memerlukan kesadaran yang tinggi akan beberapa hal penting, diantaranya adalah seperti:

Authentisitas

Film perang harus menunjukkan konflik yang sesungguhnya dan mencerminkan kondisi sebenarnya selama perang, seperti lingkungan, persenjataan, dan kostum.

Kekuatan karakter

Film perang harus mengeksplorasi karakter-karakter yang ada dalam konflik, termasuk pemikiran, motivasi, dan perjuangan mereka.

Kesejahteraan para veteran

Film perang harus dibuat dengan sangat hati-hati agar tidak menyakiti perasaan para veteran yang telah mengalami perang.

Representasi yang benar

Film perang harus memperlihatkan representasi yang benar dari konflik yang diangkat, termasuk etnis, agama, dan jenis kelamin. Jangan sampai ketika film ditayangkan justru menimbulkan konflik baru.

Kesejahteraan pemain

Film perang harus diatur dengan baik agar tidak menyebabkan cedera pada pemain. Bahkan untuk para stuntman yang berakting saat syuting juga harus mendapatkan perlindungan untuk keselamatannya.

Konteks sejarah

Film perang harus mencerminkan konteks sejarah yang benar dari peristiwa yang diangkat, agar memberikan pemahaman yang baik tentang situasi saat itu.

Dampak emosional

Film perang harus dapat menyentuh emosi penonton dengan baik, tanpa menyakiti atau mengeksploitasi mereka.

Sesuai dengan standar etika

Film perang harus memenuhi standar etika yang berlaku dalam industri film. Walaupun terdapat sesuatu yang memang fakta kejadian, tapi jika memang melanggar standar etika maka harus dipikirkan solusi untuk menayangkannya.

DAFTAR FILM PERANG BARAT TERBAIK

Berikut ini Vebma.com sudah menyortir beberapa film perang barat terbaik yang sepertinya wajib untuk Anda masukkan ke dalam playlist, diantaranya adalah:

Dunkirk (2017)

Dunkirk (2017)
Dunkirk (2017)

Dunkirk adalah sebuah film perang yang dirilis pada tahun 2017 yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Film ini menceritakan kisah evakuasi tentara Britania dan sekutu dari pantai Dunkirk, Perancis pada tahun 1940 selama Perang Dunia II.

Film ini menampilkan kombinasi aksi, drama, dan thriller yang mengejar kejaran waktu antara tiga narasi yang berbeda: udara, laut, dan darat. Dunkirk menampilkan pemeran seperti Tom Hardy, Cillian Murphy, Mark Rylance, dan Harry Styles dalam peran utama.

Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan (1998)
Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan adalah sebuah film perang Amerika tahun 1998 yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara Amerika yang dikirim untuk menyelamatkan seorang tentara bernama James Ryan yang tersisa dari keluarganya yang diketahui masih hidup setelah empat saudara laki-lakinya gugur dalam Perang Dunia II.

Kelompok tentara ini harus melewati berbagai rintangan dan pertempuran sengit di Perancis selama Perang Dunia II untuk mencapai tujuan mereka. Film ini dikenal karena adegan pertempurannya yang sangat realistis dan mengharukan.

Fury (2014)

Fury (2014)
Fury (2014)

"Fury" adalah sebuah film perang Amerika yang dirilis pada tahun 2014. Film ini disutradarai oleh David Ayer dan ditulis oleh David Ayer.

Film ini menceritakan kisah tentang sebuah tank Sherman bernama Fury yang dikemudikan oleh kapten Wardaddy (Brad Pitt) dan timnya yang terdiri dari pemandu tank (Shia LaBeouf), loader (Michael Pena), dan operator radio (Jon Bernthal) di akhir Perang Dunia II.

Mereka harus berjuang untuk bertahan hidup di medan perang yang sangat berbahaya dan menghadapi berbagai rintangan seperti persenjataan musuh yang canggih dan tekanan psikologis yang berat. Wardaddy juga harus mengajari seorang rekrutan baru (Logan Lerman) yang bergabung dengan timnya bagaimana untuk menjadi seorang pejuang yang tangguh.

Inglourious Basterds (2009)

Inglourious Basterds (2009)
Inglourious Basterds (2009)

"Inglourious Basterds" adalah sebuah film perang Amerika yang dirilis pada tahun 2009. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Quentin Tarantino.

Film ini menceritakan kisah tentang sekelompok tentara Amerika yang dikenal sebagai "Inglourious Basterds" yang dikirim ke Perancis pada tahun 1942 untuk menjalankan misi pembunuhan terhadap para tentara Nazi.

Kelompok ini dipimpin oleh kapten Aldo Raine (Brad Pitt) yang mengumpulkan sekelompok tentara yang terdiri dari pria-pria yang tidak konvensional dan tidak takut mati.

Mereka berusaha untuk menyusup ke dalam lingkaran terdekat Hitler dan mengakhiri perang dengan cara yang tidak biasa. Selain itu, ada juga cerita tentang seorang penyamaran yang mencoba untuk membunuh Hitler dan membuat perubahan besar dalam perang.

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti pembalasan, kekerasan, dan perjuangan individu dalam perang.

Film ini juga dikenal karena sinematografi yang luar biasa, akting yang hebat dari para pemainnya, serta penggunaan genre yang unik. Inglourious Basterds menerima berbagai penghargaan dan nominasi di berbagai festival film dan premi.

Munich - The Edge of War (2021)

Munich - The Edge of War (2021)
Munich - The Edge of War (2021)

Munich adalah sebuah film berdasarkan kisah nyata yang ditulis dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara Israel yang ditugaskan untuk mengejar dan membunuh para pelaku yang diduga terlibat dalam pembunuhan atlet Israel di Olimpiade Munich 1972.

Kelompok ini dikirim pada misi rahasia untuk membalas dendam atas kematian rekan-rekan mereka. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti dendam, rahasia, dan konsekuensi moral dari perang. Film ini dikenal karena adegan-adegannya yang menegangkan dan pemikiran yang mendalam tentang konflik di Timteng.

Valkrie (2008)

Valkrie (2008)
Valkrie (2008)

Valkyrie adalah sebuah film berdasarkan kisah nyata yang disutradarai oleh Bryan Singer. Film ini menceritakan tentang kudeta yang digagas oleh sekelompok tentara Jerman yang tidak setuju dengan kebijakan Hitler selama Perang Dunia II.

Mereka berencana untuk menculik atau membunuh Hitler dan mengambil alih pemerintahan Jerman dengan dibantu oleh beberapa pemimpin militer dan politikus.

Film ini menceritakan perjuangan kolonel Jerman bernama Claus von Stauffenberg yang diperankan oleh Tom Cruise, sebagai pemimpin dari kudeta ini. Film ini dikenal karena adegan-adegannya yang menegangkan dan pemikiran yang mendalam tentang konflik di Timteng.

Sand Castle (2017)

Sand Castle (2017)
Sand Castle (2017)

"Sand Castle" adalah sebuah film drama Amerika yang dirilis pada tahun 2017. Film ini disutradarai oleh Fernando Coimbra dan ditulis oleh Chris Roessner.

Film ini menceritakan kisah tentang seorang prajurit muda bernama Private Matt Ocre (Nicholas Hoult) yang diterjunkan ke Irak pada tahun 2003.

Dia ditempatkan di bawah komando kapten Syverson (Henry Cavill) dan harus berjuang untuk bertahan hidup dalam kondisi yang sangat berbahaya.

Dia juga harus belajar untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh pasukannya dan menemukan cara untuk menyelesaikan misi yang diberikan padanya. Selain itu, dia juga harus belajar untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh pasukannya dan menemukan cara untuk menyelesaikan misi yang diberikan padanya.

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti perjuangan individu, kesetiaan, dan konflik moral dalam perang.

Film ini juga dikenal karena akting yang hebat dari para pemainnya, serta kualitas pembuatannya yang luar biasa. Sand Castle menerima berbagai kritikan yang positif dan menjadi populer di seluruh dunia.

A Bridge Too Far (1977)

A Bridge Too Far (1977)
A Bridge Too Far (1977)

A Bridge Too Far adalah sebuah film perang yang didasarkan pada novel dengan judul yang sama oleh Cornelius Ryan. Film ini menceritakan tentang Operasi Market Garden, sebuah operasi militer yang dilakukan oleh Tentara Sekutu selama Perang Dunia II.

Operasi ini bertujuan untuk mengambil kendali atas jembatan-jembatan yang penting di Belanda dan mengakhiri perang dengan cepat. Film ini menceritakan tentang berbagai kesulitan yang dihadapi oleh Tentara Sekutu dalam operasi ini, termasuk kesulitan logistik, komunikasi, dan pertempuran yang sengit.

Film ini dikenal karena adegan-adegannya yang menegangkan dan pemikiran yang mendalam tentang konflik di Timteng dan operasi militer.

Darkest Hour (2017)

Darkest Hour (2017)
Darkest Hour (2017)

Darkest Hour adalah sebuah film biografi yang menceritakan tentang periode awal pemerintahan Winston Churchill sebagai Perdana Menteri Inggris pada tahun 1940, saat Inggris berada di ambang kekalahan dalam Perang Dunia II.

Film ini menceritakan bagaimana Churchill memimpin negara dalam situasi yang sangat sulit dan menghadapi tekanan dari rekan-rekannya yang ingin mencapai perdamaian dengan Jerman Nazi. Film ini mengeksplorasi perjuangan Churchill dalam menyatukan negara dan menyediakan harapan dalam situasi yang sangat gelap.

Film ini dikenal karena adegan-adegannya yang menegangkan dan pemikiran yang mendalam tentang konflik di Timteng dan perjuangan Churchill dalam menyatukan negara.

Kelly's Heroes (1970)

Kelly's Heroes (1970)
Kelly's Heroes (1970)

Kelly's Heroes adalah sebuah film aksi-komedi perang yang dirilis pada tahun 1970. Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara yang mencoba mencuri sejumlah besar emas dari bank Jerman yang terletak di belakang garis musuh selama Perang Dunia II.

Kelompok ini dipimpin oleh seorang serdadu bernama Kelly (diperankan oleh Clint Eastwood) yang berencana untuk mencuri emas tersebut dan menjadi kaya raya. Film ini menceritakan perjuangan kelompok ini untuk mencapai tujuan mereka dan menghadapi berbagai rintangan yang dihadapi selama perjalanan mereka.

Film ini dikenal karena adegan-adegannya yang lucu dan aksi-aksi yang menegangkan, serta penampilan dari sejumlah bintang Hollywood yang terkenal.

Life is Beautiful (1997)

Life is Beautiful (1997)
Life is Beautiful (1997)

"Life is Beautiful" adalah sebuah film Italia yang dirilis pada tahun 1997. Film ini disutradarai, ditulis, dan diperankan oleh Roberto Benigni.

Film ini menceritakan kisah tentang seorang ayah Yahudi bernama Guido (Roberto Benigni) yang tinggal di Italia selama masa pemerintahan fascist Mussolini dan Holocaust. Guido berusaha untuk menyelamatkan putranya Giosue (Giorgio Cantarini) dari kamp pemusnahan dengan menciptakan sebuah dunia fantasi bagi anaknya, di mana mereka dalam sebuah permainan untuk menangkan sebuah hadiah besar.

Guido berusaha untuk menjaga semangat Giosue tetap positif dan menyembunyikan kenyataan kekejaman yang terjadi di kamp tersebut.

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti cinta, harapan, dan keteguhan dalam situasi yang sangat sulit. Film ini juga dikenal karena akting yang luar biasa dari Roberto Benigni dan kualitas pembuatannya yang luar biasa.

Life is Beautiful meraih berbagai penghargaan di festival film internasional dan diakui sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat.

Casablanca (1942)

Casablanca (1942)
Casablanca (1942)

Casablanca adalah sebuah film drama romantis yang dirilis pada tahun 1942. Film ini ditulis oleh Julius J. Epstein, Philip G. Epstein dan Howard Koch, dan disutradarai oleh Michael Curtiz.

Film ini menceritakan tentang Rick Blaine (diperankan oleh Humphrey Bogart), seorang pemilik klub malam di Casablanca, Morocco, yang menemukan dirinya terlibat dalam konflik politik dan emosional saat dia bertemu kembali dengan mantan pacarnya, Ilsa Lund (diperankan oleh Ingrid Bergman). Film ini dikenal karena adegan-adegannya yang mengharukan, dialog yang indah, dan pemeran utama yang cemerlang.

Film ini menjadi salah satu film terkenal di dunia dan dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

Midway (2019)

Midway (2019)
Midway (2019)

Midway adalah film perang yang dirilis pada tahun 2019 yang menceritakan pertempuran Midway yang terjadi pada tahun 1942 di tengah Perang Dunia II.

Film ini mengikuti perjuangan pilot dan kru Angkatan Laut Amerika Serikat saat mereka berusaha untuk mengalahkan pasukan Jepang dan mengubah arah perang.

Film ini juga menceritakan kisah nyata dari beberapa tokoh utama, seperti Richard Best, Edwin T. Layton, dan Chester W. Nimitz.

American Sniper (2014)

American Sniper (2014)
American Sniper (2014)

"American Sniper" (2014) adalah sebuah film yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan dibintangi oleh Bradley Cooper. Film ini menceritakan kisah nyata dari Chris Kyle, seorang prajurit Navy SEAL yang menjabat sebagai penembak jitu terbaik Amerika Serikat selama Perang Teluk.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan Chris Kyle selama perang, mulai dari pendaftarannya sebagai prajurit, pelatihan, hingga pertempuran di Irak. 

Dia diutus untuk banyak misi berbahaya di Irak, di mana dia harus menembak musuh dari jarak jauh dan melindungi pasukannya. Walaupun dia menjadi penembak jitu yang hebat, ia juga mengalami kesulitan pribadi dan tekanan mental dari pertempuran yang ia alami.

Film ini juga menceritakan tentang bagaimana Chris Kyle mengatasi kesulitan hidup setelah perang dan bagaimana keluarga dan teman-temannya menghadapi kesulitan setelah dia meninggal saat dia berusaha untuk membantu veteran lain yang mengalami masalah mental. Film ini mengisahkan tentang tema perjuangan, pengorbanan, dan kesetiaan dalam perang.

Greyhound (2020)

Greyhound (2020)
Greyhound (2020)

"Greyhound" (2020) adalah sebuah film yang disutradarai oleh Aaron Schneider dan dibintangi oleh Tom Hanks. Film ini menceritakan tentang pertempuran laut selama Perang Dunia II yang diadaptasi dari novel "The Good Shepherd" karya C.S. Forester.

Film ini mengisahkan tentang kapten Ernest Krause (diperankan oleh Tom Hanks) yang memimpin armada konvoi AS dari Inggris ke Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Ia harus menghadapi berbagai tantangan dan ancaman dari U-boat Jerman yang berusaha untuk menghancurkan konvoi. Kapten Krause harus berjuang untuk memimpin dan melindungi konvoi sambil menghadapi tekanan mental dan fisik yang cukup besar.

Selain itu, film ini juga menceritakan tentang kapten Krause yang harus mengatasi masalah pribadinya dan mencari jalan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi serta mencari jalan untuk melindungi armada konvoi dari serangan musuh. Film ini mengisahkan tentang tema perjuangan, keberanian, dan kesetiaan dalam pertempuran laut.

Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge (2016)
Hacksaw Ridge (2016)

"Hacksaw Ridge" (2016) adalah sebuah film yang disutradarai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh Andrew Garfield. Film ini menceritakan kisah nyata dari Desmond Doss, seorang prajurit medis yang menjabat sebagai perawat perang tanpa memegang senjata.

Film ini mengisahkan tentang Desmond Doss yang mendaftar sebagai prajurit medis dan mengalami kesulitan dalam pelatihan karena ia seorang pejuang non-violent dan tidak ingin menembak atau membunuh sesuatu. Namun, ia tetap berjuang untuk diterima dan diutus ke Perang Dunia II di Okinawa, Jepang. Di sana, ia berhasil menyelamatkan banyak nyawa teman-temannya tanpa memegang senjata sambil berjuang untuk tetap setia pada keyakinannya.

Film ini mengisahkan tentang Desmond Doss yang berjuang untuk menjaga keyakinannya dan menyelamatkan teman-temannya sambil menghadapi berbagai tantangan dan tekanan dari pertempuran.

Letters from Iwo Jima (2006)

Letters from Iwo Jima (2006)
Letters from Iwo Jima (2006)

"Letters from Iwo Jima" (2006) adalah sebuah film yang disutradarai oleh Clint Eastwood. Film ini menceritakan tentang pertempuran di Iwo Jima dari perspektif tentara Jepang yang berjuang di sana. Film ini mengisahkan tentang para tentara Jepang yang dikirim ke Iwo Jima sebagai bagian dari upaya untuk menghentikan invasi Amerika Serikat.

Film ini mengisahkan tentang komandan Jenderal Kuribayashi (diperankan oleh Ken Watanabe) yang memimpin pasukan Jepang di Iwo Jima dan berjuang untuk menghentikan invasi Amerika. Ia mencoba untuk mengatasi kesulitan logistik dan pasokan yang dihadapi pasukannya sambil berjuang untuk mengalahkan pasukan Amerika yang jauh lebih besar.

Selain itu, film ini juga menceritakan tentang para tentara Jepang yang berjuang di Iwo Jima dan kesulitan yang dihadapi mereka selama pertempuran. Film ini mengisahkan tentang tema persahabatan, keberanian, dan kesetiaan dalam pertempuran.

12 Strong (2018)

12 Strong (2018)
12 Strong (2018)

12 Strong adalah sebuah film drama perang tahun 2018 yang disutradarai oleh Nicolai Fuglsig dan ditulis oleh Ted Tally dan Peter Craig. Film ini dibintangi oleh Chris Hemsworth, Michael Shannon, Michael Peña, dan Trevante Rhodes. Film ini menceritakan tentang sebuah tim dari 12 tentara elite dari pasukan kavaleri AS yang ditugaskan untuk melakukan misi pada perang Afghanistan setelah serangan 9/11. 

Mereka ditempatkan di bawah perintah seorang leutenant kolonel (Chris Hemsworth) yang harus bekerja sama dengan seorang pemimpin pasukan lokal (Navid Negahban) untuk mengalahkan Taliban dan membantu mencegah serangan teroris di Amerika. Film ini menggambarkan kesulitan dan keseruan dari pertempuran yang terjadi di Afghanistan dan bagaimana pasukan AS bekerja sama dengan pasukan lokal untuk mencapai tujuan mereka.

13 Hours (2016)

13 Hours (2016)
13 Hours (2016)

13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi adalah sebuah film aksi-thriller Amerika tahun 2016 yang disutradarai oleh Michael Bay dan dibintangi oleh John Krasinski, James Badge Dale, dan Max Martini. Film ini menceritakan kisah nyata dari sekelompok prajurit swasta bernama "The Annex Security Team" yang ditugaskan untuk melindungi konsulat Amerika dan fasilitas intelijen di Benghazi, Libya pada tahun 2012. 

Saat serangan teroris melanda konsulat, prajurit itu harus berjuang untuk bertahan hidup dan melindungi staf diplomatik yang ada di sana. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti patriotisme, persahabatan, dan pengorbanan. Film ini menampilkan aksi yang intens dan juga menyajikan representasi yang akurat dari peristiwa yang terjadi di Benghazi.

Black Hawk Down (2001)

Black Hawk Down (2001)
Black Hawk Down (2001)

"Black Hawk Down" adalah sebuah film bergenre aksi-drama-historis yang dirilis pada tahun 2001. Film ini diadaptasi dari buku "Black Hawk Down: A Story of Modern War" karya Mark Bowden yang menceritakan tentang pertempuran yang terjadi di Mogadishu, Somalia pada tahun 1993. 

Film ini menceritakan tentang sekelompok pasukan elit Amerika yang diterjunkan untuk menangkap pemimpin militan Somalia, yang akhirnya terjebak dalam pertempuran yang sengit dan berdarah di jalanan kota. Film ini dibintangi oleh Josh Hartnett, Ewan McGregor, dan Tom Sizemore.

Lone Survivor (2013)

Lone Survivor (2013)
Lone Survivor (2013)

Lone Survivor adalah sebuah film aksi-drama Amerika tahun 2013 yang disutradarai oleh Peter Berg dan dibintangi oleh Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Emile Hirsch, dan Ben Foster. Film ini menceritakan kisah nyata dari sekelompok prajurit Navy SEAL yang ditugaskan untuk menangkap atau membunuh seorang pemimpin Taliban di Afghanistan pada tahun 2005. 

Namun, misi tersebut gagal dan prajurit itu harus berjuang untuk bertahan hidup dan melarikan diri dari musuh yang mengejar mereka. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti persahabatan, keberanian, dan pengorbanan. Film ini menampilkan aksi yang intens dan juga menyajikan representasi yang akurat dari peristiwa yang terjadi saat misi itu berlangsung.

Apocalypse Now (1979)

Apocalypse Now (1979)
Apocalypse Now (1979)

"Apocalypse Now" adalah sebuah film drama-perang yang dirilis pada tahun 1979. Film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan dibintangi oleh Martin Sheen, Marlon Brando, dan Robert Duvall. Film ini diadaptasi dari novel "Heart of Darkness" karya Joseph Conrad yang menceritakan tentang perjalanan seorang kapten tentara Amerika ke hutan di Vietnam Selatan untuk menangkap seorang kolonel gila yang menyebabkan kerusakan moral dan kekacauan di pasukannya. 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti kekerasan, kegilaan perang, dan kolonialisme. Film ini dikenal karena kualitas produksi yang tinggi dan kekuatan visual dan simbolik dari ceritanya.

Platoon (1986)

Platoon (1986)
Platoon (1986)

Platoon adalah sebuah film perang-drama Amerika tahun 1986 yang disutradarai oleh Oliver Stone dan dibintangi oleh Charlie Sheen, Willem Dafoe, dan Tom Berenger. Film ini menceritakan tentang perang Vietnam dari perspektif seorang tentara muda bernama Chris Taylor (Charlie Sheen) yang bergabung dengan pasukan di lapangan perang. 

Chris menemukan bahwa perang itu bukan seperti yang dia bayangkan dan dia harus menghadapi konflik dalam pasukannya sendiri, termasuk perbedaan antara dua perwira, Sgt. Barnes (Tom Berenger) dan Sgt. Elias (Willem Dafoe). Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti konflik moral, persahabatan, dan trauma perang. Film ini menampilkan aksi yang intens dan juga menyajikan representasi yang akurat dari peristiwa yang terjadi saat perang Vietnam.

Full Metal Jacket (1987)

Full Metal Jacket (1987)
Full Metal Jacket (1987)

"Full Metal Jacket" adalah sebuah film drama-perang yang dirilis pada tahun 1987. Film ini disutradarai oleh Stanley Kubrick dan dibintangi oleh Matthew Modine, Adam Baldwin, dan Vincent D'Onofrio. Film ini menceritakan tentang kisah pelatihan dan pertempuran sekelompok tentara Amerika di Vietnam. Film ini dibagi menjadi dua bagian: bagian pertama menceritakan tentang pelatihan para tentara di boot camp (pelatihan dasar), sementara bagian kedua menceritakan tentang pertempuran di daerah peperangan. 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti dehumanisasi, kekerasan, dan traumatisme perang. Film ini dikenal karena kualitas produksi yang tinggi, sinematografi yang indah, dan skenario yang kuat.

Da 5 Bloods (2020)

Da 5 Bloods (2020)
Da 5 Bloods (2020)

Da 5 Bloods adalah sebuah film drama-aksi Amerika tahun 2020 yang disutradarai oleh Spike Lee dan dibintangi oleh Delroy Lindo, Jonathan Majors, Clarke Peters, dan Isiah Whitlock Jr. Film ini menceritakan tentang kelompok veteran perang Vietnam bernama "The Bloods" yang kembali ke Vietnam untuk mencari harta karun yang mereka sembunyikan di masa lalu, serta untuk mencari jenazah salah satu anggota mereka yang tewas dalam perang. 

Selama perjalanan mereka, mereka harus menghadapi berbagai masalah, termasuk konflik dengan pemerintah Vietnam dan konflik dalam kelompok mereka sendiri. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti persahabatan, traumaperang, rasisme dan perjuangan kaum afrika american. Film ini menampilkan aksi yang intens dan juga menyajikan representasi yang berbeda dari perang vietnam dari perspektif kaum afrika american yang pernah terlibat dalam perang tersebut.

Three Kings (1999)

Three Kings (1999)
Three Kings (1999)

"Three Kings" adalah sebuah film aksi-komedi-perang yang dirilis pada tahun 1999. Film ini disutradarai oleh David O. Russell dan dibintangi oleh George Clooney, Mark Wahlberg, Ice Cube dan Spike Jonze. Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara Amerika yang berusaha untuk menemukan dan mencuri harta karun Irak pada saat perang Teluk pada tahun 1991. 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti kekerasan, korupsi, dan kesadaran politik. Film ini dikenal karena sinematografi yang indah, skenario yang kuat dan akting yang cemerlang dari para pemerannya.

War Machine (2017)

War Machine (2017)
War Machine (2017)

War Machine adalah sebuah film komedi-drama Amerika tahun 2017 yang disutradarai oleh David Michôd dan dibintangi oleh Brad Pitt, Anthony Michael Hall, dan Emory Cohen. Film ini menceritakan kisah fiksi dari perang Afganistan dan berfokus pada karakter bernama General Glen McMahon (diperankan oleh Brad Pitt), seorang perwira militer yang ditugaskan untuk menangani perang di Afganistan. 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti politik perang, media, dan kepemimpinan. Film ini menampilkan aksi yang intens dan juga menyajikan representasi yang kritis dari perang Afganistan dan peran militer Amerika di dalamnya. Film ini mengeksplorasi kritik terhadap politik perang Amerika, yang ditampilkan melalui kisah karakter yang kompleks dan komikal.

Stalingrad (2013)

Stalingrad (2013)
Stalingrad (2013)

"Stalingrad" adalah sebuah film drama-perang yang dirilis pada tahun 2013. Film ini disutradarai oleh Fedor Bondarchuk dan dibintangi oleh Thomas Kretschmann, Yanina Studilina, dan Petr Fedorov. 

Film ini menceritakan tentang pertempuran epik yang terjadi di kota Stalingrad (kini Volgograd) selama Perang Dunia II, di mana pasukan Soviet bertempur melawan pasukan Jerman untuk menentukan nasib perang di Eropa Timur. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti kekerasan, cinta, dan patriotisme. Film ini dikenal karena efek visual yang luar biasa, akting yang cemerlang, dan skenario yang kuat.

All Quiet on the Western Front (2022)

All Quiet on the Western Front (2022)
All Quiet on the Western Front (2022)

All Quiet on the Western Front (1930) adalah sebuah film drama-perang klasik Amerika yang disutradarai oleh Lewis Milestone dan dibintangi oleh Lew Ayres, Louis Wolheim, dan John Wray. Film ini didasarkan pada novel dengan nama yang sama karya Erich Maria Remarque, yang menceritakan tentang pengalaman seorang tentara muda Jerman dalam Perang Dunia I. 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti trauma perang, kehilangan, dan kesepian. Film ini diakui sebagai salah satu film perang terbaik sepanjang masa dan juga meraih keberhasilan komersial dan kritikal.

Hunter Killer (2018)

Hunter Killer (2018)
Hunter Killer (2018)

Hunter Killer adalah sebuah film aksi-thriller Amerika tahun 2018 yang disutradarai oleh Donovan Marsh dan dibintangi oleh Gerard Butler, Gary Oldman, dan Common. Film ini menceritakan tentang sebuah kapal selam Amerika yang dikirim untuk menyelamatkan Panglima Tinggi Angkatan Laut Rusia yang diculik dan menemukan bahwa ada konspirasi untuk menyebabkan perang antara Amerika dan Rusia.

Film ini menampilkan aksi yang intens dan juga menyajikan representasi yang akurat dari operasi militer laut. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti persahabatan, persatuan, dan konflik politik antara negara. Film ini diakui sebagai film aksi yang menarik namun tidak mendapatkan kritik yang baik dari para kritikus.

Tears of the Sun (2003)

Tears of the Sun (2003)
Tears of the Sun (2003)

"Tears of the Sun" adalah sebuah film aksi-drama-perang yang dirilis pada tahun 2003. Film ini disutradarai oleh Antoine Fuqua dan dibintangi oleh Bruce Willis, Monica Bellucci dan Tom Skerritt. 

Film ini menceritakan tentang sekelompok pasukan khusus Amerika yang diterjunkan ke hutan di Nigeria untuk menyelamatkan seorang dokter kulit berkebangsaan Italia yang merupakan satu-satunya harapan bagi penduduk setempat yang terkena virus ebola. Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti pertempuran, pengorbanan, dan moralitas. Film ini dikenal karena akting yang kuat, sinematografi yang indah, dan efek visual yang luar biasa.

Jarhead (2005)

Jarhead (2005)
Jarhead (2005)

"Jarhead" adalah sebuah film drama-perang yang dirilis pada tahun 2005. Film ini disutradarai oleh Sam Mendes dan dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Jamie Foxx, dan Peter Sarsgaard. Film ini berdasarkan pada otobiografi Anthony Swofford yang berjudul sama, yang menceritakan tentang pengalamannya sebagai seorang prajurit jarak dekat di Korps Marinir AS saat Perang Teluk. 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti dehumanisasi, kebosanan, dan kesendirian. Film ini dikenal karena akting yang kuat, sinematografi yang indah, dan skenario yang kuat.

Unbroken (2014)

Unbroken (2014)
Unbroken (2014)

Unbroken adalah sebuah film drama-biografi Amerika tahun 2014 yang disutradarai oleh Angelina Jolie dan dibintangi oleh Jack O'Connell, Domhnall Gleeson, dan Miyavi. Film ini menceritakan kisah nyata dari Louis Zamperini, seorang atlet Olimpiade yang menjadi tentara Amerika dalam Perang Dunia II dan ditangkap sebagai tawanan perang oleh Jepang. 

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti kekuatan mental, ketahanan, dan penderitaan yang di alami oleh Louis Zamperini selama masa tawanan perang. Film ini menampilkan aksi yang intens dan juga menyajikan representasi yang akurat dari pengalaman tawanan perang. Film ini diakui sebagai film yang mengharukan dan inspiratif. Namun juga mendapatkan kritik dari beberapa pihak yang menganggap ada beberapa fakta yang diubah atau tidak dijabarkan secara detail dalam film tersebut.

Beast of No Nation (2015)

Beast of No Nation (2015)
Beast of No Nation (2015)

"Beast of No Nation" adalah film drama-thriller garapan Cary Joji Fukunaga yang dirilis pada tahun 2015. Film ini dibintangi oleh Abraham Attah dan Idris Elba, dan menceritakan kisah seorang anak yang terpisah dari keluarganya dan direkrut menjadi tentara bayi di negara Afrika yang sedang dilanda perang saudara. 

Film ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Namun saya tidak tau apakah ada versi bahasa indonesia dari film ini.

A Bridge Too Far (1977)

A Bridge Too Far (1977)
A Bridge Too Far (1977)

A Bridge Too Far adalah sebuah film tahun 1977 yang dibintangi oleh Sean Connery, Ryan O'Neal, dan Michael Caine. Film ini didasarkan pada sebuah novel dengan nama yang sama karya Cornelius Ryan dan menceritakan tentang Operasi Market Garden selama Perang Dunia II. Film ini tidak memiliki versi bahasa Indonesia.

The Great Escape (1963)

The Great Escape (1963)
The Great Escape (1963)

"The Great Escape" adalah film drama-petualangan yang dirilis pada tahun 1963 yang disutradarai oleh John Sturges dan dibintangi oleh Steve McQueen, James Garner, dan Richard Attenborough. Film ini menceritakan kisah sekelompok tentara Amerika yang ditahan dalam kamp konsentrasi Nazi selama Perang Dunia II dan berusaha melakukan perlawanan dengan melakukan kabur. Saya tidak tau apakah film ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Namun saya yakin film ini sangat populer di indonesia dan pasti di kenal oleh banyak orang.

Blood Diamond (2006)

Blood Diamond (2006)
Blood Diamond (2006)

Blood Diamond adalah film tahun 2006 yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Djimon Hounsou, dan Jennifer Connelly. Film ini menceritakan tentang perdagangan berlian konflik di Sierra Leone pada tahun 1990-an dan dampaknya pada masyarakat lokal. Film ini tidak memiliki versi bahasa Indonesia.

Darkest Hour (2017)

Darkest Hour (2017)
Darkest Hour (2017)

"Darkest Hour" adalah film drama sejarah yang dirilis pada tahun 2017 yang disutradarai oleh Joe Wright dan dibintangi oleh Gary Oldman sebagai Winston Churchill. 

Film ini menceritakan kisah tentang periode paling sulit dalam sejarah Inggris saat Perang Dunia II, ketika Churchill dipilih sebagai Perdana Menteri Inggris pada tahun 1940 dan harus mengambil keputusan yang sulit untuk menentukan nasib negaranya di tengah-tengah perang dengan Nazi. Film ini menyoroti karisma dan kepemimpinan Churchill dalam mengarahkan Inggris menuju kemenangan dalam Perang Dunia II.

The Bridge on the River Kwai (1957)

The Bridge on the River Kwai (1957)
The Bridge on the River Kwai (1957)

The Bridge on the River Kwai adalah sebuah film tahun 1957 yang dibintangi oleh William Holden dan Alec Guinness. Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara Inggris yang ditawan oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II dan diharuskan untuk membangun jembatan di Sungai Kwai, Thailand. 

Kapten Nicholson, yang diperankan oleh Alec Guinness, adalah pemimpin pasukan Inggris yang ditawan dan dia berusaha untuk membuat jembatan itu sebaik mungkin, meskipun dia tahu bahwa jembatan itu akan digunakan oleh tentara Jepang untuk kepentingan perang. 

Namun, seiring berjalannya waktu, Nicholson mulai merespek musuhnya dan mulai merasa bahwa membangun jembatan itu merupakan hal yang baik. Film ini mengeksplorasi tema tentang kehormatan, kewajiban, dan pengorbanan.

Lawrence of Arabia (1962)

Lawrence of Arabia (1962)
Lawrence of Arabia (1962)

"Lawrence of Arabia" adalah film epik yang dirilis pada tahun 1962 yang disutradarai oleh David Lean dan dibintangi oleh Peter O'Toole sebagai T.E. Lawrence. Film ini menceritakan kisah tentang seorang pemuda Inggris bernama T.E Lawrence yang diutus ke Arab Saudi pada tahun 1916 untuk membantu Arab dalam perjuangan mereka melawan pendudukan Ottoman. 

Lawrence menjadi pemimpin yang diakui dalam gerakan perlawanan Arab dan memimpin pertempuran yang menentukan dalam Perang Dunia I. Film ini mengeksplorasi kompleksitas karakter Lawrence dan dinamika perjuangan politik dan sejarah di Timur Tengah pada saat itu.

Atonement (2007)

Atonement (2007)
Atonement (2007)

Atonement adalah film tahun 2007 yang dibintangi oleh Keira Knightley, James McAvoy, dan Saoirse Ronan. Film ini menceritakan tentang kisah cinta antara seorang perempuan muda bernama Briony dan seorang pria bernama Robbie yang terjadi pada tahun 1935 di Inggris. 

Namun, masa depan mereka terancam karena sebuah kesalahpahaman yang dibuat oleh saudara perempuan Briony yang muda yang menyebabkan Robbie dituduh melakukan tindakan jahat dan dihukum. Film ini mengeksplorasi tema tentang kesalahan, kesalahan pahaman, dan pengampunan. Film ini juga menunjukan bagaimana perang dunia 2 mempengaruhi keluarga dan masyarakat di Inggris.

Top Gun (1986)

Top Gun (1986)
Top Gun (1986)

"Top Gun" adalah film aksi-petualangan yang dirilis pada tahun 1986 yang disutradarai oleh Tony Scott dan dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Pete "Maverick" Mitchell. Film ini menceritakan kisah tentang seorang pilot tempur Angkatan Udara Amerika yang berusaha menunjukkan kemampuannya di sekolah penerbang tempur elite yang dikenal dengan nama Top Gun. 

Film ini menampilkan adegan-adegan aksi yang menegangkan dan mengisahkan tentang persaingan, persahabatan, dan romansa antara para pilot. Film ini sangat populer dan menjadi klasik pada masa itu. Namun saya tidak tau apakah film ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Stripes (1981)

Stripes (1981)
Stripes (1981)

Stripes adalah film tahun 1981 yang dibintangi oleh Bill Murray dan Harold Ramis. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama John Winger yang merasa hidupnya tidak berjalan dengan baik, kemudian ia memutuskan untuk menjadi tentara. 

Bersama dengan teman-temannya yang kocak dan tidak disiplin, John mengalami banyak petualangan dan kesulitan saat berlatih di kamp militer. Film ini mengeksplorasi tema tentang persahabatan, persatuan, dan menemukan tujuan hidup. Film ini dikenal dengan cerita yang lucu dan komedi yang kental.

Edge of Tomorrow (2014)

Edge of Tomorrow (2014)
Edge of Tomorrow (2014)

"Edge of Tomorrow" adalah film fiksi ilmiah yang dirilis pada tahun 2014 yang disutradarai oleh Doug Liman dan dibintangi oleh Tom Cruise dan Emily Blunt. Film ini menceritakan kisah tentang seorang tentara yang terjebak dalam sebuah loop waktu yang mengulangi pertempuran melawan alien yang menyerang Bumi. 

Film ini menggabungkan unsur-unsur aksi, petualangan dan komedi yang menyuguhkan adegan-adegan yang menegangkan dan menghibur. Namun saya tidak tau apakah film ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

American Made (2017)

American Made (2017)
American Made (2017)

American Made adalah film tahun 2017 yang dibintangi oleh Tom Cruise. Film ini menceritakan kisah nyata dari seorang pilot bernama Barry Seal yang bekerja untuk DEA dan CIA selama tahun 1980-an. Dia ditugaskan untuk melakukan pengiriman barang ilegal dan melakukan pengintaian untuk pemerintah AS. Namun, dia juga terlibat dalam kegiatan kriminal dan korupsi. 

Film ini mengeksplorasi tema tentang kekerasan, korupsi, dan kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah. Film ini juga menyoroti tentang bagaimana pemerintah Amerika Serikat terlibat dalam perang melawan droga di Amerika Latin dan dampaknya pada masyarakat di wilayah tersebut.

First They Killed My Father (2017)

First They Killed My Father (2017)
First They Killed My Father (2017)

"First They Killed My Father" adalah film drama biografi yang dirilis pada tahun 2017 yang disutradarai oleh Angelina Jolie dan ditulis berdasarkan memoar dengan judul yang sama karya Loung Ung. Film ini menceritakan kisah hidup Loung sebagai anak kecil yang terpisah dari keluarganya saat Khmer Rouge mengambil alih Cambodia pada tahun 1975 dan menyebabkan kematian lebih dari 1 juta orang. 

Film ini mengeksplorasi tema tentang kekerasan, kehilangan, dan perjuangan untuk bertahan hidup. Namun saya tidak tau apakah film ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Extraction (2020)

Extraction (2020)
Extraction (2020)

Extraction adalah film tahun 2020 yang dibintangi oleh Chris Hemsworth. Film ini menceritakan tentang seorang prajurit bayaran bernama Tyler Rake yang ditugaskan untuk menyelamatkan anak seorang pengedar narkoba yang sangat berpengaruh di Bangladesh. 

Dalam perjalanan yang penuh aksi dan kekerasan, Rake harus menghadapi berbagai rintangan dan musuh untuk menyelesaikan misi penyelamatan tersebut. Film ini mengeksplorasi tema tentang pembalasan, pengorbanan, dan persahabatan dalam kondisi ekstrim. Film ini juga dikenal sebagai film aksi yang memukau dan penuh dengan adegan aksi yang intens.

Dune (2021)

Dune (2021)
Dune (2021)

"Dune" adalah film fiksi ilmiah yang dirilis pada tahun 2021 yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan dibintangi oleh Timothée Chalamet, Rebecca Ferguson, Oscar Isaac, dan Josh Brolin. Film ini adalah adaptasi dari novel karya Frank Herbert dengan judul yang sama. 

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Paul Atreides yang ditugaskan untuk mengatur planet yang kaya akan sumber daya alam bernama Arrakis. Namun, planet ini juga dikejar oleh kelompok-kelompok yang berusaha untuk mengambil kendali atas sumber daya tersebut. Film ini mengeksplorasi tema tentang kekuasaan, ambisi, dan persaingan yang keras.

Without Remorse (2021)

Without Remorse (2021)
Without Remorse (2021)

Without Remorse adalah film tahun 2021 yang dibintangi oleh Michael B. Jordan. Film ini didasarkan pada novel dengan nama yang sama karya Tom Clancy. Film ini menceritakan tentang seorang prajurit bernama John Clark yang menjadi pemburu balas setelah istri dan anaknya dibunuh oleh sekelompok teroris. Dia kemudian bergabung dengan tim elit pemerintah AS dan berperang melawan musuh-musuh negara yang berbahaya. 

Film ini mengeksplorasi tema tentang balas dendam, pembalasan, dan pengorbanan. Film ini juga menunjukkan kisah dari John Clark sebagai karakter yang menjadi penting dalam seri novel Tom Clancy.

The Tomorrow War (2021)

The Tomorrow War (2021)
The Tomorrow War (2021)

"The Tomorrow War" adalah film fiksi ilmiah yang dirilis pada tahun 2021 yang disutradarai oleh Chris McKay dan dibintangi oleh Chris Pratt, Yvonne Strahovski, dan J.K. Simmons. Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara yang dikirim ke masa depan untuk melawan alien yang menyerang Bumi. Namun, ketika mereka tiba di masa depan, mereka menemukan bahwa Bumi sudah tidak lagi seperti yang dikenal mereka dan harus berjuang untuk bertahan hidup serta mencari cara untuk kembali ke masa lalu dan mengubah nasib Bumi. 

Film ini menggabungkan unsur-unsur aksi dan fiksi ilmiah yang menyuguhkan adegan-adegan yang menegangkan dan mengejutkan. Saya tidak tau apakah film ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Itulah tadi sejumlah daftar 100 Film Perang Barat Terbaik yang bisa Vebma.com berikan. Kira-kira Anda mau nonton yang mana?