7 Kuliner Khas Dieng Yang Wajib Kamu Cicipi Saat ke Dieng

10-10-2016 (3 months ago)

Dieng selain kaya akan tempat wisata ternyata juga kaya akan makananya yang lezat. Bahkan ada satu jenis buah yang hanya ada satu di Indonesia berada di Dieng yaitu buah carica. Berbagai kuliner khas dieng diantaranya adalah; carica, dendeng gepuk, kacang dieng, purwaceng, mi ongklok, kripik jamur, teh tambi dan tempe kemul.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu tempat tanpa mencicipi makanan khas yang ada di daerah itu. Di Dieng, masyarakatnya tidak hanya menjual komoditas pertanian saja tetapi juga menjual produk olahan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Cemilan yang sudah siap makan banyak sekali yang bisa kamu nikmati saat ada di Dieng.

Buah Yang Dikenal Dengan Sebutan Pepaya Gunug Carica Hanya Bisa Tumbuh Di Dataran Tinggi Dieng


Carica adalah satu jenis buah yang hanya ada 1 di Indonesia dan hanya ada di Dieng. Buah ini mirip dengan buah pepaya namun ukurannya relatif kecil dan kulitnya bergelombang mirip buah belimbing namun lebih berisi. Warna daging buah ini berwarna putih saat masih mentah dan berwarna kuning saat sudah masak.

Beberapa olahan produk carica antara lain; manisan dalam botol, kripik carica, dodol carica dan sirup carica. Semua produk olahan caica rasanya enak, oleh karena itu kamu harus mencobanya saat ada di Dieng. Banyak sekali wisatawan yang memburu olahan buah yang satu ini karena selain rasanya lezat, harganyapun relatif murah mulai dari Rp 4.000 sampai Rp. 30.000 saja kamu bisa membawa pulang buah ini untuk oleh-oleh keluarga atau teman.

Makanan Dari Daging Sapi Pilihan Yang Wajib Dicoba Dendeng Gepuk


Dendeng gepuk sangat cocok dinikmati dengan nasi putih. Dendeng gepuk terbuat dari daging sapi pilihan yang rasanya sangat enak. Kamu bisa mendapatkan makanan khas yang satu ini di seluruh toko oleh-oleh yang ada di Dieng dan Wonosobo. Harga dendeng gepuk mulai Rp. 100.000 perkotaknya.

’’Kacang Babi’’ Masyarakat Dieng Menyebut Satu Jenis Kacang Yang Ada Di Dataran Tinggi Dieng


Kacang yang mempunyai bentuk besar dan melebar ini sering disebut degan kacang babi oleh masyarakat Dieng namun wisatawan sering menyebutnya dengan kacang dieng. Jenis kacang ini bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi dieng. Rasanya gurih dan memiliki nilai gizi tinggi tidak heran para wisatawan banyak yang memburu kacang ini untuk camilan saat perjalanan atau dijadikan oleh-oleh.

Mi Rebus Atau Sering Kita Sebut Bakmi, Di Daerah Ini Memiliki Varian Yang Sedikit Berbeda Degan Sebutan Mi Ongklok


Ongklok adalah sejenis alat yang digunakan untuk merebus mi dan terbuat dari anyaman bambu. Biasanya mi ongklok disajikan bersama sate sapi, kripik tahu dan tempe kemul. Pembuatan mi ongklok memang terlihat sederhana namun perlukeahlian khusus agar rasa mi menjadi khas. Nama mi ongklok sendiri diambil dari nama alat untuk membuat mi ini. Saat weekend kamu harus rela antri untuk mencicipi makanan khas yang satu ini.

Krupuk Khas Daerah Dieng, Wonosobo Opak Singkong Atau Opak Kucai


Makanan khas yang berasal dari Kalibeber Wonosono ini memiliki citra rasa gurih dan renyah. Opak singkong dibuat dari singkong rebus yang ditumbuk dan diberi bumbu garam, kucai lalu dibentuk pipih dan dijemur hingga kering. Kamu bisa membeli opak yang masih dalam bentuk setengah matang (bangi) untuk digoreng dirumah.

Kripik Jamur, Kripik Dengan Kandungan Asam Amino Esensial Dan Protein Yang Tinggi


Kripik yang satu ini berbahan dasar jamur. Dulu, masyarakat Dieng memanfaatkan jamur sebagai bahan makanan basah atau makanan kaleng. Namun seiring perkembangan jaman kini masyarakat sekitar Dieng lebih memilih memproduksi jamur dalam bentuk kripik karena memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Teh Dari Pucuk Daun Teh ’’Tambi’’ Yang Sangat Melegenda


Teh tambi merupakan teh yang kualitas dan mutunya sudah sangat terkenal di wilayah Dieng dan sekitarnya. Teh ini sangat cocok dinikmati pada pagi hari atau sore hari. Teh tambi diambil dari pucuk daun teh sehingga aromanya sangat khas. Karena ketinggian wilayah Dieng dan Wonosobo sekitar 4500 kaki maka di wilayah ini banyak kebun-kebun teh sehingga mampu memproduksi teh-teh yang unggul.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel

Artikel Terkait

Loading...